99+ Tempat Wisata di Jogja Zaman Now yang Paling Keren

tempat wisata di jogja

Jogja adalah salah satu pusat pariwisata di Indonesia. Di kawasan yang terdiri dari beberapa wilayah ini Anda bisa menikmati tiga jenis wisata yang berbeda. Pertama adalah wisata pegunungan yang menawarkan kesejukan dan kealamian.

Selanjutnya di kawasan kota ada deretan wisata sejarah, budaya, dan kuliner. Terakhir, kalau suka vitamin sea bisa menjelajahi pesisir selatan Jogja yang memikat.

Kalau Anda ingin pelesir ke Jogja dengan puas dan mengunjungi tempat wisata sebanyak-banyaknya, coba simak daftar lengkap tempat wisata di Jogja berikut ini.

 

1. Pantai Timang

Pantai Timang adalah salah satu tempat wisata paling menantang dan menguras adrenalin di Jogja bagian selatan. Di pantai ini Anda tidak akan mendapatkan pantai pasir putih untuk bermain-main. Yang ada di sini adalah tebing batu dengan pulau karang di sebelahnya.

Cara terbaik untuk menikmati salah satu tempat wisata di Jogja yang cukup ekstrem ini adalah menggunakan gondola. Para nelayan setempat menyediakan gondola yang digunakan untuk menyeberang. Nah, saat menyeberang inilah ombak besar kadang datang dan memberikan sapuan air yang cukup kuat. Berani coba?

Pantai Timang Keterangan
Lokasi Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 5581
Tiket Masuk Tidak ada tiket masuk, kalau ingin naik gondola dikenakan tarif sekitar Rp200.000.
Jam Buka/Operasional 08.00-17.00 WIB

2. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Pantai Sinden juga tidak memiliki pasir putih yang bisa Anda gunakan untuk bermain-main. Pantai ini terdiri dari tebing terjal yang di seberangnya ada pulau cukup luas yang ditumbuhi semak. Tugas Anda di tempat ini adalah menyeberangi jembatan gantung dari tali dan kayu yang selalu bergoyang saat terkena angina.

Sensasi seru yang menyenangkan inilah yang membuat Pantai Sinden dan Pulau Kalong banyak dicari. Bahkan, turis mancanegara banyak juga yang datang ke sini untuk pelesir.

Pantai Sinden dan Pulau Kalong Keterangan
Lokasi Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55883
Tiket Masuk Rp6.000 untuk pantai dan Rp25.000 kalau ingin menyeberangi jembatan.

Parkir Rp3.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil).

Jam Buka/Operasional 06.00 – 17.00 WIB

3. Batu Miring

Batu Miring adalah nama salah satu tempat di Jogja bagian tengah yang cocok untuk menikmati sunrise dan trekking kecil-kecilan. Untuk bisa sampai ke puncak, Anda bisa melalui dua jalur yang berbeda. Masing-masing jalur akan membawa pelancong di Puncak Dempok dan Puncak Kendeng. Dari puncak ini pemandangan pegunungan dan perbukitan hijau bisa Anda nikmati sampai puas.

Kalau ingin datang ke sini disarankan saat musim panas saja. Selain bisa menikmati keindahan dari sunrise, Anda juga tidak khawatir kalau sendalnya selip dan terpeleset karena jalan licin.

Batu Miring Keterangan
Lokasi Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta 55673
Tiket Masuk Tidak ada tiket masuk, tapi biaya parkirnya untuk sepeda motor Rp10.000 dan mobil Rp20.000.
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional

4. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru adalah sebuah kawasan yang dikelola dengan baik untuk lokasi wisata keluarga. Di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan indah dari puncak pohon sambil berfoto-foto dengan latar belakang gunung dan danau.

Tidak berhenti di sana saja, Kalibiru juga menyediakan penginapan dan serunya kegiatan outbund di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Salah satu fasilitas outbound yang harus dicoba adalah halang rintang, melewati jembatan gantung, dan flying fox yang cukup menantang.

Wisata Alam Kalibiru Keterangan
Lokasi Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta 55561
Tiket Masuk Rp5.000 dan untuk paket outbound sekitar Rp35.000
Jam Buka/Operasional Buka 24 jam
Biaya Transportasi Menuju Lokasi Disarankan menyewa sepeda motor dengan tarif sekitar Rp60.000-80.000 per hari.
Telepon 0813 9294 7249 atau  0813 9202 3122

5. Pantai Wedi Ombo

Daya tarik dari Pantai Wedi Ombo yang terletak di selatan Jogja ini adalah adanya kolam alami di tengah batu karang. Kolam yang terisi air laut ini bisa Anda gunakan sebagai tempat berendam yang asyik tanpa takut tergulung ombak.

Sembari berendam, Anda juga bisa berkeliling untuk berburu foto dengan latar belakang laut biru. Selanjutnya saat sore, sunset yang cantik siap hadir untuk menambah keindahan. Kalau datang ke sini bawa kartu memori kamera yang banyak agar tidak menyesal melewatkan setiap momen indah yang terlihat.

Pantai Wedi Ombo Keterangan
Lokasi Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional.

6. Curug Luweng

Curug Luweng adalah lokasi penjelajahan seru karena lokasinya mirip sekali degan Grand Canyon. Anda bisa menikmati celah batuan yang diukir alami oleh alam selama ratusan hingga ribuan tahun. Di tengahnya, air sungai dengan warna kebiruan mengalir dan siap menyambut Anda yang ingin menikmati kesegaran.

Anda bisa mandi di sini di aliran yang tidak terlalu dalam dan jeramnya kuat. Kalau mau santai-santai sambil berendam juga bisa. Nikmati setiap pengalaman seru di curug yang menakjubkan ini.

Curug Luweng Keterangan
Lokasi Jalan Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Tidak ada biaya masuk, kemungkinan besar parkir dengan harga mulai Rp2.000.
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional.

7. Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo ini merupakan deretan tiga air terjun yang saling menyambung dari atas ke bawah. Air yang mengalir dan membentuk sungai ini memiliki warna biru yang indah dan sangat alami. Di tempat ini Anda bisa berenang, menikmati suasana tenang di atas ban, hingga terjun bebas di air terjun pertama yang memiliki kedalaman air 2 meter di bawahnya.

Usahakan datang saat pagi kalau ingin lama berendam. Agak siang sedikit matahari akan terik sehingga pakaian yang Anda pakai bisa kering sendiri. Tidak bawa baju ganti, tidak masalah.

Grojogan Lepo Dlingo Keterangan
Lokasi Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Sukarela, tapi ada biaya parkir sekitar Rp2.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.
Jam Buka/Operasional 06.00 – 18.00 WIB
Telepon 0878 3960 4559

8. Wisata Hutan Mangrove

Kawasan Kulon Progo masih memiliki cukup banyak hutan mangrove yang dikelola dengan baik. Selain digunakan untuk kawasan konservasi laut, hutan ini juga digunakan sebagai tempat wisata dengan berbagai fasilitas menarik seperti jembatan kayu, Menara kayu, dan juga kapal boat untuk berkeliling di sekitar kawasan pesisir dengan cepat dan mudah.

Wisata Hutan Mangrove Keterangan
Lokasi Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp4.000, parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.
Jam Buka/Operasional 06.00 – 19.00 WIB

9.  Puncak Becici

Puncak Becici memiliki hutan pinus yang masih alami dan dikelola baik oleh penduduk setempat. Di tempat ini Anda bisa menikmati sejuknya udara di pagi hari, serunya pengalaman outbound, hingga menunggu matahari terbenam di papan kayu yang berada di puncak pohon. Oh ya, hampir lupa, pemandangan Gunung Sindoro yang Instagenic terlihat dari sini.

Puncak Becici Keterangan
Lokasi Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp2.000, parkir Rp2.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil)
Jam Buka/Operasional 05.00 – 19.00 WIB
Telepon 0896 6697 4733

10.  Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah tempat terbaik untuk melihat Candi Borobudur dari kejauhan dan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Dari puncak ini Anda bisa menikmati matahari terbit dan suasana berkabut yang sangat indah.

Sebelum tiba di puncak Anda akan menaiki puluhan anak tangga yang cukup menguras tenaga. Namun, begitu sampai di puncak, capai Anda akan hilang dengan keindahannya. Saat terbaik untuk menikmati Puncak Suroloyo adalah pagi hari sehingga sejak Subuh Anda sudah harus berangkat.

Puncak Suroloyo Keterangan
Lokasi Keceme, Gerbosari, Kulon Progo, Istimewa Yogyakarta
Tiket Masuk Rp2.000
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional.

11. Kalisuci Cave Tubing

Jogja tidak hanya menawarkan wisata pantai dan budaya saja. Anda juga bisa menikmati serunya mengambang di aliran sungai yang melewati gua-gua alam. Dengan mengikuti Kalisuci Cave Tubing Anda bisa menjelajahi aliran sungai yang tidak terlalu deras sambil menikmati sensasi relaksasi dari alam yang masih terjaga.

Kalau ingin menikmati sensasi cave tubing yang berlanjut ke river tubing ini dengan nyaman, jangan datang saat musim lebaran. Lebih baik saat sepi agar bisa menikmati semua keindahan alam sampai puas.

Kalisuci Cave Tubing Keterangan
Lokasi Jetisan Wetan, Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp70.000 untuk sewa ban atau pelampung serta makan gratis usai penjelajahan.
Jam Buka/Operasional 07.30 – 16.00 WIB
Telepon 0812 2944 9004

12. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan kediaman dari Raja Yogyakarta. Di dalam kawasan keraton, Anda bisa melihat deretan bangunan kuno khas Jawa, museum yang menyimpan benda peninggalan raja di masa lalu dan pertunjukan seni seperti tari, nyanyian, dan alunan musik tradisional yang memikat.

Kalau mau datang ke tempat wisata di Jogja yang satu ini lebih baik saat pagi. Biasanya bisa melihat kehidupan para abdi dalem dengan lebih dekat. Selain itu, keraton juga tutup lebih awal jadi akan ketinggalan kalau ke sini agak sore.

Keraton Yogyakarta Keterangan
Lokasi Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp7.000 wisatawan lokal dan Rp12.500 wisatawan mancanegara
Jam Buka/Operasional 08.00-14.00 WIB kecuali Jumat sampai pukul 12.00 WIB

13. Museum Affandi

Museum Affandi cocok untuk Anda yang menyukai serunya penjelajahan masa lalu dan juga seni. Ada banyak koleksi seni dari Affandi yang telah berusia puluhan tahun. Di tempat ini Anda bisa mengambil foto dengan bebas atau menikmati suasana sekitar museum yang sangat alami dan cocok untuk relaksasi.

Museum Affandi Keterangan
Lokasi Jl. Laksda Adisutjipto 167, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Rp25.000 dan kamera Rp20.000.
Jam Buka/Operasional 09.00-16.00 WIB
Telepon (0274) 562593
Website www.affandi.org

14. Candi Sambisari

Candi Sambisari mungkin tidak semegah Prambanan, tapi candi ini dikelola dengan baik sehingga cocok untuk lokasi preweding. Kalau Anda ingin menikmati suasana tenang untuk menyepi sejenak, candi ini adalah lokasi yang tepat. Datanglah pagi atau jelang sore agar tidak terlalu panas.

Candi Sambisari Keterangan
Lokasi Dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional 08.00-15.00 WIB

15.  Tebing Breksi

Tebing Breksi dulunya merupakan pertambangan kapur breksi pada tahun 1980-an. Saat ini kegiatan pertambangan sudah tidak dilakukan lagi dan menyisakan tebing-tebing tinggi yang cukup menarik. Kawasan Tebing Breksi cocok untuk Anda yang suka fotografi atau ingin melangsungkan foto preweding.

Usahakan datang ke sini saat pagi sebelum banyak orang datang, Kalau sudah banyak orang yang datang Anda akan kesulitan untuk mengambil foto di sana dan harus bergantian.

Tebing Breksi Keterangan
Lokasi Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp2.000
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional.

16. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka memiliki luas sekitar 22 hektare. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan ratusan koleksi binatang eksotis yang berasal dari Indonesia dan mancanegara. Selain binatang, tempat ini juga menyediakan wahana ATV, outbound, dan perahu kayuh.

Kalau datang ke sini usahakan bawa bekal ya. Dengan bawa bekal, Anda bisa sekalian piknik di bawah pohon sambil melihat hewan-hewan yang lucu. Asyik sekali bukan?

Kebun Binatang Gembira Loka Keterangan
Lokasi Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, 55171
Tiket Masuk Rp30.000 untuk dewasa dan anak di atas 2 tahun.
Jam Buka/Operasional 08.00-17.30 WIB
Telepon (0274) 373861

17. Candi Ijo

Candi Ijo berada di kawasan perbukitan bernama Gumuk Ijo. Di perbukitan ini terdapat 17 struktur bangunan candi dan 11 teras berundak. Kondisi bangunan candi cukup baik dengan kiri dan kanannya  adalah kawasan hutan yang masih alami dan dijaga keasliannya. Cara terbaik untuk menikmati candi ini adalah dengan berburu foto.

Candi Ijo Keterangan
Lokasi Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Tidak ada biaya masuk.
Jam Buka/Operasional 08.00-16.00

18. Museum Gunung Api Merapi

Museum Gunung Api Merapi merupakan tempat wisata edukasi yang cocok untuk Anda yang ingin tahu seluk-beluk gunung Merapi. Di tempat ini Anda juga akan belajar tentang tipe letusan gunung, lorong peraga simulasi, dan pemutaran film tema bencana gunung Meletus.

Museum Gunung Api Merapi Keterangan
Lokasi Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional 08.00-15.30 WIB, Selasa-Minggu

19. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark cocok untuk Anda yang suka sekali dengan wahana bermain yang seru dan menyenangkan. Di tempat ini Anda bisa menikmati bianglala raksasa, trampolin, segway, UFO, bumper car, dan permainan lain yang akan membuat betah berlama-lama hingga malam hari.

Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang suka bermain atau Anda yang ingin mengajak keluarga untuk bersenang-senang. Oh ya, usahakan datang sejak pagi ya agar bisa menikmati semua wahana yang ada tanpa terkecuali.

Sindu Kusuma Edupark Keterangan
Lokasi Jl. Magelang km 2, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp15.000 untuk masuk dan tiket terusan Rp60.000
Jam Buka/Operasional 10.00-23.00 (Sabtu-Minggu), selain itu pukul 15.00-23.00 dan hari Selasa libur.
Telepon (0274) 6429660
Website www.kusuma-edupark.com

20. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko adalah kompleks bangunan yang memiliki luas sekitar 250.000 meter persegi. Bangunan ini konon telah ada sejak abad ke-8 masehi. Saat ini yang tersisa dari kompleks bangunan ini adalah gapura dan beberapa reruntuhan punden berundak.

Salah satu bagian dari candi yang menjadi daya tarik adalah bagian gapura. Saat menjelang senja, matahari akan berada di tengah gapura dengan warna keemasan dan cantik kalau diabadikan dengan kamera.

Istana Ratu Boko Keterangan
Lokasi Bokoharjo, Prambanan, Sleman Yogyakarta
Tiket Masuk Rp25.000 atau Rp100.000 sampai matahari terbenam.
Jam Buka/Operasional 06.00-17.00 WIB

21. Taman Pelangi Mojali

Seperti namanya, taman ini memiliki cukup banyak aksen warna-warni dari lampion yang dipasang. Deretan warna dari lampion yang memiliki bentuk unik ini akan membuat suasana jadi semakin seru dan romantis. Anda bisa menikmati suasana Taman Pelangi Mojali dengan berfoto-foto atau sekadar jalan-jalan saja.

Tempat wisata di Jogja yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi wisata romantis di malam hari. Jadi, kenapa tidak mengajak pasangan ke sana saja saat pelesir ke Jogja?

Taman Pelangi Mojali Keterangan
Lokasi Jalan Ringroad Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
Jam Buka/Operasional 17.00-23.00 WIB
Telepon 0878 3988  7929

22. Monumen Yogyakarta Kembali

Monumen Yogyakarta Kembali memiliki bentuk kerucut dengan warna putih. Di dalam bangunan yang unik ini ada tiga buah lantai yang hampir semuanya digunakan sebagai museum. Selain itu di dalam bangunan ini terdapat juga perpustakaan yang menyimpan koleksi buku dari zaman lampau.

Ist Monumen Yogyakarta Kembali Keterangan
Lokasi Jalan Ringroad Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional 08.00-16.00 WIB
Telepon (0274) 868225

23. Kawasan Jalan Malioboro

Kawasan Jalan Malioboro adalah ikon dari Jogja yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Saat pagi hari, kawasan ini dipenuhi pedagang yang menjual aneka suvenir mulai dari gantungan kunci hingga pakaian. Saat malam hari, kawasan ini akan menjadi pusat kuliner yang ramai dan cocok untuk lokasi makan malam.

Saat menjelajahi Malioboro pastikan bisa menawar dengan baik. Kalau tidak pandai menawar akan mendapatkan harga yang cukup mahal. Selain itu, kalau punya teman yang bisa Bahasa Jawa ajak untuk menawar karena memudahkan penjual memberikan harga yang jauh lebih murah. Mau coba?

Kawasan Jalan Malioboro Keterangan
Lokasi Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Yogyakarta
Tiket Masuk Tidak ada tiket masuk.
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional.

24. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg menawarkan diorama yang menceritakan perjuangan masyarakat Indonesia di masa lalu. Selain itu ada juga pertunjukan film perjuangan yang diputar dan bisa dilihat oleh wisatawan yang kebetulan singgah. Kawasan ini juga kerap dijadikan lokasi pertunjukan seni dan festival karena area benteng masih terawat dengan baik.

Benteng Vredeburg Keterangan
Lokasi Jalan Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp2.000.
Jam Buka/Operasional 07.30-16.00 WIB, Senin libur.
Telepon (0274) 586934

25. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul adalah tempat paling ramai di kawasan Yogyakarta saat malam hari. Menjelang pukul 19.00 WIB, kawasan ini akan dipenuhi dengan sepeda-sepeda warna-warni yang penuh dengan lampu dan lampion.

Di alun-alun kidul ini Anda bisa menyewa sepeda untuk berputar-putar di sekitar alun-alun. Selanjutnya, kalau sudah capai berkeliling bisa berwisata kuliner di kedai dan angkringan yang ada di sekelilingnya.

Alun-Alun Kidul Keterangan
Lokasi Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Tidak ada tiket masuk.
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional, tapi paling ramai setelah pukul 18.00-23.00 WIB

26. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir adalah kawasan padang pasir di pinggiran Pantai Parangkusumo. Padang pasir ini juga memiliki gundukan yang cukup tinggi sehingga sering digunakan untuk seluncuran. Selanjutnya di beberapa kawasan yang ada di Gumuk Pasir ini juga dibangun menjadi beberapa lokasi foto yang cocok untuk lokasi preweding atau sekadar foto untuk media sosial.

Usahakan datang ke sini saat musim panas tiba. Meski agar berdebu, sensasi padang pasirnya akan terasa. Selain itu, permainan seperti seluncur pasir juga tidak bisa dilakukan saat hujan.

Gumuk Pasir Keterangan
Lokasi Jalan Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Tidak ada tiket masuk. Kalau ingin sewa kendaraan atau kuda biayanya sekitar Rp50.000-150.000.
Jam Buka/Operasional  08.00-18.00

27. Gua Jomblang

Gua Jomblang memiliki kedalaman 80 meter dari permukaan tanah. Untuk bisa sampai di bawah gua, Anda harus menyewa peralatan yang disediakan oleh pengelola. Dengan alat ini Anda bisa turun dan menikmati berkas cahaya yang indah dari langit. Biasanya berkas cahaya indah khas Gua Jomblang muncul mulai pukul 10.00-14.00. Lebih dari itu, keindahannya tidak terlihat lagi.

Saat turun, jangan lupa untuk mengabadikan keindahan berkas sinar yang datang dari celah atau lubang gua. Inilah daya tarik yang wajib dinikmati. Percuma datang ke bawah kalau tidak foto-foto sampai puas.

Gua Jomblang Keterangan
Lokasi Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Tidak ada tiket masuk, kalau ingin turun ke bawah Gua biayanya sekitar Rp450.000.
Jam Buka/Operasional 10.00-14.00 WIB
Telepon 0811 117 010 / 0878 3867 2111

28. Pantai Jogan

Salah satu keunikan dari Pantai Jogan dibandingkan dengan pantai lain yang ada di sekitarnya adalah air terjun. Di pantai yang masih jarang dikunjungi pelancong ini ada air terjun yang langsung mengalirkan airnya ke laut lepas. Anda bisa menikmati keindahan dari pantai atau berjalan di sekitar air terjun yang penuh batu karang.

Pantai Jogan Keterangan
Lokasi Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Tidak ada tiket masuk, parkir sekitar Rp2.000-3.000.
Jam Buka/Operasional Buka setiap saat.

29. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut sering disebut sebagai air terjun dwi warna. Air yang mengalir tidak hanya jernih, tapi saat sampai di bawah menjadi biru muda dan agak tua. Saat mengalir menjadi sungai dan membentuk kedung (kolam) airnya tetap memiliki warna biru yang menarik. Cara terbaik untuk menikmati air terjun kedung pedut adalah dengan terjun ke kolamnya yang tidak terlalu dalam. Berani coba?

Air Terjun Kedung Pedut Keterangan
Lokasi Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp6.000
Jam Buka/Operasional 08.00-17.00

30. Plunyon Kali Kuning

Plunyon Kali Kuning adalah salah satu kawasan di Lereng Gunung Merapi yang pernah mendapatkan imbas letusan pada tahun 2006 dan 2010 silam. Di tempat ini ada sisa-sisa jembatan yang pernah terkena lahar dingin dan masih berfungsi dengan baik. Di ujung jauh dari jembatan ini terlihat pemandangan alam yang memikat disertai dengan pemandangan Merapi yang sangat gagah dan selalu mengeluarkan asap.

Hanya datang ke kawasan ini saat kondisi Merapi sedang tenang ya. Karena saat sedang aktif dan kala musim hujan biasanya akan sering banjir lahar dingin. Kondisi ini cukup berbahaya meski Anda hanya melihatnya dari ketinggian.

Plunyon Kali Kuning Keterangan
Lokasi Kedungsriti, Umbulharjo, Cangkringan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional 24 jam

31. Taman Sari

Taman Sari adalah sebuah istana yang dibuat oleh raja di masa lalu khusus untuk para putri atau bangsawan. Di dalam bangunan ini terdapat banyak lorong-lorong indah dan juga sebuah kolam besar dengan bunga menarik di kiri dan kanannya.

Kompleks  ini juga memiliki bangunan bernama Gedung Kenongo yang sering digunakan untuk menikmati matahari terbenam saat sore hari.

Taman Sari Keterangan
Lokasi Komplek Wisata Taman Sari, Taman, Kraton, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 09.00-15.00

32. Patai Wohkudu

Pantai Wohkudu tidak memiliki garis pantai yang cukup lebar. Pantai ini diapit oleh dua bukit tinggi di sebalah kiri dan kanan. Untuk bisa sampai ke pantai yang cukup tersembunyi ini dibutuhkan tenaga ekstra karena harus melewati medan yang cukup sulit.

Begitu sampai di kawasan pantai, Anda akan bisa menikmati udara yang segar, suasana tenang, dan ombak yang menggulung-gulung. Cara terbaik untuk menikmati pantai ini adalah kamping di kawasan rumput tidak jauh dari bibir laut.

Pantai Wohkudu Keterangan
Lokasi Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Tidak ada tiket masuk, parkir sekitar Rp3.000.
Jam Buka/Operasional 24 jam
Biaya Transportasi Menuju Lokasi Disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk mengambil rute Yogyakarta-Imogiri-Panggang.

33. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang menjadi ikon dari kota yang sudah terkenal ke mana-mana. Meski bentuknya hanya berupa tugu dengan tinggi 15 meter, kawasan ini cukup bersejarah dan ramai.

Saat akhir pekan akan banyak club melakukan aksi atau pameran di sini sehingga Anda bisa menikmati pertunjukan, foto-foto, atau makan nasi kucing di angkringan tidak jauh dari tugu.

Saat terbaik untuk menikmati Tugu Jogja yang konon searah dengan Keraton dan juga Gunung Merapi ini adalah pagi atau malam. Saat pagi suasana akan sepi sehingga bisa mengambil foto dengan mudah. Selanjutnya saat malam, akan penuh lampu dan sering dijadikan tempat nongkrong oleh penduduk atau turis.

Tugu Yogyakarta Keterangan
Lokasi Di tengah-tengah Jl. Margo Utomo, Jl. Diponegoro, Jl. A.M. Sangaji, dan Jl. Jend. Sudirman.
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 24 Jam

34. Pantai Pandansari

Ada dua atraksi dari Pantai Pandansari yang menjadi andalan warga setempat untuk menarik wisatawan. Pertama adalah mercusuar dengan tinggi 30 meter. Wisatawan bisa naik ke mercusuar untuk melihat keindahan pantai dan deretan cemara udang yang kerap meranggas saat kemarau.

Pesona kedua dari pantai ini adalah kebun buah naga yang ada di dekat pantai. Di tempat ini Anda bisa jalan-jalan sambil membeli buah naga segar yang murah.

Pantai Pandansari Keterangan
Lokasi Kawasan Obyek Wisata Pantai Samas, Gadingsari, Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000 termasuk ke pantai di sekitarnya, tiket untuk mercusuar sekitar Rp1.000 saja.
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00 (mercusuar) kalau pantai buka 24 jam.

35. Taman Pintar

Seperti namanya, Taman Pintar adalah sebuah lokasi yang di dalamnya terdapat banyak wahana edukasi yang menarik. Salah satu wahana yang cukup digandrungi oleh wisatawan adalah Planetarium. Dengan wahana ini Anda bisa mempelajari planet, bintang, dan benda langit lainnya. Lebih lanjut, kawasan ini juga sering mengadakan pelatihan membatik, membuat gerabah, dan belajar robotika.

Taman Pintar buka setiap hari dan paling ramai saat akhir pekan. Kalau Anda ingin mencoba semua wahana yang ada coba datang saat hari kerja agar tidak antre dan membuang-buang waktu.

Taman Pintar Keterangan
Lokasi Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Rp18.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Beberapa wahana juga ada tiket masuk khusus dengan harga Rp15.000.
Jam Buka/Operasional 09.00-16.00
Telepon (0274) 583631
Website https://www.tamanpintar.co.id/

36. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi Hindu terbesar yang pernah ada di Indonesia. Candi ini terdiri dari beberapa candi utama dan candi pendamping di sekelilingnya. Salah satu bangunan candi yang terkenal berada di belakang dengan Arca Durga ada di dalamnya. Arca inilah yang sering dianggap sebagai Roro Jonggrang.

Hal menarik lain dari candi ini adalah pagelaran Sendra Tari Ramayana yang dilakukan setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Anda bisa membeli tiket pertunjukan secara online atau langsung on the spot sebelum pertunjukan dimulai pukul 19.00 WIB.

Candi Prambanan Keterangan
Lokasi Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp30.000 untuk dewasa dan Rp12.500 untuk anak-anak
Jam Buka/Operasional 06.00-17.00 WIB
Telepon (0274) 496401
Website http://borobudurpark.com

37. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terbaik di kawasan Yogyakarta bagian selatan. Pantai ini sering jadi tempat istirahat para penjelajah yang ingin menikmati udara pagi yang sejuk dan juga indahnya matahari terbit saat pagi hari.

Kalau Anda ingin menikmati pantai ini dengan maksimal, sewalah andong yang bisa mengantar Anda berjalan dari ujung ke ujung. Selanjutnya kalau mau menyewa ATV tarifnya sekitar Rp100.000 per 30 menit.

Pantai Parangtritis Keterangan
Lokasi Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000, parkir untuk motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000
Jam Buka/Operasional 24 jam

38. Candi Barong

Kawasan Candi Barong tidak begitu jauh dari Prambanan. Kawasan ini terdiri dari beberapa bangunan candi yang masih terawat dengan baik, candi ini berbentuk agak tebal dan puncaknya tidak terlalu tinggi.

Dari Candi Barong Anda bisa melihat Tebing Breksi yang ada di seberang jauh. Sementara itu dikelilingi persawahan yang cukup luas sehingga cocok untuk tempat relaksasi. Anda bisa datang ke sini untuk piknik atau sekadar singgah untuk berburu foto sampai puas.

Candi Barong Keterangan
Lokasi Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp2.000.
Jam Buka/Operasional 08.00-16.00 WIB

 

39. Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka dulunya merupakan kediaman dari Jenderal Soedirman semasa masih hidup. Saat ini museum ini digunakan sebagai museum yang menyimpan peninggalan dari Panglima Tertinggi Indonesia ini  mulai dari kecil hingga besar. Di ruangan yang berjumlah 14, Anda seperti membaca biografi singkat yang memikat.

Biasanya akan ada pemandu yang berjaga di tempat ini. Kalau Anda ingin mengetahui banyak hal terkait Jenderal Soedirman jangan sungkan untuk bertanya sampai puas agar penjelajahan ke sini tidak sia-sia.

Museum Sasmitaloka

 

Keterangan
Lokasi Jalan Bintaran Wetan No.3, Wirogunan, Pakualaman, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis.
Jam Buka/Operasional 08.00-16.00
Telepon (0274) 376663

40. Pantai Kukup

Pantai Kukup sering disebut sebagai Tanah Lot dari Jogja. Di kawasan pantai terdapat pasir putih, deretan kawasan karang yang kerap terisi air dan ditumbuhi lumut dan Pulau Jumino yang disambungkan dengan jembatan.

Cara terbaik untuk menikmati pantai ini adalah main pasir atau berburu foto. Selanjutnya kalau Anda ingin jalan-jalan di kawasan karang, disarankan palai sandal karena banyak bulu babi beracun. Bulu babi biasanya bersembunyi di sekitar batu atau di bawah lumut atau rumput yang tergenang oleh air laut.

Pantai Kukup Keterangan
Lokasi Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp4.000 termasuk pantai di sekitarnya yang satu garis.
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional resmi.

41. Museum Sasana Wiratama

Museum Sasana Wiratama adalah museum yang diresmikan pada tahun 1969. Museum ini merupakan kediaman dari Pangeran Diponegoro yang merupakan pahlawan dan pejuang anti Belanda di masa lalu. Setelah rumah ini ditinggalkan, pemerintah setempat menjadikannya sebagai museum dan memajang peninggalan Pangeran Diponegoro mulai dari senjata tradisional hingga pakaian.

Museum Sasana Wiratama Keterangan
Lokasi Jalan HOS Tjokroaminoto TRIII/430, Tegalrejo, Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 08.00-13.00 WIB
Telepon (0274) 622668

42. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor memiliki akses yang cukup sulit dicapai. Meski demikian, pantai yang dibentengi oleh tebing karang besar ini menawarkan sensasi petualangan yang menarik. Di pantai ini Anda bisa menikmati snorkeling dan berenang sampai puas. Terumbu karang dan biota laut di pantai ini masih alami sehingga wajib untuk dilihat langsung atau difoto sampai puas.

Kalau ingin menikmati serunya snorkeling disarankan untuk datang lebih pagi saat air sedang banyak. Begitu jelang sore biasanya air akan surut sehingga susah untuk berenang. Anda juga akan menginjak karang yang berharga karena air lautnya sedikit.

Pantai Nglambor Keterangan
Lokasi Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp50.000 sudah termasuk sewa perlengkapan snorkeling dan foto underwater.
Jam Buka/Operasional 08.00 – 18.00 WIB

43. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu pasar tradisional paling terkenal di Jogja. Di pasar ini Anda bisa berbelanja sampai puas produk kerajinan dari Jogja termasuk aneka kaos dan kemeja batik yang harganya cukup terjangkau.

Di dalam pasar ini juga terdapat beberapa pusat kuliner dan oleh-oleh makanan seperti gudeg dan juga bakpia. Saat terbaik untuk datang ke pasar ini adalah pagi hari saat suasana belum ramai sehingga aktivitas tawar-menawar bisa berjalan dengan mudah.

Pasar Beringharjo Keterangan
Lokasi Pasar Beringharjo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 07.00-18.00 WIB

44. Pantai Ngrenehan

Daya tarik paling besar dari Pantai Ngrenehan bukanlah pantai pasir putih yang cukup bersih di kawasan ini. Namun, aktivitas nelayan yang menangkap ikan dan kehidupannya. Saat siang, pengunjung bisa melihat melayan pulang membawa ikan dan melakukan pelelangan ikan. Di sini, aneka seafood dijual murah dan dimasak langsung saat masih segar.

Saat terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah saat pagi hari kalau ingin menjelajahi kawasan pantai. Sementara itu kalau Anda ingin wisata kuliner sampai puasa disarankan agak siang saat nelayan baru pulang melaut. Begitu sore biasanya ikan sudah dibeli orang atau sudah tidak segar lagi.

Pantai Ngrenehan Keterangan
Lokasi Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000.
Jam Buka/Operasional 24 Jam

45. Kampung Wijilan

Kampung Wijilan adalah surga untuk pencinta gudeg atau makanan tradisional Jogja lainnya. Di kawasan ini ada puluhan penjual makanan khas Jogja dengan rasa yang masih autentik. Anda disarankan untuk mengunjungi kawasan ini agak sore atau pagi karena saat jam makan siang akan antre panjang sebelum makan.

Kampung Wijilan telah berusia ratusan tahun dan tetap saja mengundang banyak orang untuk datang. Kalau Anda merupakan food fotography atau yang suka dengan foto berjenis human interest, jangan sungkan untuk berlama-lama dan berburu sampai puas.

Kampung Wijilan Keterangan
Lokasi Dekat Alun-Alun Utara, Gondomanan, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Kawasan ini aktif sejak pagi hingga malam atau saat dagangannya habis.

46. Pantai Siung

Yang unik dari Pantai Siung adalah banyaknya tebing karang tinggi dan padang rumput hijau di atasnya. Pantai ini kerap dijadikan tempat untuk ajang pendakian tebing yang cukup menantang. Ada puluhan jalur pendakian tebing yang bisa Anda coba kalau suka sekali dengan olahraga ekstrem panjang tebing dengan sensasi angin pantai yang sepoi-sepoi.

Pantai Siung Keterangan
Lokasi Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp3.000, berkemah Rp10.000, dan shelter Rp50.000 per malam
Jam Buka/Operasional 24 Jam

47. Yogyakarta Bay Pirates Adventures Waterpark

Yogyakarta Bay Pirates Adventures Waterpark adalah taman air yang dibangun di atas lahan seluas 7,7 hektare. Di tempat ini Anda bisa menikmati aneka wahana air yang menyenangkan seperti Memo Racer, Bekti Adventure, dan petualangan rafting yang seru. Kalau mau datang ke sini, siap-siap bawa baju ganti ya karena dijamin basah.

Karena harga tiketnya cukup mahal, tidak ada salahnya kalau datang saat hari biasa saja. Kalau datang saat akhir pekan Anda akan susah menikmati setiap wahana yang ada sampai puas.

Yogyakarta Bay Pirates Adventures Waterpark Keterangan
Lokasi Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarya (sebelah utara Stadion Maguwoharjo).
Tiket Masuk Anak-anak Rp60.000 atau Rp75.000 (saat akhir pekan).

Dewasa Rp90.000 atau Rp100.000 (saat akhir pekan).

Jam Buka/Operasional 09.00-18.00 WIB
Telepon (0274) 8722020
Website www.jogjabay.com

48. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran yang terletak di Gunungkidul sering dijuluki sebagai Bali-nya Jogja. Di pantai ini ada banyak sekali aksen Bali dan bangunan peribadatan Hindu seperti pura. Selain itu kawasan pantai ini juga memiliki pemandangan indah saat pagi hari dan kuliner unik berupa bulu babi goreng yang rasa unik.

Pantai Ngobaran Keterangan
Lokasi Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional 24 Jam tapi gerbang ditutup pukul 17.00 WIB

49. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu museum terbaik di Jogja yang menawarkan cukup banyak pesona adat dan tradisi. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan bangunan khas Jawa yang dipadu dengan sentuhan kolonial. Di bangunan museum juga ada banyak barang kerajinan seperti pahatan batu dan benda kerajinan lain yang ditata dengan sangat artistik.

Museum Ullen Sentalu Keterangan
Lokasi Jalan Boyong km 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp30.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak.
Jam Buka/Operasional 08.30-17.00
Telepon (0274) 895161
Website https://ullensentalu.com/

50. Pantai Dadap Ayam

Dinamai dengan nama dadap ayam karena pantai ini memiliki banyak tanaman obat tersebut. Selain itu, kiri dan kanan pantai juga ditumbuhi pohon pandan laut yang cukup tinggi dan rindang. Pantai Dadap Ayam termasuk pantai yang masih baru dan belum banyak diketahui masyarakat. Meski demikian, pesona alam yang ditawarkannya akan membuat Anda tidak berhenti mengambil gambar sampai puas.

Kalau Anda ingin menikmati keindahan dari pantai ini lebih lama, bawalah bekal yang cukup. Pasalnya tidak ada orang yang akan menjual makanan dan minuman di sini. Jadi, kalau sampai kelaparan atau haus akan sangat berbahaya.

Pantai Dadap Ayam Keterangan
Lokasi Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 24 Jam

51. The Lost World Castle

The Lost World Castle adalah kawasan theme park yang memiliki cukup banyak pesona. Ada banyak bangunan unik dibangun di dalam sebuah kastil yang megah. Ada kawasan dengan tema Indian hingga tema Hobbit yang menarik.

Di theme park ini Anda bisa berjalan-jalan sampai puas dan berfoto-foto di spot menarik yang sayang untuk dilewatkan.

The Lost World Castle Keterangan
Lokasi Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp25.000
Jam Buka/Operasional Senin-Jumat, 07.00-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu, 06.00-18.00 WIB

52. Pantai Samas

Sebenarnya Pantai Samas sendiri tidak begitu menarik. Namun, kebun bunga matahari yang terletak di dekat pantailah yang membuat kawasan ini menjadi ramai. Setidaknya ada ribuan orang datang setiap hari untuk menikmati kebun bunga matahari yang indah untuk sekadar relaksasi atau berburu foto untuk postingan di media sosial.

Pantai Samas Keterangan
Lokasi Jalan Lintas Selatan, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Pantai Samas Rp5.000, kebun bunga matahari Rp5.000, dan wisata petik bunga matahari, Rp10.000.
Jam Buka/Operasional 06.00-17.00 WIB

53. Gua Pindul

Gua Pindul adalah salah satu Gua dengan stalaktit terbaik di dunia. Untuk menjelajahi Gua ini Anda tidak akan berjalan kaki, tapi baik di atas ban. Aliran sungai yang ada di dalam gua akan membawa Anda melakukan penjelajahan dan menikmati setiap sudut Gua sampai puas. Beberapa bagian sungai di dekat Gua juga memiliki jeram yang bisa memacu adrenalin Anda.

Kalau ingin menikmati Gua Pindul dan sensasi cave tubing-nya yang seru jangan sekali-kali datang saat hari libur sekolah atau nasional. Wisatawannya akan membeludak dan akhirnya Anda hanya bisa diam mengambang tanpa ada kejelasan.

Gua Pindul Keterangan
Lokasi Dusun Gelaran 1, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp40.000 untuk cave tubing dan retribusi Rp10.000.
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00
Telepon 081327537917
Website Guapindul.co.id

54. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu air terjun terbaik yang terbentuk dari 3 mata air. Penduduk di sekitar percaya kalau air terjun ini sebagai tempat penyimpanan benda gaib dari jin yang menjaga kawasan tersebut.

Cara terbaik untuk bisa sampai di air terjun ini adalah dengan jalan kaki menyusuri bukit dan sawah. Kalau Anda tidak bisa melakukan perjalanan jauh bisa menggunakan rakit dan menyusuri Kali Oya dengan arah berlawanan.

Air Terjun Sri Gethuk Keterangan
Lokasi Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000 dan Rp5.000 untuk rafting
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00  WIB
Biaya Transportasi Menuju Lokasi Karena berada di kawasan yang sulit dijangkau, menyewa motor dari pusat kota adalah pilihan terbaik.
Telepon 0853 3400 5700

55. Gua Langse

Gua Langse adalah tempat wisata religi karena sering digunakan untuk semadi atau menenangkan diri. Untuk bisa sampai ke kawasan Gua ini Anda harus hati-hati karena harus naik tangga tegak lurus dengan panjang 400 meter. Selanjutnya begitu sampai bibir Gua, sungai degan aliran jernih akan langsung menyambut disertai dengan aroma dupa yang cukup pekat.

Gua Langse Keterangan
Lokasi Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Baik dikunjungi saat pagi mengingat medan cukup terjal.

56. Agro Wisata Bhumi Merapi

Agro Wisata Bhumi Merapi adalah tempat wisata dengan konsep edukasi yang cocok untuk anak-anak dan juga keluarga. Tempat ini memiliki peternakan sapi, kambing, dan domba. Selain itu ada juga hewan lain seperti reptil dan aneka unggas.

Agro wisata ini juga menyediakan tempat berkemah, wisata bertanam, dan zona berfoto yang unik seperti Rumah Hobbit. Anda bisa menjelajahi tempat ini dengan senang sambil berfoto-foto sampai puas.

Agro Wisata Bhumi Merapi Keterangan
Lokasi Jalan Kaliurang KM.20, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional 08.30-17.00

57. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu adalah kawasan perbukitan di Jogja yang tidak menawarkan keindahan dari hutan pinus. Tempat ini menawarkan hamparan hutan kayu putih yang indah dikelilingi dengan perbukitan hijau dan lembah yang tampak tenang di ujung jauh.

Kawasan ini memiliki cukup banyak spot foto menarik dengan tema tertentu. Saat malam hari, Anda bisa melihat ribuan bintang karena polusi cahaya di kawasan ini sangat kecil. Kalau mau datang malam pastikan bawa penerangan seperti senter agar memudahkan Anda saat berjalan dan melihat medan yang dilalui.

Bukit Lintang Sewu Keterangan
Lokasi Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional 24 Jam tapi disarankan datang pagi atau jelas senja.

58. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo adalah salah satu kawasan pegunungan terbaik di Jogja. Dari ketinggian ini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan dari kebun teh dan sejuknya udata pegunungan saja. Di ujung jauh dada deretan gunung seperti Merapi, Merbabu, Slamet, Sumbing, Sindoro, dan Telomoyo yang terlihat.

Kalau ada panen teh, Anda juga bisa mencoba belajar memetik teh dari pegawai yang mengelilingi kebun. Sebelum ikut memanen minta izin dulu ya. Dengan begitu tidak mengganggu pekerjaan mereka. Kalau kita melakukannya dengan salah juga malah merepotkan mereka.

Kebun Teh Nglinggo Keterangan
Lokasi Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional 07.00 WIB-18.00 WIB
Telepon (0274) 587 486

 

59. Pintoe Langit Dahromo

Pintoe Langit Dahromo adalah salah satu kawasan dataran tinggi di Bantul yang memiliki hutan pinus yang indah. Di ujung-ujung tebing dibangun papan kuat dengan berbagai tema khusus sehingga bisa digunakan untuk tempat berfoto.

Saat terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah sore hari. Pemandangan indah dari matahari terbenam bisa menjadi latar belakang foto yang cantik. Datanglah sekitar pukul 16.00 WIB agar bisa menikmati pemandangan dan tidak terlalu lama menunggu matahari terbenam.

Pintoe Langit Dahromo Keterangan
Lokasi Jalan Hutan Pinus Nganjir, Dahromo, Muntuk, Dlingo, Bantul, D.I. Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 07.00-18.00 WIB

60. Bukit Cendana

Bukit Cendana adalah salah satu alternatif menikmati ketinggian Jogja selain Kalibiru. Di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan dari Waduk Sermo dan lembah hijau yang ada di sekitarnya. Lebih lanjut, Anda yang suka tantangan bisa mencoba sensasi outbound yang seru mulai dari melintasi jembatan gantung hingga flying fox.

Tempat wisata ini terbilang masih baru dan dikelola sendiri oleh warga sekitar. Kemungkinan besar infrastruktur yang ada di sini juga seadanya. Jadi, bersiaplah bawa makanan tau minuman sendiri atau ke toilet dulu sebelum menuju lokasi.

Bukit Cendana Keterangan
Lokasi Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta
Tiket Masuk Sukarela, untuk beberapa wahana seperti outbound ada biaya khusus.
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00

61. Pantai Glagah

Salah satu keunikan dari Pantai Glagah jika dibandingkan dengan pantai lain di Jogja adalah asanya tetrapod atau pemecah ombak. Karena ombak di kawasan ini besar, pemecah ombak ini dipasang di sepanjang garis pantai agar tidak terjadi abrasi.

Cara terbaik untuk menikmati pantai ini adalah dengan menunggu deburan ombak yang menabrak tetrapod. Selanjutnya saat sunset tiba karena warna langit jadi sangat menarik. Oh ya, Anda tidak disarankan untuk turun melintasi tetrapod, ombak di sini sangat berbahaya sehingga Anda bisa membentur pemecah ombak ini.

Pantai Glagah Keterangan
Lokasi Desa Galagah, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp4.000 dan untuk parkir sekitar Rp3.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.
Jam Buka/Operasional 07.00-18.00 WIB

62. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan layak dipilih sebagai salah satu tujuan wajib di Jogja karena keindahan alamnya yang memikat. Selain ribuan pohon buah yang tersebar di kawasan ini, keindahan awan saat sunrise dan juga lembah saat siang membuat kawasan ini jadi Instagenic. Anda wajib membawa memori kamera kosong karena hampir semua titik pandang di sini sangat memikat.

Kebun Buah Mangunan Keterangan
Lokasi Jalan Imogiri, Dlingo, Mangunan, Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp4.000, parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp4.000 untuk mobil.
Jam Buka/Operasional 04.30-18.00 WIB

63. Watu Goyang

Watu Goyang juga merupakan kawasan perbukitan dengan puluhan batu purba yang jumlahnya cukup banyak. Batu ini bisa diduduki dan dijadikan sebagai lokasi berfoto yang menarik. Selain batu, ada cukup banyak spot foto unik yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk membuat hasil foto Anda semakin ciamik!

Oh ya, karena kawasan ini medannya cukup menantang dan berbahaya, disarankan datang tidak terlalu sore. Begitu sore Anda akan sulit untuk berjalan pulang karena suasananya mulai gelap.

Watu Goyang Keterangan
Lokasi Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Sekitar Rp3.000
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00 WIB

64. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang adalah salah satu air terjun terbaik dan bertingkat di Jogja. Untuk bisa sampai di air terjun yang memiliki 6 tingkat ini Anda harus melakukan trekking dengan jalan yang cukup menantang.

Saat terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim hujan. Saat kemarau, air terjun tidak mengalir cukup deras sehingga keindahan alirannya tidak tampak. Saat musim hujan tiba air akan mengalir deras meski risiko datang ke sini cukup berbahaya. Usahakan menggunakan sepatu atau sandal yang anti selip sehingga mudah melewati medan yang basah dan becek.

Air Terjun Kedung Kandang Keterangan
Lokasi Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Sukarela
Jam Buka/Operasional Tidak ada jam operasional, tapi saat terbaik untuk sampai di sini adalah mulai pukul 07.00 WIB.

65. Lava Tour, Kaliadem

Lava Tour adalah wisata menggunakan jeep dengan melintasi kawasan Kaliadem yang berada di lereng Merapi. Dalam wisata ini Anda akan menjelajahi beberapa wilayah yang pernah terkena dampak letusan Merapi, Museum Sisa Hartaku, Makam Mbah Marijan, Bunker Kaliadem, dan beberapa basah melintasi sungai.

Usahakan untuk memulai lava tour dari pagi. Cuaca di kawasan Kaliurang atau Kaliadem biasanya susah ditebak. Jadi, untuk menghindari gangguan saat melakukan penjelajahan lebih baik berangkat sepagi mungkin dan menikmati keindahan lereng Merapi dengan udara yang tidak terlalu panas.

Lava Tour, Kaliadem Keterangan
Lokasi Jalan Kaliurang Km. 23,4 Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Mulai Rp350.000 per jeep
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00
Telepon 0822 2705 6617
Website https://www.merapilavatour.com/

66. Blue Lagoon (Pemandian Tirta Budi)

Blue Lagoon adalah salah satu pemandian yang terbentuk seacara alami. Kolam terisi air dari mata air yang ada di bawahnya. Air yang ada di sini berwarna kebiruan sehingga tampak indah jika dilihat dari atas.

Saat terbaik untuk mengunjungi pemandian ini adalah pagi hari saat belum ramai. Begitu siang hingga sore akan banyak orang mandi sehingga suasana tenangnya tidak bisa terasa.

Blue Lagoon (Pemandian Tirta Budi) Keterangan
Lokasi Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.
Tiket Masuk Sukarela, parkir Rp2.000.
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00 WIB

67. Upside Down World

Upside Down World adalah sebuah tempat yang memiliki setidaknya 12 ruangan dengan tema terbalik yang menarik. Pengunjung bisa masuk dan berfoto di ruangan seakan-akan mereka terbalik dan melayang-layang di udara. Tempat ini cocok untuk Anda yang hobi sekali dengan fotografi karena dunia terbaliknya benar-benar memikat.

Pada saat akhir pekan biasanya akan sering antre di setiap studio atau ruangan untuk berfoto. Jadi, usahakan untuk datang saat hari kerja saja agar tidak buru-buru dan bisa mengambil pose yang lebih baik.

Upside Down World Keterangan
Lokasi Jl. Ring Road Utara 18, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp80.000 untuk dewasa dan Rp40.000 untuk anak.
Jam Buka/Operasional 10.00-19.00 WIB
Website https://www.upsidedownworldgroup.com

68. Gunung Api Purba Nglanggeran

Dari parkiran Anda akan melakukan pendakian singkat selama 30 menit sebelum sampai di adalah satu puncak gunung di kawasan pegunungan purba. Dari sini, akan terlihat gugusan gunung purba yang indah seperti tonggak batu raksasa yang menjulang dan dikelilingi oleh semak hijau yang memikat.

Trek pendakian di kawasan gunung ini cukup menantang. Jadi, siapkan tenaga dan selalu hati-hati saat berjalan. Selalu patuhi kata pemandu setempat.

Gunung Api Purba Nglanggeran Keterangan
Lokasi Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp5.000 untuk tiket masuk dan Rp25.000 per orang kalau didampingi pemandu lokal.
Jam Buka/Operasional 24 Jam, paling aktif 07.00-18.00 WIB

69. Kampung Teletubbies

Dinamai kampung Teletubbies karena bangunan rumah di sini bentuk kubah dengan cat warna-warni. Rumah di Desa Nglepen didesain seperti ini biar tahan gempa. Saat ini kampung yang awalnya hanya digunakan untuk pemukiman ini berubah menjadi desa wisata yang dilengkapi dengan fasilitas umum seperti musala, poliklinik, hingga deretan warung untuk wisata kuliner.

Kampung Teletubbies Keterangan
Lokasi Dusun Nglepen, Sumberharjo, Sleman, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 24 Jam, kalau malam kurang terlihat keindahan bangunannya.

70. Museum Sandi

Museum Sandi mungkin kurang populer di kalangan pelancong yang pelesir ke Jogja. Namun, untuk penggemar sejarah masa lalu khususnya yang ada hubungannya dengan perjuangan bangsa di masa lalu, museum ini wajib dikunjungi. Di sini Anda bisa melihat peninggalan masa lalu berupa benda yang berhubungan dengan ilmu kriptografi di Indonesia.

Kalau Anda ingin mengetahui alat atau jenis sandi yang pernah digunakan oleh tentara Indonesia di masa lalu coba tanya pemandu. Mereka akan menjelaskan dan memberi contoh tentang penggunaan sandi dengan tepat dan benar.

Museum Sandi Keterangan
Lokasi Jl. Faridan M. Noto No.21, Kotabaru, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis.
Jam Buka/Operasional Senin-Kamis, 08.30-15.30 WIB, Jumat 08.30-16.00 WIB, Sabtu-Minggu 09.00-12.00 WIB.
Telepon (0274) 556921

71. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal tergolong sebagai pantai yang masih baru karena baru dibuka untuk umum pada tahun 2012 silam. Meski demikian infrastruktur di pantai ini telah dibangun dengan baik untuk memanjakan wisatawan yang datang.

Kalau Anda suka kamping, kawasan pantai sangat cocok untuk lokasi bermalam. Kalau tidak membawa tenda, penduduk setempat menyewakan tenda jenis dome dengan biaya sekitar Rp60.000 per malam.

Pantai Pok Tunggal Keterangan
Lokasi Desa Tepus, Tepus, Kidul, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis hanya bayar parkir untuk motor Rp3.000, mobil Rp5.000, dan mini bus Rp15.000.
Jam Buka/Operasional 24 Jam.

72. De Arca Statue Museum

Tidak sempat ke Museum Lilin Madame Tussauds di Singapura? Jangan khawatir, Indonesia pun juga memiliki ruangan dengan deretan patung dari tokoh ternama di Indonesia. Di De Arca Statue Museum, Anda bisa menyaksikan puluhan patung dari tokoh kenamaan seperti Jenderal Soedirman, Cut Nyak Dien, hingga R.A Kartini.

Anda boleh berfoto dengan aneka patung yang ada di sini. Tapi jangan sampai menyentuh mereka ya, karena bisa saja membuat patung jadi kotor atau malah rusak.

De Arca Statue Museum Keterangan
Lokasi XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp50.000
Jam Buka/Operasional 10.00-22.00 WIB
Telepon 0274) 380809

73. Desa Wisata Ketingan

Salah satu daya tarik dari desa yang masih cukup alami ini adalah banyaknya satwa liar yang masih tinggal di pohon-pohon. Salah satu satwa liar yang menjadi daya tarik adalah burung kuntul yang saat ini sudah semakin langka. Anda bisa melihat aktivitas burung langka ini sembari menikmati suasana pedesaan yang nyaman.

Bawalah kamera dengan memori yang masih kosong ya. Akan ada banyak lokasi menarik yang menunggu untuk diabadikan, Selain itu jangan sekali-kali mengganggu atau sampai menyakiti burung langka yang ada di pohon.

Desa Wisata Ketingan Keterangan
Lokasi Desa Ketingan, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis. Kalau menginap ada semacam guest house dengan tarif Rp75.000 per malam.
Jam Buka/Operasional 24 Jam, tapi aktif hanya dari pagi sampai sore.

74. Pantai Indranyati

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang sudah dikelola dengan baik. Infrastruktur di tempat ini mulai dari restoran, penginapan, dan toilet bisa didapatkan dengan mudah. Pantai ini memiliki warna air laut yang berlapis-lapis dan ombaknya tidak terlalu tinggi. Anda bisa berenang, main pasir, atau sekadar tidur di bawah payung besar yang disewakan oleh penduduk setempat.

Pantai Indrayanti Keterangan
Lokasi Jalan Trenggale Watuwalang, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp10.000 per orang, untuk parkir Rp5.000 (motor) dan Rp10.000 (mobil)
Jam Buka/Operasional 24 Jam

75. Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga berbeda dengan museum pada umumnya yang ada di Jogja. Di tempat ini Anda bisa melihat puluhan ribu koleksi mainan dari berbagai daerah di Indonesia sejak zaman dahulu. Permainan ini disimpan dengan baik bersama bermainan anak dari beberapa negara di dunia seperti Matryoska dari Rusia. Beberapa mainan yang ada di sini bisa dicoba untuk umum sehingga Anda tidak melihatnya saja.

Museum Anak Kolong Tangga Keterangan
Lokasi Jl. Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Rp4.000
Jam Buka/Operasional 09.00-16.00 WIB
Telepon 0811 2633 977
Website kolongtangga.org

76. Prawirotaman

Kalau Anda ingin menikmati suasana tenang dari Jogja di malam hari sembari ngopi sambil menghabiskan malam kawasan Prawirotaman adalah yang terbaik. Di kawasan ini terdapat banyak kafe unik dan juga artshop yang tidak boleh dilewatkan. Kalau Anda pencinta buku kawasan ini ada juga toko buku baru, bekas, dan juga impor.

Prawirotaman Keterangan
Lokasi Jl. Prawirotaman, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis.
Jam Buka/Operasional 24 Jam

 

77. Pura Pakualaman

Pura Pakualaman adalah kawasan bangunan istana yang dahulu digunakan oleh GPA Pakualam tinggal. Saat ini, bangunan yang tidak seluar Keraton Yogyakarta ini berubah menjadi tempat wisata yang menarik. Di sini Anda bisa melihat bangunan khas Jawa tradisional dan perpustakaan yang memuat sejarah Pura Pakualaman sejak ratusan tahun silam.

Saat terbaik untuk mengunjungi Pura Pakualaman adalah pagi hari. Biasanya masih banyak petugas atau abdi dalem yang lalu-lalang. Anda bisa bertanya kepada mereka kalau penasaran dengan bangunan dan sejarah yang ada di belakangnya.

Pura Pakualaman Keterangan
Lokasi Jl. Sultan Agung, Pakualaman, Kota Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis.
Jam Buka/Operasional 08.00-17.00 WIB
Biaya Transportasi Menuju Lokasi Menggunakan becak atau angkutan umum dengan tarif mulai Rp10.000.

 

78. Kawasan Kotagede

Ada tiga atraksi terbaik yang ada di kawasan Kotagede. Pertama adalah setra kerajinan perak yang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Anda yang suka aksesori, wajib berlanja di sini. Selanjutnya bangunan kuno dan makam raja-raja Mataram. Terakhir adalah Pasar Legi yang merupakan pasar paling tua di Jogja. Di pasar ini Anda bisa berbelanja aneka oleh-oleh khas Jogja atau sekadar wisata kuliner.

Kawasan Kotagede Keterangan
Lokasi Kotagede, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis.
Jam Buka/Operasional Aktif dari 07.00-22.00 WIB

 

79. Alun-Alun Utara

Kawasan Alun-Alun Utara mungkin tidak seramai Alun-Alun Selatan, tapi lokasi dari tempat ini cukup strategis dan dekat dengan banyak tempat wisata seperti Nol Kilometer Jogja, Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, dan Jalan Malioboro.

Untuk masuk ke kawasan ini Anda tidak akan dikenakan biaya. Namun, kalau ada acara seperti Sekaten, akan ada biaya masuk karena kawasan ini jadi pusat hiburan dan kuliner terbesar setahun sekali.

Alun-Alun Utara Keterangan
Lokasi Jl. Alun-Alun Utara, Kota Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis.
Jam Buka/Operasional 24 Jam, paling ramai mulai 07.00-22.00 WIB

 

80. Museum Batik

Museum Batik menyimpan banyak sekali koleksi batik dari Jogja dan beberapa daerah di Indonesia. Semua dipajang lengkap dengan nama dan penjelasan terkait pola dan filosofi pembuatannya.

Selain memajang batik, Anda juga bisa membeli suvenir berupa olahan batik mulai dari pakaian, aksesori, dan aneka gelang yang menarik. Di museum ini juga Anda bisa belajar membatik sampai bisa. Hasil batikan yang  sudah Anda lakukan bisa dicuci lalu dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh yang unik dan tidak ada duanya.

Museum Batik Keterangan
Lokasi Jalan Dr Sutomo No. 13 A, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp20.000 dan untuk kursus membatik sekitar Rp40.000 per jam.
Jam Buka/Operasional 09.00-15.00 WIB
Telepon (0274) 562338
Website https://www.museumbatik.com/

 

81. House of Raminten

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat datang ke Jogja adalah House of Raminten. Di tempat ini Anda tidak hanya disuguhi dengan aneka kuliner Jawa yang memikat, tapi juga suasana tradisional yang kental lengkap dengan suara gamelan dan wangi dupa yang semerbak di mana-mana. Saat terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah malam hari karena sering ada pertunjukan langsung.

Desain interior di dalam rumah makan ini cukup unik. Anda bisa mengambil foto di salah satu sudut bangunan. Kalau mau berkeliling juga boleh sembari menunggu pesanan makanan diantar oleh petugas.

House of Raminten Keterangan
Lokasi Jl. Faridan M. Noto No.7 Kotabaru, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis.
Jam Buka/Operasional 24 Jam
Telepon (0274) 547315
Website raminten.business.site

 

82. Pantai Sundak

Pantai Sundak tidak begitu terkenal di kalangan wisatawan karena garis pantainya tidak terlalu luas. Meski demikian, pantai ini cukup menarik untuk dikunjungi khususnya Anda yang ingin santai sejenak dan menikmati suasana tenang dengan angina yang sepoi-sepoi. Oh ya, karena ombak di pantai ini agak besar, tidak disarankan untuk berenang atau bermain terlalu jauh ke tepi pantai.

Untuk menikmati pantai dengan puas Anda disarankan untuk berkeliling. Di sekitar pantai ini banyak sekali spot yang indah dan menunggu untuk diabadikan. Jadi, jangan sia-siakan waktu Anda hanya untuk berdiam diri.

Pantai Sundak Keterangan
Lokasi Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 24 Jam paling ramai 07.00-18.00 WIB

 

83. Museum Sonobudoyo

Museum yang terbuka untuk umum ini merupakan museum terbesar kedua di Indonesia dalam hal jumlah koleksi. Setidaknya ada lebih dari 43.000 benda yang ada di sini mulai dari koleksi topeng, ukiran, batik, dan mainan tradisional dari masa lalu.

Kalau Anda suka dengan wayang, setiap hari kecuali minggu ada pertunjukan selama 2 jam dengan lakon yang berganti-ganti setiap harinya.

Museum Sonobudoyo Keterangan
Lokasi Jalan Pangurakan No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Tiket Masuk Mulai Rp3.000 dan tiket wayang Rp20.000.
Jam Buka/Operasional Setiap hari kecuali Jumat,  08.00-15.30 WIB.  Jumat, 08.00-14.00 WIB

Wayang, Senin-Sabtu 20.00-22.00 WIB

Telepon (0274) 385664
Website www.sonobudoyo.com/

 

84. Pantai Drini

Salah satu daya tarik dari Pantai Drini adalah suasananya yang masih sangat sepi. Bahkan jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan karena medannya yang cukup berat. Meski demikian. Pantai yang memiliki pulau bernama Drini ini cocok untuk Anda yang ingin relaksasi atau mungkin bermain air dan melihat biota laut yang ada di dalamnya.

Pantai Drini Keterangan
Lokasi Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis.
Biaya Transportasi Menuju Lokasi Disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena lokasinya jauh dari kota.

 

85. Curug Pulosari

Curug Pulosari adalah salah satu air terjun terbaik di kawasan Bantul yang lokasinya cukup tersembunyi. Untuk bisa sampai di air terjun yang turun dari bukit dan dikelilingi oleh vegetasi hijau ini Anda harus trekking selama beberapa menit lalu menyeberang hutan dan sungai. Kalau Anda adalah pencinta tantangan, air terjun ini merupakan tujuan yang pas.

Anda bisa mandi di curug ini meski tidak disarankan untuk berdiri langsung di bawah air terjun. Lebih baik agak ke tepi atau berada di sekitar sungai yang terbentuk.

Curug Pulosari Keterangan
Lokasi Krebet, Sendangsari, Pajangan, Sendangsari, Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Pagi sampai sore biasanya pukul 17.00 sudah cukup dan pengunjung pulang.

86. Curug Kembar Jurang Gandul

Curug Kembar Jurang Gandul berada di dekat kawasan Prambanan. Lokasi dari air terjun ini masih agak tersembunyi dan belum dikelola dengan baik. Meski demikian, keindahan dari air terjun ganda yang mengalir bersebelahan ini cukup memikat.

Oh ya, Anda yang mau basah-basahan bisa mandi di sekitar air terjun atau menyelinap dan masuk ke rongga yang berada di antara aliran air terjun yang cukup deras ini.

Curug Kembar Jurang Gandul Keterangan
Lokasi Candisari, Wukirharjo, Sleman, Yogyakarta.
Tiket Masuk Parkir sekitar Rp3.000
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00 WIB

87. Museum Dirgantara

Seperti namanya, museum yang sangat luas ini menyimpan koleksi-koleksi benda bersejarah dari TNI AU sejak dibentuk pasca kemerdekaan. Di tempat ini ada koleksi pesawat terbang yang pernah digunakan tentara, alutsista, peluru kendali, roket, dan senjata yang pernah digunakan untuk menjaga NKRI.

Kawasan dari museum ini cukup luas sehingga Anda bisa menjelajahinya sampai puasa dari ujung ke ujung. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera dengan memori kosong karena banyak hal menarik yang bisa diabadikan.

Museum Dirgantara Keterangan
Lokasi Jalan Kolonel Sugiono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp4.000
Jam Buka/Operasional 08.00-16.00 WIB
Telepon (0274) 564466

88. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo adalah salah satu gua terbaik di Jogja yang cocok untuk Anda yang menyukai tantangan dan petualangan. Di dalam gua, Anda bisa melihat stalaktit yang cukup indah dan bahan batu yang terbentuk secara alami selama ribuan atau bahkan jutaan tahun yang lalu.

Saat terbaik untuk mengunjungi gua ini adalah siang karena cahaya matahari cukup membantu Anda untuk masuk dan mengeksplorasi. Saat agak sore mungkin bisa membawa senter, tapi penerangan tidak akan maksimal.

Gua Kiskendo Keterangan
Lokasi Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 09.00-16.00 WIB

89. Candi Kalasan

Candi Kalasan sama halnya dengan candi Hindu lain di kawasan Jogja dan Jawa Tengah. Secara umum, candi ini tebal dan tidak terlalu menjulang ke atas. Candi Kidal memiliki empat pintu dengan dua anak tangga di sebelah timur dan barat. Candi ini juga memiliki 52 stupa yang tersebar di sisi kiri dan kanannya.

Kalau ingin menikmati keindahan candi ini dengan baik adalah pagi hari saat cuaca belum panas. Selanjutnya jelang sore saat suasana mulai dingin sehingga mudah untuk mengabadikan momen.

Candi Kalasan Keterangan
Lokasi Desa Kalibening, Tirtamartani, Sleman, Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 08.00-16.00 WIB

90. Laut Berkah

Laut Berkah adalah nama kawasan di sekitar Pantai Parangtritis yang menawarkan pesona lain dari pantai selatan. Anda akan diajak untuk menjelajahi tebing batu tinggi yang langsung berbatasan langsung dengan laut lepas.

Kalau Anda ingin menenangkan diri sejenak sembari melakukan sesuatu yang seru, cobalah untuk melakukan rock fishing di sini.

Laut Berkah Keterangan
Lokasi Padukuhan Temon, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Aktif dari pagi sampai sore.

91. Candi Abang

Candi Abang sebenarnya bukan candi asli yang terbuat dari batu andesit. Kawasan ini terbuat dari batu bata yang teruruk dengan tanah. Selain itu tanah yang ada di bawahnya juga sudah ditumbuhi rumput sehingga terlihat seperti bukit yang indah dengan kiri dan kanan hamparan pepohonan yang rindang.  Candi Abang cocok untuk relaksasi dan berburu foto dengan suasana hijau yang menenangkan pikiran.

Candi Abang Keterangan
Lokasi Dusun Sentonoreji, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00 WIB

 

92. Pantai Baron

Pantai Baron adalah tempat yang menarik untuk Anda yang ingin menjelajahi kawasan yang masih alami dan belum banyak mengalami pembangunan. Di sini Anda juga bisa melihat kawanan nelayan yang baru saja tiba dari laut dengan hasil tangkapannya yang banyak. Mau makan ikan bakar segar atau lobster? Bisa banget di sini.

Meski Pantai Baron buka selama 24 jam, saat terbaik untuk mengunjunginya adalah siang dan sore hari. Saat sore Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam dan saat siang bisa berburu ikan segar dari nelayan yang murah.

Pantai Baron Keterangan
Lokasi Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional 24 Jam

 

93. Citra Grand Mutiara Waterpark

Taman bermain air ini menggunakan konsep petualangan ala Karibia yang seru. Ada banyak sekali wahana yang bisa dicoba untuk berbasah-basahan. Kalau Anda ingin menyepi sejenak dan menikmati permainan air, taman bermain ini cukup direkomendasikan.

Citra Grand Mutiara Waterpark Keterangan
Lokasi Perumahan Citra Grand Mutiara, Jalan Wates KM. 9, Balecatur, Gamping, Argomulyo, Sedayu, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp45.000 hari biasa dan Rp70.000 saat akhir pekan.
Jam Buka/Operasional 14.00-18.00 WIB (Selasa-Jumat) dan 08.00-18.00 WIB (Sabtu-Minggu)
Telepon (0274) 2820788
Website www.citragrandmutiarayogyakarta.com

 

94. Gua Seropan

Gua Seropan adalah gua yang memiliki ruangan cukup luas dan panjang mencapai 888 meter. Gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Di dalam gua jua terdapat sungai yang cukup dalam sehingga Anda akan basah kalau ingin menjelajahi dari awal hingga akhir.

Kalau ingin datang dan menjelajahi gua ini disarankan datang siang karena cahaya matahari cukup membantu penerangan. Selain itu jangan lupa untuk bawa senter karena menggunakan ponsel untuk penerangan rawan jatuh.

Gua Seropan Keterangan
Lokasi Desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Sekitar Rp10.000 kalau ingin menyewa perlengkapan khusus akan dikenakan biaya tambahan.
Jam Buka/Operasional 08.00-16.00 WIB

 

95. Spot Riyadi

Spot Royadi sebenarnya adalah halaman rumah dari seorang pria bernama Riyadi. Namun, keindahan halaman rumah yang berbatasan langsung dengan lembah dan pemandangan Candi Prambanan dari kejauhan membuat puluhan wisatawan datang setiap pagi dan sore untuk mengabadikan momen yang indah dari ketinggian.

Spot Riyadi Keterangan
Lokasi Dusun Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, Yogyakarta.
Tiket Masuk Gratis.
Jam Buka/Operasional Pagi dan sore hari.

 

96. Bukit Kosakora

Bukit Kosakara adalah bukit yang berada di sebelah Pantai Drini. Bukit ini memiliki ketinggian 50 meter dari permukaan laut dan hampir seluruh wilayahnya berumput. Cara terbaik untuk menikmati bukit ini adalah dengan kamping mulai dari malam hingga esok pagi. Suasana laut yang tenang di malam hari serta pemandangan di langit yang indah membuat kegiatan petualangan bisa berjalan seru.

Kalau mau kamping usahakan membawa bekal makanan sendiri. Area tempat ini cukup terpencil dan susah mendapatkan bahan makanan. Selanjutnya jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan setelah bermalam.

Bukit Kosakora Keterangan
Lokasi Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp10.000 dari Pantai Baron dan Rp2.000 di bukit Kosakara
Jam Buka/Operasional 24 Jam

 

97. Taman Wisata Plawangan Turgo

Taman wisata ini berupa bukit dan juga hutan yang bisa dijelajahi dengan medan yang cukup menantang. Biasanya wisatawan yang ingin melihat Kaliurang dari ketinggian akan datang ke sini ditemani dengan pemandu lokal yang bisa disewa bersama-sama.

Usahakan untuk datang saat pagi atau siang karena medan yang dilalui cukup sulit. Begitu hari gelap Anda akan susah berjalan dan kemungkinan terjadi kecelakaan lebih besar.

Taman Wisata Plawangan Turgo Keterangan
Lokasi Turgo, Hargobinangun, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.
Tiket Masuk Rp8.500
Jam Buka/Operasional 08.00-16.00 WIB

 

98. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok memiliki pasir cokelat yang halus dan air laut yang berwarna biru menyegarkan mata. Di sekitar pantai ini ada banyak bukit kecil dan juga batuan karang yang cocok untuk lokasi fotografi. Selain itu, Anda juga bisa berburu hewan laut kecil yang ada di cerukan-cerukan air.

Pantai Jungwok Keterangan
Lokasi Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul,  Yogyakarta
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 24 Jam

 

99. Air Terjun Tlogo Muncar

Air terjun yang cukup menarik ini berada di lereng Gunung Merapi. Ketinggian air terjun ini mencapai 30-45 meter dan berada di zona yang sangat sejuk sehingga cocok untuk lokasi relaksasi. Oh ya, karena ketinggian kawasan ini 800 meter dari permukaan air laut, begitu pukul 14.00 hawa dingin akan langsung terasa.

Jangan datang ke sini terlalu siang atau sore. Akses perjalanan pulangnya nanti akan sedikit sulit. Saat gelap Anda akan susah berjalan meski membawa senter.

Air Terjun Tlogo Muncar Keterangan
Lokasi Desa Hargo Binangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00 WIB

 

100. Pantai Slili

Pantai Slili termasuk pantai mungil yang ada di kawasan Gunung Kidul. Meski demikian, pantai ini memiliki cukup banyak pesona menarik seperti deretan gazebo, kawasan kuliner, dan tempat untuk menyewa perlengkapan snorkeling. Saat sore hari, Anda bisa menunggu sunset sebelum akhirnya memutuskan untuk pulang.

Datanglah agak sore kalau ingin menikmati matahari terbenam. Selanjutnya datang lebih pagi kalai ingin snorkeling sebelum air jadi surut.

Pantai Slili Keterangan
Lokasi Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional 05.00-18.00 WIB

 

Nah, itulah tadi deretan tempat wisata di Jogja yang menarik mulai dari ujung utara yang berbukit-bukit, kawasan tengah yang penuh wisata budaya dan sejarah, wilayah selatan yang berbukit, dan wilayah pesisir yang menawarkan puluhan pantai menarik.

Kalau Anda ingin menikmati sebagian besar wisata di atas, ada baiknya untuk menghabiskan waktu di Jogja selama 3-4 hari. Dengan waktu ini Anda bisa mengunjungi setidaknya sepuluh destinasi wisata menarik mulai kawasan Kaliurang hingga Gunung Kidul.

Terakhir, kalau Anda ingin melakukan penjelajahan dengan cara backpacker, jangan terlalu memusingkan masalah penginapan. Gunakan saja Airy Rooms yang sudah memiliki puluhan hotel di Jogja dengan harga terjangkau. Anda bisa mendapatkan fasilitas hotel yang lengkap yang membuat penjelajahan di Jogja makin menyenangkan.

Akhir kata, saat akan ke Jogja buat rencana perjalanan yang matang ya. Jangan ke sana tanpa rencana karena akan buang-buang waktu di jalan. Selamat merencanakan liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *