80 Tempat Wisata di Lombok Yang Bisa Kamu Kunjungi Tahun Ini

wisata di lombok

Gugusan pantai yang eksotis membuat Lombok kerap dibandingkan dengan Pulau Dewata. Bahkan, pulau yang menjadi tempat beradanya ibu kota pemerintahan Mataram ini disebut-sebut sebagai saudara kembar Bali dengan versi yang sedikit lebih tenang dan tak terlalu padat.

Namun, anggapan ini membuat Lombok seolah-olah menjadi destinasi alternatif alih-alih sebagai destinasi utama. Padahal, pulau cantik ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang pantas menjadikannya sebagai pilihan pertama.

Mulai dari kawasan perbukitan, gugusan pantai, desa adat dan budaya, sisa-sisa peninggalan kehidupan masa lampau, rekreasi histori, hingga kekayaan kuliner yang menggoda, semua ada di sini.

Tidak percaya? Buktikan sendiri kekayaan dan pesona Lombok melalui 80 destinasi wisatanya berikut ini!

1.     Taman Nasional Gunung Rinjani

Setiap traveler sejati selalu mendambakan destinasi yang satu ini. Tak hanya dalam negeri, kecantikan Rinjani juga memesona hingga luar negeri.

Gunung berapi yang masih aktif ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia sekaligus yang tercantik di kawasan Asia.

Dari puncak Rinjani, Anda bisa menyaksikan keindahan alam di bawah naungan miliaran bintang yang jelas terlihat.

Taman Nasional Gunung Rinjani Keterangan
Lokasi Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur
Tiket Masuk Rp2.500,00
Jam Operasional Setiap hari 24 jam
Telepon (0370) 641155
Website www.tnrinjani.net

2.     Taman Wisata Pusuk Sembalun

Mendaki Riinjani bukanlah hal yang mudah, sekalipun untuk pro hiker. Meski demikian, keelokannya yang begitu menggoda terlalu sayang untuk disia-siakan.

Namun, Taman Wisata Pusuk Sembalun menawarkan pelipur lara. Dari gazebo di ketinggian 1.250 mdpl, Anda akan mendapatkan panorama pegunungan tanpa beraktivitas fisik seperti mendaki Rinjani.

Sepanjang menuju atas pun, Anda akan ditemani pemandangan hutan, perbukitan, sawah, hingga kebun stroberi.

Taman wisata Pusuk Sembalun Keterangan
Lokasi Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur
Tiket Masuk Rp2.000,00
Jam Operasional Setiap hari 24 jam
Telepon 085205698276
Website

3.     Bukit Merese

Sudah melihat video klip Isyana Sarasvati untuk lagu Mimpi? Bukit hijau di atas hamparan laut dengan ombak yang menampar dinding tebing menjadi salah satu spot terbaik untuk sejenak menenangkan pikiran.

Bukit yang luas ini pun tidak terlalu ramai—bahkan hanya ada sebuah warung kecil di bawah yang menyediakan es kelapa muda. Karena itu, Anda yang ingin menyepi dengan tenang dapat berkunjung ke Bukit Merese.

Bukit Merese Keterangan
Lokasi Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kuta, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari 24 jam
Telepon
Website

4.     Bukit Malimbu

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja adalah Bukit Malimbu. Titik ini pun menjadi sudut sempurna untuk menikmati senja keemasan yang bersinar di atas perairan Senggigi.

Dari ketinggian ini pula, kala cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat Gili Trawangan dan Gili Meno yang berada di kejauhan. Bahkan, siluet Gunung Agung juga tertangkap mata dan mempercantik panorama. Kondisi medan menuju bukit ini pun cukup aman untuk dinaiki dengan motor, sehingga tidak sedikit pula penduduk sekitar yang datang untuk menikmati lembayung.

Bukit Malimbu Keterangan
Lokasi Malaka, Pemenang, Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

5.     Bukit Nipah

Bila ingin mencicipi bukit lain dengan medan yang juga tidak ekstrem, Anda bisa menuju Bukit Nipah setelah menuruni Bukit Malimbu. Lokasi keduanya berdekatan—kira-kira hanya 15 menit menggunakan motor.

Pemandangan di bukit ini pun tak jauh berbeda indahnya. Anda akan dihadapkan pada lukisan alam yang begitu nyata: perbukitan, laut, dan tiga buah gili. Dengan latar matahari terbenam, keseluruhan kombinasi ini menciptakan objek pandang yang sangat cantik.

Bukit Nipah Keterangan
Lokasi Malaka, Pamenang, Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

6.     Bukit Pergasingan

Rinjani nun jauh terlihat begitu megah dan menakjubkan dari Bukit Pergasingan. Namun tak hanya itu, dataran dalam petak-petak berwarna-warni di bawah tak kalah mencuri perhatian.

Karena itulah, Bukit Pergasingan menjadi salah satu bukit yang juga kerap diabadikan dalam sebuah potret digital untuk disimpan dalam media sosial.

Bukit Pergasingan juga merupakan jalur alternatif pedakian ke Rinjani. Selain itu, dataran di ketinggian 1.700 mdpl tersebut kini difungsikan pula sebagai latihan paralayang.

Bukit Pergasingan Keterangan
Lokasi Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur
Tiket Masuk Rp15.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

7.     Bukit Anak Dara

Pendakian Bukit Anak Dara sedikit lebih menantang dibandingkan Bukit Pergasingan. Meski begitu, perjuangan mencapai puncak Anak Dara sebanding dengan hasil yang menanti.

Anda akan disambut dengan hangatnya berkas mentari yang menerobos awan dan kabut di pagi hari. Atau ketika sore, langit yang menjelma lembayung terasa begitu dekat dan romantis sebelum berganti hitam pekat dengan gugusan bintang yang terang berpendar.

Bukit Anak Dara Keterangan
Lokasi Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur
Tiket Masuk Rp15.00,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

8.     Bukit Nanggi

Lebih tinggi lagi dari Bukit Anak Dara, Bukit Nanggi juga lebih menantang. Sebelum mencapai puncak pun, kemiringan bahkan mencapai 85 derajat.

Bagaimanapun, keindahan dari titik 2.300 mdpl ini juga setimpal dengan perjuangannya. Bila menghadap ke selatan, Anda akan mendapati Gunung Rinjani.

Sementara itu, bila menghadap ke utara, Anda akan mendapati Desa Sambelia, berbagai gili, dan lautan yang luas.

Bukit Nanggi Keterangan
Lokasi Sembalun, Sambelia, Selong, Lombok Timur
Tiket Masuk Rp10.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

9.     Bukit Pengawisan

Bila ingin menikmati kecantikan Lombok dari ketinggian tanpa melakukan pendakian berat, Bukit Pengawisan bisa jadi alternatif. Bahkan, mencapai puncak bukit ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Bukit ini juga masih relatif belum diketahui banyak orang. Padahal, lokasinya cukup dekat dengan Pantai Elaq-Elaq yang terkenal. Sisi baiknya, Anda pun bisa cukup menikmati me time di sini.

Bukit Pengawisan Keterangan
Lokasi Sekotong Tengah, Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

10.           Bukit Batu Idung

Tidak susah mencapai bukit ini. Karena itu, Bukit Batu Idung pun cukup ramai oleh warga sekitar terutama kawula muda ketika menjelang sunset.

Batu Idung tidak memiliki pemandangan secantik pemandangan pada sederet daftar bukit sebelumnya. Meski begitu, dengan pencapaian yang relatif mudah, menikmati matahari terbenam di hamparan Laut Lembar merupakan aktivitas yang tak kalah apik.

Bukit Batu Idung Keterangan
Lokasi Kampung Gumise, Gerung, Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

11.           Bukit Hatory

Bukit ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan tokoh kartun Jepang yang terkenal di generasi ’90-an. Secara resmi pun, dataran tinggi ini tidak terdaftar dengan nama Hatory—hanya sebutan warga lokal.

Di atas rerumputan hijau tanpa diganggung banyak orang, Anda bisa sejenak merebahkan diri sembari menikmati momen matahari tergelincir ke ufuk barat. Bila ingin bermain air, Anda bisa turun untuk bermain di pasir putih atau Pantai Seger.

Bukit Hatory Keterangan
Lokasi Pujut, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

12.           Bukit Tunak

Di ujung selatan Lombok, Anda akan menemukan Bukit Tunak. Tak hanya posisisnya di titik paling selatan, akses menuju bukit ini pun masih sangat minim.

Tentu, tidak banyak pula orang yang berkunjung ke sini, baik lokal maupun wisatawan. Namun bila Anda ingin mencari tempat-tempat yang belum terlalu terjamah, tidak ada salahnya mengunjungi Bukit Tunak yang juga berbatasan langsung dengan laut biru.

Bukit Tunak Keterangan
Lokasi Pujut, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

13.           Danau Segara Anak

Tak lengkap menanjaki Rinjani tanpa menyinggahi bagian kalderanya. Gunung Segara Anak yang berada di puncak menjadi salah satu target destinasi yang harus dicapai setelah perjalanan panjang yang melelahkan.

Danau Segara Anak memiliki warna biru yang cantik seperti warna air laut. Di tengah-tengahnya, ada gunung baru yang terbentuk akibat letusan Rinjani pada 2015 silam dan dinamakan Gunung Baru Jari.

Namun selain keindahannya yang tak lagi terbantahkan, danau ini juga memiliki mitos. Salah satunya adalah Segara Anak terlihat luas ketika Anda melihatnya secara langsung, maka Anda memiliki usia panjang—dan sebaliknya.

Danau Segara Anak Keterangan
Lokasi Taman Nasional Gunung Rinjani
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

14.           Pantai Senggigi

Popularitas Pantai Senggigi tak juga tergoyahkan sejak dulu dan telah menjelma sebagai destinasi wajib wisata Lombok. Penasaran apa yang menjadi daya tariknya?

Bila dilihat dari atas—jalanan yang meliuk, putih pasirnya terlihat begitu cantik bersisian dengan laut birunya. Kejernihan lautnya pun bahkan tidak malu-malu memperlihatkan kecantikan biota lautnya.

Selain itu, tentu saja, senja di Pantai Senggigi memunculkan keromantisan tersendiri.

Pantai Senggigi Keterangan
Lokasi Batu Layar, Lombok Barat
Tiket Masuk Rp15.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

15.           Pantai Tunak

Pantai ini berada di bawah Bukit Tunak. Tidak jarang, para fotografer rela berburu ke ujung Lombok untuk mendapatkan potret terbaik di pantai ini.

Seperti pantai di Lombok pada umumnya, Pantai Tunak memiliki pasir berwarna putih bersih. Pantainya sendiri berbatasan dengan dinding kapur yang kokoh serta bukit batu yang runcing.

Pantai Tunak Keterangan
Lokasi Pujut, Lombok Tengah
Tiket Masuk Rp10.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

16.           Pantai Tebing

Dalam 70 abad terakhir, letusaan Samalas di tahun 1257 merupakan letusan gunung api terbesar. Material hasil muntahan Samalas pun mencapai 40m3, hampir tiga kali lipat hasil letusan Tambora pada 1815.

Pantai Tebing pun merupakan sisa letusan Samalas. Hamparan pasir pantai ini berwarna hitam dengan tebingnya yang tandus—tak seperti tebing dan bukit di Lombok pada umumnya yang relatif hijau. Biar begitu pun, eksotisme pantai ini tak pula berkurang nilainya.

Pantai Tunak Keterangan
Lokasi Sambi Bangkol, Gangga, Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

17.           Pantai Semeti

Pantai ini penuh dengan keheningan. Tidak banyak manusia yang berada di sini—hanya sesekali nelayan dari Kuta yang merebahkan lelah di bibir pantai.

Beberapa menyebut pantai ini disebut Krypton karena formasi bebatuan dan karang di sekelilingnya yang berlapis dan meruncing seperti di Planet Krypton dalam fiksi Superman.

Selain itu, jernihnya air yang mengisi bebatuan alam pantai seolah menjelma sebagai akuarium dengan biota laut yang indah.

Pantai Semeti Keterangan
Lokasi Mekarsari, Praya Barat, Lombok Tengah
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

18.           Pantai Telawas

Tidak jauh berbeda dengan Semeti, formasi bebatuan ala Krypton di Semeti juga ada di Pantai Telawas. Sepinya suasana di sini juga membuat Anda seakan merasa seperti pemilik pantai cantik ini.

Namun perlu diingat, perjalanan menuju Pantai Telawas tidaklah mudah dan cukup jauh dari pemukiman—bahkan warung-warung kecil. Karena itu, Pantai Telawas hanya cocok bila Anda seorang traveler yang tidak mudah menyerah..

Pantai Tunak Keterangan
Lokasi Mekarsari, Praya Barat, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

19.           Tanjung Bongo

Menemukan pantai perawan tidaklah terlalu sukar. Tanjung Bongo contohnya, adalah salah satu pantai yang masih belum banyak terjamah sekalipun lokasinya berada di balik Bukit Merese dan dekat dengan Pantai Kuta yang populer.

Tak hanya strategis dan tenang, Tanjung Bongo juga mempunyai air yang sangat jernih. Anda bisa hanya sekadar menikmati suasana di tepi pantai atau bahkan mencoba snorkeling di perairan ini.

Tanjung Bongo Keterangan
Lokasi Kuta, Pujut, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

20.           Tanjung Aan

Semenanjung ini menjadi destinasi kegemaran para pencinta snorkeling dan berenang di perairan lepas. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Tanjung Aan terlihat seolah tak memiliki batas.

Pasir di Tanjung Aan cukup unik karena berbentuk bulat seperti merica. Sekeliling tanjung ini juga berupa perbukitan yang memungkinkan Anda untuk menikmati pantai dari ketinggian.

Di sekitar tanjung ini pula, Anda akan menemui penduduk mulai dari ibu-ibu hingga anak-anak yang pulang sekolah menjajakan aneka kerajinan tangan seperti gelang.

Pantai Tunak Keterangan
Lokasi Jalan Kuta Lombok, Lombok Tengah
Tiket Masuk Rp10.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

21.           Tanjung Poki

Tidak hanya kawasan Nusa Dua di Bali yang mempunyai waterblow. Tanjung Poki juga mempunyai atraksi alami ombak pantai yang dahsyat ini. Bahkan, ketinggian hempasan ombaknya mencapai 10 meter. Dahsyat, bukan?

Tentu, keganasan ombak ini tidak aman untuk aktivitas berenang atau snorkeling. Namun sebagai gantinya, sebagai objek berburu foto, Tanjung Poki juga kerap digunakan sebagai kegiatan memancing.

  Keterangan
Lokasi Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

22.           Pantai Kuta

Ada banyak hotel dan resor yang didirikan di kawasan ini. Pasalnya, selain Senggigi, boleh dibilang Pantai Kuta menjadi pantai yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Namun, apa yang sebenarnya menjadi daya tarik pantai yang menjadi bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus ini?

Pertama, saking jernihnya air Pantai Kuta, Anda bisa menyaksikan pemandangan bawah lau hanya dari permukaan air saja. Yang kedua, pantai ini juga dipercantik dengan kehadiran sebuah bukit hijau bernama Mandalaika.

Selain itu, pantai cantik ini cukup ramah dengan wisatawan sehingga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas air seperti jet ski, berenang, menyelam, bermain banana boat, dan sebagainya.

Pantai Kuta Keterangan
Lokasi Kuta, Pujut, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

23.           Pantai Nambung

Ada satu keunikan Pantai Nambung yang membuatnya begitu instagrammable. Di Pantai ini, kecantikan alam tidak hanya berasal dari gulungan ombak pantai, tetapi juga air terjun yang tercipta di tengah pantai.

Pantai jernih ini mempunya sebuah struktur tebing unik yang membuat air jatuh mengalir seperti di air terjun. Untuk mendapatkan foto yang pas, Anda harus menyusuri bagian bawah tebing ini dan bersiaplah untuk berbasah-basahan.

Selain cocok untuk fotografi, ombak di Pantai Nambung juga cocok untuk kegiatan berselancar.

Pantai Nambung Keterangan
Lokasi Buwun Emas, Sekotong, Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

24.           Pantai Tanjung Bloam

Gerakan ombak di Tanjung Bloam cukup esktrem, sehingga tidak aman untuk aktivitas berenang, berselancar, menyelam, dan sebagainya. Walau begitu, kecantikan batu-batu karang serta tebingnya yang seolah membentuk gua menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bila cuaca sedang pas dan Anda tengah beruntung, jangan kaget bila menemukan penyu di Pantai Tanjung Bloam. Hal ini tak lain karena Tanjung Bloam sendiri merupakan wilayah konservasi penyu. Karena itu, besar kemungkinan Anda akan menyaksikan penyu yang merapat ke daratan.

Pantai Nambung Keterangan
Lokasi Temeak, Jerowaru, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

25.           Pantai Selong Belanak

Dari bibir pantai yang putih atau bebatuan yang sedikit basah, Anda akan menyaksikan awan putih yang seolah-olah menemepel di atas kerucut perbukitan di seberang. Keramaian di sekitar pun tidak akan mengganggu Anda menikmati karya Tuhan yang begitu aktual.

Adapun keramaian di pantai tak lebih dari sekadar aktivitas antara penduduk lokal dan wisatawan. Selagi nelayan pegi ke tengah untuk melaut dan petani menggiring kerbau, wisatawan sibuk berselancar atau sekadar menikmati es kelapa muda dan nasi goreng di meja-meja berpayung di tepi pantai.

Di Pantai Selong Belanak, Anda juga akan menikmati perpaduan antara penduduk dan pengunjung yang membaur dan menciptakan keriuhan kecil yang harmonis.

Pantai Selong Belanak Keterangan
Lokasi Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah
Tiket Masuk Rp2.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

26.           Pantai Tangsi

Tidak banyak pantai yang memiliki pasir berwarna putih di dunia. Namun, dua di antara tujuh yang tercipta di bumi ada di Indonesia. Pantai Tangsi di Lombok salah satunya—atau yang kini lebih sering disebut Pantai Pink oleh masyarakat.

Adapun faktor yang membuat pantai di pantai ini berwarna merah muda adalah hasil campuran dari pasir putih dan pasir merah yang bersal dari koral serta pecahan cangkang foraminera yang memiliki warna kemerahan.

Untuk menikmati waktu terbaik di Pantai Tangsi, datanglah pada sekitar pukul 08.00 sampai 16.00. Di waktu ini, sinar matahari menghasilkan pantulan warna merah jambu yang sangat cantik.

Pantai Tangsi Keterangan
Lokasi Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur
Tiket Masuk Rp10.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

27.           Pantai Penyisok

Dari atas tebing karang yang tinggi dan berlapis-lapis, Anda bisa berdiri menyaksikan birunya Samudera Hindia yang tak bertepi dan dikelilingi oleh savana hijau yang membentang seolah tak terbatas. Tanpa banyak gangguan wisawatan lain, Anda akan seolah-olah berasa di dunia lain yang begitu melenakan.

Memang belum banyak orang yang berkunjung ke Pantai Penyisok. Alasan utamanya adalah medan yang belum terlalu bersahabat.

Untuk sampai ke kesempurnaan ini, Anda harus lebih dulu melalui ladang jagung dan jalanan berbatu terjal. Namun dengan hadiah pemandangan sebesar ini, perjalanan tersebut tak akan terlalu berarti.

Pantai Tangsi Keterangan
Lokasi Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

28.           Pantai Batu Payung

Lokasinya berada sekitar 1 km dari Tanjung Aan yang terkenal. Dari kejauhan, Anda akan menemukan sebuah batu yang kokoh menjulang seolah-olah muncul dari permukaan laut.

Tidak ada yang benar-benar bisa memastikan bentuk batu ini. Bila dilihat dari sudut tertentu, batu ini menyerupai bentuk wajah. Namun bila dilihat dari sudut lain, batu ini bahkan terlihat seperti sebuah jari yang tengah menunjuk.

Batu Payung Keterangan
Lokasi Jalan Kuta Lombok, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

29.           Pantai Seger

Ritual Bau Nyale diadakan di sini setiap tahun pada sekitar bula Februari dan Maret. Kemunculan nyale alias cacing bahari pada kurun waktu tersebut dianggap sebagai titisan Putri Mandalika.

Putri cantik dalam legenda rakyat yang memilih menjatuhkan diri dan digelung ombak lantaran tak dapat memilih pinangan para pangeran yang hendak mempersuntingnya demi menghindari pertumpahan darah.

Akan tetapi, Pantai Seger tidak hanya terkenal lantara kisah ini. Kecantikan pantai ini pun sangat nyata dengan jernihnya air yang dan ketenangan suasananya. Saat air tengah surut, kerikil karang di tengah laut pun akan tampak oleh mata yang memandang.

Pantai Seger Keterangan
Lokasi Kuta, Pujut, Lombok Tengah
Tiket Masuk Rp10.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

30.           Pantai Munah

Daya tarik pantai ini adalah gugusan bebatuan alaminya. Bila angin bertiup cukup kencang untuk menggulung ombak, ombak pun akan pecah dan menyebar buih putih setelah menabrak barisan bebatuan tersebut.

Untuk sampai ke Pantai Munah Anda harus lebih dulu menyusuri perbukitan hijau. Adapun satu-satunya jalur mencapai pantai ini adalah dengan melalui Telawas dan jalan berbatu.

Pantai Munah Keterangan
Lokasi Mekarsari, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

31.           Pantai Setangi

Sering mendambakan pergi ke sebuah bangunan kosong di sebuah pantai eksotis yang jauh dari pemukiman seperti di komik detektif? Jika ya, maka Anda wajib mendatangi Pantai Setangi.

Eksotisme pantai ini sama sekali tak terbantahkan dengan rimbunnya hutan serta jejeran pohon kelapa di belakang pasir putih dan laut biru. Tak jauh dari bibir pantai, Anda akan menemukan sebuah konstruksi belum selesai yang dibiarkan terbengkalai.

Meski tak benar-benar terlihat adanya makhluk tak kasatmata, suasana di bangunan ini cukup mengerikan—sekaligus mendebarkan—dan disebut sebagai Villa Hantu. Tertarik berkunjung?

Pantai Setangi Keterangan
Lokasi Jalur Senggigi-Malibu, Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

32.           Pantai Nipah

Tidak jauh dari sang primadona Senggigi, Pantai Nipah dapat Anda temui dengan berkendara sekitar 20 menit. Perjalanan menuju pantai ini pun sangatlah mudah dengan aspal yang mulus dan pemandangan bukit hijau sepanjang jalan yang berkelok-kelok.

Dilihat dari atas, lekukan garis pantainya membuat Pantai Nipah menjadi objek menarik untuk difoto. Begitu turun ke pantai, Anda pun akan disambut dengan deburan ombak dan desau angin yang sejuk serta jejeran perahu nelayan di bibir pantai.

Pantai Nipah Keterangan
Lokasi Malaka, Pamenang, Lombok Utara
Tiket Masuk Rp3.000,00
Jam Operasional Setiap hari 24 jam
Telepon
Website

33.           Pantai Cemara

Dibandingkan Bali yang padat, Lombok lebih bersahabat bagi Anda yang merindukan ketenangan di pantai. Pulau ini seolah memiliki daftar tak terbatas tentang pantai cantik yang relatif sepi dan belum banyak dikunjungi pengunjung, termasuk salah satunya adalah Pantai Cemara.

Fasilitas di Pantai Cemara memang minim, tetapi hal tersebut bukanlah kendala besar. Anda bisa bebas berjemur, snorkeling, berenang, atau menghabiskan waktu di pantai ini tanpa takut merasa terganggu.

Pantai Cemara Keterangan
Lokasi Seriwe, Jerowaru, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

34.           Pantai Bangko-Bangko

Nama pantai yang satu ini boleh saja terdengar unik atau sedikit aneh. Tapi begitu datang ke Pantai Bangko-Bangko, Anda akan dibuai dengan keindahannya.

Pantai ini termasuk salah satu pantai di Lombok yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas air seru. Ada banyak pengunjung yang melakukan selancar dan berpacu dengan gulungan ombak yang sempurna—bahkan keganasan ombak Pantai Bangko-Bangko menempati urutan ke-6 terbaik dunia.

Selain itu, ada pula spot untuk memancing dan snorkeling yang lebih aman, hingga trekking di Hutan Alam Bangko-Bangko.

Pantai Bangko Bangko Keterangan
Lokasi Jalan Putih, Batu Putih, Sekotong Tengah, Lombok Barat
Tiket Masuk Rp3.000,00
Jam Operasional Setiap hari 24 jam
Telepon
Website

35.           Tanjung Beloam

Lokasi Tanjung Beloam memang agak susah untuk dicapai. Boleh jadi, karena alasan inilah pantai apik ini menjadi terabaikan.

Padahal sesungguh, Tanjung Beloam sangat cantik. Setelah menyusuri hutan, Anda alan menuruni bukit, menyusuri pantai, dan melewati tebing. Namun seperti pantai perawan lainnya, surga dunia menanti Anda setelah perjalanan yang cukup melelahkan ini.

Tanjung Beloam Keterangan
Lokasi Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur
Tiket Masuk Rp10.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

36.           Tanjung Ringgit

Semenanjung ini berada di ujung tenggara Pulau Lombok. Selain pantai yang menawan, Tanjung Ringgit juga menyimpan jejak sejarah. Di balik semak-semak di sisi pinggir jalur wisatawan, ada sebuah meriam yang kokoh berusia cukup tua yang menghadap ke arah laut. Selain itu, ada pula goa yang diperkirakan ada entah sejak kependudukan Jepang.

Satu lagi keunikan Tanjung Ringgit adalah keberadaan sumur kecil di sisi kanan bawah jalur pejalan kaki. Meski merupakan buatan manusia, sumur tersebut merupakan sumur air tawar, bukan air asin. Hal ini tentu merupakan sebuah keunikan mengingat lokasinya yang sangat berdekatan dengan sumber air asin di laut.

Tanjung Ringgit Keterangan
Lokasi Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

37.           Gili Trawangan

Di antara sekian banyak gili (pulau kecil) di Lombok, Trawangan adalah yang paling populer. Selain memang kondisi alamnya yang sangat cantik, pulau ini juga seolah-olah membuat Anda berada dalam lingkungan masyarakat baru yang menyenangkan.

Mayoritas wisatawan di sini merupakan wisatawan mancanegara. Anda akan sangat jarang menemui wisatawan domestik di sini. Selain itu, Anda juga tidak akan menemukan kendaraan bermotor yang lewat. Di sini, jika tidak bersepeda, maka pilihannya adalah berjalan kaki.

Gili Trawangan Keterangan
Lokasi Lombok Utara
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

38.           Gili Meno

Bila Trawangan dikenal sebagai pulau untuk berpesta, maka Gili Meno lebih banyak dipilih bagi mereka yang menginginkan suasana romantis.

Pulau kecil ini merupakan yang paling kecil sekaligus yang paling tenang. Tak jarang pula Anda akan menemui pasangan yang bermesraan di pantai.

Jumlah resor, hotel, maupun restoran mewah tidak terlalu banyak di sini. Umumnya, hanya ada akomodasi kelas menengah di Gili Meno.

Gili Meno Keterangan
Lokasi Lombok Utara
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

39.           Gilir Air

Jika Anda ingin mencari pulau yang menawarkan kombinasi antara Gili Trawangan dan Gili Meno, maka Gili Air adalah jawabannya. Dengan suasana yang lebih tenang, Anda bisa memilih akomodasi mewah seperti yang banyak ditawarkan di Gili Trawangan.

Sementara itu, hiburan yang ditawarkan Gili Air cenderung lebih ‘kalem’ seperti Gili Meno. Anda tidak akan mendapatkan ingar-bingar kehidupan malam seperti di Trawangan. Maka dari itu, Gili Air adalah pilihan pas bagi yang ingin nuansa romantis dengan fasilitas kelas atas.

Gili Meno Keterangan
Lokasi Lombok Utara
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

40.           Gili Asahan

Pulau kecil ini terkenal dengan beragam spot untuk diving yang ciamik serta arus yang kuat dan menantang. Karena itu, bila Anda pencinta olahraga air ekstrem ini, jangan tunda kesempatan mengunjungi Gili Asahan, terutama di secret garden.

Keindahan biota laut Gili Asahan juga menarik. Masih di secret garden dengan visbility 25 meter, Anda akan mendapatkan potret sempurna kecantikan terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang mengelilingi Anda.

Gili Meno Keterangan
Lokasi Lombok Barat
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

 

41.           Gili Petagan

Gili Petagan adalah bagian dari wilayah Sambelia, Kawasan Konservasi Laut Daerah. Di sini, ada banyak sekali spot untuk aktivitas snorkeling di perairan dangkalnya. Padang lamun ini menyimpan paduan terumbu karang dan beragam jenis ikan laut yang cantik dan menggemaskan. Untuk kegiatan diving, pulau ini memiliki kedalaman hingga 20 meter.

Pulau Petagan mempunyai luas wilayah mencapai 50 hekatre. Hutan bakau yang berfungsi untuk mencegah abrasi laut di sini sudah adal sejam zaman kependudukan Jepang.

Gili Petagan Keterangan
Lokasi Lombok Timur
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

42.           Gili Bidara

Dari sini, Anda bisa menikmati kecantikan Gunung Rinjani yang termahsyur dengan cukup jelas. Dengan perpaduan Rinjani, hamparan laut yang terbatas, serta naungan langit yang teramat luas, Anda tak akan kecewa menyinggahi pulau ini.

Ukuran lahan Gili Bidara tidaklah luas—Anda bahkan dapat menjelajahinya hanya dalam waku kurang dari 1 jam. Hanya berjarak sekitar 500 meter dari Gili Kondo, Anda pun dpaat langsung menyeberang ketika air laut tengah surut.

Gili Bidara Keterangan
Lokasi Lombok Timur
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

43.           Gili Kondo

Seperti Petagangan, Kondo juga meruapakan pulau kecil yang tidak berpenghuni dan masuk ke dalam daftar KKLD. Bila ingin menyepi dan beristirahat di Gili Kondo yang berpasir putih ini, Anda bisa memilih penginapan yang tersedia di sini.

Aktivitas utama di pulau ini adalah snorkeling mengingat taman bawah lautnya merupakan lahan konservasi terumbu karang. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan island hopping manakala air laut tengah surut.

Gili Kondo Keterangan
Lokasi Lombok Timur
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

44.           Gili Lawang

Panjang Gili Lawang hanya sekitar 3,5 km. Sekitar 90% pulau ini pun tertutupi oleh hutan bakau yang membuatnya begitu indah sekaligus mendebarkan.

Meski tidak termasuk dalam wilayah konservasi, Gili Lawang memiliki spot apik untuk wisatawan yang ingin melakukan snorkeling. Dipercantik dengan pasir yang putih, perairan lautnya yang jernih membuat snorkeling menjadi semakin mengasyikkan. Bila ingin diving pun, Anda bisa meminta bantuan diving club di desa terdekat.

Gili Kondo Keterangan
Lokasi Lombok Timur
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

45.           Gili Sulat

Jangan mengharapkan keramaian di Gili Sulat. Jangankan keramaian dan hotel atau resor, waurung atau rumah pun tidak ada di pulau ini. Anda hanya akan mendapai pos jaga dan jalan masuk berupa hutan mangrove dengan panjang yang bahkan tidak sampai 1 km.

Tentu, ini adalah destinasi terbaik bila Anda ingin ke tempat yang sepi dan tenang. Di Gili Sulat, susana akan diramaikan dengan berbagai jenis burung yang menghui hutan mangrove.

Gili Kondo Keterangan
Lokasi Lombok Timur
Tiket Menyeberang Rp100.000,00

46.           Air Terjun Kumbi

Beberapa menyebut air terju ini dengan sebutan Air Terjun Segenter. Untuk mencapai objek ini, Anda bisa menggunakan pilihan soft tracking dengan melihat banyak vegetasi selama perjalanan atau four wheel drive yang akan memacu adrenalin.

Masih jarang pengunjung di Air Terjun Kumbi sehingga seolah-olah mendatangi tempat ini seperti mendatangi air terjun pribadi.

Keuntungannya, harmoni antara gemericik air dari ketinggian 15 meter dengan pemandangan bebatuan dan sungai di sini akan membantu relaksasi Anda lebih maksimal.

Air Terjun Kumbi Keterangan
Lokasi Narmada, Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

47.           Air Terjun Batu Apeq

Karena ketinggiannya, Air Terjun Batu Apeq memiliki popularitas yang cukup baik. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 82 meter. Dengan demikian, Batu Apeq menjadi air terjun tertinggi kedua di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Suasana di Air Terjun Batu Apeq sangatlah sejuk sehingga banyak dikunjungi untuk melepas penat. Bahkan, tidak sedikit pula wiastawan mendirikan tenda untuk mendirikan kemah di sekitar air terjun dengan sumber air dari Danau Segara Anak ini.

Air Terjun Benang Kelambu Keterangan
Lokasi Santong, Kayangan, Lombok Utara
Tiket Masuk Rp5.0000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

48.           Air Terjun Benang Kelambu

Inilah air terjun paling terkenal d Lombok. Lokasinya berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Adapun pemilihan nama benang kelambu tidak lain adalah karena airnya yang sangat tipis dan lembut seperti kelambu.

Anda harus sedikit berjuang untuk menikmati kecantikan Benang Kelambu. Setelah berjalan sekitar 500 meter dari lokasi parkir, Anda harus melewati medan yang cukup menantang hingga membelah hutan.

Air Terjun Benang Kelambu Keterangan
Lokasi Batukilang Utara, Lombok Tengah
Tiket Masuk Rp5.0000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

49.           Air Terjun Benang Sekotel

Bertetangga dengan Benang Kelambu, Benang Sekotel akan Anda temui dalam jarak hanya sekitar 1.000 meter. Adapun arti dari kata benang sekotel adalah seikat benang yang bermaksud untuk mendeskripsikan bentuk aliran air terjun yang menyerupai ikatan benang.

Di bagian dasar air terjun ada sebuah kolam alias cekungan yang cukup dalam. Bila mempunyai cukup nyali, Anda bisa mencoba lompat dari puncak air terjun ke kolam tersebut.

Air Terjun Benang Sekotel Keterangan
Lokasi Batukilang Utara, Lombok Tengah
Tiket Masuk Rp5.0000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

50.           Air Terjun Mangku Kodeq

Lokasi Air Terjun Mangku Kodeq memang cukup tersembunyi. Meski begitu, jalur untuk mencapai air terjun ini tidaklah susah—atau bisa dibilang, tidak memuaskan bagi Anda yang menyukai tantangan.

Biar bagaimanapun, sekalipun rutenya tidak terlalu menantang, Anda harus melalui sungai dengan air yang cenderung berwarna putih terlebih dahulu. Medan ini pun terlihat menarik karena adanya dinding bebatuan yang mengapit di kanan dan kiri sungai.

Air Terjun Mangku Kodeq Keterangan
Lokasi Sembalun, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

51.           Air Terjun Mangku Sakti

Bertetangga dengan Mangku Kodeq, Mangku Sakti merupakan salah satu air terjun yang termasuk kategori antimainstream. Pasalnya, air yang mengalir tidaklah berwarna jernih seperti pada umumnya, melainkan berwarna hijau toska.

Perbedaan warna ini tidak lain adalah karena kandungan campuran belerang yang berasal langsung dari Danau Segara Anak.

Masyarakat percaya bahwa air dari Air Terjun Mangku Sakit berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, terutama gangguan kulit. Meski begitu, pengunjung tidak diperkenankan untuk mengambil lumpur sulfur dari air terjun ini.

Air Terjun Mangku Sakti Keterangan
Lokasi Sembalun, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

52.           Air Terjun Kerta Gangga

Sawah-sawah penduduk membentang  sepanjang perjalanan. Sesekali, dedaunan pohon kelapa yang ditanam di beberapa bagian persawahan ikut bergemerisik terkena angin. Tak ketinggalan, sebuah sungai harus diseberangi untuk mencapai Air Terjun Kerta Gangga.

Objek wisata alam ini mempunyai ketinggian hingga sekitar 40 meter dan terdiri dari dua tingkat. Tingkat yang berada di atas memiliki letak berdampingan, tetapi salah satunya agak tersembunyi. Agar dapat melihatnya dengan jelas, Anda harus lebih dulu melalui sebuah jembatan bambu yang kecil.

Air Terjun Kerta Gangga Keterangan
Lokasi Gangga, Lombok Utara
Tiket Masuk Rp5.0000,00
Jam Operasional Setiap hari pukul 06.00 sampai 18.00 WITA
Telepon
Website

53.           Air Terjun Batara Lejang

Air terjun ini boleh jadi tidak setinggi maupun secantik dua air terjun terusannya, yakni Sendang Gile dan Tiu Kelep. Meski begitu, Air Terjun Batara Lejang memiliki kelebihannya tersendiri.

Objek wisata yang belum terlalu diperhatikan oleh masyarakat atau pemerintah untuk dikelola ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Di sini, Anda bisa menemukan air panas yang masih sangat jernih dan bersih.

Keuntungan dari belum banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sini, Anda bisa berendam dengan bebas setelah lelah menjelajahi Lombok.

Air Terjun Kerta Gangga Keterangan
Lokasi Bayan, Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

54.           Air Terjun Sendang Gile

Konon, di sinilah dahulu para bidadari mandi ketika sedang turun ke bumi. Tak hanya mitos ini, masyarakt juga meyakini bahwa mandi atau membasuh wajah di Air Terjun Sedang Gile dapat membuatnya terlihat setahun lebih muda.

Air terjun ini berasal dari mata air Gunung Rinjani dan lokasinya pun masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Untuk mencapai Sendang Gile, Anda harus melalui ratusan anak tangga dengan ketinggian mencapai 40 meter, jembatan berlubang, serta menjelajahi lembah.

Air Terjun Sendang Gile Keterangan
Lokasi Bayan, Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

55.           Air Terjun Tiu Kelep

Di sisi utara kaki Rinjani, Air Terjun Tiu Kelep terlihat begitu megah dan asri. Dengan ketinggian sekitar 42 meter dan bertingkat, arus air terjunnya cukup kuat. Yang menyenangkan, kolam yang terbentuk di bawah air terjun memiliki kedalaman hanya sepinggang orang dewasa sehingga tidak terlalu berbahaya.

Untuk mencapai Tiu Kelep, Anda lebih dulu melewati Air Terjun Sendang Gile sebelum melalui jalan setapak. Setelah itu, Anda akan melewati tangga menuju jembatan dan menyeberanginya dengan suasana seperti berada di dalam hutan.

Air Terju Tiu Kelep Keterangan
Lokasi Senaru, Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

56.           Air Terjun Tiu Pupus

Bila diartikan, Air Terjun Tiu Pupus memiliki makna air yang mengalir dari akar kayu. Tentu bukan tanpa alasan masyarakat menamakannya demikian. Air yang mengalir dari ketinggian ini berliku-liku melalui akar pohon yang rindang di sekelilingnya sebelum akhirnya jatuh.

Kecantikan natural Air Terjun Tiu Pupus masih cukup terjaga karena belum terlalu banyak wisatawan yang berkunjung. Anda pun bisa lebih lama dan khidmat menikmati semilirnya angin pegunungan dengan panorama tebing-tebing curam yang dihiasi pepohonan rimbun.

Air Terjun Tiu Pupus Keterangan
Lokasi Gangga, Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

57.           Sumber Air Panas Aik Kalak

Cuaca sejuk hingga menusuk di kawasan sekitar Rinjani tidaklah terbantahkan. Sebagai penawarnya, berendam di air panas adalah aktivitas yang paling sempurna.

Sumber Air Panas Aik Kalak dapat diakses dari Danau Segara Anak. Sumber air panas yang mengepulkan uap hangat ini kerap dijadikan sebagai tempat berendam oleh warga. Mereka pun percaya bahwa berendam di sini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Sumber Air Panas Aik Kalak Keterangan
Lokasi Lombok Utara
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

 

58.           Kota Tua Ampenan

Dulunya, Ampenan menjadi salah satu kota paling hibuk di Lombok karena kondisinya sebagai kota pelabuhan. Berbatasan langsung dengan Selat Lombok, aktivitas pelabuhan terus berlanjut hingga sekitar tahun 1970-an. Ketika kegiatan bongkar muat kemudian dipindah ke Lembar, Ampenan pun tak lagi bergairah.

Sekarang, Ampenan menjadi wilayah kota tua yang digemari oleh traveler dengan kecintaan terhadap budaya dan sejarah. Bangunan di wilayah ini pun masih menggunakan gaya arsitektur Eropa dan terus dipertahankan.

Kota Tua Ampenan Keterangan
Lokasi Jalan Yos Sudarso, Mataram
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

 

59.           Taman Mayura

Dalam bahasa Sansekerta, Mayura berarti burung merak. Di masa itu, penasihat kerajaan menyarankan untuk beternak burung merak untuk membantu mengusir ular yang banyak berkeliaran di sekitar pura.

Taman Mayura sendiri merupakan kompleks tempat peribatan umat Hindu yang terdidi dari empat pura utama: Pura Gedog (juga sering digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu dari berbagai penjuru dunia), Pura Gunung Rinjani, Pura Padmasana, dan Pura Ngelurah.

Pura dengan taman yang tertata rapi ini merupakan peninggalan Raja A. A. Made Karangasem pada tahun 1744 dan direnovasi oleh A. A. Ngurah Karangasem di tahun 1866.

Taman Mayura Keterangan
Lokasi Jalan Purbasari, Mayura, Mataram
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional Setiap hari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB
Telepon
Website

60.           Museum Nasional NTB

Ada banyak histori yang tersimpan dalam museum ini. Jika ditotal, ada sekitar 7.000 koleksi di dalam ruang penyimpanan yang diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1982 silam ini.

Dengan jumlah sebanyak itu, koleksinya pun bervariasi. Beberapa di antaranya adalah suart perjanjian wilayah Sultan Bima dengan Belanda, bendera perang yang dibawa kesultanan Bima saat melawan pejajah, pakaian Sultan Ibrahim dan Sultan Salahudin, topi besi, senapan, baju perang, stempel, hingga alat-alat yang dianggap memiliki kekuatan gaib peninggalan masa lampau pun ada di sini.

Taman Mayura Keterangan
Lokasi Jalan Panji Tilar Negara No. 6
Tiket Masuk Rp2.000,00
Jam Operasional Selasa-Kamis: 08.00-14.00 WITA

Jumat: 08.00-11.00 WITA

Sabtu: 08.00-12.30 WITA

Minggu: 08.00-14.00 WITA

Telepon
Website

61.           Taman Narmada

Raja Anak Agung Ngurah Karangasem sudah tak lagi sekuat dulu. Fisiknya yang tua dan mulai lemah tidak lagi memungkinkannya untuk mendaki Rinjani demi melakukan ritual kurban. Maka sebagai gantinya, di tahun 1727, sang raja pun memberi perintah untuk ‘memindahkan’ Gunung Rinjani berikut Dana Segara Anak ke pusat kota.

Bila diperhatikan, Taman Narmada sesungguhnya merupakan replika Gunung Rinjani. Taman ini ditata dengan bentuk menyerupai gunung dan lengkap dengan tiga kolam yang diari sumber mata air jernih sehingga tampak seperti danau.

Tentu, tiga kolam ini tak lain merupakan tiruan Danau Segera Anak yang berada di puncak Rinjani. Tak lupa, di puncak taman ini, sebuah pura bernama Pura Kalasa dibangun. Untuk mencapainya pun harus melalui puluhan anak tangga sehingga seolah-olah tengah mendaki Gunung Rinjani.

Taman Narmada Keterangan
Lokasi Jalan Raya Narmada, Lembuak, Lombok Barat
Tiket Masuk Rp5.000,00
Jam Operasional Setiap hari pukul 08.00 sampai 17.00 WITA
Telepon
Website

62.           Pura Batu Bolong

Usia Pura Batu Bolong sudah mencapai lebih dari lima abad. Dang Hyang Dwijendra, seorang resi dari Jawa Timur melakukan perjalanan dari Pulau Jawa ke Bali hingga Lombok untuk menyebarkan agama Hindu. Di tahun 1533, sang resi kemudian membangun pura di tepi laut ini.

Hingga kini, masyarakat Hindu setempat masih menggunakannya sebagai tempat peribatan dan dianggap memiliki nilai lebih karena lokasinya yang berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali yang suci.

Di bagian bawah pura, batu hitam yang menjadi dudukannya memiliki bentuk seperti bukit yang berlubang. Ketika tengah surut, Anda bisa melewati lubang tersebut dan menuju Pantai Duduk.

Pura Batu Bolong Keterangan
Lokasi Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

63.           Pura Lingsar

Sebelum Islam masuk ke Lombok dan menjadikan wilayah ini mendapat predikat sebagai Pulau Seribu Masjid, Hindu lebih dulu berkuasa di sini. Namun setelah sekian abad berlalu, kini kehidupan mayarakat dua agama ini begitu rukun dan harmonis.

Salah satunya tercermin dalam Pura Lingsar. Pura terbesar di Lombok dengan luas 26 hektare ini menjadi saksi ritual dua agama yang berjalan berdampingan dalam satu tempat. Dalam setahun sekali, ada sebuah acara di pura ini yang menlibatkan langsung pemeluk Hindu dan Islam sekaligus.

Pura Lingsar Keterangan
Lokasi Jalan Gora 2 Mataram
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

64.           Islamic Center NTB

Belum lengkap rasanya menjejakkan kaki di Lombok tanpa singgah ke Islamic Center. Masjid megah ini memiliki lahan yang sangat luas dengan arsitektur dan dekorasi yang sangat impresif—termasuk menara dengan ketinggian mencapai 99 meter.

Masjid termegah di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini bahkan memiliki lift dan eskalator untuk memudahkan pengunjung. Tak hanya itu, bangunan yang didominasi warna kuning dan emas ini terdiri atas empat lantai dan dilengkapi dengan ballroom.

Adapun kapasitas Islamic Center adalah 15.000 orang jamaah dengan lahan parkir untuk 2.000 kendaraan roda dua dan 200 kendaraan roda empat.

Islamic Center NTB Keterangan
Lokasi Selaparang, Gamong, Mataram
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website www.islamiccenter.ntbprov.go.id

65.           Makam Batu Layar

Dari Baghdad, Syekh Sayid akhirnya sampai ke Indonesia dan menjejakkan kakinya di Lombok. Pemuka agama ini pun kemudian menyebarkan ajaran Islam selama berathun-tahun.

Pada suatu masa, dia pun ingin kembali ke negara asalnya dan pergi ke tepian pantai di wilayah Batu Layar lalu duduk di atas sebuah batu. Tak lama, langit mengeruh, kemudian petir menyambar dan hujan mengguyur bumi dengan deras. Bersama dengan itu, Syekh Sayid pun menghilang.

Atas kisah ini, berita yang tersebar pun menyebutkan jika Makam Batu Layar bukanlah merupakan tempat peristirahatan terakhir Syekh Sayid. Adapun yang dikubur dalam makam tersebut adalah beberapa benda miliknya.

Kendati demikian, Makam Batu Layar tetap dianggap keramat oleh masyarakat Lombok hingga kini dan masih sering diziarahi terutama menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Makam Batu Layar Keterangan
Lokasi Batu Layar, Senggigi, Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

66.           Jembatan Gantung Kuno

Di tahun 1923, pemerintah Belanda memerintah rakyat setempat untuk membangun sebuah jembatan. Namun, tiang besi seberat ratusan ton tersebut tidak mudah didirikan dan butuh waktu yang cukup lama sampai akhirnya bisa berdiri hingga hari ini.

Kini, meski besi-besi pada jembatan sudah berkarat, kekukuhan infrastruktur ini masih sangat baik. Setiap hari, masyarakat melaluinya baik dengan berjalan kaki ataupun sepeda motor.

Meski tak terlalu banyak yang dapat dilihat, tak ada salahnya menyempatkan diri ke jembatan tertua di Lombok ini.

Jembatan Gantung Kuno Keterangan
Lokasi Lembar, Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

67.           Gua Bangkang

Lupakan barisan pantai dan deretan bukit. Kali ini, singgahlah ke Gua Bangkang. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Kuta dan dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang subur.

Gua Bangkang adalah spot yang sangat instagrammmable  di Lombok lainnya. Dinding guanya tinggi dan besar, menambah kesan hening yang sudah ada menjadi semakin begitu terasa.

Adapun titik paling sempurna untuk berfoto adalah pada gua bagian bawah yang memiliki lubang di atasnya sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam gua dengan efek dramatis.

Gua Bangkang Keterangan
Lokasi Prabu, Pujut, Lombok Tengah
Tiket Masuk Rp10.000,00
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

68.           Rumah Adat Desa Belek

Pernah terpikir bagaimana asal mulai sebuah masyarakat—siapa yang memulai, bagaimana keadaan di kala itu, dan sebagainya? Di Lombok, Anda bisa berkunjung ke Rumah Adat Desa Belek yang berada di lereng Gunung Rinjani dan merekonstruksi bagaimana suasana di masa lampau.

Berbeda dengan rumah adat Suku Sasak yang berbentuk menyerupai setengah lingkaran dengan sedikit kerucut di atasnya, rumah adat di sini memiliki bentuk atap prisma.

Bagian lantainya dibuat dari adukan kotoran sapi dengan tujuan menghalau nyamuk. Tiang rumahnya menggunakan suren ritip, sementara atapnya menggunakan bambu dan ilalang. Adapun penghuni rumah adat ini sekarang adalah generasi ketujuh.

Desa Sukarara Keterangan
Lokasi Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

69.           Desa Bayan

Desa Bayan Keterangan
Lokasi Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website www.bayan-lombokutara.desa.id

70.           Desa Sade

Suasana dan budaya Suku Sasak di Dessa Sade juga sangat terasa kuat. Tak hanya rumah-rumah adat yang lestari, tradisi yang diwariskan sejak 600 tahun lalu pun masih terjaga hingga kini.

Seperti contoh, penduduk Desa Sade menggunakan pakaian adat setiap hari tanpa menunggu adanya acara-acara tertentu. Selain itu, untuk mendapatkan keturunan, mereka melakukan perkawainan antarsaudara karena dianggap lebih mudah dan murah.

Desa Sukarara Keterangan
Lokasi Rambitan, Pujut, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

71.           Desa Segenter

Sebuah gerbang didirikan sebagai satu-satunya akses untuk keluar dan masuk Desa Segenter. Desa dengan luas sekitar 3 hektare ini dikelilingi oleh pagar dengan deretan rumah yang tertatapi rapi.

Di desa ini, setiap generasi biasanya membangun rumah dalam satu area yang sama: sisi timur menjadi wilayah orang tua, sementara anak-anak berada di rumah di sisi barat.

Dua rumah yang berhadap-hadapan ini dipisah dengan sebuah berugak yang digunakan sebagai tempat untuk bertemunya orang tua dan anak untuk bercengkerama, belajar bersama, dan menerima tamu.

Desa Segenter Keterangan
Lokasi Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

72.           Desa Sukarara

Kain songket merupakan salah satu kain tenun yang memiliki nilai tinggi lantaran proses pembuatannya yang cukup rumit dan tidak memerlukan waktu yang sebentar. Beberapa daerah Indonesia terkenal sebagai daerah penghasil tenun dengan coraknya masing-masing, termasuk Desa Sukarara.

Di desa ini, Anda akan menemukan banyak toko-toko yang menjual kain tentun tradisional khas Lombok. Menemukan wanita-wanita yang tengah mengerjakan tenun pun bukan hal yang langka di wilayah ini.

Anda bisa membeli satu atau beberapa lembar kain tenun Sukarara yang khas dengan tenunan benang emas sembari melihat proses pembuatannya.

Desa Sukarara Keterangan
Lokasi Sukarara, Lombok Tengah
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

73.           Desa Banyumelek

Dari generasi ke generasi, membuat gerabah menjadi sebuah kemampuan dan budaya yang terus diwariskan sebagai tumpuan perekonomian. Terbukti, kini kerajinan gerabah buatan penduduk Desa Banyumelek berhasil menembus pasar internasional seperti New Zealand dan beberapa negara lain di daratan Eropa.

Di desa wisata ini, setelah memasuki gapura, Anda akan menemui toko-toko kerajinan home industry yang berjajar di sisi kanan dan kiri jalan. Tak hanya itu, sekolah hingga kantor-kantor pemerintah pun dihiasi gerabah-gerabah besar sebagai simbol kebanggan mereka terhadap budaya lokal.

Menariknya, selain hanya berbelanja kerajinan gerabah, Anda pun dapat melihat langsung proses pembuatan produk-produk tersebut.

Desa Banyumelek Keterangan
Lokasi Banyumelek, Kediri, Lombok Barat
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari
Telepon
Website

74.           Mataram Craft Center

Konon, ikon kecantikan wanita di masa lampau, Cleopatra, menggemari mutiara. Perhiasan yang satu ini merupakan salah satu perhiasan kelas atas yang juga kemudian digemari oleh kaum bangsawan romawi dan berlanjut ke kaum elite di masa kini.

Di Lombok, menemukan mutiara bukanlah hal yang sukar. Pulau ini terkenal dengan budidaya mutiaranya, baik mutiara air laut maupun mutiara air tawar.

Adapun salah satu tempat recommended untuk membeli kerajinan dengan bahan ini adalah di Mataram Craft Center alias MCC. Anda bisa mendapatkan mutiara terbaik di sini mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mataram Craft Center Keterangan
Lokasi Jalan Sultan Kaharudin, Pengasengan, Mataram
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari pukul 09.00 sampai 19.00 WITA
Telepon
Website

75.           Sasaku

Bila Bali punya Joger dan Krisna, maka Lombok punya Sasaku. Sebagai pertokoan modern oleh-oleh khas Lombok terbesar, Sasaku berada di lokasi-lokasi strategis dengan lahan parkir yang sangat luas.

Ada banyak jenis suvenir yang bisa Anda jadikan buah tangan dari Sasaku. Mulai dari kain, kaus, dan aneka fashion item hingga mutiara lengkap tersedia di toko modern ini. Tak lupa, jika Anda mencari satu snack khas dan unik, belilah sejenis manisan rumput laut yang juga dijual di sini.

Sasaku Keterangan
Lokasi Jalan Senggigi dan Kompleks Pertokoan Dasan Cemen, Jalan Raya Lembar
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari pukul 07.00 sampai 22.00 WITA
Telepon 08991000031 (Jalan Senggigi)

08179788879 (Jalan Raya Lembar)

Website www.lomboksasaku.com

76.           Pasar Seni Sayang-Sayang

Jika harus diasosiasikan, maka Pasar Seni Sayang-Sayang Mataram boleh dibilang Pasar Sukawati-nya Lombok. Beroperasi sejak dulu, pasar ini menjual beraneka karya seni hasil kerajinan tangan yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Di Pasar Seni Sayang-Sayang Anda bisa mendapatkan berbagai suvenir unik seperti kerajinan dari kayu, anyaman rotan, kain tenun khas Lombok, dan beraneka macam lainnya.

Sebagai informasi, kerajinan kayu Lombok memiliki cukli sebagai keunikannya. Cukli sendiri merupakan ornamen pada kerajinan kayu yang dibuat dari kulit kerang mutiara.

Pasar Seni Sayang-Sayang Keterangan
Lokasi Jalan Jenderal Sudirman, Rembiga, Cakranegara, Mataram
Tiket Masuk
Jam Operasional Setiap hari pukul 08.00 sampai 17.00 WITA
Telepon
Website

77.           Ashtari Lounge and Kitchen

Selepas menguras tenaga, saatnya kembali menyegarkan tubuh. Ashtari Lounge and Kitchen menyediakan fasilitas untuk Anda bersantai di pagi, siang, sore, maupun malam hari sembari duduk santai dengan pemandangan Pantai Kuta yang luas dari balkon di ketinggian.

Tempat makan ini menyediakan banyak jenis sajian baik sajian khas Indonesia maupun gaya Barat. Mulai appetizer hingga dessert paling enak semua ada di sini. Tak lupa, Anda juga bisa mengikuti kelas yoga untuk lebih menenangkan diri dan menambah kekuatan setiap kelas pagi.

Ashtari Lounge and Kitchen Keterangan
Lokasi Pujut, Lombok Tengah
Harga Makanan Mulai Rp70.000,00 (makanan utama)
Jam Operasional Setiap hari pukul 08.00 sampai 21.00 WITA
Telepon 087765497625
Website

78.           Artati Lombok Bungalow and Restaurant

Ingin mencari lokasi untuk wisata kuliner yang jauh dari hiruk pikuk tetapi tetap menawarkan view apik? Di Artati Lombok Bungalow and Restaurant, Anda bisa mendaptakan suasana yang diharapkan serta fasilitas lengkap dengan pelayanan yang ramah.

Artati Lombok Bungalow and Restaurant menempati kawasan perbukitanya yang sangat asri. Sebagai bonus pemandangan, pihak pengelola menghadirkan Teluk Selong Belanak yang sangat terkenal di kalangan para peselancar tersebut. Sempurna, bukan?

Artati Lombok Bungalow and Restaurant Keterangan
Lokasi Jalan Selong Belanak, Mekarsari, Praya Barat, Lombok Tengah
Harga Makanan Mulai Rp35.000,00 (makanan utama)
Jam Operasional Setiap hari pukul 07.00 sampai 22.00 WITA
Telepon 082147554191
Website

79.           Ayam Bakar Taliwang Irama

Ada banyak menu ayam taliwang yang bisa Anda temui di Lombok. Namun bila ingin mencari yang terbaik, Ayam Bakar Taliwang Irama. Bahkan saking populer dan enaknya sajian di tempat ini, hindari datang dalam kondisi kelaparan apalagi saat jam makan siang karena Anda akan menunggu dengan cukup lama.

Ada banyak varian yang bisa Anda pilih untuk menikmati ayam taliwang sesuai selera. Anda bisa memilih ayam bakar sedang, ayam bakar pedas, ayam goreng, ayam bakar madu pedas, atau ayam plecingan goreng. Eits, ingat, level pedas di ayam taliwang ini cukup menggigit, lho!

Ayam Taliwang Irama Keterangan
Lokasi Jalan Ade Irma Suryani No. 10 Mataram
Harga Makanan Rp45.000,00 (seluruh jenis ayam taliwang)
Jam Operasional Setiap hari pukul 08.00 sampai 22.30 WITA
Telepon
Website

80.           Warung Sate Rembiga Utama

Sate di sini tidak menggunakan bumbu kacang seperti yang biasa ditemui di Jawa atau berlumur santan seperti sate padang yang terkenal. Sate rembiga justru memiliki perpaduan rasa pedas dan manis yang sangat lezat di setiap gigitan dagingnya.

Nama Rembiga sendiri diambil dari nama daerah asal kuliner ini berasal. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat sajian ini sebenarnya tidak terlalu susah, seperti cabe rawit, rerasi, garam, bawang putih, gula, dan daging sapi pilihan yang dipotong kecil-kecil. Menggunakan komposisi yang seimbang, makanan bergizi ini pun siap memanjakan lidah.

Sate Rembiga Utama Keterangan
Lokasi Jalan Dr. Wahidin No. 05 Rembiga Mataram
Harga Makanan Rp45.000,00 (seluruh jenis ayam taliwang)
Jam Operasional Setiap hari pukul 09.00 sampai 22.00 WITA
Telepon 087701600045
Website www.warungsaterembigautama.com

 

Nah, itulah beberapa tempat terbaik yang ada di Lombok dan wajib ada di dalam daftar perjalanan Anda kali ini. Mulai dari kawasan perbukitan cantik yang memerlukan pendakian hingga wisata kuliner lezat untuk kembali mengisi energi, Lombok punya semuanya, bukan?

Sebagai tips, ada baiknya Anda menyewa kendaraan untuk menjelajahi tempat-tempat ini. Pasalnya, Lombok tidak memiliki banyak angkutan umum. Selain itu, sebagian besar objek wisata terbaik ini berada di daerah yang cukup jauh, sehingga akan lebih efisien jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Sebisa mungkin, agar sensasi traveling lebih terasa, Anda bisa memilih sepeda motor.

Tak lupa, untuk membuat perjalanan jadi semakin nyaman dan menyenangkan, gunakan Airy Rooms sebagai akomodasi menginap pilihan. Sebagai jaringan perhotelan terluas di Indonesia, Anda bisa memilih berbagai hotel murah di Lombok di berbagai lokasi strategis sesuai destinasi dengan tarif hemat kantong. Tujuh jaminan fasilitas di dalam pun sudah tersedia, sehingga waktu istirahat Anda pun jadi lebih maksimal.

Yuk, eksplor Lombok bersama Airy Rooms!

41 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *