65 Tempat Wisata di Magelang yang Tak Boleh Dilewatkan

tempat wisata di Magelang

Siapa yang belum pernah berkunjung ke Magelang? Daerah yang mencakup 2 wilayah administratif kota dan kabupaten ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, Semarang dan Boyolali. Magelang termasuk salah satu kota tertua di Indonesia. Berdiri tahun 907, kini usianya sudah lebih dari 1100 tahun lho! Terkenal sebagai kota sejuta bunga, hawa sejuk Magelang sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan di tengah kesibukan Anda.

Selain itu Magelang juga dikelilingi peninggalan budaya yang begitu menakjubkan dan wisata kuliner yang menggoda. Nah daripada penasaran, berikut kami sajikan informasi mengenai 65 tempat wisata di Magelang sebagai referensi.

1. Candi Borobudur

Pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, candi Borobudur adalah ikon pariwisata terbesar di Kabupaten Magelang. Candi Buddha ini dibangun pada masa dinasti Syailendra sekitar abad 7 Masehi. Bangunan candi tersusun atas batu-batu besar yang dilengkapi relief tentang ajaran Sidharta Gautama. Di sana juga terdapat patung Buddha berbagai posisi yang masih dipakai untuk beribadah sampai sekarang. Bangunan utama candi terdiri atas 3 zona, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu masing-masing menggambarkan alam dunia, alam peralihan, dan alam nirwana. Mengunjungi Candi Borobudur, Anda akan merasakan betapa nenek moyang bangsa Indonesia telah memiliki pengetahuan hebat tentang arsitektur bangunan candi yang begitu megah.

Lokasi Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang
Tiket Masuk Anak usia 3-10 tahun: Rp20.000,00

Di atas 10 tahun: Rp40.000,00

Jam Operasional 06.00-17.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00
Website borobudurpark.com

2. Candi Mendut

Candi Buddha yang juga dibangun pada masa dinasti Syailendra ini memang tampak lebih kecil daripada Candi Borobudur. Namun fungsi dan keindahannya tidak kalah penting dalam peribadatan umat Buddha. Candi Mendut berbentuk segi empat dengan relief dan stupa-stupa kecil di dalamnya. Anda dapat mengamati relief tentang kisah Jataka dan Bodhisattva yang mengandung pesan moral dari pengajaran Buddha. Di sana juga terdapat arca Buddha dalam berbagai posisi. Nah setelah puas mengelilingi candi, jangan lupa untuk membeli suvenir ya!

Lokasi Jl. Mayor Kusen, Desa Mendut, Mungkid, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5000,00 (termasuk tiket Candi Pawon)
Jam Operasional 07.00-18.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00
Website borobudurpark.com

3. Candi Pawon

Bersama Candi Borobudur dan Candi Mendut, ketiga candi ini dianggap memiliki keterkaitan sejarah yang erat karena dihubungkan oleh satu garis lurus dengan letak yang berdekatan. Nama Candi Pawon diduga berarti tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra yang berkuasa saat itu. Di dalam candi terdapat arca Boddhisatva yang dianggap melambangkan kesucian Raja Indra. Hal yang unik adalah ditemukannya lubang angin di dinding Candi Pawon yang fungsinya masih menjadi misteri.

Lokasi Desa Borobudur, Borobudur, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5000,00 (tiket terusan Candi Mendut)
Jam Operasional 09.00-17.30
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

4. Punthuk Setumbu

Bukit yang berdiri pada ketinggian 400 mdpl ini menjadi tempat favorit menyaksikan sunrise  di Magelang. Selain akan disuguhi keindahan gunung Merapi dan Merbabu di sela semburat cahaya fajar, pengunjung juga akan menyaksikan secara utuh kemegahan Candi Borobudur yang masih berselimut kabut di pagi hari. Wah, terbayang bukan betapa syahdu dan romantisnya. Meski sebelumnya harus sedikit mendaki selama 15 menit, dijamin Anda tidak akan menyesal dengan pemandangan alam yang disuguhkan. Jangan lupa bangun pagi dan bawa kamera untuk mengabadikan sunrise ya.

Lokasi Dusun Kerahan, Karangrejo, Borobudur, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp15.000,00

Parkir Rp5.000,00

Jam Operasional 04.00-17.30, Sabtu-Minggu buka 24 jam
Transportasi Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau online, sekitar 15 menit dari Candi Borobudur

5. Gereja Ayam Bukit Rhema

Sebagai rumah doa, lokasi gereja ini sebenarnya cukup tersembunyi meski dekat dengan Candi Borobudur. Namun kini banyak yang penasaran mengunjunginya setelah dijadikan tempat pengambilan gambar film AADC 2. Bangunan ini dulunya memang dipergunakan sebagai gereja yang sebenarnya berbentuk burung merpati sebagai lambang kedamaian. Di dalamnya kita dapat melihat ruangan-ruangan yang kini telah disulap menjadi ruang pameran. Namun yang menakjubkan adalah pemandangan alam dari puncak bukit yang menggairahkan. Apalagi bila Anda sengaja berkunjung saat sunrise di akhir pekan.

Lokasi Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp15.000,00
Jam Operasional 05.00-17.00
Transportasi Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau online.

 

6. Alun-alun Kota Magelang

Nah kalau yang ini adalah tempat bersantai asyik warga kota Magelang di waktu senggang. Alun-alun kota yang bersih dan tertata apik menjadi pilihan cuci mata yang mudah dan murah meriah. Anda juga akan dimanjakan dengan banyak pilihan kios jajanan di sekelilingnya. Apalagi sekarang telah dipasang hiburan baru berupa air mancur menari yang dinyalakan tiap akhir pekan atau malam menjelang hari libur. Dijamin Anda pasti makin betah nongkrong dan ber-selfie ria di sana.

Lokasi Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang
Jam Operasional Terbuka untuk umum 24 jam tanpa tiket masuk
Transportasi Terjangkau dengan angkutan kota Rp4.000,00 semua jurusan.

7. Kelenteng Liong Hok Bio

Kelenteng ini merupakan saksi sejarah perjuangan masyarakat Tionghoa yang turut berpartisipasi dalam perang Diponegoro melawan penjajah Belanda. Hingga saat ini kelenteng Liong Hok Bio masih aktif dijadikan sebagai tempat peribadatan. Hal yang unik adalah arsitekturnya yang masih asli dan adanya dupa terbesar di dunia seberat 3,8 ton. Apabila tiba waktu Imlek, biasanya kelenteng akan ramai oleh perayaan dan pertunjukan barongsai.

Lokasi Jl Alun-alun Selatan No. 2, Kota Magelang
Tiket Masuk Dana kebersihan seikhlasnya
Jam Operasional Sebaiknya datang sebelum pukul 17.00
Transportasi Terjangkau dengan angkutan kota Rp4.000,00 semua jurusan.

8. Taman Badakan

Taman kota yang satu ini sangat cocok sebagai tempat untuk mengajak putra-putri Anda bermain. Di sana tersedia patung-patung hewan yang bisa dinaiki seperti patung badak, gajah atau jerapah. Terletak di ruang terbuka hijau yang teduh, anak-anak juga bisa bermain luncuran, jungkat-jungkit atau ayunan yang tersedia. Setelah lelah bermain, Anda bisa mencicipi bakso kerikil dan jajanan lain yang banyak tersedia di sekitar taman.

Lokasi Jl. Pahlawan No. 190, Potrobangsan, Kota Magelang
Jam Operasional Terbuka untuk umum 24 jam tanpa tiket masuk
Transportasi Terjangkau dengan angkutan kota Rp4.000,00 semua jurusan.

9. Kawasan Wisata Delimas

Kawasan yang berada pada daerah dataran tinggi ini menghadirkan suasana pegunungan dengan pemandangan alam hijau yang menyegarkan. Di sana terdapat beberapa spot foto dari bambu yang disiapkan khusus seperti di gardu pandang Delimas dan gardu pandang Cepogo. Selain sensasi berfoto dari ketinggian, pengunjung juga dapat bermain air di Curug Delimas. Bila belum puas menikmati pemandangan, terdapat area untuk camping sehingga Anda bisa menginap di alam bebas.

Lokasi Desa Girimulyo, Windusari, Kab. Magelang
Tiket Masuk Tarif foto Rp5.000,00

Parkir Rp3.000,00

Jam Operasional 08.00-18.00
Transportasi Sebaiknya naik kendaraan pribadi atau online

 

10. Gardu Pandang Mangli

Gardu pandang yang satu ini terletak di lereng gunung Sumbing pada ketinggian 1570 mdpl dengan pemandangan yang menawan. Jalan menuju ke sana memang sedikit terjal sehingga harus ekstra hati-hati. Di sini Anda bisa berfoto dari ketinggian dengan latar belakang gunung Sumbing dan pegunungan lain yang megah dan hamparan perkebunan warga. Terdapat menara dari bambu dan gubuk-gubuk kecil yang dapat dipakai menikmati pemandangan. Setelah puas berfoto, Anda bisa coba menuju kebun stroberi milik warga dan memetik sendiri buahnya.

Lokasi Mangli, Kaliangkrik, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional buka 24 jam
Transportasi Sebaiknya naik kendaraan pribadi roda dua

 

11. Kupat Tahu Pojok

Kupat tahu adalah salah satu makanan favorit warga kota Magelang. Dengan resep turun temurun yang masih dipertahankan, kelezatan racikan bumbu yang disajikan di kios yang satu ini begitu menggoda selera. Seporsi kupat tahu berisi potongan kupat dan tahu dengan tambahan sayuran kol, taoge, dan seledri setelah itu disiram bumbu kacang cair. Dikatakan sebagai yang terlezat di Kota Magelang, ternyata kios ini telah banyak dikunjungi tokoh terkenal seperti mantan presiden SBY.

Lokasi Jl. Tentara Pelajar No. 14, Cacaban, Kota Magelang
Harga Rp12.000,00 seporsi
Jam Operasional 09.00-20.30

12. Taman Kyai Langgeng

Obyek wisata ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang lengkap dan cocok dikunjungi untuk bersantai sejenak. Terletak di dekat pusat kota, taman yang dibangun di area seluas 27,36 Ha ini begitu mudah dijangkau dan memiliki banyak pepohonan hijau yang membuat kawasan taman sangat sejuk untuk berjalan-jalan. Taman ini didirikan tahun 1981 yang awalnya merupakan taman bunga. Pada perkembangannya banyak wahana permainan yang ditambahkan untuk keluarga seperti wahana petualangan, edukasi, wahana air, wisata religius dan sarana pendukung yang lengkap seperti warung makan, toilet, musala, tempat penjualan suvenir, bahkan akses wifi. Anak-anak dapat belajar banyak dari wahana edukasi yang disuguhkan seperti taman satwa dan perpustakaan. Ada pula wahana seru seperti flying fox dan waterboom yang dapat memanjakan liburan Anda.

Lokasi Jl. Cempaka No.6, Kota Magelang
Tiket Masuk Hari biasa Rp24.000,00

Sabtu, Minggu dan Hari Libur Rp30.000,00

Jam Operasional 08.00-17.00
Biaya Transportasi Naik angkutan umum dari Alun-alun Rp4.000,00
Website www.kyailanggeng.com
Telepon (0293) 3192642; 364142

 

13. Sendang Mudal

Sendang ini berupa kolam air alami yang masih sangat jernih. Kesegaran yang ditawarkan pasti akan menggoda Anda untuk segera berenang di dalamnya. Apalagi dengan air yang begitu bening dan bersih, jangan lewatkan pula kesempatan untuk mengambil foto hits di bawah air. Wah, pasti seru sekali ya! Buat yang merasa tidak bisa berenang tak perlu bingung. Sendang ini tidak terlalu dalam, hanya sepinggang orang dewasa saja.

Lokasi Dusun Butuh Kulon, Sawangan, Kab. Magelang
Tiket Masuk seikhlasnya
Jam Operasional sebaiknya datang sebelum jam 18.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

14. Grenjengan Kembar

Tempat wisata ini berupa air terjun kembar yang berada di tengah hijau pepohonan hutan pinus yang masih alami. Suasana udara yang sejuk dan cipratan air yang menyegarkan akan membuat Anda merasa betah dan relaks. Sayangnya di sini tidak bisa dipakai berenang karena terlalu dangkal dan airnya dingin. Namun menikmati suasana alam sembari menyantap hidangan dari warung di sekitarnya dapat dijadikan pilihan.

Lokasi Ketundan, Pakis, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 09.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

15. Kedung Sembrani

Tak jauh dari Grenjengan Kembar, Anda dapat berjalan sedikit untuk menemukan Kedung Sembrani. Di sini adalah semacam curug alami juga namun tak setinggi Grenjengan Kembar. Di bawahnya ada kolam dengan kedalaman cukup untuk bisa dipakai berenang. Airnya pun tidak terlalu dingin dengan arus yang sedang-sedang saja. Namun memang fasilitas kamar ganti di sini masih kurang memadai.

Lokasi Ketundan, Pakis, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 09.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

16. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian air hangat ini masih terletak satu kompleks dengan situs purbakala Candi Umbul yang diperkirakan dibangun pada abad 9 Masehi. Di sana terdapat dua kolam yaitu air dingin dan air panas. Kolam air panasnya sendiri mengandung belerang yang dipercaya bagus untuk kesehatan kulit. Selain berendam, Anda juga masih dapat mengamati keunikan candi dengan relief-reliefnya serta beberapa lingga yoni yang ada.

Lokasi Jl. Candi Umbul, Kartoharjo, Grabag, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp7.000,00
Jam Operasional 06.00-18.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

17. Museum Kapal Samudra Raksa

Museum ini menampilkan peninggalan maritim bangsa Indonesia pada zaman dahulu yang berkaitan dengan jalur perdagangan laut kuno seperti foto, poster atau relief kuno. Di dalamnya juga tersimpan Kapal Samudra Raksa yang telah dipakai berlayar dalam Ekspedisi Borobudur menjelajah Samudra Hindia hingga ke Afrika. Dipajang juga barang-barang yang berkaitan dengan ekspedisi ini seperti peralatan masak, buku-buku, barang pribadi ABK, alat komunikasi kapal, dsb. Sebelum pulang dari sana Anda bisa membeli suvenir pada tempat yang disediakan.

Lokasi Kompleks Candi Borobudur, Jl. Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kab. Magelang
Tiket Masuk Sudah termasuk tiket masuk Candi Borobudur
Jam Operasional 08.00-14.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

18. Museum Diponegoro

Museum ini merupakan bekas kamar Pangeran Diponegoro saat diculik Belanda dengan cara yang licik. Dibangun dengan gaya arsitektur Belanda yang unik, di dalamnya kita dapat mengamati jejak perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah. Terdapat barang-barang pribadi milik beliau seperti jubah kebesaran dan cangkir favorit yang pernah dipakai minum oleh beliau.

Lokasi Jl. Diponegoro No. 1, Kota Magelang
Tiket Masuk gratis
Jam Operasional 08.00-14.00
Biaya Transportasi Naik angkutan umum dari Alun-Alun Rp4.000,00

19. Top Selfie Pinusan Kragilan

Berada di lereng gunung Merbabu, hawa sejuk dan pemandangan hutan pinus yang masih alami akan memanjakan mata Anda dengan hijaunya pepohonan. Dengan suguhan pemandangan dari ketinggian yang menawan tersebut, kini di sana telah dibangun berbagai spot foto menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebut saja spot foto dengan hammock, sepeda gantung, jembatan gantung ataupun sarang burung. Jangan lupa siapkan baterai kamera penuh dan banyak kuota untuk update  foto yang instagrammable ya!

Lokasi Desa Kragilan, Pakis, Kab. Magelang
Tiket Masuk Biaya parkir motor Rp3.000,00 atau mobil Rp10.000,00

Biaya berfoto Rp5.000,00 tiap spot foto

Jam Operasional 06.00-18.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

20. Ketep Pass

Terletak di puncak bukit Sawangan yang berada di ketinggian 1200 mdpl, Ketep Pass menyuguhkan pemandangan alam tak biasa dengan 5 gunung sekaligus yang mengelilinginya. Anda dapat menangkap dengan jelas kemegahan gunung Semeru, Merbabu, Sindoro & Sumbing serta gunung Slamet dari atas pelataran Panca Arga. Selain itu di kawasan ini juga dibangun Museum Vulkanologi dan Volcano Theatre yang akan memberikan edukasi secara lengkap mengenai kegunungapian kepada masyarakat umum. Oleh karena itu kawasan wisata ini sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga dan mengenalkan kepada anak-anak mengenai potensi Indonesia yang berada di salah satu jalur gunung api dunia.

Lokasi Desa Ketep, Sawangan, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp7.500,00
Jam Operasional 06.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi
Telepon (0293) 5527930

21. Gardu Pandang Bukit Barade

Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam perbukitan yang asri dan syahdu. Terkenal setelah menjadi tempat pengambilan gambar film AADC 2, di sini adalah tempat yang tepat untuk menikmati sunrise bersama pasangan ataupun sekadar menikmati angin semilir pelepas penat. Di tempat ini juga bangunan bambu yang dapat dipakai berfoto dengan latar belakang Perbukitan Menoreh dan Candi Borobudur di kejauhan.

Lokasi Dusun Sendaren, Karangrejo, Borobudur, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 04.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

22. Punthuk Mongkrong

Tak jauh dari Bukit Barade, terdapat lokasi lain yang juga bisa dipakai menikmati sunrise ataupun sunset. Di puncaknya telah disediakan bangunan bambu dan gardu pandang yang akan membantu foto Anda terlihat lebih eksotis. Jadi, jangan lupa bawa kamera untuk berfoto ria ya. Meski harus mendaki terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit, Anda tidak akan menyesal dengan pemandangan spektakuler yang ada di puncak.

Lokasi Dusun Mijil, Giritengah, Borobudur, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 04.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

23. Rumah Kamera

Tempat ini begitu unik karena bangunannya berbentuk kamera DSLR. Rumah kamera dibangun oleh Tanggol Angien Jatikusumo atau yang biasa disapa Pak Tanggol. Beliau adalah seorang seniman lukis yang membangun rumah ini sebagai tempat galeri lukisan dan mengajar melukis. Di sini Anda bisa menikmati lukisan indah yang ada di dalamnya, melihat ketinggian dari atapnya yang berbentuk lensa dan tentu saja, mengambil gambar di depan rumah dengan bentuk yang tiada duanya tersebut.

Lokasi Jl. Majaksingi No. 8, Borobudur, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp15.000,00
Jam Operasional 08.00-19.00
Biaya Transportasi Naik angkutan umum dari Candi Borobudur Rp4.000,00

 

24. Sop Senerek Iga Sapi

Siapa yang suka olahan daging sapi? Sop senerek merupakan makanan khas Magelang yang berisi daging sapi, wortel dan sayur bayam dengan kuah kacang merah dan bumbu racikan khusus yang begitu sedap. Paling nikmat disantap hangat dengan sepiring nasi dan bawang goreng. Di dekat alun-alun kota, terdapat sebuah warung sop senerek legendaris ‘Bu Atmo’ yang wajib Anda cicipi bila berkunjung ke Magelang.

Lokasi Jl. Mangkubumi No. 3, Cacaban, Kota Magelang
Harga Rp12.000,00 seporsi
Jam Operasional 07.00-16.00

25. Air Terjun Sekar Langit

Air terjun setinggi 30 meter ini memiliki legenda unik yang beredar di masyarakat. Konon, di sinilah Joko Tarub tak sengaja mengintip para bidadari mandi dan menyembunyikan salah satu selendang mereka! Namun di luar kebenaran cerita tersebut, air terjun ini menyajikan rasa segar bila mandi di bawahnya. Di tengah hijaunya alam yang masih asri, tak ada salahnya Anda sejenak melepas lelah di sini. Apalagi fasilitas yang disediakan juga sudah lengkap seperti ruang ganti, toilet, juga warung makan yang berjajar di sekitarnya.

Lokasi Desa Telogorejo, Grabag, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp6.000,00
Jam Operasional 07.00-17.30
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum dari pasar Grabag

26. Air Terjun Kedung Kayang

Meski sama-sama air terjun, tempat yang satu ini memiliki tantangannya tersendiri. Jalanan yang cukup terjal dan licin membuat pengunjung harus ekstra hati-hati. Sebaiknya juga Anda membawa baju ganti karena akan melewati sungai kecil untuk menuju ke depan air terjun. Namun semua itu akan terbayar ketika sudah sampai tujuan.

Percikan air yang segar dan harmoni alam yang begitu merdu dapat membantu menyegarkan pikiran. Bila Anda memang ragu untuk menuju ke air terjun secara langsung, tersedia juga spot untuk mengamati air terjun dari kawasan atas. Tentunya dengan pemandangan pegunungan sekitar Merapi dan Merbabu yang tiada duanya.

Lokasi Ketep, Wonolelo, Sawangan, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp4.000,00
Jam Operasional 07.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

27. Curug Silawe

Meski belum terlalu populer, curug alias air terjun kecil di lereng gunung Sumbing ini justru menyimpan keindahan alam yang masih asri. Sepanjang perjalanan menuju ke sana terhampar luas areal persawahan warga dan hutan dengan pepohonan hijau. Jalan setapak menuju curug sudah dikelola dengan baik sehingga memudahkan pengunjung untuk menuju ke sana. Bunyi gemercik air dan udara sejuk yang terhirup akan menyambut Anda begitu sampai di bawah curug. Sekadar bermain air atau berenang di bawahnya pun menjadi pilihan menarik untuk dilakukan.

Lokasi Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kajoran, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 07.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

28. Taman Bunga Dewari

Taman bunga yang satu ini merupakan destinasi wisata baru di Magelang. Di sana Anda dapat menghiasi mata dengan pemandangan hamparan lautan kuning bunga matahari yang begitu memesona dan tentunya instagrammable. Pengunjung dapat berfoto sepuasnya sembari menikmati angin semilir di perbukitan. Namun ingat, jangan sampai merusak bunga yang sudah susah payah ditanam ya! Karena telah ada petugas pengawas yang berjaga dan siap memberikan denda bila merusak tanaman lho. Silakan cek akun Instagramnya untuk memastikan kapan jadwal taman ini dibuka. Bunga matahari tidak tumbuh sepanjang tahun dan harus ditanam lagi bila sudah waktunya dipanen.

Lokasi Baturono, Salam, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 07.00-18.00
Biaya Transportasi Naik angkutan umum dari Candi Borobudur Rp4.000,00
Instagram @tamandewari

 

29. Museum H. Widayat

Museum ini merupakan ruang pameran seni lukis dan seni rupa yang dibangun oleh pelukis H. Widayat. Di dalamnya terdapat 3 bangunan utama yaitu Museum H. Widayat, Galeri Hj. Soewarni dan Art Shop Hj. Soemini. Hj. Soewarni sendiri merupakan nama istri pertamanya, sedangkan Hj. Soemini adalah istri yang kedua. Ada pula area taman yang dibangun bertahap untuk memamerkan karya seni luar ruang.

Lokasi Jl. Soekarno Hatta No. 32, Mungkid, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp7.500,00
Jam Operasional 08.00-16.00
Biaya Transportasi Naik angkutan umum dari Candi Borobudur Rp4.000,00
Telepon (0293) 788251

 

30. Museum Bumiputera 1912

Museum ini dimiliki oleh salah satu perusahaan asuransi jiwa dan bisa dibilang satu-satunya museum asuransi di Indonesia. Bangunan museum berupa joglo dengan atap yang bersusun tiga. Di dalamnya terdapat berbagai dokumen dan foto terkait sejarah perusahaan dan perjalanan asuransi jiwa di Indonesia sejak tahun 1912. Ada pula koleksi uang kertas sejak tahun 1940-an hingga 1960-an.

Lokasi Jl. Jendral A. Yani No. 21, Kota Magelang
Tiket Masuk gratis
Jam Operasional 08.00-16.30, hari Sabtu & Minggu tutup
Biaya Transportasi Naik angkutan umum dari Alun-alun Kota Rp4.000,00
Telepon (0293) 363280

 

31. Museum dr. Oei Hong Djien (OHD)

Museum OHD berisikan sekitar 1500 karya seni milik beberapa seniman terkenal di Indonesia seperti Affandi, Basuki Abdullah, Fadjar Sidik, Widayat, dkk. Di dalam museum yang dibuka tahun 2012 ini terpajang berbagai karya seni lukis, seni keramik, seni instalasi ataupun seni patung. Museum OHD dapat membuat pengunjung lebih memahami perkembangan dunia seni rupa Indonesia sekaligus belajar menjadi penikmat karya seni. Pendirinya adalah dr. Oei Hong Djien, seorang dokter yang merupakan kolektor lukisan sejak tahun 1960-an.

Lokasi Jl. Jenggolo No. 14, Kemirirejo, Kota Magelang
Tiket Masuk Rp50.000,00
Jam Operasional 10.00-17.00, hari Selasa tutup
Biaya Transportasi Naik angkutan umum dari Alun-alun Kota Rp4.000,00
Telepon (0293) 363420

 

32. Citra Elo Rafting Sungai Elo & Progo

Magelang memiliki 2 buah sungai dengan arus menantang yang dapat dipakai untuk rafting yaitu Sungai Elo dan Sungai Progo. Rafting di sungai menggunakan perahu karet yang berisi 5-6 orang menyusuri arus sungai dengan berbagai tantangan di sepanjang perjalanan. Namun tenang saja, keamanan dan keselamatan Anda telah dipikirkan dengan baik.

Saat ini telah banyak pilihan agen wisata yang menyediakan paket rafting, salah satunya adalah Citra Elo Rafting. Anda dapat memilih paket Sungai Elo, Sungai Progo atas atau Sungai Progo bawah. Harga yang dibayar sudah termasuk menyewa peralatan keselamatan dan pendamping selama rafting. Dengan durasi kurang lebih 2-3 jam, dijamin Anda akan mendapat pengalaman seru yang tak terlupakan. Jangan lupa mengajak teman atau keluarga supaya lebih seru ya!

Lokasi Jl. Raya Mendut-Sendangsono km 0,2 , Borobudur, Kab. Magelang
Harga paket Berkisar antara Rp100.000,00-Rp250.000,00 per orang tergantung paket yang dipilih
Jam Operasional 08.00-16.00, buka saat musim hujan
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00
Telepon (0293) 788435
Website arungjerammagelang.co.id

33. Bukit Tidar

Meski tak terlalu tinggi, Bukit Tidar dengan ketinggian 503 mdpl memiliki suasana bukit yang masih asri dengan pohon pinus dan cemara di sekelilingnya. Sangat cocok sebagai tempat untuk sekadar trekking ringan tanpa perlu terlalu lelah mendaki. Apalagi sekarang telah dibangun jalur tangga khusus untuk menuju puncak yang membuat pengunjung semakin nyaman. Selain mengincar pemandangan puncak bukit yang aduhai, pengunjung juga dapat mendatangi makam Syekh Subakir dan Kyai Semar yang dipercaya merupakan leluhur warga Magelang.

Lokasi Magersari, Kota Magelang
Tiket masuk Rp3.000,00
Jam Operasional buka 24 jam
Biaya Transportasi Naik angkutan umum dari Alun-alun Kota Rp4.000,00

34. Candi Lumbung

Candi yang terletak di tepi Kali Apu ini merupakan salah satu candi Buddha yang ada di Magelang. Terdapat satu candi utama yang dikelilingi oleh 16 candi perwara yang lebih kecil. Pada dindingnya terdapat relief mengenai kehidupan manusia dan beberapa arca. Bersama Candi Asu dan Candi Pendem, mereka sering disebut candi-candi Sengi karena letaknya yang berdekatan di Desa Sengi.

Lokasi Dusun Tlatar, Krogowanan, Sawangan, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 08.00-16.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

 

35. Candi Selogriyo

Candi yang terletak di lereng timur kaki Gunung Sumbing ini diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Mataram Hindu abad 8 Masehi. Candi ini menghadap ke arah timur dan ditemukan arca Ganesha, Durga dan Agastya di dalamnya. Tidak ada candi perwara di sekitarnya. Hal yang unik adalah puncak candi yang berbentuk buah keben. Ada pula sebuah pancuran dengan sumber mata air yang begitu segar. Lokasinya yang berada pada ketinggian 740 mdpl menjadikan suasana di sekitar candi begitu sejuk dan nyaman untuk berjalan-jalan.

Lokasi Desa Candisari, Windusari, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 08.00-16.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

 

36. Desa Wisata Wanurejo

Di desa yang terletak sekitar Candi Borobudur ini terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan. Anda dapat menyewa homestay untuk beberapa hari dan menyusun rencana kegiatan di sana. Mulai dari berkeliling desa menggunakan andong atau sepeda onthel, belajar membatik dan membuat kerajinan gerabah, atau menikmati sajian kuliner khas di sana. Pada beberapa waktu tertentu juga ditampilkan atraksi budaya berupa kesenian-kesenian tradisional seperti Kuda Lumping, Topeng Ireng, Ketoprak, Sendratari, dsb. Jangan lupa pula untuk memborong oleh-oleh hasil kerajinan tangan yang banyak tersedia di toko suvenirnya.

Lokasi Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Kab. Magelang
Harga Sewa kamar Rp200.000,00-Rp500.000,00 tergantung fasilitas

Paket kelas kerajinan Rp50.000-Rp200.000,00

Jam Operasional 24 jam
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00
Telepon 082227364990

 

37. Telaga Bleder

Telaga yang satu ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Di sana telah disediakan fasilitas lengkap seperti toilet, kantin, gazebo untuk bersantai hingga peralatan permainan air yang bisa disewa. Apabila Anda tidak berniat untuk basah-basahan, cukup menikmati pemandangan dari tepi telaga sudah cukup menyegarkan pikiran. Dengan latar perbukitan dan Gunung Andong yang menjulang, suasana alamnya akan membawa Anda menjadi lebih relaks.

Lokasi Desa Ngasinan, Grabag, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp7.000,00
Jam Operasional 08.00-17.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

 

38. Bukit Grenden

Bukit ini merupakan salah satu jalur alternatif mendaki Gunung Merbabu selain melewati Selo atau Suwanting. Maka dari itu, letaknya berada di ketinggian yang menawarkan kesegaran alami pegunungan. Apalagi saat ini telah dibangun fasilitas khusus agar Anda lebih betah menghabiskan waktu di sana. Meski tidak berniat mendaki Gunung Merbabu, beberapa spot foto seperti rumah kurcaci, hammock atau gardu pandang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan foto kenangan yang mengesankan. Bila beruntung, Anda dapat menikmati sajian sunrise atau sunset saat kabut tidak turun.

Lokasi Dusun Grenden, Pogalan, Pakis, Kab. Magelang
Tiket Masuk Hari biasa Rp5.000,00

Hari libur Rp12.000,00

Jam Operasional 05.00-17.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

 

39. Borobudur Nite

Nah kalau event tahunan yang satu ini merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan kunjungan wisata ke wilayah Magelang. Borobudur Nite  diadakan tiap malam pergantian tahun di kompleks Candi Borobudur. Di tiap acara biasanya ada panggung persembahan yang menampilkan musik modern dipadu dengan kesenian tradisional.

Menjelang tengah malam akan diadakan doa bersama oleh pemuka agama untuk merenungkan kembali masa-masa setahun sebelumnya dan menabur harapan untuk setahun ke depan.  Dan sebagai puncaknya, akan diterbangkan ribuan lampion yang telah bertuliskan harapan dan doa Anda semua sehingga dapat membawa suasana damai di hati.

Lokasi Candi Borobudur, Kab. Magelang
Tiket Masuk Festival Rp250.000,00; Gold Rp500.000,00; Platinum Rp750.000,00 (harga tahun 2017)
Waktu Setiap malam pergantian tahun 31 Desember mulai pukul 17.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

40. Borobudur Marathon

Bagi Anda yang hobi berlari, acara yang satu ini pasti sudah ditunggu-tunggu tiap tahunnya. Ribuan pelari dari dalam negeri ataupun mancanegara diharapkan bisa meramaikan acara ini dan mendongkrak geliat pariwisata di Magelang. Anda bisa berlari, menjaga kebugaran, menaklukkan tantangan demi tantangan sembari menikmati pemandangan di sekitar Candi Borobudur yang dijadikan jalur berlari. Terdapat beberapa kategori yang bisa diikuti sesuai kemampuan dan tentunya juga dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan.  Nah, apakah Anda sudah siap menaklukkan tantangan?

Lokasi Sekitar Candi Borobudur, Kab. Magelang
Biaya Registrasi Full Marathon 42k Rp500.000,00

Half Marathon 21k Rp350.000,00

10k Rp200.000,00

Waktu 18 November 2018, tiap tahunnya diadakan sekitar bulan November
Website borobudurmarathon.co.id

 

41. Festival 5 Gunung

Festival tahunan yang diadakan oleh Komunitas Lima Gunung ini telah diadakan sejak tahun 2002. Gabungan seniman petani dari kawasan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong dan Menoreh ini tiap tahunnya mengadakan sebuah festival untuk merayakan seni bersama masyarakat agar tidak hanya kalangan tertentu yang bisa menikmati seni. Saat acara akan ditampilkan berbagai atraksi seperti pertunjukkan seni musik, pameran seni lukis, pembacaan puisi, kirab budaya, dsb. Anda sebaiknya meluangkan waktu beberapa hari dan mencari penginapan di sana untuk bisa meresapi semangat yang dibawa oleh festival ini.

Lokasi Pakis, Kab. Magelang (berpindah tiap tahunnya di kawasan lima gunung)
Harga tiket gratis
Waktu 20-22 Juli 2018, tiap tahunnya diadakan sekitar bulan Juli
Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

42. Bukit Sleker Asri

Kawasan wisata baru ini berupa bukit dengan pepohonan hijau hutan pinus di sekelilingnya. Setelah dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa hutan setempat, kini lokasi wisata ini telah berbenah menjadi tempat yang menyenangkan untuk liburan. Di sana Anda bisa berfoto ria dan menikmati wahana permainan seperti flying fox, rumah pohon atau taman edukasi yang tersedia.

Lokasi Grenjeng, Gandusari, Bandongan, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 08.00-16.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

43. Kedai Mie AA Magelang

Kedai mi yang satu ini terkenal karena tempat makan yang nyaman dengan suasana antik dan tentunya rasa makanan yang menggoda. Letaknya tak jauh dari alun-alun kota. Di sana tersaji beragam jenis makanan, termasuk Chinese food, yang disajikan dalam porsi besar. Terdapat lebih dari 100 menu dan yang paling sering dipesan adalah nasi goreng ayam mawut dan berbagai olahan mi.

Lokasi Jl. A Yani, Gelangan, Kota Magelang
Harga makanan antara Rp15.000,00-Rp30.000,00 seporsi
Jam Operasional 11.00-19.30
Biaya Transportasi naik angkutan umum dari Alun-alun Kota Rp4.000,00

44. Mangut Iwak Beong Warung Makan Sehati

Apakah Anda pernah makan mangut ikan? Bila biasanya mangut disajikan dengan ikan lele, ada yang berbeda dari mangut di warung ini. Di sini mangut dibuat dengan ikan beong yang hanya ditemukan di Sungai Progo di daerah sekitar Borobudur. Diolah dengan bumbu rempah pedas yang begitu khas, dijamin akan memanjakan lidah dan memuaskan rasa lapar Anda.

Lokasi Dusun Bumen, Kembanglimus, Borobudur, Kab. Magelang
Harga makanan Mulai dari Rp15.000,00 seporsi
Jam Operasional 08.00-16.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

45. Wisata Petik Salak

Kebun salak yang dikelola oleh Gapoktan (Gabunga Kelompok Tani) Ngudi Luhur ini sekarang dibuka untuk umum sebagai tempat wisata keluarga. Di sini Anda bisa mengamati cara pengelolaan kebun, cara penanaman salak dan bahkan bisa memetik salak sendiri. Kebun ini terkenal dengan salak nglumut-nya yang sudah diekspor hingga ke luar negeri. Ditanam secara organik, salak yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih segar dibanding salak biasa.

Lokasi Kaliurang, Srumbung, Kab. Magelang
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00
Telepon 08122718507

 

46.  Gunung Andong

Apabila Anda adalah seorang pendaki pemula, Gunung Andong dengan ketinggian 1463 mdpl ini sangat cocok untuk berlatih. Rute pendakian pun tidak terlalu terjal dan bisa mencapai puncak hanya dalam kira-kira 2 jam saja. Tentunya di sepanjang jalan pemandangan pegunungan akan selalu menemani. Sajian yang paling dicari para pendaki adalah sunrise  dari puncak gunung yang begitu memesona. Di sana Anda juga bisa mendirikan tenda untuk camping bersama di sekitar area puncak.

Lokasi basecamp Desa Ngablak, Grabag, Kab. Magelang
Tiket Masuk Ijin mendaki Rp3.000,00

Penitipan barang Rp3.000,00

Jam Operasional 24 jam
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

47. Air Terjun Dusun Seloprojo

Dusun Seloprojo terletak di kaki Gunung Andong. Di sana terdapat 2 air terjun yang masih sangat alami yaitu air terjun Sumuran dan air terjun Ngesong. Setelah sampai di gapura awal, Anda bisa memarkir kendaraan dan berjalan sekitar 15 menit melewati areal persawahan. Meski agak lelah berjalan, hal itu akan terbayar setelah merasakan sendiri kesegaran air terjun dan suara gemercik air yang begitu syahdu.

Lokasi Dusun Seloprojo, Ngablak, Grabag, Kab. Magelang
Harga Tiket Rp6.000,00
Jam Operasional 06.30-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

48. Sendang Maren

Sendang alias kolam alami ini memiliki air yang masih sangat jernih dan segar. Tak heran banyak yang ingin berenang di sana dan merasakan sendiri kesejukan air yang meresap di badan. Selain itu, sendang ini sangat cocok untuk berfoto di bawah air. Maka jangan lupa bawa properti untuk foto ya!

Lokasi Sawangan, Kab. Magelang
Harga Tiket Rp5.000,00
Jam Operasional sebaiknya datang sebelum pukul 17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

49. Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting

Merbabu merupakan salah satu gunung tinggi di Pulau Jawa. Memiliki ketinggian 3142 mdpl tentu dibutuhkan persiapan khusus untuk mendakinya. Bagi yang telah siap untuk menaklukkan puncak Merbabu,  Anda dapat mendaki melalui Selo, Boyolali atau Suwanting, Magelang. Dikatakan bahwa mendaki Merbabu via Suwanting memiliki tantangannya tersendiri dibanding via Selo.

Lokasi basecamp Dusun Suwanting, Banyuroto, Sawangan, Kab. Magelang
Harga Tiket Ijin mendaki: hari biasa Rp15.000,00; hari libur Rp20.000,00
Jam Operasional 24 jam
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

50. Pendakian Gunung Sumbing via Mangli

Gunung Sumbing merupakan tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Bersama Gunung Sindoro, terkadang mereka disebut gunung kembar. Memiliki ketinggian 3371 mdpl, jalur untuk mendaki Gunung Sumbing dikatakan cukup terjal. Namun bagi Anda para pecinta gunung, tentu akan mempersiapkan diri untuk menaklukkan tantangan sesulit apa pun. Apalagi bila tahu pemandangan tiada duanya yang menanti di puncak, Anda bisa melihat hampir seluruh gunung sekitarnya seperti Sindoro, Merapi, Merbabu, Slamet, Ungaran, Andong, Telomoyo, dan Prau.

Lokasi basecamp Dusun Mangli, Kaliangkrik, Kab. Magelang
Harga Tiket Ijin mendaki Rp10.000,00
Jam Operasional 24 jam
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

51. Museum Sudirman

Museum yang diresmikan tahun 1967 ini dulunya dikatakan merupakan tempat peristirahatan Jendral Besar Sudirman hingga menemui ajalnya. Saat ini, bangunan bergaya arsitektur Eropa klasik ini memajang barang-barang asli miliki Jendral Sudirman seperti tempat tidur, kursi tamu serta berbagai gambar dan lukisan miliki beliau. Dengan mengunjungi museum ini, pengunjung diharapkan dapat mengenang betapa sulitnya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sehingga bisa menjaga keutuhan bangsa di masa sekarang.

Lokasi Potrobangsan, Kota Magelang
Harga tiket gratis
Jam Operasional 08.00-15.00
Biaya Transportasi naik angkutan umum dari Alun-alun Kota Rp4.000,00

 

52. Gunung Telomoyo

Mirip seperti Gunung Andong, Gunung Telomoyo ini bisa didaki oleh Anda yang masih pemula. Bahkan bisa naik motor hingga ke puncaknya, tergantung jalur yang dipilih. Dengan tinggi sekitar 1.894 mdpl, tentunya kita tetap dapat merasakan sejuknya hawa pegunungan yang dapat membuat pikiran kita menjadi relaks. Hal yang paling dicari tentunya menyaksikan matahari terbit atau tenggelam dengan latar belakang gunung Lawu, Sindoro-Sumbing dan Gunung Prau yang mengelilinginya.

Lokasi basecamp Desa Ngablak, Grabag, Kab. Magelang
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional 24 jam
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

53. Tukgong Adventure

Berbeda dengan rafting, wisata ini menawarkan river tubing  dengan satu ban dalam yang sudah dilengkapi peralatan keselamatan di Sungai Ngudal dan Sungai Gono. Dengan arus sungai yang cukup menantang dan masih jernih, aktivitas ini cukup aman dilakukan. Dengan durasi sekitar 2 jam, Anda akan merasakan sensasi tantangan yang seru dan tak terlupakan. Akan lebih seru bila Anda merencanakan ke sana bersama keluarga besar atau teman satu kantor sebagai salah satu sarana rekreasi bersama.

Lokasi Jl. Bateh, Tampirwetan, Candimulyo, Kab. Magelang
Harga paket Berkisar antara Rp20.000,00-Rp50.000,00 per orang tergantung paket yang dipilih
Jam Operasional 08.00-17.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00
Website tubingmagelang.com

 

54. Sentra Kebun Durian Candimulyo

Siapa yang bisa menolak kelezatan buah durian? Nah di sentra durian ini, Anda bisa memuaskan diri dengan durian kualitas nomor satu yang dijual di sana. Lidah Anda akan dimanjakan dengan buah durian ukuran besar dan memiliki rasa semanis susu. Biasanya juga diadakan festival durian setahun sekali di sekitar bulan Maret.

Lokasi Dusun Munung, Surodadi, Candimulyo, Kab. Magelang
Jam Operasional 08.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

55. Sukmojoyo Hill

Disebut juga Punthuk Sukmojoyo, lokasi tempat wisata ini tak jauh dari Punthuk Mongkrong di lereng perbukitan Menoreh. Tentunya Anda akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan yang segar dan masih begitu hijau. Di sana terdapat spot rumah pohon yang bisa dipakai berfoto dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu di sekelilingnya. Apalagi bila Anda bisa mendapatkan pemandangan sunrise yang begitu menawan.

Lokasi Giri Tengah, Borobudur, Kab. Magelang
Harga Tiket Rp5.000,00
Jam Operasional 05.00-17.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

 

56. Perayaan Hari Raya Waisak

Tiap tahunnya umat Buddha di Indonesia merayakan hari raya Waisak. Di Magelang, perayaan tersebut menjadi begitu istimewa karena di sana terdapat Candi Borobudur yang menjadi tempat ibadah terbesar umat Buddha dunia yang masih aktif sampai sekarang. Nah, saat perayaan itulah kita bisa mengamati ritual peribadatan yang dilakukan seperti pindapata (mengumpulkan makanan dari penduduk), doa bersama dan pelepasan lampion. Masyarakat umum bisa mengikuti pelepasan lampion dengan membayar retribusi khusus.

Lokasi Candi Borobudur, Kab. Magelang
Harga Tiket Rp100.000,00
Waktu saat perayaan Waisak tiap tahunnya
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

57. Borobudur Silver

Bagi Anda yang ingin mencari kerajinan dari perak untuk oleh-oleh atau dipakai sendiri, Magelang juga memiliki sentra kerajinan perak. Berdiri sejak tahun 1989, perajin perak yang satu ini telah tepercaya sebagai salah satu perajin dengan kualitas nomor satu. Berbagai barang yang dibuat seperti perhiasan ataupun hiasan ruangan bisa Anda pilih secara langsung.

Lokasi Jl Raya Borobudur Km 2.5 , Pabelan, Mungkid, Kab. Magelang
Jam operasional 08.00-17.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00
Telepon (0293) 789322

 

58. Kerajinan Tanduk Kerbau

Siapa sangka bahwa Magelang memiliki sentra kerajinan tanduk kerbau dan sapi yang mumpuni? Konon warga di sana telah turun temurun menjadi perajin tanduk sejak ratusan tahun yang lalu. Berbagai barang yang dibuat seperti gantungan kunci, mangkok, wayang, gelang, dsb. Bila berkunjung ke sana Anda bisa melihat langsung proses pembuatannya dan tentu saja membeli barang yang disukai.

Lokasi Desa Pucang, Secang, Kab. Magelang
Harga kerajinan mulai dari Rp25.000,00 sampai ratusan ribu rupiah
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

 

59. Bukit Giyanti

Terletak di lereng Gunung Sumbing, bukit ini menawarkan pemandangan pegunungan yang begitu sejuk dan menyegarkan. Berada di ketinggian 1200 mdpl, bukit ini sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas kerja sekaligus berfoto ria dengan latar belakang hijaunya pepohonan. Meski harus sedikit berjalan menuju puncak, namun dijamin Anda tidak akan menyesal.

Lokasi Desa Balesari, Windusari, Kab. Magelang
Harga Tiket Rp5.000,00
Jam Operasional 24 jam
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

 

60. Museum Misi Muntilan

Museum yang dibangun sejak tahun 1998 ini merupakan museum yang menyimpan jejak penyebaran misi agama Katolik. Di sana tersimpan peralatan yang berkaitan dengan gereja zaman dahulu seperti jubah, peralatan misa ataupun foto-foto bersejarah. Keuskupan Agung Semarang membangun museum ini sebagai bentuk edukasi umat Katolik pada khususnya dan masyarakat umum mengenai sejarah perkembangan agama Katolik di Pulau Jawa.

Lokasi Jl. Kartini 3, Muntilan, Kab. Magelang
Harga Tiket gratis
Jam Operasional 08.00-15.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00

 

61. Nasi Goreng Magelangan Pak Yatno

Nasi goreng khas Magelang berbeda dari nasi goreng kota lain dengan adanya tambahan mi dan sayur kobis di dalamnya. Di Magelang sendiri Anda dapat mencoba warung milik Pak Yatno yang akan membuat lidah bergoyang. Pak Yatno memasak nasi gorengnya menggunakan tungku arang. Namun meski harus sedikit bersabar dan memakai nomor antrean untuk memesan, Anda akan mendapatkan porsi nasi goreng yang lezat dengan suwiran ayam kampung yang besar.

Lokasi Jl. Mayjen Bambang Soegeng, Mertoyudan, Kota Magelang
Harga makanan Rp15.000,00
Jam Operasional 16.00-00.00
Biaya Transportasi naik angkutan umum dari Alun-alun Kota Rp4.000,00

62. Gethuk Trio Magelang

Bila berkunjung ke Magelang, Anda tak boleh melewatkan toko oleh-oleh yang satu ini. Gethuk yang merupakan makanan khas Magelang terbuat dari singkong yang diolah sehingga rasanya manis. Seperti namanya, gethuk trio artinya gethuk yang terdiri dari tiga lapis warna yang memikat. Di toko oleh-oleh ini olahan gethuk sudah dibuat sedemikian rupa sehingga lebih tahan lama dibanding olahan tradisional. Namun tentu saja rasa yang dihasilkan tidak turun kualitasnya.

Lokasi Jl. Tentara Pelajar No. 58, Kemirirejo, Kota Magelang
Harga makanan antara Rp25.000,00-Rp50.000,00
Jam Operasional 08.00-21.00
Biaya Transportasi naik angkutan umum dari Alun-alun Kota Rp4.000,00

 

63. Soto Sapi Laras Roso

Soto sapi ini menjadi salah satu menu sarapan favorit warga Magelang. Dalam seporsi soto yang dihidangkan Anda akan mendapatkan soto dengan daging sapi empuk disiram kuah yang segar dan sedikit asam. Disediakan juga lauk pelengkap seperti tahu dan tempe bacem. Tak salah bila salah satu gubernur Jawa Tengah pun bahkan pernah berkunjung ke sini untuk sarapan.

Lokasi Jl. Sriwijaya No. 29, Panjang, Kota Magelang
Harga makanan Rp15.000,00
Jam Operasional 06.00-14.00
Biaya Transportasi naik angkutan umum dari Alun-alun Kota Rp4.000,00

 

64. Bukit Purwosari

Bukit ini berada tak jauh dari Punthuk Setumbu dan juga Gereja Ayam Bukit Rhema. Maka keunggulan utama dari bukti ini juga adalah pemandangan sunrise-nya yang dikelilingi pegunungan dan dapat memandang Candi Borobudur dari kejauhan. Untuk berjalan menuju puncak bukit dibutuhkan waktu sekitar 1 jam melewati jalur yang mendaki cukup terjal. Maka bila menuju ke sana Anda sebaiknya siap sebelum matahari terbit dan membawa senter untuk penerangan jalan.

Lokasi Dusun Wonotigo, Kembanglimus, Borobudur, Kab. Magelang
Harga Tiket sumbangan sukarela
Jam Operasional 04.00-17.00
Biaya Transportasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

 

65. Junkyard Auto Park & Cafe

Kafe baru di wilayah Magelang ini mengusung tema yang berbeda dan unik untuk menarik pengunjung. Memanfaatkan bangkai mobil rongsokan yang tidak terpakai sebagai interiornya, tempat ini sukses menimbulkan rasa ingin tahu dan membuat pengunjung ingin berfoto di dalamnya. Ada pula mobil klasik yang masih utuh dipajang di taman di dalamnya. Nah setelah puas berfoto, Anda bisa beristirahat di kafe yang menyediakan beragam menu untuk mengusir rasa lapar.

Lokasi Desa Wanurejo, Borobudur, Kab. Magelang
Harga Tiket Rp15.000,00
Jam Operasional 08.00-18.00
Biaya Transportasi Bus luar kota dari Terminal Kota Magelang Rp10.000,00
Instagram @junkyard_autopark

 

Nah, Anda pasti sudah tak sabar ingin segera mengunjungi berbagai tempat wisata di Magelang tersebut bukan? Tentu tak cukup hanya sehari untuk menikmati semuanya. Ada baiknya rencanakan waktu liburan yang tepat dari sekarang. Apabila Anda membutuhkan hotel murah di Magelang, Anda bisa pesan dengan mudah melalui laman atau aplikasi Airy. Dengan jaringan hotel terbesar se-Indonesia, Anda dapat memilih hotel sesuai kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Meski menawarkan hotel murah, namun fasilitas yang diberikan tak perlu diragukan. Airy menjamin Anda akan mendapatkan 7 jaminan fasilitas standar seperti air minum gratis, televisi, pendingin ruangan, kamar yang bersih, dan air hangat beserta perlengkapan mandinya.

125 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *