39+ Tempat Wisata di Garut yang Paling Seru dan Menarik

tempat wisata di garut

Libur akhir pekan tiba? Mengapa tak coba pergi ke Garut? Selain terkenal dengan ragam kuliner yang enak, Garut juga punya segudang objek wisata yang bisa membuat akhir pekan Anda mengesankan. Tidak hanya seru, berlibur di Garut juga ramah di kantong. Tidak percaya? Berikut ini 40 tempat wisata di Garut yang sayang untuk dilewatkan.

 

1. Talaga Bodas

Ini dia salah satu tempat wisata di Garut yang menjadi magnet bagi turis lokal maupun asing. Ya, Talaga Bodas namanya. Objek wisata berbentuk danau ini terbentuk di kawah Gunung Talaga Bodas. Meski masih mempunyai aktivitas vulkanik, tapi tempat wisata ini aman dikunjungi kok.

Oh iya, kalau berkunjung ke Talaga Bodas, tak lengkap rasanya bila Anda belum berendam dan bersantai di pemandian air panas yang berada sekitar 200 meter dari lokasi kawah.

Kalau Anda hobi memajang foto di halaman Instagram, jangan lewatkan untuk mengabadikan pemandangan cantik Talaga Bodas melalui kamera Anda. Dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan, lho.

Talaga Bodas Keterangan
Lokasi Jalan Talaga Bodas No.5, Desa Sukamenak- Wanaraja, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp9.500

 

2. Leuwi Korsi

Pernah dengar objek wisata Leuwi Korsi?

Tak berada jauh dari lokasi Leuwi Jurig, ada sebuat tempat tersembunyi yang menawarkan pemandangan eksotis bernama Leuwi Korsi. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, Anda akan diuji dengan trek yang berbatu dan melelahkan.

Tapi jangan khawatir, begitu tiba di Leuwi Korsi, Anda akan dibuat kagum dengan birunya air kolam yang sangat jernih ditambah udara yang begitu sejuk. Tak salah bila Anda akan betah berlama-lama di sini.

Nah, Satu lagi yang menarik dari Leuwi Korsi adalah tebing-tebing berbatu yang ada di pinggiran kolam. Tebing bernama Columnar Joint ini tersusun rapi seperti deretan tempat duduk yang unik untuk dijadikan lokasi foto. Bukan sembarang tebing batu, Columnar Joint diduga merupakan salah satu situs Megalitikum yang ada di Indonesia, lho.

Leuwi Korsi Keterangan
Lokasi Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat
Tiket Masuk Gratis

3. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig diambil dari bahasa Sunda yang artinya kolam setan. Meski terdengar menyeramkan, tapi keindahan tempat ini layak mendapatkan acungan jempol, lho. Di Leuwi Jurig Anda bisa melihat jernihnya air sungai dengan tebing berbatu yang berdiri kokoh di pinggiran sungai. Belum lagi, rimbunnya pepohonan yang ada di atas tebing membuat udara Luewi Jurig terasa sejuk.

Salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan bila Anda berkunjung ke sini yaitu berenang. Nah, bila Anda memutuskan untuk berenang di tempat ini, pastikan datang ketika pagi hari di musim kemarau, ya.

Leuwi Jurig Keterangan
Lokasi Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Tiket Masuk Gratis

 

4. Leuwi Tonjong

Ada lagi nih, tempat wisata di Garut yang banyak diburu oleh para pelancong. Ya, dia adalah Leuwi Tonjong. Berbekal pemandangan cantik, Leuwi Tonjong selalu berhasil memanjakan siapa saja yang mengunjunginya.

Asyiknya lagi, aliran dari sungai Cihurip yang berhias air terjun mini serta diapit dengan tebing setinggi 90-210 m ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menambah koleksi foto di akun Instagram.

Selain melakukan swafoto, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya. Anda bisa berenang dan berlayar dengan rakit bambu sewaan seharga Rp5.000 per orang atau sekadar menyaksikan keindahan alam yang menawan.

Leuwi Tonjong Keterangan
Lokasi Kampung Rentog, Ds. Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab, Garut
Tiket Masuk Rp15.000
Jam Buka/Operasional 07.30-17.24
Telepon 0822 1471 8888

 

5. Leuwi Jubleg

Terjebak dalam aktivitas sehari-hari yang membuat Anda penat? Coba deh luangkan waktu Anda sejenak untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Garut yang bernama Leuwi Jubleg. Perihal keindahan, Leuwi Jubleg ini memang istimewa.

Leuwi Jubleg berada di kawasan hutan yang masih alami. Sebab itu, untuk menuju ke lokasi ini Anda harus melakukan trekking selama beberapa saat. Begitu tiba, Anda akan disambut dengan curug kecil yang mengalirkan air yang sangat jernih.

Selain itu, bebatuan berbentuk cekung yang ada di sekeliling kolam membuat tempat ini sungguh memesona. Nah, bagi Anda yang sudah tak sabar ingin pergi ke Leuwi Jubleg, jangan lupa membawa baju ganti dan yang terpenting pastikan Anda tidak membuang sampah sembarang, ya, selama berada di lokasi ini.

Leuwi Jubleg Keterangan
Lokasi Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis

 

6. Gunung Guntur

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung, rasanya sayang bila melewatkan Gunung Guntur sebagai alternatif pendakian Anda. Pasalnya, Gunung ini memiliki banyak daya tarik yang selalu sukses menarik rasa penasaran para pendaki.

Selagi menempuh jalur pendakian yang cukup menantang, di area mendekati puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan sabana cantik yang cocok dijadikan sebagai latar belakang berfoto. Nah, selama bermalam di puncak Gunung Guntur, Anda akan ditemani panorama lampu kota yang cantik.

Mengingat Gunung Guntur merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat sunrise, pastikan Anda tidak ketinggalan untuk menyaksikannya, ya. Setelah matahari terbit, hamparan awan putih siap menyambut Anda.

Gunung Guntur Keterangan
Lokasi Jalan Talaga Bodas No.5, Desa Sukamenak- Wanaraja, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp15.000 (Surat izin masuk kawasan konservasi)
Jam Buka/Operasional 24 Jam

7. Gunung Cikuray

Selain Gunung Guntur, Gunung Cikuray juga menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati indahnya sunset maupun sunrise, lho. Memiliki ketinggian 2.818 mdpl, dibutuhkan kurang lebih 7-8 jam untuk mencapai puncak gunung.

Sepanjang jalur pendakian, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda akan melewati perkebunan kol, perkebunan teh, hingga melintasi bukit-bukit yang begitu indah.

Sesampainya di puncak, Anda akan disambut dengan gulungan lautan awan yang memesona. Bahkan, Anda bisa melihat dengan jelas Gunung Papandayan dan pemandangan kota Garut dari area puncak Cikuray.

Untuk menikmati semua pemandangan itu, ada baiknya Anda memilih musim kemarau sebagai waktu paling pas untuk mendaki Gunung Cikuray.

 

Gunung Cikuray Keterangan
Lokasi Kec. Cilawu, Kec. Bayongbong, Kab. Garut
Tiket Masuk Rp25.000 (Biaya retribusi kawasan PTPN dan Perhutani)
Jam Buka/Operasional 24 Jam

 

8. Gunung Papandayan

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Papandayan? Gunung dengan seribu pesona ini memang layak dijadikan sebagai destinasi wisata saat liburan tiba. Apalagi, gunung yang memiliki ketinggian  2.652 mdpl ini, punya jalur pendakian yang cukup mudah.

Di perjalanan menuju puncak, Anda akan menemukan hutan mati nan eksotis. Hutan yang menjadi saksi bisu meletusnya Gunung Papandayan pada tahun 2002 ini menyajikan pemandangan pohon-pohon kering tanpa daun. Meski terlihat agak suram karena kabut yang menyelimuti area hutan mati, justru area inilah yang menjadi spot foto paling instagramable.

Tak sampai di situ saja, selain hutan mati, ada lagi tempat menarik yang cocok digunakan sebagai lokasi berfoto. Tegal Alun namanya. Sejauh mata memandang, di sini Anda akan menjumpai hamparan bunga Edelweis yang begitu cantik.

Gunung Papandayan Keterangan
Lokasi Karamat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Hari Biasa:

1.     Rp20.000 (Turis Lokal)

2.     Rp200.000 (Turis Asing)

Hari Libur:

1.     Rp30.000 (Turis Lokal)

2.     Rp300.000 (Turis Asing)

Jam Buka/Operasional 24 jam
Telepon 0852 9532 3435 (Call  Center)
Website twapapandayan.com

 

9. Leuweung Oko/The Great Oko

Kalau Yogyakarta punya hutan pinus Imogiri, Garut juga punya hutan pinus bernama The Great Oko. Awalnya, lokasi ini merupakan kawasan hutan produksi milik Perhutani Kabupaten Garut. Namun, karena dirasa memiliki potensi wisata yang menjanjikan, akhirnya tempat ini disulap menjadi sebuah objek wisata.

Selama berada di The Great Oko, Anda bisa leluasa menghirup sejuknya udara pegunungan. Terlebih, deretan pohon pinus yang menjulang tinggi membuat suasana di tempat ini begitu rindang.

Untuk mempercantik pemandangan The Great Oko, pengelola sengaja menambahkan puluhan payung yang dibiarkan menggantung di antara pohon pinus. Tak lupa, rumah pohon juga dibangun khusus untuk Anda yang mencari lokasi berswafoto. Bila tak puas menikmati keindahan The Great Oko dalam satu hari, Anda juga bisa bermalam di sini dengan cara berkemah, lho.

The Great Oko Keterangan
Lokasi Desa Cirapuhan, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari, 07.00-21.00

 

10. Pantai Taman Manalusu

Selain dianugerahi dengan keindahan alam berupa gunung, Garut juga punya deretan objek wisata berupa pantai nan cantik, lho. Pantai Taman Manalusu misalnya. Berada sekitar 4 jam dari Kota Garut, Anda akan disambut dengan keunikan batu karang berwarna hijau yang ada di bibir pantai.

Warna hijau sendiri diakibatkan oleh lebatnya lumut yang tumbuh subur di permukaan batu karang. Karena keunikannya inilah, banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk mengabadikannya melalui kamera mereka.

Dibanding dengan pantai Santolo dan Sayang Heulang, pantai Taman Manalusu tergolong objek wisata pantai yang masih asri dan sepi. Menurut cerita masyarakat setempat, nama pantai Taman Manalusu diambil dari seorang administrator perkebunan kelapa sawit Condong bernama Karl Manalusu yang pertama kali menemukan tempat ini.

Pantai Taman Manalusu Keterangan
Lokasi Kecamatan Cilekelet, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 24 jam

 

11. Pantai Cijeruk Indah

Satu lagi nih, tempat wisata di Garut yang masih asri dan belum begitu terjamah oleh wisatawan. Ya, dia adalah pantai Cijeruk Indah. Nah, bagi Anda yang ingin bersantai dengan tenang, objek wisata ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pantai Cijeruk Indah memiliki bibir pantai yang cukup luas dan landai. Apalagi, pasirnya yang berwarna putih kecokelatan, membuatnya tampak seperti sebuah padang pasir. Kalau Anda yang hobi memajang foto di media sosial, pemandangan pantai Cijeruk Indah bisa menjadi lokasi yang pas, lho.

Sedangkan bila Anda ingin bermain air atau berenang, pantai Cijeruk Indah terbilang cukup aman untuk melakukan ke dua aktivitas tersebut. Namun, Anda tetap harus waspada agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantai Cijeruk Indah Keterangan
Lokasi Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp6.000 per orang
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00

 

12. Pantai Puncak Guha

Berada tak jauh dari pantai Rancabuaya, pantai Puncak Guha menawarkan pemandangan laut serta perbukitan yang eksotis. Guha sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti gua. Tepat di bawah tebing Puncak Guha, terdapat gua kelelawar yang menghadap ke Samudera Hindia.

Menariknya, meski nama tempat ini diawali dengan kata pantai, namun Anda tak akan menemukan hamparan pasir luas yang biasa menjadi batas antara daratan dan lautan di sini. Ya, pantai Puncak Guha ini sebenarnya merupakan tebing yang langsung berbatasan dengan laut.

Mengingat lokasinya yang berada di ketinggian, beberapa wisatawan lebih memilih untuk mengunjunginya di saat pagi ketika matahari akan terbit atau sore hari menjelang matahari terbenam. Itulah saat di mana perpaduan sinar matahari dengan alam sekitar mampu menciptakan pemandangan yang memesona.

Pantai Puncak Guha Keterangan
Lokasi Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 24 jam

 

13. Pantai Rancabuaya

Bila Anda sedang berkunjung ke pantai Puncak Guha, sekalian saja singgah ke pantai Rancabuaya. Pantai Rancabuaya memiliki sebuah air terjun yang langsung mengarah ke laut. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati beberapa ikan-ikan kecil yang terperangkap di cekungan karang yang berada di sepanjang bibir pantai.

Kalau Anda menyukai sunset atau sunrise, Anda juga bisa menikmatinya di pantai Rancabuaya. Gugusan karang di tepi pantai berpadu dengan indahnya warna langit sore hari membuat suasana makin syahdu.

Bagi yang ingin berenang, tempat ini sama sekali direkomendasikan karena ombak pantai selatan Jawa yang cukup besar. Untuk fasilitas, di sekitar pantai Rancabuaya sudah tersedia gazebo, tempat parkir, dan kamar mandi yang bisa digunakan.

Pantai Rancabuaya Keterangan
Lokasi Desa Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp5.000 (Hari Biasa)

Rp10.000 (Hari Libur)

Jam Buka/Operasional 24 jam

 

14. Pantai Santolo

Bila Anda berkunjung ke Garut, pastikan singgah ke pantai Santolo. Pantai dengan pasir putih kecokelatan dan bersih ini sering dipadati oleh wisatawan dari berbagai daerah apalagi ketika hari libur tiba. Pemandangan indah pantai Santolo mampu membius siapa saja yang mengunjunginya.

Selain pantai, Anda juga bisa mengunjungi pulau Santolo yang biasa digunakan untuk menikmati pemandangan sunset. Untuk menyeberang ke pulau tersebut, Anda harus menaiki kapal dengan tarif Rp10.000. Bila perut terasa lapar, Anda bisa menikmati hidangan laut yang dijual oleh warung-warung yang ada di kawasan pantai Santolo.

Pantai Santolo Keterangan
Lokasi Desa Pameungpuek, Cikelet, Garut
Tiket Masuk Rp5.000

15. Pantai Sayang Heulang

Wisata pantai di Garut memang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Salah satunya yakni pantai Sayang Heulang. Di sepanjang garis pantai Sayang Heulang, Anda akan menjumpai deretan karang yang menjorok jauh ke laut. Bila pantai sedang surut, Anda bisa pergi ke deretan karang tersebut untuk melihat ikan kecil berwarna-warni yang terjebak di sela-sela karang.

Pantai Sayang Heulang juga menjadi salah satu pantai favorit untuk menyaksikan indahnya panorama langit ketika matahari terbit maupun terbenam. Kalau Anda penikmat olahraga pantai, Anda bisa kok bermain voli pantai di sini. Sedangkan bagi Anda yang menyukai wahana air, Anda juga bisa bermain banana boat, lho.

Pantai Sayang Heulang Keterangan
Lokasi Desa Macagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional 24 jam

 

16. Pantai Sancang

Pantai Sancang merupakan bagian dari cagar alam Leuwi Sancang. Oleh karena itu, selama berada di lokasi ini, Anda dilarang keras untuk merusak maupun membuang sampah sembarang. Pantai berkarang ini memiliki deburan ombak yang cukup besar sehingga bila Anda mempunyai rencana untuk berenang, pastikan datang di pagi hari sebelum air pasang, ya.

Tak cukup dengan pemandangan pantai yang cantik, selama berada di pantai Sancang Anda berhak mendapatkan bonus untuk menikmati pesona hutan yang masih asri lengkap dengan ragam flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Anda bisa melihat dengan jelas berbagai primata seperti monyet ekor panjang, lutung, dan biawak yang hidup dengan bebas di dalam hutan. Menariknya, di Leuwi Sancang Anda dapat menjumpai hutan bakau yang dihuni oleh banyak spesies bakau seperti kepiting bakau, ikan glodok, dan kelomang.

Cukup menarik bukan?

Pantai Sancang Keterangan
Lokasi Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 08.00-17.00

 

17. Curug Nyogong

Berbicara mengenai tempat wisata di Garut, kurang lengkap rasanya bila tidak membahas tentang jejeran air terjun indah yang ada di kota berjuluk Swiss van Java ini. Bagi Anda yang sedang berburu lokasi wisata yang masih alami, coba deh datang ke Curug Nyogong.

Curug diambil dari bahasa Sunda yang artinya air terjun. Berada jauh dari jalan utama, untuk mencapai lokasi Curug Nyogong Anda harus melakukan trekking kurang lebih sekitar 30 menit. Meski dibutuhkan ekstra tenaga untuk menjangkau letak Curug Nyogong, semua akan terbayarkan dengan kemegahan aliran air terjun.

Sayangnya, Anda harus berhati-hati bila ingin berenang di sini. Bebatuan yang licin serta aliran air terjun yang berlebihan berpotensi menimbulkan bahaya. Meski begitu, menikmati keindahan air terjun dari bibir kolam sudah cukup asyik, lho.

Curug Nyogong Keterangan
Lokasi Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis

 

18. Curug Mala/Cikawung

Ini dia salah satu air terjun di Garut yang dikenal dengan air terjun musiman. Ya, Curug Mala atau Curug Cikawung ini hanya bisa dijumpai saat musim hujan saja. Curug Mala tidak memiliki sumber mata air. Oleh sebab itu, aliran air terjun ini hanya mengandalkan air dari hujan.

Curug Mala memiliki karakter berundak-undak. Nah, bila musim hujan tiba, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tiada tara. Bagaimana tidak, debit air yang melimpah saat musim hujan tiba bisa membuat Anda berdecak kagum.

Meski begitu, Anda tidak disarankan untuk mandi atau berenang di kolam yang ada di bawah Curug Mala karena aliran air yang deras bisa mengundang bahaya. Tapi jangan berkecil hati dahulu. Sebab, Anda masih bisa bermain air di bibir kolam kok.

Curug Mala Keterangan
Lokasi Desa Girimukti Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garu
Tiket Masuk Gratis

 

19. Curug Ciarjuna

Kalau Anda gemar bertualang, datang ke Curug Ciarjuna mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Pasalnya, butuh usaha ekstra untuk mencapai lokasi Curug Ciarjuna. Setidaknya, Anda harus melakukan trekking melalui perkebunan teh hingga menembus agar bisa melihat keindahan Curug Ciarjuna.

Setelah sampai di lokasi, tak hanya satu, Anda akan disambut oleh 3 air terjun sekaligus. Dengan pemandangan indah ini, tentu membuat rasa penat selama perjalanan menguap begitu saja. Udara di Curug Ciarjuna ini sangat sejuk. Bahkan, area depan air terjun ini seakan bisa mengundang siapa saja untuk bersantai dan bermain air.

Curug Ciarjuna Keterangan
Lokasi Kp. Cikopo, Desa Panawa, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis

 

20. Curug Cibadak

Hampir sama dengan objek wisata yang ada di Malang yang didominasi oleh pantai dan air terjun, Garut juga punya banyak tempat wisata air terjun yang layak untuk dikunjungi. Curug Cibadak ini misalnya. Meski masih harus trekking untuk menuju lokasi Curug Cibadak , namun aksesnya terbilang lumayan mudah untuk dilalui.

Tak mau kalah dengan keindahan air terjun lainnya, Curug Cibadak juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan, lho. Air terjun yang memiliki tekstur berundak ini punya debit air yang amat deras lengkap dengan kondisi air yang jernih dan dingin. Semakin tak sabar untuk segera berenang di sini bukan?

Curug Cibadak Keterangan
Lokasi Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis

 

21. Curug Rahong Cisewu

Berada tak jauh dari jembatan Rahong, Curug Rahong Cisewu memang sangat mudah untuk ditemukan, mengingat air terjun ini sudah begitu terkenal di kalangan masyarakat sekitar. Air terjun ini memiliki ukuran yang tak begitu tinggi. Keberadaan batu besar yang membelah aliran air terjun seakan memberi kesan unik pada pemandangan Curug Cisewu.

Bagi siapa saja yang berkunjung ke sini, sudah pasti tertarik untuk mencicipi sejuknya air Curug Rahong Cisewu dengan cara mandi atau berenang. Nah, sebelum melakukannya, mintalah arahan terlebih dahulu kepada warga sekitar untuk menghindari potensi bahaya yang ada di Curug Rahong Cisewu.

Kawah Talaga Bodas Keterangan
Lokasi Cibodas, Desa Sukajaya, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis

 

22. Curug Orok

Bingung mencari tempat untuk selfie? Kenapa tidak datang ke Curug Orok saja? Curug Orok memang menyimpan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan air terjun ini tampak menarik dengan tebing dan pepohonan yang rimbun berpadu dengan pantulan sinar matahari yang mengarah ke sungai. Samar-samar, pelangi kecil pun mulai muncul di atas air.

Menariknya, selain punya air terjun utama, Curug Orok juga punya beberapa air terjun kecil yang mengalir dari sela-sela tebing yang tertutup tanaman hijau. Nah, bila Anda sedang malas bermain air, Anda bisa duduk-duduk santai di gazebo sambil berswafoto di area Curug Orok.

Curug Orok Keterangan
Lokasi Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional 08.00-20.00

 

23. Curug Jagapati

Air terjun memang menjadi salah satu jenis tempat wisata di Garut yang menjadi andalan. Kali ini datang dari Desa Neglasari yang menjadi saksi bisu atas keindahan Curug Jagapati. Curug Jagapati ini berasal dari aliran air sungai Cilimbung. Bak anak tangga, aliran air sungai Cilimbung ini akan turun melalui tiga undakan sebelum tiba di kolam air yang ada di bawah curug.

Perihal kualitas air, Curug Jagapati ini juaranya. Kalau Anda tahu, air di sungai Cilimbung itu berasal dari Gunung Limbung, lho. Sebab itu, air Curug Jagapati masih relatif jenih dan bersih. Dahulu, Curug Japagati juga punya peran penting untuk menghidupkan aliran listrik masyarakat setempat. Kini, selain berfungsi sebagai objek wisata, aliran air lebih digunakan untuk mengairi sawah-sawah sekitar.

Curug Jagapati Keterangan
Lokasi Neglasari, Cisompet, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis

 

24. Curug Sanghyang Taraje

Pernah dengar tempat bernama Curug Sanghyiang Taraje? Nah, bagi Anda pencinta objek wisata air dan penikmat fotografi, Curug Sanghyang Taraje ini wajib masuk ke dalam daftar liburan Anda. Atraksi aliran air yang disediakan oleh alam ini memang menjadi lokasi terbaik untuk latar belakang sebuah foto.

Di samping aliran air terjun yang menjadi daya tarik utama, Curug Sanghyang Taraje juga menyajikan suasana alami berupa sejuknya udara di kawasan ini akibat pepohonan hijau yang tumbuh dengan lebat. Apalagi suhu air Curug Sanghyang Taraje yang dingin, sangat cocok digunakan sebagai media melepas penat dari hiruk pikuk suasana perkotaan.

Curug Sanghyang Taraje Keterangan
Lokasi Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp5.000

 

25. Curug Sanghiyang Santen

Tak jauh dari kawasan Curug Sanghyang Taraje, ada sebuah air terjun cantik dan tersembunyi yang diberi nama Curug Sanghyang Santen. Air terjun ini tampak indah dengan aliran air yang turun dari ketinggian sekitar 15 meter berpadu dengan tanaman hijau yang menempel di dinding tebing.

Untuk menikmatinya, Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu. Jalur yang dilalui pun terbilang cukup sulit. Anda akan menembus hutan hingga menuruni beberapa tanjakan curam. Setelah perjalanan sulit yang Anda lakukan, semuanya akan terbayar dengan kecantikan Curug Sanghyang Santen yang luar biasa.

Curug Sanghiyang Santen Keterangan
Lokasi Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut
Tiket Masuk Gratis

 

26. Kawah Kamojang

Selain air terjun, gunung, dan pantai, Garut juga punya destinasi wisata lain berupa kawah, lho. Kawah Kamojang ini contohnya. Di area wisata ini Anda bisa menikmati beberapa kawah dengan masing-masing keunikannya.

Ada Kawah Manuk yang terletak tepat di pinggir jalan sebelum gerbang masuk ke kawasan Kamojang. Diberi nama Kawah Manuk karena bunyi yang dikeluarkan bersama uap menyerupai kicauan burung.

Selain itu ada Kawah Kereta Api yang berada di lokasi utama. Akibat tekanan uap panas bumi, kawah ini mengeluarkan suara nyaring yang mirip siulan kereta api. Kawah Kereta Api ini merupakan bekas galian di zaman Belanda. Namun, hingga saat ini Kawah Kereta Api masih aktif mengeluarkan uap panas bumi.

Untuk fasilitas, Kawah Kamojang memiliki lahan parkir yang memadai, tempat sampah, gazebo, dan kamar mandi air panas yang bisa Anda gunakan dengan membayar tarif sebesar Rp4.000 saja.

Kawah Kamojang Keterangan
Lokasi Area Geothermal PLTU Kamojang
Tiket Masuk Rp5.000 (Hari Biasa)

Rp7.500 (Hari Libur)

Jam Buka/Operasional 24 Jam

 

27. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa sebenarnya merupakan objek wisata milik sebuah penginapan dengan konsep terbuka. Namun, Anda tak harus bermalam di penginapan tersebut bila ingin menyaksikan keindahan kebun mawar ini, lho.

Hamparan ratusan jenis mawar memang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Tapi, kalau berkunjung ke Kebun Mawar Situhapa, jangan lupa melihat jenis bunga lain dengan warna-warni yang tak kalah indah, ya. Satu lagi, di Kebun Mawar Situhapa juga terdapat labirin mini yang cocok digunakan untuk bermain bersama keluarga.

Nah, selain menikmati keindahan alam yang menyejukkan mata, rasanya kurang afdal bila Anda tidak berswafoto di area ini. Hitung-hitung, hasil jepretan tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk menambah koleksi foto di media sosial.

Kebun Mawar Situhapa Keterangan
Lokasi Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp20.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari, 09.00 – 17.00

 

28. Karacak Valley

Karacak Valley merupakan objek wisata yang tergolong masih baru. Sejak dibuka pada tahun 2016, tempat wisata ini sudah banyak diburu oleh para pencinta fotografi. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam luar biasa berupa hutan pinus dan kebun kopi.

Karena panoramanya yang memesona, beberapa orang bahkan menjadikan lokasi ini sebagai spot untuk pemotretan pre-wedding. Nah, bagi Anda yang ingin bermalam di sini, pengelola juga menyediakan fasilitas tenda dengan biaya sewa sekitar Rp50.000-Rp120.000.

Mengingat lokasinya yang berada di ketinggian, udara di Karacak Valley tentu sangat segar dan sejuk. Cocok sekali untuk Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Karacak Valley Keterangan
Lokasi Desa Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari, 08.00-17.00
Telepon 0262-241104

 

29. Pemandian Air Panas Sabda Alam Garut

Puas membahas wisata alam di Garut, kini giliran mengulas objek wisata buatan yang tak kalah menarik. Pemandian air panas Sabda Alam hanya berjarak 6 km dari pusat kota Garut. Di pemandian ini Anda bisa berendam menggunakan air belerang yang bersuhu 37-46 derajat Celsius. Selain bermanfaat untuk menghilangkan rasa pegal-pegal, konon air belerang ini dipercaya dapat menyembuhkan gatal-gatal dan penyakit kulit seperti eksim.

Untuk menarik minat wisatawan, pihak pengelola sengaja membangun beberapa fasilitas menarik yang bisa Anda nikmati di arena pemandian air panas Sabda Alam ini. Ada nampan tumpah, waterboom, sliderboom, kolam arus, flaying fox, bungee trampoline, kolam terapi ikan, kuda laut, dan jamur payung.

Pemandian Air Panas Sabda Alam Keterangan
Lokasi Jl. Raya Cipanas No. 3 Garut
Tiket Masuk Rp30.000 (Senin-Jumat)

Rp40.000 (Sabtu-Minggu)

Jam Buka/Operasional 07.00-20.00 (Senin-Jumat)

07.00-21.00 (Sabtu-Minggu)

Telepon 082121816000
Website sabdaalam-garut.com/taman-air

 

30. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

andi Cangkuang dan Kampung Pulo merupakan destinasi wisata budaya dan sejarah  yang layak untuk dikunjungi ketika liburan tiba. Karena letaknya yang berada di tengah danau, untuk mencapai lokasi Canda Cangkuang, Anda harus menyeberangi danau menggunakan rakit.

Masih satu kompleks dengan Candi Cangkuang, ada sebuah kampung adat bernama Kampung Pulo yang memiliki suasana asri dan jauh dari polusi kendaraan bermotor. Kampung ini sangat unik karena hanya ada 6 rumah dan 1 masjid. Kabarnya, Kampung Pulo dihuni oleh keturunan salah satu penyebar agama Islam bernama Eyang Embah Dalem Arif Muhammad.

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo Keterangan
Lokasi Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional 07.00 – 17.00

 

31. Tebing Alam Batu Tumpang

Kalau Anda kebetulan sedang di kawasan pantai selatan, ada tempat istirahat menarik bernama  Batu Tumpang yang bisa Anda kunjungi. Kehadiran tebing batu berukuran sangat besar ini menjadi daya tarik utama kawasan Batu Tumpang. Lokasinya pun cukup mudah ditemukan karena berada tepat di pinggir jalan.

Bila akhir pekan tiba, biasanya ada beberapa komunitas pencinta alam dan pendaki gunung yang berlatih panjang tebing di sini. Tak jarang, beberapa di antaranya sengaja mendirikan tenda di bawah tebing untuk menikmati indahnya malam di area Batu Tumpang.

Tebing Alam Batu Tumpang Keterangan
Lokasi Tanjungjaya, Banjarwangi, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional 24 Jam

 

32. River Tubing Cikaengan

Ingin tau bagaimana rasanya berlenggak-lenggok di atas aliran air sungai? Cobalah bermain river tubing yang ada di sungai Cikaengan.  Selama perjalanan menyusuri sungai Cikaengan, Anda akan melawati beberapa jeram sepeti Jeram Enjoy dan Jeram Burangkil. Tentu saja, masing-masing jeram punya sensasi yang berbeda.

Oh iya, sungai Cikaengan ini memiliki air yang bersih dan bebas limbah, lho. Oleh sebab itu, Anda tak perlu khawatir terkena gatal-gatal ketika bermain air di sini.  Sekali menikmati wahana ini, dijamin Anda akan merasa ketagihan dan ingin mencobanya berulang kali.

River Tubing Cikaengan Keterangan
Lokasi Mts. Al-Baqiyatussolihat, Jl. Raya Banjarwangi, Kabupaten Garut
Tiket Paket Burahol: Rp75.000

Paket Sorodot: Rp50.000

Paket Gujubar: Rp35.000

Telepon 081221655265

 

33. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk memiliki arus sungai yang cukup deras hingga cocok dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan olahraga air seperti arung jeram. Di samping keindahan arus sungai yang berliku-liku, di sepanjang perjalanan selama mengarungi sungai Cimanuk, Anda akan ditemani dengan pemandangan tebing-tebing tinggi nan eksotis, hutan bambu yang menjulang tinggi, serta lahan persawahan yang terbentang hijau.

Setidaknya, dibutuhkan kurang lebih 3 jam perjalanan dengan melewati lintasan sungai sepanjang 15 km. Meski jalurnya tak sepanjang sungai Cikandang, namun jeram di sungai Cimanuk juga tak kalah menantang, lho. Tertarik untuk mencoba?

Arung Jeram Sungai Cimanuk Keterangan
Lokasi Jln. Raya Bayongbong Timur, Cigedug No. 119, Blok Dawuan Kecamatan Bayongbong, Panembong, Garut
Tiket Mulai dari Rp350.000/orang (Tergantung paket yang dipilih)
Telepon 0823-1917-8075

 

34. Nangklak Stay Land

Saat libur akhir pekan atau libur panjang tiba, beberapa orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburannya dengan cara menikmati keindahan panorama alam. Nangklak Stay Land merupakan tempat wisata di Garut yang banyak dibicarakan. Tiket murah serta lokasi yang mudah dijangkau, membuat Nangklas Stay Land menjadi target yang pas bagi wisatawan.

Di samping kemudahan akses, Nangklak Stay Land juga menyediakan fasilitas dan wahana yang cukup beragam. Mulai dari permainan panahan, paintball, susur sungai, hingga menara pandang yang cocok untuk lokasi pengambilan foto.

Menariknya, tempat ini terbuka bagi siapa saja yang ingin menginap, lho. Kalau tak punya peralatan berkemah, Anda bisa menyewanya di sini. Urusan makanan, Nangklak Stay Land menyediakan beragam santapan seperti nasi liwet, jagung bakar, dan ubi bakar.

Kawah Talaga Bodas Keterangan
Lokasi Desa Sinarjaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp10.000 (Belum temasuk tiket wahana)
Jam Buka/Operasional Setiap hari, 08.00-18.00
Telepon 0822-1730-0224

 

35. Situ Bagendit

Berjarak kurang lebih sekitar 4 km dari pusat kota Garut, Situ Bagendit merupakan objek wisata alami yang digemari oleh banyak wisatawan. Di samping kemudahan mengakses lokasi wisata, pemandangan alam Situ Bagendit juga cukup memikat.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat sejuk ini. Anda bisa menyusuri keindahan danau menggunakan bebek air atau rakit bambu, memancing ikan, atau makan bersama keluarga di tepian danau. Menarik bukan?

Situ Bagendit Keterangan
Lokasi Jalan Kyai Haji Hasan Arif, Banyuresmi, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp5.000/orang
Jam Buka/Operasional 07.00-17.00

 

36. Darajat Pass Garut

Ini dia salah satu tempat wisata keluarga yang ada di Garut, Darajat Pass. Bermodal wahana pemandian air panas serta pemandangan yang asri, membuat lokasi ini menjadi favorit di kalangan wisatawan. Terlebih, di sini Anda bisa merasakan sensasi berendam air panas yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Masih di lokasi yang sama, terdapat wahana menarik khusus bagi Anda yang menyukai tantangan. Ya, wahana flaying fox siap memberikan pengalaman menyenangkan untuk siapa saja yang berani mencobanya.

Darajat Pass Garut Keterangan
Lokasi Jl. Darajat KM. 14, Pasirwangi, Karyamekar, Pasirwangi, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Senin-Jumat:

1.     Rp25.000 (3 s/d 10 tahun)

2.     Rp30.000 (10 tahun ke atas)

Hari Libur/Sabtu-Minggu: Rp 30.000 (Anak/Dewasa)

Telepon (0262) 4893062 / 085223165252
Website darajatpass.com

 

37. Kebun Binatang Cikembulan

Untuk Anda yang memiliki buah hati, kebun binatang Cikembulan bisa menjadi sarana belajar  yang pas untuk anak agar lebih mengenal keanekaragaman satwa. Beberapa hewan koleksi kebun binatang Cikembulan ini merupakan binatang langka, seperti macan tutuk jawa dan harimau sumatera.

Bagi pengunjung yang sudah dewasa, Anda juga bisa menikmati wahana menarik seperti ATV, menunggang kuda, bebek air, dan terapi ikan. Kalau Anda hobi memancing, kebun binatang Cikembulan juga menyediakan fasilitas kolam pancing

Kebun Binatang Cikembulan Keterangan
Lokasi Jl. Raya Kadungora Baru, Karangmulya, Kadungora, Talagasari, Kabupaten Garut
Tiket Masuk Rp.20.000 (Dewasa)

Rp15.000 (Anak-Anak)

Jam Buka/Operasional 09.00-17.00

 

38. Pemandian Air Panas Sukasono

Ada yang unik dari pemandian yang satu ini. Ya, pemandian air panas Sukasono berada ditengah-tengah areal persawahan. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhkan panorama hijau lengkap dengan deretan pepohonan yang cantik. Bahkan, dari kejauhan Anda bisa melihat kemegahan Gunung Papandayan, lho.

Pemandian air panas Sukasono memiliki 2 kolam renang dan 1 kolam ikan besar. Kolam renang dewasa memiliki kedalaman 1-1,5 meter. Sedangkan kolam dengan kedalaman kurang dari setengah meter dikhususkan untuk pengunjung anak-anak.

Pemandian Air Panas Sukasono Keterangan
Lokasi Kampung Tegal Nyanda, Desa Sukasono, Kecamatan Sukawening, Garut
Tiket Masuk Dewasa: Rp10.000

Anak-Anak: Rp6.000

Jam Buka/Operasional Setiap hari, 07.00 – 19.00

 

39. Wisata Petik Jeruk

Kalau Anda penikmat wisata alam khususnya di area perkebunan, Objek wisata petik jeruk Cigedug ini bisa menjadi pilihan destinasi yang pas untuk Anda dan keluarga. Di area seluas 1,5 hektar ini, Anda bisa dengan leluasa memetik jeruk yang sudah matang. Selain itu, selama berada di lokasi ini, Anda diajak untuk kenal lebih dekat dengan jeruk Garut yang punya rasa manis sebagai ciri khas.

Tak puas dengan hanya memetik jeruk, Anda juga bisa menikmati jus jeruk dan nasi liwet yang di santap di kebun jeruk, lho. Sebelum pulang, pastikan Anda sudah membeli jeruk sebagai buah tangan untuk teman atau kerabat Anda, ya.

Wisata Petik Jeruk Keterangan
Lokasi Desa Situgede, Kecamatan Cigedug, Garut
Tiket Masuk Rp50.000/orang

 

40. Perkebunan Teh Dayeuh Manggung

Salain wisata kebun jeruk, Garut juga punya wisata kebun teh, lho. Nah, bagi Anda yang ingin mencari lokasi untuk selfie, perkebunan teh Dayeuh ini rasanya menjadi tempat yang pas. Sepanjang mata memandang, Anda akan disajikan dengan hamparan teh hijau yang menyejukkan.

Lebih dari itu, suasana perkebunan ini jauh dari hiruk pikuk keramaian. Jadi, kalau Anda mau bermeditasi di sini juga bisa kok. Sayangnya fasilitas di tempat ini masih belum memadai. Kalau berkunjung ke sini, pastikan Anda membawa bekal berupa makanan dan minuman dari rumah, ya.

Perkebunan Teh Dayeuh Manggung Keterangan
Lokasi Desa Subatan Kecamatan Cilawu, Garut
Tiket Masuk Rp2.000/orang

 

Melihat begitu banyaknya tempat wisata di Garut, rasanya Anda membutuhkan beberapa hari untuk menikmati semua wisata tersebut. Oleh karena itu, guna menunjang perjalanan Anda, ada baiknya Anda mencari penginapan yang aman dan nyaman melalui website atau aplikasi Android/iOS Airy Rooms.

Airy Rooms membantu Anda untuk menemukan hotel murah yang ada di Garut. Meski berlabel murah, namun fasilitas yang ditawarkan Airy Rooms sangat lengkap. Mulai dari WiFi gratis, tempat tidur yang bersih, air minum gratis, AC, air hangat untuk mandi, perlengkapan mandi, hingga TV layar datar.

Nah, tunggu apa lagi? Segera berkemas dan selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *