Menjelajah Tenggarong, Kota Para Raja di Kalimantan Timur

tenggarong

Ingin liburan tapi belum tahu mau ke mana? Ayo coba jalan-jalan ke Tenggarong, Kalimantan Timur! Kecamatan yang berlokasi sekitar satu jam dari Banjarmasin ini ternyata menyimpan keunikan dan banyak tempat wisata seru lho! Mau tahu apa saja destinasi wisatanya? Langsung scroll ke bawah untuk baca ulasan lengkapnya!

Museum Mulawarman

tenggarong
Credit: schodeilham.com

Merupakan ibu kota dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong merupakan salah satu daerah dengan pengaruh kesultanan yang besar. Di Museum Mulawarman inilah peninggalan-peninggalan kesultanan tersebut disimpan. Koleksinya pun masih sangat lengkap, mengingat bangunan ini dulunya adalah istana Kesultanan Kutai Kartanegara sendiri.

Museum Kayu Tuah Himba

tenggarong
Credit: wikipedia.org

Mengingat daerah Tenggarong ini berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya, berkunjung ke museum-museum khas Tenggarong pasti bikin liburanmu berbeda dan semakin berkesan! Di Museum Kayu Tuah Himba ini, kamu bisa melihat kekayaan alam apa saja yang ada di Tenggarong; termasuk kayu-kayuan, biji-bijian, kerajinan khas Dayak, beberapa fauna khas Tenggarong yang diawetkan, dan masih banyak lagi.

Pulau Kumala

A post shared by Y U K I 🌵 (@yukiangia) on

Yang unik dari Pulau Kumala adalah karena pulau ini berada di tengah-tengah sungai, bukan di tengah danau ataupun lautan seperti pulau-pulau pada umumnya. Dibangun sejak tahun 2000, pulau yang dulunya hanya berupa lahan tidur dan semak belukar kini berubah menjadi tempat wisata yang memadukan teknologi dan budaya lokal. Bahkan, terdapat sky tower setinggi 100 meter yang dapat kamu gunakan untuk mengobservasi Tenggarong dari atas! Di sepanjang jembatan Repo-repo di sana, kamu pun bisa memasang gembok berukir nama kamu dan pasangan, layaknya di Namsan Tower, Korea Selatan. Asyik, ya?

Planetarium Jagat Raya

tenggarong
Credit: duniaastronomi.com

Waktu berjalan-jalan ke sini, Airy juga kaget ada planetarium di Tenggarong ini. Planetarium Jagat Raya ini bahkan merupakan planetarium ketiga di Indonesia, lho! Dilengkapi dengan teknologi lensa teleskop setinggi 2750 milimeter dan 6 buah proyektor slide, kamu bisa menikmati indahnya bintang yang bakal jarang kamu temui.

Batu Dinding

tenggarong
Credit: steemit.com

Buat kamu pecinta wisata alam perbukitan, maka kamu harus mengunjungi Batu Dinding. Bukit batu yang terletak di Taman Hutan Raya Soeharto ini digadang-gadang sebagai versi mini-nya Tembok China buatan alam. Karena pemandangan alamnya masih asri dan bersih, pasti kamu akan ketagihan berfoto-foto di sini. Coba deh, datangnya waktu matahari terbit; pasti pemandangannya semakin mengagumkan!

Nah, seru, kan, main-main ke tempat wisata anti-mainstream seperti Tenggarong ini! Lebih serunya lagi, Airy juga sudah hadir di area ini! Jadi kamu tetap bisa menikmati liburan nyaman a la Airy dengan harga yang terjangkau!

#KapanAjaBisa eksplor tempat wisata seru bersama Airy! Tinggal download Airy App melalui Google Play Store atau App Store, gunakan kode kuponnya, dan kamu siap liburan hemat! Temukan kode kuponnya di www.airyrooms.com/promo atau follow Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

74 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *