63+ Tempat Wisata di Solo yang Asyik untuk Dikunjungi

tempat wisata di Solo

Siapa yang tidak mengenal Kota Solo sebagai kota Budaya dan kulineri ini? Memang kota ini sudah dianggap sebagai tempat wisata favorit bagi wisatawan. Pemandangan alamnya menarik di samping lokasinya yang mudah diakses. Jelas dong, kondisi ini membuat  Kota Solo mampu menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri untuk berlibur.

Apalagi, penduduk Kota Solo terkenal ramah tamah, tidak sulit bila ditanya informasi atau petunjuk arah. Pemerintah Kota Solo pun menyadari akan pesatnya perkembangan sektor pariwisata ini. Oleh karenanya, lain dulu lain sekarang tempat wisata baru pun mulai banyak bermunculan baik wisata kuliner, budaya, maupun wisata alam dan tempat hangout di Kota Solo dan sekitarnya.

Nah,  kita lihat yuk daftar panjang 65 tempat wisata di Solo. Tempat wisata ini ada yang lama ada yang baru, sebagai referensi ke mana Anda harus melangkah saat berada di kota ini, okey?

 

1. Taman Balekambang

Siapa yang tidak mengenal nama Taman Balekambang ini jika Anda bertanya pada penduduk lokal? Tempat wisata di Solo ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII bagi kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Saat ini pengunjung dapat menyaksikan patung kedua putri tersebut di taman ini.

Banyak yang bisa Anda lakukan di sini, karena terdapat 17 tempat yang ditandai di taman ini yaitu panggung terbuka,  Partinah Bosch, Partini Tuin, Gedung Kesenian, Danau, Kolam Renang, Bale Apung, Bale Tirtoyoso, Musala, Taman Reptil, Batu Lintang, Batu Asmara, Jalan Batu, lokasi outbound, MCK, dan kebun pembibitan. Perlu diketahui bahwa di Gedung Kesenian di taman ini Srimulat pernah berjaya di era 70-an.

Lokasi

Jalan Balekambang No.1 Manahan, Banjarsari Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Biaya Parkir Rp2.000

Taman Reptil Rp5.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 06.00 – 17.00 WIB

Transportasi

Dari Stasiun Balapan menggunakan Becak Rp15.000 atau dari Terminal Tirtonadi sebesar Rp10.000

Telepon

0271- 736227

Website

m.facebook.com/tamanbalekambang

 

2. Kraton Kasunanan Surakarta

Kraton Kasunanan didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744, setelah Keraton Kartasura hancur karena Geger Pecinan di tahun 1743. Kraton Kasunanan saat ini masih menjadi tempat tinggal Sri Sunan yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga kini.

Namun, kraton ini juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata budaya yang bisa Anda kunjungi. Bagian yang dibuka untuk umum adalah pendopo besar, museum koleksi kasunanan, replika pusaka kraton, serta gamelan. Anda bisa menyaksikan bangunan kraton yang memiliki arsitektur Jawa tradisional terbaik di kraton Jawa ini.

Lokasi

Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon

Tiket Masuk

Domestik Rp10.000

Rombongan Rp8.000

Wisatawan Asing Rp15.000

Jam Buka/Operasional

Senin – Kamis: Pukul 09.00 – 14.00 WIB

Sabtu – Minggu: Pukul 09.00 – 15.00 WIB

Jumat: Tutup

Transportasi

Naik Bus Solo Batik Trans Koridor 3 dari Kartosuro Bus AC Rp4.500 atau Rp4.000 non AC.

Telepon

0271- 711435

Website

Karatonsurakarta.com

 

3. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan sebuah kompleks taman di Kecamatan Laweyan yang merupakan jantung Kota Solo. Sebagai taman yang legendaris didirikan oleh Pakubuwono X, taman ini hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat diselenggarakan hiburan malam  tradisional bagi warga Solo, selain acara malam  selikuran warga sekitar dengan doa bersama.

Sayangnya taman ini saat ini sedang tutup dan direncanakan diubah menjadi tempat ibadah, berupa masjid besar berkonsep tradisional senilai 151 miliar. Namun, sebagai wisatawan Anda tetap  harus mengetahui Taman Sriwedari ini sebagai taman hiburan rakyat yang legendaris.

Lokasi

Jalan Slamet Riyadi no. 275 Sriwedari, Laweyan, Solo

Tiket Masuk

Jam Buka/Operasional

Transportasi

Dari Stasiun Purwosari naik Bus Trans Batik Koridor 2 Rp4.500. Becak dari Stasiun Balapan Rp15.000.

Telepon

Website

 

4. Pandawa Water World

Pandawa Waterworld merupakan sebuah tempat wisata terbaru di Kota Sukoharjo, — sekitar 4 km dari Kota Solo- yang menyediakan fasilitas air yang lumayan lengkap. Pandawa Water World yang berdiri tahun 2007 ini, menjadi wahana air terbesar di Jawa Tengah dengan mengusung konsep pewayangan. Pengunjung bisa menemui patung wayang berukuran besar menghadap kolam renang.

Tempat ini cocok sebagai  wisata air bagi seluruh keluarga, karena tersedia beragam wahana permainan untuk anak dan dewasa seperti seluncuran, Earth Shower,  Bima Slide, dan ombak buatan. Beberapa di antaranya bahkan merupakan wahana yang ekstrim seperti Black Hole Side yang sangat menantang adrenalin Anda.

Lokasi

Kompleks Pandawa Jalan Cemara Raya Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah

Tiket Masuk

Hari Biasa Rp80.000.

Weekend dan hari libur nasional Rp100.000.

Jam Buka/Operasional

Senin-Jumat pukul 10.00 – 18.00 WIB

Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Transportasi

Dari Stasiun Purwosari naik bus Wahyu Agung Putro sekitar Rp5.000.

Telepon

0271- 626955

Website

Pandawa-lima.com

 

5. Pura Mangkunegaran

Selain Kraton Kasunanan. terdapat Pura Mangkunegaran yang juga menjadi tempat wisata budaya di Kota Solo. Pura berarti istana yang merupakan kediaman Sri Paduka Mangkunegara. Pura ini berbentuk keraton kecil  yang megah didirikan pada tahun 1757.

 Pura Mangkunegaran berfungsi sebagai pusat seni dan budaya, karena di sini tersimpan koleksi peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit. Pengunjung bisa menyaksikan koleksi wayang, gamelan, maupun benda antik lainnya yang sebagian juga merupakan kumpulan dari berbagai daerah lain.

Lokasi

Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari Solo

Tiket Masuk

Tiket Domestik Rp10.000

Tiket Turis Rp20.000

Jam Buka/Operasional

Senin – Jumat pukul 08.30 – 14.00 WIB.

Minggu pukul 08.30 – 13.00 WIB.

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 3 dari Kartosuro sekitar Rp4.500

Telepon

Website

Puromangkunegaran.com

 

6. Kampoeng Batik Kauman

Kampung Batik Kauman merupakan  sentra kerajinan batik di Kota Solo. Banyak pecinta batik yang telah menjadi langganan bahkan dari luar negeri. Selain untuk berbelanja batik, tempat wisata budaya ini juga memberikan  demo pembuatan Batik dengan menggunakan canting. Jadi Anda pun bisa lebih memahami proses pembuatan dan belajar membatik di sini.

Terdapat 30 industri batik yang berada di kawasan Kauman ini untuk Anda berbelanja dan memilih batik sesuai selera dan harga. Anda bisa jalan kaki berkeliling kampung Kauman ini atau naik becak sambil menikmati rumah joglo dan limasan, serta gedung tua dengan arsitektur Jawa – Belanda.

Lokasi

Jalan Cakra, Kauman, Pasar Kliwon.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 07.00 -20.00 WIB

Transportasi

Dari Hotel Sahid Jaya naik Bus Trans Batik Koridor 1 sekira Rp4.500

Telepon

Website

Batikkauman.wordpress.com

 

7. Pasar Burung Depok

Pasar Burung Depok adalah pusat penjualan burung dan ikan hias,  sehingga bisa menjadi tempat wisata edukasi bagi anak-anak. Pengunjung bisa membeli berbagai burung seperti Kenari, Pleci, Cucak Rowo, Lovebird,  Jalak, dan Kutilang dengan kicauannya yang indah.

Selain itu berbagai macam unggas dan hewan peliharaan lain seperti hamster, marmot, monyet, dan kelinci pun dapat ditemui. Lokasi pasar yang berdiri sejak tahun 1984 ini mudah ditemukan, karena berada di sebelah timur Taman Balekambang yang legendaris itu.

Lokasi

Jalan Depok 14, dekat Stadion Manahan dan Taman Balekambang Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Transportasi

Naik bus Batik Solo koridor 1 dari Palur Rp4.500.

Dari Stasiun Balapan menggunakan Becak Rp15.000 atau dari Terminal Tirtonadi sebesar Rp10.000

Telepon

0821-34965244

Website

Wisatasolo.id

 

8. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers merupakan museum yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1978. Monumen  Pers ini menjadi bangunan bersejarah, berfungsi sebagai museum tempat wisatawan bisa mengunjungi perpustakaan, ruang multimedia, dan Koran Gratis.

Di sini terdapat berbagai naskah dan dokumen kuno yang menjadi bukti perjalanan pers saat masa kolonial Belanda. Terdapat 13.000 koleksi berupa naskah, buku dokumen, satu juta koran lama, benda pers, majalah sebelum dan sesudah Revolusi Nasional dari berbagai daerah.

.Lokasi

Jalan Gajah Mada No. 76 Timuran, Banjarsari.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Buka setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Transportasi

Bus Batik Solo  Koridor 2 dari Stasiun Purwosari Rp4.500

Telepon

0271- 710118

Website

Cagarbudaya.kemdikbud.go.id

 

9. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug adalah destinasi yang cukup terkenal di Kota Solo. Tempat ini  sangat cocok bagi tempat wisata keluarga  yang menawarkan berbagai binatang langka. Fasilitas yang disediakan adalah koleksi flora dan fauna, tempat bermain anak, kereta mini, hingga masjid untuk beribadah. Oleh karenanya tempat wisata yang murah meriah ini, selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama di hari libur.

Lokasi

Jalan Ir. Sutami No. 40, Kentingan, Jebres, Solo.

Tiket Masuk

Hari biasa Rp10.000

Hari libur Rp12.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 07.00 – 17.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Trans Batik Koridor 3 dari Kartosuro ke Jurug Rp4.500.

Telepon

0271- 636279

Website

http://solozoo.id/

 

10. Galabo Solo

Wisata Kuliner Galabo atau Gladak Langen Bogan, merupakan tempat makan dengan konsep outdoor dengan harga terjangkau. Berbagai stan makanan menyuguhkan hampir semua menu tradisional khas Kota Solo.

Ada banyak menu yang wajib dicoba antara lain pecel lele, thengkleng, nasi liwet, Selat Solo, gudeg ceker, Bestik Solo, bebek Pak Slamet, Kupat Bu Sri, atau wedang ronde. Tempat ini cocok bagi wisata kulineri dan bersantai bersama seluruh keluarga di malam hari.

Lokasi

Jalan Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

17.00 – 00.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Batik Solo koridor 3 turun di Kantor Pos Rp4.500

Telepon

Website

M.facebook.com/pages/Galabo-Gladag

 

11. Pasar Gede

Sesuai namanya, Pasar Gede merupakan pasar yang paling besar di Kota Solo. Di pasar yang didirikan di era PB X ini, Anda akan menemukan penjual berbagai makanan kebutuhan pokok seperti aneka bumbu, sayuran segar, daging, dan buah-buahan. Namun, terdapat juga jajanan tradisional khas Solo seperti nasi liwet, pecel, ayam goreng, kerupuk rambak, dan dawet Solo.

Lokasi

Jalan Urip Sumoharjo, Jebres

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 06.00 – 19.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 3 dari terminal Palur Rp4.500

Telepon

Dinas Pariwisata Kota Solo (0271) 711435

Website

Pariwisatasolo.go.id/wisata

 

12. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market, adalah pasar malam tradisional yang menjadi salah satu tempat favorit warga Kota Solo. Pasar malam ini secara rutin diselenggarakan  seminggu sekali pada hari Sabtu malam dan cocok sebagai wisata belanja dan kulineri. Banyak orang nongkrong santai di tempat ini di sore hari. Barang yang dijual pun merupakan kerajinan, suvenir, batik, hingga makanan khas Kota Solo sebagai oleh-oleh para wisatawan.

 Lokasi

Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Sabtu 18.00 – 23.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 3 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

Dinas Pariwisata Kota Solo (0271) 711435

Website

Surakarta.go.id

 

13. Markobar Solo

Restoran Martabak ini menjadi viral setelah menyuguhkan beragam rasa dengan tekstur lembut dan rasanya manis. Markobar juga tampil beda dari martabak konvensional dengan mengusung 8 rasa yang berbeda. Bila Anda pencinta kulineri, bisa mencoba toping markobar dengan 25 toping pilihan.

Harga Markobar ini  bervariasi dibanderol dari Rp25.000 – Rp100.000.Selain martabak 8 rasa, terdapat menu martabak 4 rasa disajikan dengan toping seperti kitkat, ovomaltine, green tea, dan timtam red velvet.

Lokasi

Jalan Dokter Moewardi Solo

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Mulai buka pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Transportasi

Naik bis Trans Batik Koridor 3 dari terminal Palur Rp4.500

Telepon

0823 – 24913789

Website

IG : @Markobar1996

 

14. Solo Square

Solo Square merupakan salah satu pusat perbelanjaan kelas menengah atau mal yang cukup populer. Mal yang terdiri dari 5 lantai ini  memiliki beragam toko dan gerai seperti mal pada umumnya.  

Lokasinya yang strategis jelas membuat mal ini semakin eksis. Saat ini juga sudah ada tambahan lantai untuk menonton Cinema XXI. Anda bisa hangout di sini menikmati sajian makanan di restoran setelah berbelanja di Hypermart seperti KFC, JCO Donuts, BreadTalk, dan masih banyak lagi.

Lokasi

Jalan Slamet Riyadi

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Transportasi

Naik bis Trans Batik Koridor 3 Rp4.500

Telepon

0271- 7651500

Website

www.Solosquare.com

 

15. Solo Paragon Mal

Solo Paragon Mall merupakan salah satu mal besar yang lebih mewah dan megah yang menyatu dengan Solo Paragon Hotel & Residences. Mal ini berkonsep “shopping, dining, entertainment.” Berada di lokasi Superblok Solo Paragon di jantung kota Solo, mal ini memiliki 5 lantai dan area parkir yang luas untuk 1000 mobil dan 700 motor. Di sini tersedia berbagai gerai terkenal dan beragam restoran besar bagi mereka yang berkantong tebal.

 

Lokasi

Jalan Yosodipuro

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 10.00 – 22.00

Transportasi

Naik Bis Trans Batik Koridor 2 dari terminal Kartosuro Rp4.500

Telepon

0271- 727306

Website

www.Solo-Paragon.com

 

16. The Park Solo

The Park merupakan pusat perbelanjaan yang termasuk baru di Kota Solo tepatnya di Solo Baru, Sukoharjo. Mal ini mengusung tema “ The Green Shopping Atmosphere.”, family and lifestyle mall. Apabila Anda ingin berbelanja semuanya ada di sini, atau konsep “One stop shopping”.

Anda juga dapat menemukan restoran dan gerai lokal muapun impor di sinilah tempatnya. Ada nama-nama populer seperti teh Tong Tji hingga Baskin Robbins, Starbucks, The Body Shop. Jika butuh hiburan bisa  menonton di bioskop Cinema XXI,  juga supermarket dan refleksologi. Pusat belanja ini terintegrasi dengan hotel, fasilitas kesehatan, hunian, serta pendidikan sehingga sangat memudahkan bagi warga sekitar.

Lokasi

Jalan Ir. Soekarno

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 10 – 22.00

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 4 dari Jalan Dr. Moewardi Rp4.500

Telepon

0271 – 624545

Website

Mall.theparksolo.com

 

17. Solo Grand Mal

Mall ini adalah pusat perbelanjan pertama yang ada di Kota Solo berdiri tahun 2004. Lokasinya sangat strategis berada di jantung kota Solo, mal ini cukup populer bagi kelas menengah ke bawah karena harga barang cukup terjangkau. Anda bisa hangout di area Foodcourt dan nonton film di mal ini. Di mal ini Anda juga dapat menemukan beragam barang elektronik dan gadjet.

Lokasi

Jalan Slamet Riyadi

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 21.00

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 2 dari terminal Kartosuro Rp4.500

Telepon

0271- 725111

Website

www.Solograndmall.co.id

 

18. Pusat Grosir Solo atau Beteng Trade Center

Beteng Trade Center mengusung konsep pusat bisnis perdagangan tekstil sehingga menjadi pusat grosir terlengkap di Kota Solo dan sekitarnya. Di lantai dasar terdapat barang-barang seperti tekstil, sedangkan lantai 1 dijual produk tas, sepatu, dan pakaian jadi berkualitas dengan harga murah.

Oleh karenanya Pusat Grosir Solo ini cocok bagi Anda yang ingin berjiwa dagang dan ingin kulakan. Namun, tentu saja tempat ini juga cocok sebagai wisata belanja dan window shopping. Apalagi lokasinya berbatasan dengan kompleks Kraton Kasunanan.

Lokasi

Jalan Mayor Sunaryo, Pasar Kliwon Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 1 dari Palur Rp4.500

Telepon

0857-29905722

Website

Mobile.twitter.com/btcsolo

www.facebook.com/boyolaliproperty

 

19. Musium Batik Danar Hadi Solo

Batik Danar Hadi yang mempunyai nama besar ini,  selain menyediakan museum batik juga membuka outlet penjualan. Di sini Anda dapat menyaksikan kain batik unik tradisional yang berasal dari pelosok nusantara. Di gedung bergaya kolonial ini, Anda juga bisa melihat proses pembuatan kain batik secara tradisional.

Danar Hadi juga menyediakan berbagai jenis pakaian yang cocok untuk acara sehari-hari hingga acara spesial. Rangkaian koleksi batiknya sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda sehari-hari.

Lokasi

Jalan Slamet Riyadi

Tiket Masuk

Rp35.000 untuk umum

Rp15.000 untuk pelajar

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 16.00

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 1 Rp4.500 atau jalan kaki melalui jalur City Walk

Telepon

0271-714326

Website

Danarhadibatik.com/id

 

20. Pasar Klewer Solo

Pasar Kewer merupakan pasar tekstil terbesar  di Kota Solo ini berdekatan lokasinya dengan Kraton Surakarta. Bangunan pasar ini dapat menampung hampir 1.500 pedagang. Pasar ini berfungsi sebagai pusat untuk berbelanja berbagai macam kain dan batik rujukan pedagang dari berbagai daerah.

Selain itu ada baju anak dan dewasa, sepatu, tas, dan jajanan yang dijual dengan harga murah. Berbagai makanan khas tradisional Solo  seperti emping, brem, paru, usus dan masih banyak lagi bisa ditemukan di sini.

Lokasi

Dekat Alun-Alun Lor (utara) Jalan Dr. Radjiman

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 – 16.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Batik Solo koridor 3 dari terminal Palur   Rp4.500

Telepon

0822-47304499

Website

Grosirpasarklewer.com

 

21. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan bekas gedung Bank Indonesia era kolonial. Gedung lama yang dahulu bernama Javasche Bank ini, sekarang berstatus sebagai cagar budaya. Bangunan yang kental dengan arsitektur masa lampau ini, terletak di pusat kota berdekatan dengan kantor pemerintahan.

Saat ini telah diubah fungsinya menjadi perpustakaan dan museum. Di Museum Bank Indonesia ini, Anda bisa melihat benda-benda bukti sejarah beroperasinya Bank Indonesia dan jejak transaksi finansial Indonesia.

 Lokasi

Jalan Ronggowarsito no.2, Pasar Kliwon, Solo.

Tiket Masuk

Rp2.000, khusus anak-anak gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 07.15 – 16.15 WIB.

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 3 Rp4.500

Telepon

0271 – 641837

Website

www.bi.go.id/web/id

 

22. Wedangan Pak Wir

Wedangan memang menjadi tempat nongkrong dan bersantai yang sangat viral di Kota Solo. Hal ini disebabkan wedangan menyuguhkan berbagai makanan khas tradisional, dengan harga murah dan suasana nyaman. Salah satu wedangan yang cukup populer  yaitu Wedangan Pak Wiryo. Di sini Anda bisa menikmati wedang jahe, nasi kucing, sate usus, dan camilan lain. Kesemuanya disajikan dengan resep dan olahan racikan sendiri, sehingga rasanya pun khas.

Lokasi

Jalan Perintis Kemerdekaan

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 17.00 – 00.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 2 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

0857-28717000

Website

www.infomakan.com

 

23. Wedangan Cafe Tiga Tjeret

Café Tiga Tjeret merupakan kedai angkringan modern di Kota Solo. Saa ini menjadi salah satu tempat hangout dan kongkow kaum muda, terutama saat menjelang malam. Kafe ini menyajikan menu enak dengan harga yang terjangkau. Berbagai menu wedangan khas angkringan Solo bisa Anda temukan di sini.  

Lokasi

Jalan Ronggowarsito No. 37, Keprabon, Banjarsari, Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 11.00- 01.00 dini hari

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 1 dari Terminal Kartosuro Rp4.500

Telepon

0271-630078

Website

Mobile.twitter.com @CaffeTigaTjeret

 

24. Kedai Susu Shi Jack

Mau nongkrong murah di Solo sambil menikmati susu segar? Kedai Susu Shi Jack bisa menjadi pilihan. Kedai Shi Jack yang telah menjadi legendaris ini, menyajikan makanan warung khas Solo dengan menu utama susu.

Anda bisa menemui menu sate sosis, sate telur puyuh, tahu tempe dan masih banyak lagi. Nama menu yang digunakan ini unik, sementara bartender  mempertunjukkan atraksi saat membuat minuman. Kedai Susu Shi Jack telah membuka banyak cabang di Kota Solo.

Lokasi

Di Honggowongso No. 42 Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 17.00- 01.00 dini hari

Transportasi

Naik Bus Batik Solo koridor 3 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

0856-4702-5933

Website

Tentangsolo.web.id

 

25. New Es Krim Tentrem

Sebuah kedai lawas yang perlu dikunjungi bila Anda sedang berada di Kota Solo. Berdiri sejak tahun 1952, menggunakan resep ala Belanda dengan rasa yang lain dari yang lain.

Konsep lawas tidak hanya pada rasa yang segar dan sedikit asam, tetapi juga pada bangunan kedainya. Kedai ini juga memiliki nuansa lawas yang unik baik di bagian luar maupun di dalam bangunannya. Namun, saat ini Es Krim Tentrem sudah membuka cabang baru yang disebut New Es Krim Tentrem berada di Jalan Slamet Riyadi.

 

Lokasi

Jalan Slamet Riyadi no.132, Keprabon

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.30 – 21.00 WIB.

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 1 Dari Bandara Adisumarmo Rp4.500

Telepon

0271 – 7890425

Website

Business.google.com/website/es-krim-tentrem

 

26. Orion Mandarijn

Orion Mandarijn  yang berdiri sejak tahun 1932 ini, merupakan toko kue legendaris di Kota Solo dengan citarasa lawas. Anda bisa mencicipi roti Mandarin berbagai rasa terutama kue zaman old dan aneka camilan zaman dulu. Jadi buat pencinta kuliner, jangan lewatkan mengunjungi toko  dengan bangunan yang juga lawas ini.

Lokasi

Jalan Urip Sumoharjo no.80 Jebres.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 1 dari Bandara Adi Sumarmo

Telepon

0271 – 645214

Website

m.facebook.com/pages/Orion-Mandarin

 

27. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman sangat terkenal dengan rasanya yang manis, tipis, dan halus, terutama yang rasa original dan coklat. Harganya yang ekonomis cocok untuk oleh-oleh. Anda cukup mencicipi dua buah serabi sudah cukup membuat kenyang. Serabi Notosuman ini bahkan sudah membuka beberapa cabang juga di kota lain seperti Bandung, Tangerang, Bekasi,  dan Klaten.

Lokasi

Jalan Mohammad Yamin no. 28 Serengan, Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 04.30 – 16.00 WIB.

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 1 dari Bandara Rp4.500

Telepon

0271 – 634433

Website

Petatempatwisata.com

 

28. Sate Kere Yu Rebi

Kedai sate Yu Rebi sangat populer di kalangan warga Solo. Sate kere yang disajikan  terbuat dari tempe gembus yang dibumbui dan disajikan dengan bumbu kacang.. Tidak hanya sate kere yang disajikan, melainkan juga sate babat,  sate ayam, sate kikil, sate ginjal, dan gado-gado. Jangan khawatir, harganya sangat terjangkau.

Lokasi

Jalan Kebangkitan Nasional Laweyan, belakang stadion Sriwedari

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 11.00 – 21.00 WIB

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 1 dari Bandara Rp4.500.

Telepon

0271 – 739839

Website

Wonderfulsolo.com

 

29. Warung Selat Mba Lies

Warung Selat Mba Lies ini cukup populer di kalangan warga Solo. Pasalnya warung ini menyajikan Selat Solo yang merupakan menu khas Solo dengan citarasa lezat Selat Solo yang dianggap sebagai steak Jawa ini, disajikan terdiri dari daging giling, buncis, kentang,  wortel, taburan bawang, irisan telur, kuah cair, dan saus mustard.

Lokasi

 

Jalan Veteran Gang  II no. 42, Kelurahan Serengan, Solo

 

Tiket Masuk

 

Gratis

 

Jam Buka/Operasional

 

Pukul 08.00 – 17.00 WIB

 

Transportasi

 

Naik Bus Batik Solo Koridor 1 dari Bandara Rp.4.500

 

Telepon

 

0271 – 653332

Website

 

Warungselat.wordpress.com/

 

 

 

30. Wedangan Rumah Nenek

Wedangan Rumah Nenek adalah kafe yang menyajikan  berbagai makanan dan minuman tradisional seperti wedang jahe dan minuman rempah lainnya. Kafe ini mengusung konsep rumah joglo zaman dulu –memadukan desain Jawa dan belanda– membuat pengunjung serasa dibawa ke zaman old.

Lokasi

Jalan Sidoluhur No. 58, Laweyan

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 10.00 – 24.00 WIB.

Transportasi

Naik Bis Batik Solo Koridor 1 dari Bandara Adi Sumarmo Rp4.500.

Telepon

0852-2991-0700

Website

www.sportourism.id

 

31. Soto Gading

Setiap warga Solo pasti mengenal Soto Gading yang cukup legendaris. Soto Gading ini berupa soto ayam berkuah yang lezat. Selain Soto, Anda bisa menyantapnya dengan hidangan lain seperti sate telur puyuh, sate usus, tahu, tempe, atau keripik paru.

Lokasi

Jalan Brig.Jend Sudiarto No.77, Pasar Kliwon Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 06.00 – 15.30 WIB.

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 1 dari Bandara Adi Sumarmo Rp4.500.

Telepon

0271 – 642142

Website

Wonderfulsolo.com

 

32. Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta memiliki desain yang eksotis dengan pendopo terbuka khas tradisional Jawa dan didukung oleh tiang-tiang dari kayu. Dengan halaman yang luas dan rindang,  suasana di sekeliling masjid ini menjadi sejuk. Masjid Agung ini dianggap sebagai bangunan lawas peninggalan purbakala dan merupakan masjid milik Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lokasi

Jalan Alun-Alun Utara, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 3 dari  Terminal Palur Rp4.500.

Telepon

Website

www.Indonesiakaya.com

 

33. Masjid Laweyan

Masjid Laweyan juga termasuk masjid bersejarah yang dahulu merupakan sebuah pura dan berubah menjadi masjid. Dengan perpaduan arsitektur antara rumah joglo dan kelenteng, membuat masjid ini terlihat unik. Masjid ini termasuk salah satu masjid tertua di Kota Solo, menjadi saksi peninggalan Hindu – Islam.

Lokasi

Jalan Liris No.1, Pajang belakang Kampung Batik Laweyan Solo

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 3 dari Terminal Palur.

Telepon

Website

Situsbudaya.id

 

34. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka dibangun pada tahun 1890. Saat ini di museum kuno dan megah ini, tersimpan peninggalan budaya Kota  Solo. Anda bisa menyaksikan koleksi wayang, arca, benda pusaka, alat musik tradisional, dan buku-buku kuno.

 

Lokasi

Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan

Tiket Masuk

Dewasa Rp2.000

Pelajar Rp1.500

Wisatawan asing Rp5.000

Jam Buka/Operasional

Selasa – Kamis dan Sabtu, pukul 08.30 – 14.30 WIB.

Jumat, pukul 08.30 – 11.30 WIB.

Minggu, pukul 09.00 – 14.30 WIB.

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 1 dari Bandara Rp4.500.

Telepon

0271-712306

Website

MuseumIndonesia.com

 

35. Benteng Vastenburg

Benteng ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda dengan arsitektur yang menawan. Lokasinya pun strategis tidak jauh dari balai kota dan area Pasar Kliwon. Tembok benteng ini dikelilingi parit dan terdapat tempat terbuka di tengah benteng.

 

Lokasi

Jalan Sudirman, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo.

Tiket Masuk

Rp2.000

Jam Buka/Operasional

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 3 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

0271- 716501

Website

Surakarta.go.id

 

36. Museum Samanhudi

Museum Samanhoedi memiliki bangunan yang sederhana, tetapi di museum ini terdapat berbagai peninggalan sejarah K. H. Samanhoedi. Pasalnya sebagai pendiri organisasi Sarekat Dagang Islam, beliau berperan penting dalam sejarah perdagangan, ekonomi, serta perjuangan melawan penjajah di era kolonial.

Lokasi

Jalan K.H. Samanhoedi, No. 75, Sondakan, Laweyan, Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 3 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

Website

Situsbudaya.id

 

37. Museum Keris

Museum Keris menyimpan berbagai koleksi keris dari berbagai wilayah di Pulau Jawa. Anda bisa menyaksikan keris tertua yang dipajang di museum ini,  peninggalan dari zaman Majapahit abad ke-15. Selain koleksi keris, terdapat berbagai koleksi buku tentang keris. Setelah museum ini dipugar, museum ini lebih menarik sebagai tempat wisata budaya.

Lokasi

Jalan Bhayangkara No.2, Sriwedari, Laweyan, Solo.

Tiket Masuk

Rp6.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 3 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

0271 – 7463997

Website

Wonderfulsolo

 

38. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul merupakan cagar budaya siang hari. Alkid ini berfungsi sebagai tempat “hangout” penduduk Kota Solo. Banyak yang berolahraga, main layangan, naik becak hias, atau berwisata kuliner di sini. Pengunjung biasanya berwisata kuliner dengan jajan makanan dan minuman ringan seperti mie ayam, bakso, dan es kelapa muda.

Lokasi

Jalan Gading, Pasar Kliwon, Gajahan, Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 05.00 – 22.30 WIB.

Transportasi

Bus Batik Solo Koridor 1 dari Terminal Palur Rp4.500.

Telepon

Website

Petatempatwisata.com

 

39. Dalem Kalitan

Dalem Kalitan yang dahulu milik Pakubuwono X ini, merupakan tempat peristirahatan keluarga almarhum mantan Presiden Soeharto beserta keluarga, saat berkunjung ke Solo. Bangunan rumah khas joglo ini dibangun tahun 1789 dengan pendopo yang dipenuhi elemen kayu. Anda bisa menyaksikan seluruh bagian rumah ini beserta foto, koleksi buku, serta beragam piagam penghargaan lainnya.

Lokasi

Jalan Kalitan, Timuran (dekat Loji Gandrung atau Kantor Walikota)

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

24 jam

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 1 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

Website

www.cendananews.com

 

40. Pura Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran ini dibangun pada tahun 1757, dirancang oleh KGPAA Mangkunegara II. Paduan gaya tradisional Jawa dengan sentuhan Eropa membuat istana ini tampil menarik.Ruang utama yaitu Pendopo dan Ndalem diapit kediaman keluarga raja.

Di sini tersimpan juga koleksi peninggalan bersejarah dan benda seni baik dari dalam maupun luar negeri. Ada Kitab kuno dari zaman Majapahit dan Mataram, topeng dari Cina, serta koleksi perhiasan emas dan foto Mangkunegoro.

Lokasi

Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Solo.

Tiket Masuk

Domestik Rp10.000

Turis Rp20.000

Jam Buka/Operasional

Senin – Jumat Pukul 08.30 – 14.00 WIB.

Minggu Pukul 08.30 – 13.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor dari Rp4.500

Telepon

Website

Pariwisatasolo.surakarta.go.id

 

41. Loji Gandrung

Loji Gandrung adalah rumah dinas walikota Solo yang didirikan tahun 1890. Oleh karenanya, gedung ini memiliki desain sentuhan lokal dan barat dengan arsitektur menawan. Selain sebagai rumah dinas, bangunan ini juga berfungsi sebagai museum mini, tempat tersimpan berbagai peninggalan sejarah mulai dari gamelan, keramik, koleksi wayang, patung dan benda bersejarah lainnya.

Lokasi

Jalan Slamet Riyadi, dekat Taman Sriwedari, Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Sabtu dan Minggu tutup.

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 3 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

0271-712004

Website

Surakarta.go.id/

 

42. Taman Cerdas Jebres

Di Taman Cerdas yang berada di utara kampus Universitas Sebelas Maret ini terdapat beberapa bangunan. Ada Gedung perpustakaan, laboratorium komputer, seperangkat gamelan, mini gazebo, mini aula, arena teater terbuka, playgound bermain anak, serta Taman Dinosaurus dan Taman Purba. Taman ini biasanya dikunjungi pelajar dan mahasiswa yang memanfaatkan Hotspot wifi yang tersedia di sini.

Lokasi

Jalan Ki Hajar Dewantara RT/RW 02/25, Jebres

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

09.00 – 20.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 1 dari Bandara Rp4.500

Telepon

0271-636506

Website

m.facebook.com/Taman-Cerdas-Kelurahan-Jebres

 

43. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu merupakan pasar barang bekas tradisional yang menjual barang-barang antik dan unik. Barang yang dijual tidak hanya dari Jawa saja melainkan dari seluruh nusantara hingga mancanegara. Para wisatawan baik lokal maupun asing sering terlihat berkunjung ke pasar ini mencari barang untuk koleksinya.

Anda bisa menemukan barang keramik cina, patung, keris, gelas, piring, koin kuno,  lampu antik, lukisan, hingga fosil manusia purba dari Sangiran. Namun, jangan khawatir jika Anda pandai menawar, Anda bisa membawa barang antik tersebut dengan harga yang miring.

Lokasi

Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 1 dari bandara Rp4.500

Telepon

0271-635188

Website

www.pasartriwindu.com

 

44. Vihara Dhamma Sundara

Vihara Dharma Sundara yang cantik ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang ramai dikunjungi orang. Bangunan utama memiliki atap berbentuk limas besar yang dikelilingi empat limas kecil. Di undakan pertama terdapat makhluk berbadan burung dan kepala manusia.  Pada undakan kedua terdapat patung sepasang singa yang indah dan unik.

Vihara ini menjadi terlihat semakin menarik karena terdapat banyak pernik hiasan di dalamnya. Pengunjung juga bisa menyaksikan sebuah lukisan kaca sepasang kijang berhadapan,  dua kepala naga dengan mulut terbuka, gapura, serta patung Buddha emas. Terdapat juga bangunan candi dengan stupa-stupa kecil serta patung Sundara Husea pendiri vihara ini.

Lokasi

JL. Ir. H. Juanda No.223B, Pucangsawit, Jebres, Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor 1 dari bandara Rp4.500

Telepon

0271-643749 – 0856-0091-2677

Website

m.facebook.com/dhammasundara/

 

45. Monumen 45 Banjarsari

Monumen 45 merupakan bangunan dengan gerbang seperti gerbang Kraton Kasunanan. Monumen ini didirikan pada tahun 1973 sebagai peringatan mengenang peristiwa bersejarah di Kota Solo.  Pada tanggal 7-10 Agustus 1949, terjadi serangan 4 Hari di Kota Solo. Taman di Monumen 45 ini disebut sebagai taman Monjari sebagai tempat penduduk sekitar berekreasi bersama keluarga, selain untuk berolahraga. Di taman ini dibangun tempat bermain anak, air mancur, serta hutan kota.

 Lokasi

Jalan Mayjend. D.I Panjaitan, Banjarsari, Solo.

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

24 jam

Transportasi

Naik Bus Batik Solo Koridor2 dari Terminal Palur Rp4.500

Telepon

Website

Situsbudaya.id

 

46. Argowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro dahulu merupakan pabrik gula tebu, yang selanjutnya direnovasi menjadi tempat wisata alam. Suasana di Agrowisata ini nyaman karena banyak pohon rindang serta udaranya yang sejuk. Jarak tempuh dari Kota Solo adalah 45 menit atau 5 km.

Wisatawan dapat mengunjungi beberapa fasilitas seperti Agro sehat, film proses pembuatan gula,  flying fox, taman air, jembatan gantung, monumen giling, pijat refleksi, terapi ikan, air cerdas,  kolam renang, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk berfoto selfie di depan monumen lokomotif  di tempat yang berjarak 5 km dari Kota Solo ini.

Lokasi

Jalan Mangkunegara, Bojonegara,  Tasikmadu, Karanganyar

Tiket Masuk

Rp5.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Rute Solo – Karanganyar dari Terminal Tirtonadi, tarif bus sekira Rp5.000 – Rp7.000 lalu melanjutkan dengan ojek motor.

Telepon

0271-495562

Website

http://agrowisata-sondokoro.blogspot.co.id/

 

47. Taman Pancasila Karanganyar

Taman Pancasila berdesain unik dengan tema Pancasila ini berada di jantung Kota Karanganyar. Taman yang bertujuan dapat memberikan rasa nasionalis ini berfungsi sebagai tempat bersantai warga Karanganyar. Banyak aktivitas dilakukan oleh warga di taman lapang ini, seperti tempat hangout atau tempat bermain anak.

Di malam hari taman ini berubah fungsi menjadi lokasi pasar malam pedagang PKL dan mainan anak. Bagi wisatawan, taman ini tentu bisa dijadikan tempat untuk mencicipi kuliner yang juga banyak dijual di area ini seperti siomay, bakso, soto, dan wedang.

Lokasi

Jalan Lawu, Kecamatan Karanganyar (17 km dari Kota Solo)

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

24 jam

Transportasi

Bus rute Solo – Karanganyar dari Terminal Tirtonadi Solo sekitar Rp5.000 – Rp7.000, lanjut ojek.

Telepon

0819-1536-8094

Website

www.karanganyar.go.id

 

48. Kebun Stroberi Karanganyar

Kebun Stroberi Tawangmangu memang sangat cocok untuk berwisata edukasi bagi keluarga. Anak-anak dapat merasakan pengalaman baru melihat  proses menanam, merawat, dan memetik buah stroberi langsung dari pohonnya. Selain itu Anda bisa menikmati hawa dingin dan pemandangan indah di bawah kaki Gunung Lawu.

Lokasi

Desa Kalisoro Tawangmangu, Kalisoro, Karanganyar

Tiket Masuk

Rp7.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Transportasi

Naik bus Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi sekira Rp10.000, lanjut  ojek.

Telepon

Website

portalkaranganyar.blogspot.com

 

49. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran yang terletak di kaki Gunung Lawu ini menjadi tempat wisata sejarah dan edukasi warga Solo dan sekitarnya. Pasalnya tidak hanya koleksi fosil manusia, melainkan fosil hewan dan tumbuhan pun ada di sini.

Apalagi Sangiran dilalui sebuah sungai yang menawan yaitu Kali Cemoro yang bermuara di Bengawan Solo. Dengan koleksi fosil yang berumur dari 200.000 tahun hingga jutaan tahun dan berjumlah hingga 13.000 buah, tentu  museum ini  cocok bagi edukasi anak-anak maupun orang dewasa.

Lokasi

Krikilan, Kalijambe, Kabupaten Sragen

Tiket Masuk

Turis Lokal Rp5.000

Turis  Domestik Rp11.500

Jam Buka/Operasional

Selasa – Minggu, Pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Solo – Sragen dari Terminal Tirtonadi sekitar Rp7.000 – Rp10.000, lanjut ojek.

Telepon

0271-7087446

Website

Sangiran.kemdikbud.go.id

 

50. Museum Manusia Purba Klaster Dayu

Museum Manusia Purba Klaster Dayu atau disingkat Museum Dayu, merupakan museum sejarah purba yang lokasinya tidak jauh dari situs arkeologi Sangiran. Museum bernuansa modern ini menyimpan berbagai benda pameran, mulai dari diorama kehidupan manusia purba, informasi tentang siklus lapisan tanah di Sangiran yang terjadi selama ratusan ribu tahun, hingga berbagai benda purba yang ditemukan di situs Sangiran.

 

Museum ini juga menyediakan fasilitas permainan anak-anak, gazebo, serta menara pandang sebagai wahana terbaru untuk menikmati  keindahan panorama di Sangiran.

 

Lokasi

Desa Dayu, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar

Tiket Masuk

 

Rp5.000

Jam Buka/Operasional

Buka setiap hari, Pukul 08.00 – 16.00 WIB.

 

Transportasi

 

Naik bus jurusan Solo-Purwodadi dari Terminal Tirtonadi sekitar Rp11.000, lanjut ojek.

Telepon

 

0271-495039

 

Website

 

Karanganyarkabupaten.go.id

 

51. Grojokan Sewu

Setiap warga Kota Solo dan sekitarnya pasti pernah mendengar air terjun Grojogan Sewu yang artinya seribu ini. Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah tempat wisata air terjun setinggi 81 meter yang indah terletak di lereng Gunung Merapi. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, pengunjung harus melewati ribuan anak tangga.

Air terjun yang legendaris dan banyak dikunjungi wisawatan ini terletak di area hutan wisata seluas 20 ha, berada di Kabupaten Karanganyar yang berjarak 37 Kilometer dari Kota Solo.  Selain air terjun, tersedia fasilitas flying fox dan mini rafting bagi pengunjung.

Lokasi

Jalan Lawu, Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

Tiket Masuk

Rp15.000

Jam Buka/Operasional

07.00 – 17.00 WIB

Transportasi

Bis Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi tarif sekitar Rp10.000, lanjut ojek.

Telepon

0271-697051

Website

Wisatajateng.com

 

52. Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog termasuk salah satu tempat wisata baru yang tengah viral saat ini. Tempat ini memiliki keindahan yang tidak kalah mengagumkan, dikelilingi pepohonan dan masih ditemukan banyak satwa liar. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti permainan, kolam renang, wisata pertanian, panggung hiburan, restoran, bahkan cottage dengan nuansa hutan tropis.

Untuk mencapai air terjun Jumog yang sering disebut sebagai surga yang hilang ini, wisatawan harus menuruni 116 anak tangga yang notabene masih sedikit dibandingkan Grojokan Sewu.

Lokasi

Berjo, Ngarjoyoso, Karanganyar

Tiket Masuk

Rp5.000

Jam Buka/Operasional

09.00 – 17.00 WIB.

Transportasi

Naik bis dari terminal Tirtonadi Solo ke Karangpandan Rp7.000 dilanjut naik ojek sekitar Rp45.000 – 60.000 pp.

Telepon

0271-5818082

Website

Wisatajavaindonesia.org

 

53. Candi Sukuh

Candi Sukuh yang terletak di Karanganyar ini, merupakan candi terakhir peninggalan umat hindu dari Ratu Majapahit di abad 15 Masehi. Candi ini unik karena bentuknya lebih cenderung menyerupai candi peninggalan suku Maya. Selain itu, candi ini juga banyak dihiasi relief yang tampak vulgar dan erotis di lorong-lorongnya. Pengunjung bisa menyaksikan 3 teras di candi ini yaitu gerbang utama, gapura dan patung Dwarapala, serta teras terakhir terdapat pelataran luas.

Lokasi

Dusun Sukuh, Desa Barjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar

Tiket Masuk

Rp7.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi Rp.10.000, lanjut ojek.

Telepon

0813-35254178

Website

candi.perpusnas.go.id

 

54. Candi Cetho

Candi Cetho yang merupakan peninggalan Hindu bernilai sejarah tinggi ini dibangun pada zaman Majapahit. Lokasinya berada di ketinggian kebun teh tidak jauh dari Candi Sukuh, dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota Solo.

Di candi ini pengunjung juga bisa menyaksikan gambar erotisme yang vulgar. Berhubung candi ini dipakai sebagai tempat beribadah umat Hindu, pengunjung wajib memakai kain poleng  yang telah disediakan petugas untuk dipakai di bagian pinggang.

Lokasi

Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kec Jenawi, Kab Karanganyar

Tiket Masuk

Rp7.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 09.00 – 17.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi sekitar Rp.10.000, lanjut ojek

Telepon

0271-495039

Website

http://candi.perpusnas.go.id

 

55. Bukit Sekipan

Di Bukit Sekipan ini telah dibangun tempat wisata yang indah sejak tahun 2015. Pengunjung bisa melakukan kegiatan outbound dan flying fox yang seru. Selain itu tersedia juga paket outbond serta penginapan berupa vila.

Di sini juga terdapat fasilitas waterpark, kampung 3D, wahana anak,  wisata air waterboom, dan spot selfie yang keren. Wisatawan juga bisa mengeksplorasi Kampung Halloween dan Rumah Papua yang unik. Pemandangan alam di desa ini tidak kalah indah dengan  udara sejuk.

Lokasi

Jalan Sekipan, Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar.

Tiket Masuk

Rp5.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi sekitar Rp10.000, lalu lanjut ojek.

Telepon

 0271- 696036

Website

Bukitsekipan.com

 

56. Telaga Madirda

Telaga Madirda ini merupakan salah satu telaga alami di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Lokasinya masih berada di kawasan Candi Sukuh, memiliki pemandangan perbukitan yang dipenuhi pepohonan cemara yang menghijau.  

Pengunjung bisa menyaksikan jernihnya air telaga Madirda ini di tengah udara sejuk. Jangan lupa untuk berfoto selfie, karena hasilnya bisa terlihat menawan untuk diunduh di Instagram.

Lokasi

Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar,

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

24 jam

Transportasi

Naik Bus Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi Rp.10.000, setelah itu lanjut ojek.

Telepon

0858-7909-9467

Website

https://wisataberjo.com

 

57. Kebun Teh Kemuning

Tidak jauh dari Candi Cetho di lereng Gunung Lawu terdapat hamparan Kebun Teh Kemuning. Wisatawan bisa menikmati keindahan kebun teh yang menawarkan udara sejuk 21 derajat dan suasana segar.

Selain itu Anda bisa berwisata kuliner di Rumah Teh Ndoro Donker untuk menikmati sajian teh. Minuman teh di sini beragam jenisnya mulai dari teh melati, teh hitam, hingga teh merah.

Lokasi

Karang Pandan, 25 km dari Kota Solo

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Transportasi

Naik bus jurusan Tawangmangu dari Stasiun Tirtonadi ke Stasiun Karang Pandan, Rp10.000. Lalu disambung naik angkutan umum ke Nglorog dan ojek ke perkebunan.

Telepon

0813-85590992

Website

wisatasolo.id/

 

58. Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk yang diibangun pada tahun 1970 ini, berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air dan irigasi berhektar sawah di lokasi. Selain itu karena potensi pemandangan alamnya yang indah, waduk ini pun dibuka untuk umum menjadi tempat wisata. Di sini pengunjung bisa menyewa perahu dan kapal boat untuk berkeliling waduk, memancing, dan berolahraga gantole.

Lokasi

Sendang, Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri

Tiket Masuk

Hari Biasa Rp5.100

Hari Libur Rp7.600

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 – 17.00 WIB

Transportasi

Naik Rail Bus Batara Kresna dari Stasiun  Purwosari Rp4.000, lalu bus ke waduk Rp5.000.

Telepon

0813-3525 4178

Website

Wisatajateng.com

 

59. Obyek Wisata Air Cokro

Obyek Wisata Air Cokro seluas 15.000 meter persegi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Klaten. Kolam pemandian ini berasal dari mata air di lereng Gunung Merapi. Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai wahana permainan air antara lain mandi bola, kolam renang, seluncuran, gebyur ember, dan masih banyak lagi.

Lokasi

Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten,

Tiket Masuk

Rp10.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 008.00 – 17.00 WIB

Transportasi

Naik Bus Solo – Klaten dari Terminal Tirtonadi sekitar Rp8.000, lanjut ojek.

Telepon

0856-4218-4121

Website

VisitKlaten.com

 

60. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso Karanganyar

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunegoro I merupakan tempat rekreasi serta tempat aktivitas Pramuka dan penelitian. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan udara sejuk di lereng Gunung Lawu. Selain itu, wisatawan dapat menikmati fasilitas bermain untuk anak, tempat perkemahan, gazebo untuk bersantai, serta bila ingin menginap tersedia vila dengan harga terjangkau. Di sini juga terdapat sekitar 34 jenis fauna dan berbagai jenis flora dari beragam vegetasi endemik.

Lokasi

Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar

Tiket Masuk

Rp7.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 -18.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi sekitar Rp.10.000, lanjut bus desa atau ojek.

Telepon

0812-2271-1114

Website

Ngargoyoso.com

 

61. Astana Giri Bangun

Astana Giribangun merupakan tempat pemakaman mantan Presiden Soeharto, yang berlokasi di pegunungan dengan pemandangan indah. Di  Astana Giribangun ini juga terdapat fasilitas tempat istirahat, toilet dan tempat parkir, di samping tempat pemakaman yang luas.

Tempat ini pun akhirnya menjadi tempat wisata sejarah dan ziarah bagi para pengunjung. Oleh karenanya, para peziarah harus mengenakan kerudung yang telah disediakan oleh petugas.     

Lokasi

Desa Matesih, Karanganyar

Tiket Masuk

Gratis

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 – 18.00 WIB

Transportasi

Naik Bus  Solo – Karanganyar dari Terminal Tirtonadi Rp.10000 – Rp15.000, lanjut bus desa atau ojek.

Telepon

0271-495039

Website

Karanganyarkab.go.id

 

62. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah merupakan tempat wisata keluarga untuk edukasi yang terletak di kaki Gunung Lawu yang sejuk. Selain mendapatkan pengalaman berlibur untuk keluarga, anak-anak juga bisa  dekat dengan alam yang mengesankan. 

Wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas di  perkebunan yang sejuk nan indah permai ini. Agrowisata Amanah menyediakan berbagai fasilitas lengkap seperti kegiatan outbond, berkuda, pertanian dan perkebunan, restoran, kolam renang, serta homestay.

Lokasi

Jl. Raya Solo – Tawangmangu Km 34, Srandon, Karangpandan, Karanganyar.

Tiket Masuk

Rp100.000

Jam Buka/Operasional

Pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Transportasi

Naik bus Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi Rp.10.000, dilanjutkan dengan bus desa atau ojek.

Telepon

0271- 6980006

Website

Agrowisataamanah.com

 

63. Edupark Intan Pari

Taman Edupark Intan Pari atau Dirgantara Edupark ini memiliki ciri adanya sebuah pesawat Boeing 737 – 300 dan helikopter Bolco diparkir di pelataran taman. Wisatawan bahkan bisa mengeksplorasi pesawat dan helikopter tersebut. Selain itu terdapat sarana kolam renang yang dapat disambangi. Tempat ini sangat cocok untuk ber-selfie karena jarang ada pesawat riil yang parkir di sana.

Lokasi

Jalan Gatot Subroto, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar.

Tiket Masuk

Rp5.000

Jam Buka/Operasional

Setiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Solo – Karanganyar dari Terminal Tirtonadi sekitar Rp10.000 dilanjutkan naik bus desa/ojek.

Telepon

0271- 495940

Website

Wisatakaranganyar.com

 

64. Air Terjun Parang Ijo

Air terjun Parang Ijo berlokasi di lereng Gunung Lawu, menyajikan pemandangan alam yang indah dan menawan. Para pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia seperti Gardu Pandang.

Gardu ini disediakan bagi yang ingin menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian. Sedangkan bagi anak-anak, mereka bisa berenang di kolam renang  dan bermain di tempat bermain yang disediakan. Pengunjung juga bisa having fun bermain flying fox dan menginap di vila.

Lokasi

Girimulyo,Ngargoyoso, Karanganyar.

Tiket Masuk

Rp2.500

Jam Buka/Operasional

Setiap hari Pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Transportasi

Naik bis Solo – Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi  sekitar Rp10.000, lalu dilanjut dengan bus desa/ojek.

Telepon

0857-02316414

Website

m.facebook/Air-Terjun-Parang-Ijo

 

65. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging seluas 2.500 meter persegi ini dahulu merupakan pemandian keluarga raja Pakubuwono X. Saat ini, pemandian air panas ini  dibuka untuk umum sebagai wisata pemandian yang unik. Tempat ini bisa menjadi destinasi wisata keluarga yang menyenangkan, karena suasana yang nyaman dengan banyak pepohonan hijau di sekelilingnya.

 

Lokasi

Jalan Pengging, Desa Dukuh, Boyolali 15 km dari Kota Solo

Tiket Masuk

Rp3.000 untuk pintu utama

Rp2.000 untuk masuk ke kolam renang

Jam Buka/Operasional

Pukul 06.00 -18.00 WIB.

Transportasi

Naik Bus Solo – Boyolali dari Terminal Tirtonadi sekitar Rp7.000, lanjut bus desa/ojek.

Telepon

0276-327077

Website

Situsbudaya.id

 

Nah, itulah 65 tempat wisata di Solo sebagai destinasi liburan saat Anda melangkah di kota ini. Jangan lupa untuk tempat menginap pesan hotel murah di  Solo melalui jaringan hotel Airy Rooms. Hotel jaringan Airy Rooms menawarkan 7 fasilitas lengkap mulai dari tempat tidur bersih, kamar ber-AC dengan TV layar lebar, air minum gratis, Wifi, serta shower air hangat termasuk perlengkapan mandi.

Meski menyediakan fasilitas sedemikan lengkap, harga hotel dalam jaringan Airy Rooms di seluruh Indonesia ini tidak mahal. Ditambah lagi pemesanan juga mudah. Anda bisa memesan kamar Airy melalui website, aplikasi Android, dan iOS. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit  dan transfer. Pastikan saat mengunjungi tempat wisata di Solo, Anda menginap di jaringan hotel Airy agar liburan Anda lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *