Bekal Liburan ke Sorong, Ini Istilah Papua yang Akan Sering Kamu Dengar

Berbicara tentang daerah Timur Indonesia, kita bisa menemukan berbagai keindahan alam yang sering disebut kepingan surga. Pesonanya yang luar biasa dan kekayaan alam yang melimpah membuat setiap pengunjungnya akan terpukau menyaksikan ciptaan Tuhan ini. Di Sorong ada Pantai Tanjung Kasuari, Pulau Buaya, Danau Ayamaru, dan tempat wisata lainnya yang siap mempersembahkan keindahannya untuk para pendatang.

Istilah Papua

Credit: travelersorong.blogspot.com

Selayaknya setiap daerah di Indonesia, Papua juga memiliki berbagai istilah yang asing bagi pendatang tapi sangat familiar di kalangan penduduk setempat. Saat kamu berkunjung ke daerah Papua, kamu akan sering mendengar istilah-istilah Papua ini. Nah, supaya kamu enggak bingung, sebelum berkunjung ke Sorong, kamu perlu memahami beberapa istilah Papua yang akan kamu dengar. Cek ulasannya di bawah, yuk!

Menyingkat beberapa kata dalam Bahasa Indonesia

Istilah Papua
Credit: litbang.kemendagri.go.id

Beberapa waktu lalu, dunia maya sempat ramai dengan lagu dari daerah Papua yang berjudul “Su Sayang” lagu ini mendadak viral setelah dinyanyikan oleh seorang gadis asal Papua bernama Dian Sorowea. Lagu ini menggunakan lirik berdialek Papua dan membuat kita semakin familiar dengan istilah Papua. Nah, ternyata, beberapa kata ini adalah berasal dari Bahasa Indonesia yang disingkat. Seperti; su = sudah, sa = saya, ko = kamu, jang = jangan, pu = punya, tramau = tidak mau, deng = dengan, dan lain-lain. Unik banget, ya!

Tambahan “kah” di akhir kalimat

Istilah Papua
Credit: mldspot.com

Istilah Papua yang satu ini sering digunakan untuk menanyakan sesuatu. “Kah” akan ditambahkan di akhir kalimat. Biasanya, masyarakat Papua menggunakan kata ini dengan nada yang sedikit naik. Contoh penggunaannya seperti ini, “ko su mandi kah?”. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, pasti kamu sudah bisa menebak artinya. Iya, betul. Artinya adalah, kamu sudah mandi kah? Wah, ternyata cukup mudah kan?

Ingin mempertegas kalimat? Jangan lupa tambahkan kata “toh”

Credit: alam-maya.com
Credit: alam-maya.com

Dalam istilah Papua, penggunaan kata “toh” mirip dengan kata “kah”. Bedanya, kata “toh” digunakan untuk mendukung dan mempertegas suatu pernyataan. Misalnya, “ko su makan. Iya, toh?”. Aritnya, kamu sudah makan. Iya kan!

Nah, itulah beberapa istilah Papua yang bisa jadi bekalmu saat jalan-jalan ke Sorong nanti. Dengan mengetahui istilah-istilah di atas, kamu akan terbantu saat berkomunikasi dengan penduduk sekitar. Setelah mengetahui istilah-istilah Papua, saatnya kamu merencanakan liburan ke Sorong bersama Airy. Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Temukan kamar hotel dan tiket pesawat yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Supaya liburan kali ini lebih hemat, jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada promo-promo menarik yang masih menunggu kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *