35 Tempat Wisata di Bekasi yang Paling Seru dan Menarik

tempat wisata di bekasi

Sebagai kota terpadat ke-4 di Indonesia, Bekasi punya sejarah panjang layaknya kota-kota lain di Indonesia. Bermula dari perannya sebagai ibukota kerajaan Tarumanagara yang dikenal dengan nama Jayagiri, hingga pada tahun 1950 Bekasi resmi menjadi Kabupaten. Status Kota Admininstratif baru disandang Bekasi pada tahun 1982.

Sebagai bagian dari megapolitan Jabodetabek, Bekasi terkenal sebagai kawasan industri yang padat. Namun begitu, kota ini pun memiliki beberapa destinasi wisata yang seru dan sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah tempat-tempat tersebut:

 

1. Curug Parigi

Ingin menikmati air terjun Niagara yang tersohor tanpa perlu pergi ke perbatasan Amerika dan Kanada? Bertandanglah ke Bekasi untuk mengunjungi Curug Parigi yang dijuluki Niagara mini—yang tentu saja tidak kalah indahnya.

Air terjun setinggi 3 meter ini berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi, tepatnya di Kecamatan Bantargebang. Untuk sampai di air terjun ini, Anda bisa melewati Jalan Narogong KM 12,5 hingga mencapai Jalan Pangkalan 5. Dari sana, perjalanan sekitar 2 kilometer harus Anda tempuh sebelum sampai di air terjun.

Karena akses menuju air terjun masih berupa tanah dan kerikil, pastikan Anda berhati-hati agar tidak terpeleset. Hindari bepergian jika musim penghujan tiba. Bukan hanya jalanan yang menjadi licin, tetapi debit air Kali Bekasi pun akan naik hingga berkunjung ke Curug Parigi ini pun tidak disarankan.

Jika Anda berkunjung pada hari libur atau akhir pekan, di sepanjang jalan menuju air terjun akan penuh dengan warung-warung yang menjajakan makanan serta minuman. Tidak ada biaya masuk ke Air Terjun Parigi, Anda hanya akan dikenai biaya parkir sebesar Rp10.000 untuk mobil, sedangkan untuk motor Rp5.000, dan Rp2.000 untuk sepeda.

Curug Parigi Keterangan
Lokasi Jalan Pangkalan 5, Kampung Parigi, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 Jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Hindari berkunjung pada musim penghujan karena jalan menuju air terjun sangat licin dan debit air Kali Bekasi akan naik

Pastikan membawa bekal yang cukup jika berkunjung pada hari biasa

Jangan lupa membawa pakaian ganti

2. Go! Wet Waterpark

Waterpark yang memiliki slogan “Go! Wet, Get Fun,” ini merupakan salah satu waterpark terbesar di Indonesia, dengan luas area 7,5 hektare. Berlokasi di Grand Wisata Bekasi, Go! Wet menawarkan berbagai wahana air yang pasti menarik untuk dicoba dan menantang adrenanlin Anda.

Ingin menelusuri lorong dan seluncuran serta mendapatkan guyuran dari ember raksasa yang isinya akan tumpah begitu terisi? Anda bisa mencoba Go! Splash. Ingin mencoba merasakan ombak dengan kekuatan berbeda? Anda bisa berselancar di whana Go! Wave.

Selain dua wahan tersebut, ada 14 wahana lain yang bisa Anda nikmati bersama keluarga di Go! Wet Waterpark. Yang pasti, kunjungan ke Bekasi tidak akan lengkap tanpa mencoba waterpark terbesar ini.

Go! Wet Waterpark Keterangan
Lokasi Grand Wisata, Jalan Southern Boulevard Kav. 1, Tambun Selatan, Kota Bekasi
Tiket masuk Hari biasa

Dewasa:  Rp150.000

Anak-anak: Rp100.000

Hari libur/akhir pekan

Dewasa: Rp225.000

Anak-anak: Rp175.000

Jam operasional Hari biasa: 10.30-18.30

Akhir pekan/hari libur nasional: 09.00–20.00

Telepon (021) 2956 0000
Website http://gowet-grandwisata.com/
Tips berkunjung Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar karena terdapat restoran di dalam area waterpark

Anda bisa mengecek secara berkala situs Go! Wet Waterpark karena seringkali ada promo-promo menarik

3. Gedung Juang Tambun

Gedung Juang 45 atau yang juga dikenal dengan nama Gedung Juang Tambun bukan sekadar bangunan tua tetapi juga memiliki sejarah penting dalam pergerakan revolusi, baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan Indonesia.

Dibangun oleh seorang tuan tanah, Khouw Tjeng Kie, gedung yang dahulu disebut Gedung Tinggi ini mengalami dua tahap pembangunan. Tahap pertama dimulai pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1910, sedangkan pembangunan tahap ke-2 dimulai pada tahun 1925.

Pada saat penjajahan Jepang, bangunan ini direbut dan dijadikan pusat kekuasaan hingga tahun 1945. Komite Nasional Indonesia (KNI) menjadikan gedung ini sebagai kantor Kabupaten Jatinegara pada tahun 1945. Fungsinya pun mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Sempat dijadikan kantor pemerintahan, perpustakaan, kantor pemadam kebakaran, dan sekarang fungsinya sebagai cagar budaya Kota Bekasi.

Gedung Juang Tambun Keterangan
Lokasi Jalan Sultan Hasanudin No. 5, Tambun Selatan, Kota Bekasi
Tiket masuk Dewasa: Rp. 5000

Anak-anak: Rp. 2000

Jam operasional 08.00-15.00
Telepon
Website
Tips berkunjung Bisa dijadikan objek wisata sejarah untuk anak sekolah

4. Saung Ranggon

Bangunan yang terbuat dari kayu ulin ini dibangun pada abad ke-16 sekalipun tahun pastinya tidak diketahui. Meski sudah berusia 5 abad, bangunan ini masih kokoh berdiri. Satu fakta unik mengenai bangunan ini adalah tidak menggunakan paku untuk menyatukan bagian-bagiannya, melainkan pasak.

Berlokasi di Kampung Cikedokan, Saung Ranggon dipercaya merupakan tempat persembunyian Pangeran Rangga, putra dari Pangeran Jayakarta, setelah kalah oleh VOC. Sempat terlantar selama 2 abad, bangunan ini kemudian ditemukan serta diperbaiki oleh Raden Abbas pada tahun 1821.

Saung Ranggon merupakan rumah panggung yang dibangun di atas tanah seluas 500 m2 dengan ketinggian 2,5 meter di atas permukaan tanah, berukuran 7,2 x 7,6 meter dan atap berbentuk Julang Ngapak (terdiri dari dua bidang miring) dengan penutup terbuat dari sirap kayu. Dilengkapi 7 buah anak tangga pada pintu masuk, bagian dalam Saung Ranggon tidak terdapat sekat-sekat seperti rumah pada umumnya dan hanya terdapat satu kamar.

Setiap tahun, acara “Maulidan” diadakan di sini, dibarengi ritual membersihkan pusaka, hiburan jaipongan, dan wayang kulit khas Bekasi.

Saung Ranggon Keterangan
Lokasi Kampung Cikedokan, Cikarang Barat, Kota Bekasi
Tiket masuk Rp20.000
Jam operasional 06.00-21.00
Telepon
Website
Tips berkunjung Usahakan berkunjung pada pagi atau siang hari

Jika ingin mengambil foto, disarankan meminta izin terlebih dahulu kepada juru kunci Saung Ranggon, Ibu Sri.

5. Wisata Rumah Pohon Jatiasih

Berlokasi di Jalan Raya Parpostel, Rumah Pohon Jatiasih ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Bekasi karena atmosfernya yang sangat menyatu dengan alam. Kehidupan di kota yang jauh dari rimbunnya pepohonan serta penuh oleh polusi menjadikan Rumah Pohon Jatiasih pilihan yang tepat untuk melepas penat.

Selain bangunan-bangunan rumah pohonnya, terdapat berbagai wahana lain yang dapat dimanfaatkan beramai-rami bersama keluarga, seperti menyewa ATV, memancing, flying fox, wall climbing, bahkan menguji adrenalin melalui jembatan yang terbuat dari tali. Tempat ini juga menyediakan area outbound yang bisa Anda gunakan untuk melatih ketrampilan.

Paket yang disediakan Rumah Pohon Jatiasih termasuk sangat terjangkau untuk fasilitas yang ditawarkan. Jika Anda mengambil paket full outbound, harga yang Anda bayar sudah termasuk makan siang dan mencoba semua wahana yang ada. Jika ingin mencoba satu wahana saja, tentunya harganya pun berbeda.

Rumah Pohon Jatiasih Keterangan
Lokasi Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi
Tiket masuk Full Outbond: Rp75.000

Mini outbond: Rp50.000

Penyewaan ATV: Dewasa (Rp40.000), anak-anak (Rp30.000)

Flying Fox & wall climbing:  Rp25.000

Memancing: Rp10.000

Sewa alat pancing: Rp20.000

Jam operasional Hari biasa: 09.00-17.00
Telepon (021) 32700780
Website
Tips berkunjung Tidak diperkenankan untuk merokok di area wisata karena disediakan area khusus untuk merokok

Awasi anak-anak Anda saat bermain

6. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya yang berada di Serang Baru ini, dikenal sebagai tempat penangkaran buaya dengan koleksi spesies terbanyak di Asia. Terdapat kurang lebih 500 ekor buaya dari berbagai spesies, termasuk beberapa yang dilindungi, seperti Irian, Buntung, Albino, Muara, dan buaya air payau dari Kalimantan. Spesies yang paling banyak menghuni taman buaya ini adalah buaya Sumatra.

Selain sebagai area penangkaran, TBIJ juga menyajikan atraksi-atraksi menarik pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada hari libur. DI tempat ini terdapat 5 kolam besar yang bisa menampung 100 ekor buaya, sedangkan kolam-kolam kecil digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan penangkaran.

Taman Buaya Indonesia Jaya Keterangan
Lokasi Jalan Raya Serang-Cibarusah KM.3, Sukaragam, Serang Baru, Kota Bekasi
Tiket masuk Dewasa: Rp20.000

Anak-anak: Rp10.000

Jam operasional 08.00-16.00
Telepon 081-233-339-889
Website
Tips berkunjung Jaga jarak dengan kolam buaya

7. Pura Agung Tirta Bhuana

Ingin menikmati suasana Bali tanpa harus jauh-jauh terbang ke Pulau Dewata? Pura Agung Tirta Bhuana bisa mengobati keinginan Anda untuk berkunjung ke Bali. Pura ini merupakan satu-satunya tempat di Bekasi yang digunakan sebagai tempat persembahyangan umat Hindu.

Dibangun pada tahun 1988 dan diresmikan pada tahun 1991, Pura Agung Tirta Bhuana benar-benar mengadaptasi pura-pura yang keberadaannya tersebar di Bali. Selain dekorasinya, di sekeliling pura juga terdapat pohon bunga kamboja, yang bunganya sering digunakan dalam kegiatan keagamaan umat Hindu.

Pura Agung Tirta Bhuana ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk bersembahyang, tetapi juga aktivitas yang berhubungan dengan agama Hindu, seperti tempat berkumpulnya para pemuda dan masyarakat Hindu, sebagai pusat pembelajaran bagi generasi muda, serta digunakan sebagai tempat berlatih sanggar tari Saraswati setiap hari Rabu dan Sabtu.

Pura Agung Tirta Bhuana Keterangan
Lokasi Jalan Jatiluhur Raya, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 08.00 – 18.00
Telepon (021) 8840965
Website https://www.tirtabhuana.com/
Tips berkunjung Jika sedang ada acara keagamaan, usahakan untuk tidak mengganggu prosesi yang sedang berlangsung

8. Klenteng Liem Thay Soekong

Dibangun pada abad ke-16, klenteng yang dibangun di atas lahan berukuran 60×50 meter ini mengalami beberapa kali renovasi. Namun, sebagian besar dari bangunan yang didominasi warna merah ini masih mempertahankan keasliannya. Salah satunya adalah tambur yang masih dipakai di setiap perayaan tahun baru Cina. Selain itu, peti yang digunakan untuk menyimpan peralatan ibadah juga masih asli.

Setiap perayaan Cap Go Meh, pengelola klenteng yang juga dikenal dengan nama Klenteng Kong Siang Tee Kong ini selalu mengadakan acara-acara seperti karnaval barongsai, liong, kesenian Tiongkok, dan juga kirab joli atau tandu dewa. Selain itu, pengelola selalu melibatkan kesenian lokal Betawi seperti tanjidor sebagai bagian dari perayaan.

Klenteng Liem Thay Soekong Keterangan
Lokasi Jalan Kyai Haji Fudholi, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 04.00-22.00
Telepon
Website
Tips berkunjung Hormati para pengunjung yang sedang beribadah

9. Pantai Muara Gembong

Kehidupan kota yang sibuk dan jauh dari alam memang tidak jarang membutuhkan penyegaran. Tidak ada yang menyangka bahwa di kota sepadat Bekasi terdapat wisata alam yang bisa Anda dijadikan alternatif untuk berlibur.

Pantai Muara Gembong ini dikelilingi oleh 17 km hutan bakau yang bisa dijelajahi dengan menggunakan sampan. Termasuk dalam kawasan hutan lindung di Ujung Krawang, terdapat 23 jenis tanaman bakau di kawasan hutan mangrove Muara Gembong. Selain itu, kawasan hutan bakau ini juga menjadi habitat 158 jenis burung dan juga lutung hitam yang populasinya semakin lama semakin berkurang.

Dengan pemandangan Teluk Jakarta yang biru, pemandangan di pantai Muara Gembong tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Pantai Muara Gembong Keterangan
Lokasi Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi
Tiket masuk Gratis

Sewa perahu: Rp20.000/orang

Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Dilarang memburu binatang yang berada di area hutan bakau

10. Pantai Muara Beting

Tidak jauh dari Muara Gembong, terdapat pantai Muara Beting yang lokasinya sendiri berada dalam satu kawasan dengan kompleks pasar Muara Gembong.

Di atas lahan seluas 7 hektare, pengunjung dapat menikmati suasana hutan bakau yang jauh dari kebisingan serta pemandangan yang tentunya memanjakan mata. Tidak mengejutkan jika pantai berpasir gelap ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan warga Bekasi. Fasilitas di pantai Muara Beting juga sudah cukup memadai dengan adanya tempat parkir dan kamar ganti.

Pantai Muara Beting Keterangan
Lokasi Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi
Tiket masuk Gratis

Sewa perahu: Rp20.000/orang

Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Dilarang memburu binatang yang berada di area hutan bakau

11. Pantai Muara Bendera

Pantai lain yang berada di area Muara Gembong adalah pantai Muara Bendera. Keunikan yang ada di pantai ini adalah selama bulan September hingga Februari, Anda dapat menyaksikan migrasi burung-burung dari Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik ke pantai Muara Bendera.

Pantai Muara Bendera Keterangan
Lokasi Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi
Tiket masuk Gratis

Sewa perahu: Rp20.000/orang

Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Pastikan Anda tidak berenang terlalu jauh dari garis pantai karena di sini tidak terdapat penjaga pantai

Harap berhati-hati jika bermain air atau berenang di pantai ini karena kawasan ini juga dikenal sebagai tempat koloni ubur-ubur

12. Pantai Mekar

Masih terletak di Kecamatan Muara Gembong, pantai keempat dan terakhir ini dikenal dengan bangunan gazebo lepas pantainya yang disebut dengan Villa Joglo. Meski terbuat dari kayu, bambu, dan atap jerami, gazebo ini dijamin kuat menahan angin yang berembus dari laut.

Pengunjung bisa menggunakan gazebo ini untuk memancing atau sekadar berkumpul bersama keluarga sembari menikmati semilir angin laut dan pemandangan laut yang luas. Pantai Mekar ini juga pantai yang secara geografis terletak paling dekat dengan muara sungai.

Pantai Mekar Keterangan
Lokasi Jalan Raya Muara Gembong, Bekasi
Tiket masuk Gratis

Sewa perahu: Rp20.000/orang

Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Dilarang memburu binatang yang berada di area hutan bakau

13. Situ Cibeureum

Danau yang terbentuk secara alami ini merupakan kebanggaan warga Bekasi. Meski luasnya sudah berkurang tapi daya tarik Situ Cibeureum masih sangat besar. Menikmati semilir angin sembari menyaksikan permukaan air danau yang tenang memang bisa menjadi terapi yang murah sekaligus menyenangkan.

Situ Cibeureum Keterangan
Lokasi Perumahan Grand Wisata, Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Waktu paling tepat mengunjungi Situ Cibeureum adalah ketika sore agar bisa menyaksikan matahari terbenam

14. Venetian Water Carnaval

Ingin merasakan atmosfer karnaval di Venesia yang terkenal tanpa harus menguras tabungan? Venetian Water Carnaval bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi saat hari libur tiba.

Begitu memasuki arena, tema karnaval yang meriah dengan warna-warna terang akan langsung menyambut Anda, seperti layaknya tema serupa yang ada di negeri pizza, Italia. Venetian Water Carnaval memiliki dua kolam renang serta beberapa wahana air yang pasti membuat kunjungan Anda dan sekeluarga berkesan.

Venetian Water Carnaval Keterangan
Lokasi Villa Mutiara Gading II, Tambun Utara, Bekasi
Tiket masuk Hari biasa: Rp20.000

Akhir pekan/hari libur: Rp50.000

Harga ini berlaku untuk pengunjung dewasa dan anak-anak yang bertingi badan di atas 80 cm.

Jam operasional 08.00-18.00
Telepon (021) 88377272
Website
Tips berkunjung Jangan lupa membawa baju ganti

15. Fun Park Waterboom

Mengunjungi Fun Park Waterboom Anda akan dimanjakan dengan 4 buah kolam renang dengan ukuran serta kedalaman yang berbeda, cocok untuk anak-anak dari berbagai usia dan juga dewasa.

Kolam yang diperuntukkan orang dewasa memiliki kedalaman air antara 1,2 hingga 1,5 meter. Kolam untuk anak-anak dibagi menjadi tiga, yaitu yang memiliki kedalaman masing-masing 50 cm, 30 cm, dan 20 cm. Setiap kolam renang anak-anak juga dilengkapi dengan perosotan, air mancur berbentuk jamur, dan istana mini, di mana anak-anak akan bisa bermain air sepuas hati.

Fun Park Waterboom Keterangan
Lokasi Jalan Raya Bantar Gebang, Setu, Cimuning Raya, Bekasi
Tiket masuk Hari biasa: Rp15.000

Hari libur/akhir pekan: Rp20.000

Jam operasional 07.00-18.00
Telepon (021) 82612335
Website
Tips berkunjung Pastikan anak-anak berenang sesuai dengan kedalaman kolam renang

16. Danau Marakas

Danau yang sengaja dibuat pengembang Perumahan Pesona Ungu sebagai penampungan air dan arena rekreasi warga sekitar ini menjadi daya tarik, bukan hanya dari penduduk sekitar tapi juga masyarakat Bekasi pada umumnya.

Dengan luas lebih dari 2 hektare, Danau Marakas pun ramai oleh pengunjung, terutama jika sore tiba. Selain untuk menikmati semilirnya angin, pengunjung bisa memancing di danau ini. Di sekitar danau juga disediakan kolam renang, taman, serta penjual makanan yang berderet hingga tak perlu khawatir jika lapar menyerang.

Danau Marakas Keterangan
Lokasi Perumahan Pesona Ungu, Jalan Sejahtera, Bahagia, Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan

 

17. Taman Rusa Kemang Pratama

Atraksi yang dimiliki taman ini bukan sekadar tujuh ekor rusa tutul yang sengaja didatangkan oleh pengelola, tetapi juga adanya beberapa satwa lain. Tidak salah jika menjuluki tempat ini sebagai taman satwa mini.

Selain melihat rusa dan satwa yang ada, masyarakat Bekasi juga menggunakan taman ini sebagai tempat untuk berolahraga. Tidak hanya di akhir pekan, pada hari-hari biasa pun dapat ditemui warga yang berjoging, berjalan-jalan, atau sekadar melakukan olahraga ringan.

Taman Rusa Kemang Pratama Keterangan
Lokasi Jalan Niaga Raya Blok. C No. 3, Sepanjang Jaya, Bojong Rawalumbu, Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 08.00-18.00
Telepon
Website
Tips berkunjung Tanya terlebih dahulu kepada penjaga jika inginmemberi makan satwa yang ada di taman

18. Hutan Kota Patriot Bina Bangsa

Kebutuhan ruang hijau di perkotaan memang semakin diperlukan, maka dari itulah Pemerintah Kota Bekasi meresmikan Hutan Kota Patriot Bina Bangsa ini sebagai ruang hijau di Bekasi.

Hutan kota ini bisa dikunjungi 24 jam tanpa ada pungutan biaya. Banyaknya pohon rindang yang memberikan kesan rimbun dan sejuk, area seluas 2 hektare ini pun menjadi tujuan warga Bekasi untuk bersepeda, sekadar berjalan-jalan, atau bahkan berpiknik.

Hutan Kota Patriot Bina Bangsa Keterangan
Lokasi Jalan A. Yani No. 2, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Jaga kebersihan taman saat berkunjung ke sini

19. Masjid Nurul Islam “Islamic Center”

Berada di dalam kompleks Islamic Center Kota Bekasi yang beralamat di Jalan Ahmad Yani, masjid yang terdiri dari 3 lantai ini merupakan salah satu ikon kota Bekasi. Aula pertemuan, kompleks perkantoran, deretan kios, serta koperasi bisa ditemukan di lantai dasar. Sedangkan lantai dua dan tiga digunakan sebagai tempat ibadah. Kapasitas masjid ini pun mampu menampung sekitar 4000 jemaah.

Masjid Nurul Islam Keterangan
Lokasi Kompleks Islamic Center, Jalan Ahmad Yani No.22, Marga Jaya, Bekasi Selatan
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 Jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Anda bisa naik ke menara masjid setinggi 160 meter

20. Pusat Wisata Kuliner Saung Wulan

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Bekasi tanpa mencoba wisata kuliner yang ada di kota ini. Pusat Kuliner Saung Wulan merupakan pilihan yang tepat untuk memanjakan lidah Anda akan makanan Sunda yang memang terkenal kelezatannya.

Saung Wulan ini merupakan kumpulan berbagai restoran yang menempati area seluas 4000 m2. Sesuai namanya, Kawasan ini menyediakan berbagai macam saung dengan kapasitas 5-10 orang hingga 25-50 orang—sangat pas digunakan untuk acara kantor, reuni, atau acara keluarga.

Selain restoran, Saung Wulan pun dilengkapi dengan gedung pertemuan dan juga kolam pemancingan berisi ikan patin, gurame, mujair, mas, dan tawes. Pengunjung dapat menggunakan alat pancing yang disediakan gratis oleh pengelola.

Pusat Kuliner Saung Wulan Keterangan
Lokasi Jalan Abu Bakar No.60, Setiadarma, Tambun Selatan, Bekasi
Tiket masuk Gratis, siapkan saja biaya makan
Jam operasional 10.00-23.00
Telepon (021) 88337777
Website http://restosaungwulan.com
Tips berkunjung Ikan yang berhasil ditangkap pengunjung dihargai Rp35.000 per kilonya.

21. Bumi Perkemahan Karang Kitri

Berkemah pantas dijadikan alternatif untuk berlibur dari kehidupan perkotaan. Tidur dengan beralaskan tikar atau sleeping bag ditemani suara jangkrik atau serangga malam pastilah akan membuat Anda merasa dekat dengan alam.

Di Bumi Perkemahan Karang Kitri, Anda tidak hanya bisa berkemah tetapi juga bisa dengan leluasa menikmati fasilitas outbound yang disediakan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa menikmati fasilitas ini.

Bumi Perkemahan Karang Kitri Keterangan
Lokasi Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmanu, Bekasi
Tiket masuk Anggota Pramuka: Rp1.500

Umum: Rp2.000

Sewa tenda: Rp45.000/hari

Jam operasional 24 jam
Telepon (021) 70211337
Website
Tips berkunjung Pengelola bumi perkemahan menyediakan tenda serta peralatan berkemah lainnya untuk disewa

22. WaterBoom Lippo Cikarang

Salah satu yang menonjol dari Waterboom Lippo Cikarang adalah kentalnya nuansa Bali di setiap wahananya. Selain patung-patung yang biasa ditemukan di Bali, pondok-pondok di area waterpark ini juga dihiasi bunga yang identik dengan masyarakat Bali, bunga kamboja.

Selain menampilkan nuansa Pulau Dewata, Waterboom Lippo Cikarang juga menyediakan perosotan spiral bagi anak-anak, begitu juga dengan dekorasi bajak laut, patung lumba-lumba yang bisa ditemukan di lokasi kolam renang anak-anak.

Selain itu, Anda juga bisa bermain voli air atau bagi Anda yang ingin bersantai setelah mencoba berbagai wahana, Anda bisa mencoba terapi ikan serta whirlpool yang juga tersedia di area waterpark ini.

Waterboom Lippo Cikarang Keterangan
Lokasi Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi
Tiket masuk Hari Senin-Jumat – Rp. 60.000

Akhir pekan – Rp. 95.000

Jam operasional Hari biasa: 09.00-17.00

Akhir pekan/hari libur nasional: 08.00-18.00

Telepon (021) 89907711
Website www.waterboomlippocikarang.com
Tips berkunjung Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam area waterboom

23. Situ Gede

Situ Gede yang berlokasi di daerah Rawalumbu ini memang belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah Bekasi. Namun, bukan berarti keberadaannya juga terabaikan oleh masyarakat Bekasi.

Berada di area seluas lebih dari 7 hektare, Situ Gede adalah rawa yang terbentuk secara alami. Bukan itu saja, sekeliling rawa pun masih terlihat asri dengan pepohonan-pepohonan besar dan tinggi, sehingga menimbulkan kesan teduh.

Jika Anda hobi memancing, maka Situ Gede adalah lokasi sempurna. Beberapa ikan seperti lele, nila, mas, dan bawal bisa didapati di perairan Situ Gede.

Situ Gede Keterangan
Lokasi Jalan Kampung Bojong Menteng, Bojong Menteng, Rawalumbu, Bojong Menteng, Kota Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Anda bisa menyewa perahu rakit untuk mengelilingi danau

24. Vihara Dharma Jaya

Selain wisata religi bagi umat Islam dan Hindu, di Bekasi juga terdapat vihara yang merupakan tempat peribadatan umat Budha. Berlokasi di Cibitung, Vihara Dharma Jaya terdiri dari dua lantai di mana terdapat 14 altar persembahyangan pada masing-masing lantai. Sedangkan untuk kapasitas, vihara ini mampu menampung hingga 50 umat.

Dua ekor singa penjaga yang disebut Bao-gu-shi akan menyambut Anda di pintu masuk, sementara atap vihara dihiasi dua patung naga yang menapit mutiara. Bangunan vihara sendiri didominasi warna merah, lengkap dengan ornamen dan patung-patung dewa-dewi Budha yang bernunasa abad 20-an. Bau dupa umat Buddha yang sedang bersembahyang pun akan mampu menjadikan pengalaman mengunjungi vihara ini menjadi semakin lengkap.

Vihara Dharma Jaya Keterangan
Lokasi Jalan Bajir No.19, Bojong Rawalumbu, Rawalumbu, Kota Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 06.00-21.00
Telepon 0812-0063-522
Website
Tips berkunjung Jaga kesopanan di area peribadatan

25. Kolam Renang Taman Harapan Baru

Kolam Renang Taman Harapan Baru memiliki tiga kolam yang diperuntukkan untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Selain memiliki kedalaman yang berbeda, tiap kolam renang juga dilengkapi seluncuran dan perosotan air dengan ketinggian yang tidak sama. Ember Tumpah pun menjadi salah satu atraksi yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Kolam Renang Taman Harapan Baru Keterangan
Lokasi Jalan Taman Harapan Baru Barat, Blok C1 No 6, Pejuang, Medan Satria, Bekasi
Tiket masuk Senin–Jumat:  Rp15.000

Akhir pekan/hari libur nasional: Rp25.000

Jam operasional 08.00-18.00
Telepon (021)8879703
Website
Tips berkunjung Pengelola menyediakan peralatan renang seperti kaca mata, pelampung, dan papan seluncuran yang semuanya bisa disewa

26. Snow World International Revo Town (Dunia Salju Bekasi)

Memiliki iklim tropis tentu saja tidak memungkinkan masyarakat Indonesia menikmati salju, tetapi di lapangan parkir utara Revo Town, terdapat destinasi wisata yang cukup unik, Dunia Salju Bekasi.

Dibagi menjadi dua bagian, Dunia Salju Bekasi menawarkan sesuatu yang berbeda dan akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Bagian pertama dari area ini menampilkan berbagai bentuk pahatan yang terbuat dari balok es, seperti hewan, kereta, Sinterklas, dan bentuk lainnya.

Sementara bagian kedua adalah area bersalju dengan suhu yang mencapai 150 Celcius di bawah nol. Di bagian kedua ini, Anda akan merasakan kabut serta salju artifisial yang seolah-olah turun dari langit. Selain itu, Anda bisa meluncur menggunakan seluncuran salju yang disediakam pengelola.

Dunia Salju Bekasi Keterangan
Lokasi Revo Town Lapangan Parkir Utara, Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 1, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Bekasi
Tiket masuk Tinggi badan di atas 140 cm: Rp60.000

Anak-anak dengan tinggi di bawah 140 cm: Rp50.000

Jam operasional Hari biasa: 14.00-19.30

Akhir pekan/hari libur nasional: 11.00-20.30

Telepon 0813-3357-7722
Website
Tips berkunjung Tiket masuk sudah termasuk jaket yang bisa dipinjam

27. Taman Alamanda Regency

Berada di kawasan perumahan Alamanda Regency Raya tidak menjadikan taman ini tujuan warga Bekasi yang tinggal di sekitar area perumahan. Aksesnya yang mudah serta tidak adanya biaya masuk justru menambah daya tarik taman ini bagi sebagian besar warga Bekasi.

Selain terdapat danau buatan yang memberikan kesan tenang dan menyejukkan, pengelola taman pun meneydiakan beberapa fasilitas ketangkasan seperti flying fox serta lintasan tali yang bisa digunakan pengunjung. Taman ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin berolahraga ringan, maupun sekadar menikmati alam.

Taman Alamanda Regency Keterangan
Lokasi Jl. Taman Alamanda Raya, Karangsatria, Tambun Utara, Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Jaga kebersihan taman dengan tidak membuang sampah sembarangan

28. Transera Waterpark Harapan Indah

Bekasi memang tidak pernah kehabisan destinasi wisata air. Transera Waterpark Harapan Indah adalah salah satu tujuan wisata yang sangat sayang jika dilewatkan.

Berlokasi di perbatasan antara Jakarta Timur dan Bekasi, wahana permainan air ini adalah yang terbesar dan terlengkap di Bekasi. Yang menjadikan Transera Waterpark ini berbeda dengan taman hiburan air lainnya adalah konsep nuansa alam eksotis Afrika yang diangkat. Selain itu, ada dua zona di area ini, yaitu zona Waterpark dan Drypark. Jika lelah dengan permainan di Waterpark, Anda bisa mencoba wahana yang berada di zona Drypark.

Secara keseluruhan, ada 23 wahana di Transera Waterpark, termasuk rumah tradisional suku Afrika serta berbagai patung hewan unik sehingga semakin menguatkan kesan Afrika yang ada dalam area ini.

Transera Waterpark Harapan Indah Keterangan
Lokasi Harapan Indah Boulevard Kavling V, Kota Harapan Indah, RT.1, Pusaka Rakyat, Tarumajaya, Bekasi
Tiket masuk Senin-Jumat: Rp85.000

Akhir pekan: Rp125.000

High Season: Rp150.000

Jam operasional Hari biasa: 10.00 – 18.00

Akhir pekan/hari libur nasional: 08.00 – 18.00

Telepon (021) 2946 5555
Website https://www.transerawaterpark.co.id
Tips berkunjung Dilarang membawa masuk makanan dan minuman

29. Taman Kota Alun-alun Bekasi

Taman Kota Alun-alun ini merupakan salah satu proyek pemerintah Bekasi untuk membangun 1000 taman di Bekasi. Diresmikan pada tahun 2012, area ini dulunya merupakan alun-alun yang tidak bisa diakses warga. Namun, pemerintah Bekasi kemudian mengubahnya menjadi ruang terbuka hijau sekaligus sebagai salah satu paru-paru kota Bekasi.

Terdapat 300 lebih pohon di taman yang didirikan di atas lahan seluas 2 hektare ini sehingga kesan rindang dan sejuk tidak terelakkan. Tidak hanya itu, terdapat juga arena bermain anak-anak, kolam ikan, bangku taman, serta jalur khusus untuk warga yang ingin lari-lari kecil dan jalan kaki.

Taman Kota Alun-alun Bekasi Keterangan
Lokasi Jalan Raya Veteran, Desa Margahayu, Bekasi Selatan, Kota Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 08.30-21.00
Telepon
Website
Tips berkunjung Jaga kebersihan area taman

30. Masjid Jami Al-Hidayah

Wisata religi bagi umat Islam ini berlokasi di sebelah Ponpes Sullamul Istiqomah, tepatnya di perempatan Jalan Kompleks Seroja, Kaliabang Bungur. Masjid ini menjadi destinasi religi bukan hanya karena bangunannya, tetapi juga sejarah panjang yang melekat pada masjid ini.

Dibangun pada tahun 1935 oleh beberapa toko Islam terkemuka saat itu, masjid ini menjadi tempat berkumpulnya laskar Hizbullah saat Indonesia masih berjuang melawan Belanda.

Laskar Hizbullah sangat berperan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, karena keberanian yang mereka tunjukkan pada saat itu sangat ditakuti oleh Belanda. Bahkan, Belanda pun selalu memata-matai masjid ini karena aktivitasnya.

Masjid Jami Al Hidayah Keterangan
Lokasi Jl. Raya Bungur, Pejuang, Bekasi Barat, Kota Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Jaga sikap, terutama jika ada pengunjung yang sedang beribadah

31. Columbus Waterpark

Columbus Waterpark menawarkan tema yang berbeda dibandingkan wisata permainan air lainnya. Seperti namanya, konsep yang diusung destinasi wisata ini adalah pelayaran pelaut ulung Christopher Columbus melintasi samudra hingga menemukan benua Amerika.

Di area Columbus Waterpark, Anda akan disambut oleh replika Kapal Laut Santa Maria, yaitu kapal yang digunakan Columbus untuk menjelajahi samudra hingga menemukan benua baru, Amerika. Tidak hanya itu, di dalam kapal juga terdapat biografi serta sejarah pelayaran penjelajah ini serta tempat-tempat yang pernah disinggahinya.

Wahana yang ada di waterpark ini bisa dikatakan cukup lengkap. Mengusung nama-nama dan tema seperti Carribean Island, De Bahama Pool, De Puerto Pool, dan De Magma, menjadikan Columbus Waterpark terasa unik karena pengunjung akan dibuat seperti berada di tempat-tempat pemberhentian Columbus tersebut. Selain itu, terdapat juga area outbound dan flying fox.

Columbus Waterpark Keterangan
Lokasi Perumahan Mutiara Gading Timur, Kelurahan, Kecamatan, Mustika Jaya, Mustikajaya, Kota Bekasi
Tiket masuk Senin-Jumat:

Dewasa: Rp40.000

Anak-anak: Rp30.000

Akhir pekan/hari libur:

Dewasa: Rp65.000

Anak-anak: Rp55.000

Jam operasional 08.00-18.00
Telepon (021) 29081234
Website
Tips berkunjung Pastikan Anda suda melakukan reservasi jika datang berkelompok

Cek situs-situs ecommerce karena mereka sering menawarkan diskon

32. Danau Cipule

Berlokasi di daerah Karawang, Danau Cipule menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan warga Bekasi. Beberapa kali, danau ini digunakan sebagai arena kompetisi untuk olahraga dayung, baik tingkat nasional maupun internasional.

Meskipun sering digunakan sebagai arena kompetisi, tetapi tidak lantas menjadikan tempat ini tertutup untuk umum. Dengan deretan pohon jati yang ada di sekeliling danau, tempat ini justru menjadi salah satu objek wisata favorit warga Bekasi. Apalagi, di tengah danau terdapat pulau yang dinamai Pulau Cinta. Untuk mencapai Pulau Cinta ini, pengunjung bisa menyewa perahu.

Danau Cipule Keterangan
Lokasi Desa Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Penyewaan perahu ke Pulau Cinta hanya sebesar Rp. 2.000/orang

33. Jababeka Botanical Garden

Berlokasi di dekat perumahan Tropikana Garden, Jababeka Botanical Garden bukan hanya berfungsi sebagai hutan kota di kawasan Bekasi yang memang padat oleh industri, tetapi juga memiliki peranan penting dalam merawat, menjaga, serta mengembangbiakkan berbagai jenis tanaman.

Berada di atas lahan seluas 11 hektare, tempat ini juga menjadi pusat pengembangan bonsai dan bunga anggrek, hibridisasi, serta memegang peranan penting dalam pengenalan tentang pentingnya nilai sejarah yang terdapat dalam tanaman.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati berbagai tanaman yang ada di Botanical Garden, tetapi juga bisa bersepeda, berjalan santai, atau sekadar olaraga ringan. Banyaknya pepohonan menjadikan lokasi ini begitu rindang dan cocok untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Jababeka Botanical Garden Keterangan
Lokasi Jababeka Center, Hollywood Plaza No. 10 – 12, Jalan H. Usmar Ismail, Cikarang, Sertajaya, Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon (021) 2851804
Website http://www.jababeka.com/id/botanic-garden
Tips berkunjung Setiap bulan Oktober, diadakan festival bernuansa Jepang, Momiji Matsuri

34. Piramida Terbalik Summarecon

Tidak perlu pergi ke Paris untuk berpose di depan piramida Museum Louvre yang terkenal itu. Di Summarecon, ada monumen yang menyerupai salah satu ikon di Paris tersebut, yaitu Piramida Terbalik. Monumen yang dibuat oleh Imam Ashar ini pun lambat laun menjadi ikon kota Bekasi.

Setiap malam tiba, dari monumen ini akan terlihat berbagai warna lampu yang membuat tampilannya semakin unik dan menarik. Tidak hanya wisatawan yang menjadikan ikon ini sebagai latar belakang untuk berfoto, tetapi juga para fotografer yang mengabadikan landmark kota Bekasi tersebut.

Piramida Terbalik Summarecon Keterangan
Lokasi Sentra Summarecon, Jalan Ahmad Yani, Blok M, Bekasi Utara
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Siapkan kamera untuk mendapatkan foto-foto seru yang instagramable

35. Klenteng Hok Lay Kiong

Tempat ibadah keturunan Cina yang terletak di Desa Margahayu, Bekasi Timur ini sudah berdiri sejak abad ke-18. Meskipun sudah berumur ratusan tahun, klenteng ini masih digunakan oleh warga keturunan etnis Tionghoa untuk berdoa.

Dalam bahasa Cina, Hok Lay Kiong berarti pembawa berkah. Sejak didirikan 3 abad lalu, beberapa ritual keagamaan masih rutin diselnggerakan oleh klenteng ini. Setiap perayaan tahun baru Cina atau Cap Go Meh, diadakan penyucian arca dewa dan juga benda pusaka.

Selain itu, ada ritual pukul bedug setiap awal dan akhir bulan yang dilakukan oleh pengelola klenteng, serta ritual membuang kertas berisi nama dan harapan yang dikenal sebagai tabur sial pun masih dijalankan hingga saat ini.

Klenteng Hok Lay Kiong Keterangan
Lokasi Jl. Kenari I, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi
Tiket masuk Gratis
Jam operasional 24 jam
Telepon
Website
Tips berkunjung Jaga sikap serta hormati pengunjung yang sedang beribadah

Meskipun menjadi bagian dari megapolitan Jabodetabek serta menjadi salah satu kota terpadat di Indonesia, Bekasi ternyata memiliki destinasi wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner, hingga wisata permainan air dengan berbagai tema.

Jika mengunjungi Bekasi dan berminat untuk menginap, sudah sewajarnya menjadikan Airy Rooms sebagai pilihan Anda. Selain harga yang sangat terjangkau, fasilitas yang ditawarkan Airy Rooms pun akan menjamin kenyamanan Anda. Selamat berwisata!

112 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *