80 Tempat Wisata di Bali yang Menarik untuk Dikunjungi

tempat wisata di bali
Credit: balichandratour.com

Bali selalu berhasil menawarkan pesonanya yang tak habis untuk dijelajahi. Diberkahi dengan keindahan alam dan budayanya yang luhur, beragam tempat wisata di Bali memang selalu terlintas di benak hampir setiap orang ketika merencanakan liburan ke tempat ini.

Tinggal sebutkan apa yang Anda inginkan dari sebuah tujuan wisata: Pemandangan alam? Eksotisme tradisi dan budaya lokal? Kuliner lezat? Lokasi belanja yang menawarkan aneka barang-barang unik? Semuanya ada di Bali.

Sebagai bahan referensi, kami memberikan daftar lengkap lokasi wisata di Bali yang tidak boleh dilewatkan, mulai wisata bahari, sejarah, budaya, kuliner, belanja, hingga atraksi wisata lainnya.

Wisata Pantai

1. Pantai Kuta, Ikon Wisata Bahari Pulau Dewata

Siapa yang tak kenal dengan pantai satu ini? Saking populernya, Pantai Kuta sampai-sampai disebut sebagai ikon wisata bahari Bali. Tidak mengherankan, pantai satu ini punya sejuta pesona yang bisa ditawarkan.

Tak hanya itu, tempat wisata di Bali yang sangat terkenal ini juga akan memanjakan pengunjung dengan sejumlah aktivitas yang menyenangkan dan menantang nyali. Pantai Kuta menghadirkan aneka wahana watersport seperti selancar, banana boat, atau bahkan berenang.

Pantai Kuta, Bali Keterangan
Lokasi Jalan Pantai Kuta, sekitar 5 km dari Bandara Ngurah Rai, atau 24 menit berkendara.
Kendaraan Kendaraan pribadi, taksi, transportasi online
Tiket masuk Gratis, dikenakan biaya parkir kendaraan mulai Rp5.000
Harga tiket wahana Rp50.000-Rp150.000

2. Pantai Nusa Dua, Surga di Kawasan Elite

Kawasan Nusa Dua terkenal sebagai area wisata elite di Bali. Pantainya pun tak kalah indah. Ombak yang tenang, air laut yang biru berkilau terkena sinar matahari, pasir putih, serta nuansa sejuk dan menenangkan dapat Anda temukan di Pantai Nusa Dua. Di sini Anda pun dapat mencoba berbagai macam aktivitas seru seperti flyboarding, kano, menunggang unta, selancar, dan masih banyak lagi.

Pantai Nusa Dua Keterangan
Lokasi Kawasan Pariwisata Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Kabupaten Badung.
Harga tiket masuk Gratis
Harga tiket wahana – Sewa kursi: Rp20.000

– Sewa  papan selancar: Rp50.000

Flyboarding: Rp150.000

– Menunggang unta: Rp50.000

3. Menikmati Indahnya Pagi Hari di Sunrise Beach Alias Pantai Sanur

Pantai Sanur sering dijuluki sebagai sunrise beach berkat keindahan pemandangan matahari terbitnya yang memesona. Pantai satu ini juga asyik dijadikan sebagai tempat bersantai, meski tidak sepopuler Pantai Kuta.

Tak hanya bersantai sambil duduk di tepi pantai, Anda pun dapat menjelajahi jalanan setapak di sekitar sambil menikmati embusan lembut angin. Kalau mau sesuatu yang lebih menantang, jajal aktivitas menarik seperti mendayung dari atas perahu kano, berenang, snorkeling, bersepeda, atau belajar selancar.

Pantai Sanur Keterangan
Lokasi Desa Sanur, atau sekitar 9 km dari pusat Kota Denpasar, dan 18 km dari Kuta.
Harga tiket masuk Gratis
Harga tiket wahana – Kano: Rp20.000

– Sewa sepeda: Rp20.000

Snorkeling: Rp100.000

4. Pantai Pandawa, Surga tersembunyi yang Menjadi Ikon Bali Selatan

Pantai yang sekarang makin populer ini dulunya lebih dikenal sebagai secret beach sebab jalan menuju area pantai ini dikelilingi tebing kapur tinggi yang gagah.

Surga tersembunyi ini tak hanya menyajikan paduan pemandangan alam yang indah dan dikelilingi bebatuan kapur. Berbagai aktivitas menarik seperti kano, paralayang, dan snorkeling pun hadir untuk membuat wisata Anda makin menyenangkan.

Pantai Pandawa Keterangan
Lokasi Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung (sekitar 3 km dari Nusa Dua).
Harga tiket masuk – Wisatawan lokal: Rp8.000

– Wisatwan asing: Rp15.000

Harga tiket wahana – Kano: Rp50.000/2 orang untuk satu jam

Snorkeling: Rp50.000

– Paralayang: Rp60.000

– Pijat refleksi: Rp60.000-Rp150.000

5. Senja di Pantai Tanah Lot, Panorama Surgawi yang Bikin Mabuk Kepayang

Panorama pura di atas tebing Pantai Tanah Lot sudah menjadi pemandangan ikonik Bali. Pantai Tanah Lot dikelilingi oleh pura di beberapa sudutnya. Kehadiran deretan pura tersebut semakin menambah keautentikan panorama khas Bali yang berpadu dengan kentalnya budaya dan tradisi umat Hindu.

Saking ikoniknya, pemandangan matahari terbit khas Pantai Tanah Lot ini sering wira-wiri di berbagai media sebagai ikon pariwisata Bali. Makanya, tidak heran jika tempat satu ini sering dijadikan lokasi foto pranikah maupun pemotretan lainnya.

Pantai Tanah Lot Keterangan
Lokasi Beraban, Tabanan, sekitar 1 jam perjalanan dari Kuta.
Kendaraan Dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, transportasi online, taksi, dan mobil rental.
Harga tiket masuk Rp20.000 (dewasa), Rp15.000 (anak-anak)

6. Dinner dengan Pemandangan Sunset yang Memukau? Pantai Jimbaran Tempatnya

Pantai Jimbaran, atau yang juga dikenal dengan Jimbaran Bay menjadi salah satu pantai yang paling diburu para wisawatan. Kawasan wisata pantai satu ini juga ternyata dikenal sebagai pasar ikan karena terdapat sebuah dermaga kapal nelayan.

Di sekitar pantai terdapat kafe dan restoran baik yang bernuansa modern maupun tradisional. Anda dapat memilih restoran yang menghadap langsung ke arah pantai agar dapat menyaksikan panorama matahari tenggelam di Pantai Jimbaran.

Pantai Jimbaran Keterangan
Lokasi Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
Harga tiket masuk Gratis.
Harga wahana dan fasilitas sekitar pantai Sewa kursi: Rp20.000

Harga makanan di restoran sekitar pantai dapat berkisar mulai Rp70.000-Rp250.000

 

7. Rasakan Sensasi Deburan Ombak di Pantai Padang-Padang

Bagi para pencinta olahraga air yang memacu adrenalin, Pantai Padang-Padang merupakan lokasi ideal untuk menantang nyali. Setiap tahun, Pantai Padang-Padang menjadi lokasi digelarnya kejuaraan selancar dunia yang mampu menggaet kunjungan wisatwan lokal dan mancanegara.

Popularitas Pantai Padang-Padang tidak berhenti sampa di situ. Pantai ini juga pernah menjadi lokasi syuting film Eat, Pray, Love yang dibintangi aktris Hollywood kenamaan Julia Roberts.

Pantai Padang-Padang Keterangan
Lokasi Jalan Labuan Sait, Pecatu, Bali, sekitar 15 km dari pusat Kota Denpasar.
Harga tiket masuk Wisatawan lokal: Rp5.000

Wisatawan asing: Rp10.000

Harga wahana Sewa tikar/kursi pantai: Rp20.000 per jam

Papan selancar: Rp100.000 per 2 jam

8. Dreamland, Pantai Impian yang Konon Kembarannya Pantai Kuta

Segala keindahan pantai yang pernah terbayang dalam benak dapat ditemukan di Pantai Dreamland. Pantai yang katanya kembaran Pantai Kuta ini punya hamparan pasir putih bersih, laut biru yang menyejukkan mata, nyiur melambai, serta lembutnya semilir angin pantai.

Pantai Dreamland juga punya deretan spot ikonik, seperti tebing-tebing tinggi menjulang, pasir seputih biji merica, hingga hijaunya lembah yang berada di sekitaran pantai. Ombaknya yang besar pun dapat Anda jajal untuk berselancar.

Pantai Dreamland Keterangan
Lokasi Jalan Pantai Balangan No. 54, Pecatu, Kuta Selatan, Jimbaran.
Tiket masuk Gratis. Hanya dikenakan biaya parkir kendaraan Rp20.000
Biaya wahana Papan selancar: Rp100.000 per 2 jam

Sewa kursi: Rp20.000 per jam

Fasilitas Kamar mandi umum, restoran

9. Santai Seharian di Pantai Seminyak

Pantai Seminyak berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta dan Legian. Tak hanya punya pemandangan yang menakjubkan, Pantai Seminyak pun menawarkan fasilitas yang dapat Anda manfaatkan untuk seharian bersantai sambil mencoba berbagai aktivitas menyenangkan.

Selagi di Pantai Seminyak, jangan sungkan untuk mecoba belajar selancar. Atau, Anda juga bisa uji nyali dengan mencoba bungee jumping.

Pantai Seminyak Keterangan
Lokasi Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung,
Tiket Masuk Gratis, tapi dikenakan biaya parkir Rp5.000-Rp10.000
Wahana dan Fasilitas Surfing: Rp100.000

Bungee jumping: Rp450.000

Spa: Rp65.000-Rp250.000

10. Menyingkap Kecantikan Tersembunyi Pantai Uluwatu

Dikenal dengan nama Pantai Suluban Uluwatu dan Blue Point, Pantai Uluwatu tampaknya sangat pas dikunjungi wisatawan yang kurang nyaman dengan keramaian khas pantai-pantai populer Bali. Perjalanan menuju lokasi Pantai Uluwatu sebenarnya agak menantang karena lokasinya cukup tersembunyi.

Anda harus melintasi area yang dikelilingi bebatuan besar serta menuruni anak tangga sempit sepanjang 50 meter. Perjalanan tersebut tentu akan sangat melelahkan, tapi Anda dapat membayar rasa lelah tersebut dengan bersantai di tepi Pantai Uluwatu sambil menikmati panorama surgawinya.

Pantai Uluwatu Keterangan
Lokasi Desa Pecatu, Suluban, Kuta Selatan, atau sekitar 35 menit berkendara dari Bandara Ngurah Rai.
Tiket masuk Gratis. dikenakan biaya parkir Rp10.000-20.000
Wahana Selancar: Rp100.000

Pura Uluwatu: Rp20.000

11. Pantai Canggu, Si Pantai Berpasir Hitam yang Jadi Favorit Para Peselancar

Pantai Canggu bukan nama yang asing bagi para pencinta selancar di seluruh dunia. Pasalnya, pantai yang terkenal dengan pasirnya yang hitam ini punya deburan ombak yang besar dan tinggi. Bahkan, Pantai Canggu pernah menjadi tuan rumah kejuaraan selancar bertaraf internasional.

Meski demikian, Pantai Canggu tidak hanya dapat dinikmati para penggila selancar. Pantai ini pun punya pemandangan menyejukkan yang dapat memanjakan mata dan pikiran Anda.

Pantai Canggu Keterangan
Lokasi Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, atau sekitar 22 km dari Bandara Ngurah Rai.
Tiket Masuk Gratis dan dikenakan biaya parkir kendaraan.
Wahana Surfing: Rp100.000 per jam

Berkuda: Rp400.000 per orang, Rp375.000 untuk anak-anak.

12. Nikmati Pemandangan dan Aktivitas Asyik di Pantai Double Six

Pantai satu ini mendapatkan namanya dari nama sebuah klub malam yang berlokasi di dekatnya. Karenanya, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin hang out sembari menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

Saat menjelang malam hari, kawasan tepi pantai ramai dipenuhi wisatawan yang duduk santai di atas bean bag sembari menanti matahari terbenam. Karena berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta, Pantai Double Six juga punya panorama sunset yang tak kalah cantiknya, lo.

Pantai Double Six Keterangan
Lokasi Jalan Double Six, Seminyak, Kuta.
Tiket Masuk Gratis. Dikenakan biaya parkir kendaraan Rp10.000-Rp20.000.
Wahana dan Fasilitas Kafe/night club

Sewa papan selancar: Rp100.000 per jam

Berkuda: Rp500.000 per jam

13. Pantai Geger, Pantai Paling Nyaman di Nusa Dua

Pantai Geger menawarkan kenyamanan liburan yang tiada duanya. Salah satu private beach terbaik di Bali ini bahkan pernah dikunjungi tokoh-tokoh ternama dunia seperti Raja Salman bin Abdul Aziz dari Arab Saudi, mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, serta aktris Hollywood Julia Roberts.

Jelas saja, pantai ini punya pemandangan luar biasa yang masih asri dan menakjubkan. Kejernihan perairan Pantai Geger membuat siapapun yang melihatnya semakin jatuh hati dan enggan untuk beranjak.

Pantai Geger Keterangan
Lokasi Desa Adat Peminge, Sawangan, Nusa Dua.
Tiket Masuk Rp3.000
Wahana dan Fasilitas Surfing

Kafe

Kamar Mandi

14. Sunrise Indah di Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara merupakan sebuah private beach yang dikelola resor dengan nama yang sama. Karena berstatus sebagai pantai resor, suasananya pun jauh terasa lebih tenang dan nyaman, cocok bagi Anda yang ingin berlibur sambil menenangkan pikiran.

Pantai Karma Kandara menawarkan sejumlah pesona yang sulit ditolak wisatawan. Selain memiliki panorama matahari terbit yang cantik, Pantai Karma Kandara juga dikelilingi bebatuan besar yang gagah.

Pantai Karma Kandara Keterangan
Lokasi Jalan Villa Kandara, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan, Kabupaten Badung.
Tiket Masuk Rp250.000 melalui Nammos Beach Club (khusus tamu resor Karma Kandara)
Wahana dan Fasilitas Resor, restoran/kafe, lift menuju pantai.

15. Pantai Amed, Pantai dengan Pemandangan Bawah Laut yang Menyihir Mata

Penggila diving dan snorkeling wajib mengunjungi Pantai Amed. Pantai satu ini punya pemandangan bawah laut yang cantik dan mampu memuaskan rasa penasaran Anda akan kecantikan biota laut.

Selain dikenal karena keindahan bawah lautnya yang memukau, Pantai Amed juga memiliki pasir yang kehitaman dan cantik. Anda pun dapat bersantai sembari menikmati jernihnya pemandangan laut Pantai Amed yang menakjubkan.

Pantai Amed Keterangan
Lokasi Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem atau sekitar 78 km dari pusat Kota Denpasar.
Kendaraan Mobil, dapat disewa dengan tarif mulai Ro500.000 per hari (termasuk driver).

Sepeda motor, dapat disewa dengan tarif mulai Rp50.000 per hari.

Tiket Masuk Gratis. Dikenakan biaya parkir kendaraan Rp10.000.
Wahana dan Fasilitas Sewa peralatan snorkeling: Rp30.000

Kafe/restoran

Perahu motor: Rp50.000

Wisata Sejarah dan Budaya

16. Lihat Koleksi Benda Bersejarah Milik Presiden Soekarno di The Sukarno Center

Museum Soekarno atau The Soekarno Center merupakan museum hasil hibah sahabat Presiden Soekarno yang didedikasikan untuk menyimpan segala benda bernilai sejarah milik Soekarno.

Museum yang terdiri dari dua lantai ini menyimpan koleksi medali kehormatan, manuskrip penting, foto-foto keluarga, perhiasan, senjata, hingga hadiah-hadiah dari para petinggi negara.

The Sukarno Center Keterangan
Lokasi Jalan Pejeng Kaja-Tampak Siring Nomor 751, Sanding, Tampaksiring, Gianyar.
Jam Buka Senin-Jumat pukul 09:00-18:00
Harga Tiket Rp20.000

17. Kenali Sejarah dan Tradisi Masyarakat Bali di Museum Bali

Jika ada satu tempat yang menunjukkan perkembangan Bali dari masa ke masa, Museum Bali-lah tempatnya. Museum yang dibuka pada tahun 1932 ini dibangun oleh I Gusti Ketut Kandel, I Gusti Ketut Rai, dan Curt Grundler.

Terdapat tiga bangunan utama museum yang terdiri dari Gedung Karangasem, Gedung Tabanan, dan Gedung Buleleng. Koleksi yang terdapat di museum ini tidak jauh-jauh dari foto masyarakat Bali pada masa lampau, arca, lukisan, alat pertanian, senjata, alat upacara adat, prasasti, hingga peti mayat dari batu.

Museum Bali Keterangan
Lokasi Jalan Mayor Wisnu, Denpasar (sekitar 15 km dari Bandara Ngurah Rai).
Jam Buka Minggu-Kamis pukul 08:00-15:00 WITA

Jumat pukul 08:00-12:30 WITA

Harga Tiket Rp5.000.

18. Belajar Adat Masyarakat Hindu Bali di Museum Yadnya

Kenali tradisi dan sejarah masyarakat Hindu Bali dari masa ke masa melalui koleksi yang terdapat di Museum Yadnya. Di museum ini, Anda tidak hanya dapat melihat peralatan upacara adat Hindu, tapi juga menyaksikan sendiri bagaimana ritual dan upacara adat tersebut dilakukan. Ada lima jenis ritual adat yang dikenalkan Museum Yadnya yakni manusa yadnya, dewa yadnya, pitra yadnya, butha yadnya, dan sri yadnya.

Museum Yadnya Keterangan
Lokasi Jalan Ayodya, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.
Jam Buka Senin-Jumat pukul 08:30-17:00 WITA
Tiket Masuk Gratis

19. Jadi Saksi Perjuangan Rakyat Bali di Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi menyajikan perpaduan manifestasi perjuangan masyarakat Bali pada masa kemerdekaan dan nilai-nilai filosofi khas Hindu. Saat pertama kali masuk ke kawasan monumen ini saja, pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan arsitektur yang mewakili nilai filosofi Hindu serta simbol-simbol kemerdekaan.

Selain lekat dengan nuansa khidmat, di sini Anda pun dapat menemukan berbagai koleksi foto sejarah yang menggambarkan perjuangan rakyat Bali dalam melawan penjajah. Naik ke lantai paling atas monumen, Anda dapat melihat pemandangan Denpasar dari ketinggian.

Monumen Bajra Sandhi Keterangan
Lokasi Jalan Raya Puputan Nomor 142, Panjer, Denpasar Selatan.
Jam Buka Senin-Jumat pukul 08:00-18:00 WITA

Sabtu-Minggu pukul 09:00-18:00 WITA

Tiket Masuk Rp5.000-Rp10.000

20. Melihat Megahnya Istana Klungkung

Istana Klungkung merupakan istana terbesar di Bali yang disulap menjadi destinasi wisata. Istana ini merupakan peninggalan pemerintahan Raja Dewa Agung yang konon sudah berdiri sejak 1686. Istanan Klungkung memiliki empat bangunan utama serta museum yang dapat dikunjungi wisatawan.

Salah satu daya tarik yang dimiliki Istana Klungkung adalah lukisan yang menggambarkan kisah Karmapala di atap bangunan istana. Di dalamnya terdapat koleksi benda bersejarah yang mampu menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Bali.

Istana Klungkung Keterangan
Lokasi Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali, sekitar 40 km ke arah timur dari pusat Kota Denpasar.
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-16:00 WITA
Tiket Masuk Dewasa: Rp12:000

Anak-anak: Rp6.000

21. Menyatu dengan Indahnya Alam dan Budaya Bali di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu landmark Bali yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Taman budaya dengan patung setinggi 120 meter ini berada di lahan seluas 4.000 meter persegi.

Di dalamnya Anda dapat menemukan ruang terbuka yang diberi nama Lotus Pond. Dengan kapasitas mencapai 7.000 orang, Lotus Pond sering dijadikan sebagai lokasi digelarnya acara-acara bertaraf internasional.

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Keterangan
Lokasi Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-22:00 WITA
Tiket Masuk Dewasa: Rp70.000 (Senin-Jumat), Rp80.000 (akhir pekan).

Anak-anak: Rp60.000 (Senin-Jumat), Rp70.000 (akhir pekan).

Website http://gwkbali.com
Telepon (0361) 700808

22. Rasakan Atmosfer yang Sakral dan Enerjik dengan Menyaksikan Tari Kecak Uluwatu

Siapa yang tak kenal dengan Tari Kecak? Tari tradisional khas Bali ini merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi dan budaya masyarakat Hindu Bali.

Setiap harinya, terutama hari libur, kompleks Pura Uluwatu selalu dipadati wisatawan yang ingin merasakan sendiri atmosfer magis dari Tari Kecak. Nah, kalau ingin liburan Anda di Bali semakin lengkap, jangan lupa saksikan sendratari Ramayana dan Tari Kecak kolosal di Pura Uluwatu.

Tari Kecak Uluwatu Keterangan
Lokasi Jalan Raya Uluwatu, Kawasan parkir Pura Uluwatu, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
Jam Buka Setiap Hari (kecuali Nyepi dan Pengerupukan) pukul 18:00-19:00 WITA.
Tiket Masuk Dewasa: Rp100.000

Anak-anak (2-9 tahun): Rp50.000

Website http://www.uluwatukecakdance.com
Telepon 082-146-442-745

23. Pura Taman Ayun, Wajah Pura Bali yang Sesungguhnya

Jalan-jalan ke Pura Taman Ayun tidak hanya dapat memberikan wawasan tentang budaya masyarakat Bali. Anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan alam serta arsitektur pura yang memukau.

Pura Taman Ayun merupakan pura induk Kerajaan Mengwi yang berdiri di atas lahan seluas 100 x 250 meter persegi. Kompleks Pura Taman Ayun terdiri dari tiga bangunan utama yakni ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan khusus dewa dan dewi. Di dalam area Pura Taman Ayun terdapat Museum Manusa Yadnya yang memiliki koleksi alat upacara adat serta pertunjukan upacara adat secara langsung.

Pura Taman Ayun Keterangan
Lokasi Jalan Ayodya Nomor 10, Mengwi, Kabupaten Badung.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-18:00 WITA
Tiket Masuk Rp10.000

24. Mempelajari Keanekaragaman Negeri di Taman Nusa

Bali pun punya objek wisata khusus yang akan mengajak Anda menyelami keunikan bangsa, yakni Taman Nusa. Di lahan seluas 15 hektare ini Anda akan menemukan lebih dari 70 rumah tradisional dari seluruh Indonesia. Bahkan, replika Candi Borobudur pun dapat Anda temukan di sini.

Anda tak hanya akan diajak melihat deretan rumah tradisional. Anda pun dapat berpartisipasi dalam kegiatan seni seperti belajar memainkan alat musik tradisional, membatik, atau sekadar merasakan bagaimana hidup bak masyarakat suku pedalaman.

Taman Nusa Keterangan
Lokasi Jalan Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod, Gianyar.
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-17:00
Tiket Masuk Dewasa: Rp85.000

Anak-anak: Rp70.000

Website http://www.taman-nusa.com
Nomor Telepon (0361) 952952

25. Pura Besakih, Tempat Sakral di Kaki Gunung Agung

Pura Besakih merupakan pusat kegiatan Hindu Dharma di Bali. Sebagai kompleks peribadatan terbesar di Bali, pura Besakih dikelilingi pura-pura kecil lain dengan Pura Penataran Agung sebagai pusatnya. Kompleks bangunan Pura Besakih tampak begitu cantik dan tertata rapi dilihat dari kejauhan.

Begitu memasuki area pura, Anda akan langsung merasakan nuansa khidmat dan magis dari pengunjung yang datang untuk beribadah, aroma dupa, dan wewangian bunga.

Pura Besakih Keterangan
Lokasi Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem (sekitar 90 km dari pusat Kota Denpasar).
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-17:00
Tiket Masuk Rp15.000

Wisata Kuliner

26. Menikmati Hidangan Khas Bali yang Autentik di Cafe Wayan

Jika Anda ingin restoran dengan nuansa tradisional yang kental, Cafe Wayan-lah tempatnya. Restoran yang dibuka sejak 1986 ini memiliki taman dan bangunan restoran yang mirip rumah tradisional Bali. Cara penyajiannya pun masih mengusung konsep tradisional yang alami. Cafe Wayan tak hanya menyajikan hidangan khas Bali. Anda pun dapat memilih sajian khas Thailand, dan Italia seperti pizza dan pasta.

Cafe Wayan Keterangan
Lokasi Monkey Forest Road, Ubud.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-10:30
Hidangan Spesial Nasi campur khas Bali, puding ketan hitam, crispy duck.
Estimasi Harga Rp400.000 untuk dua orang.

27. Nikmati Sensasi Bersantap dengan Pemandangan Laut di Tamarind Kitchen & Lounge

Tamarind Kitchen & Lounge punya nuansa tradisional yang sangat kental berkat hiasan bambu di sekitar dindingnya. Selain itu, Tamarind juga menyajikan pemandangan laut Samudera Hindia yang dapat membuat aktivitas santap Anda semakin menyenangkan.

Tak hanya unggul dalam segi arsitektur dan konsepnya, Tamarind juga menyajikan hidangan khas Nusantara dan internasional yang exquisite. Anda dapat memilih hidangan pembuka seperti salad, shrimp cocktail, atau langsung ke hidangan utamanya yang terdiri dari aneka hidangan khas Bali, Indonesia, dan Eropa.

Tamarind Cafe & Lounge Keterangan
Lokasi Nusa Dua Beach Hotel & Spa, BTDC Area, Nusa Dua, Bali.
Jam Buka Setiap hari pukul 12:00-00:00
Hidangan Spesial Seafood
Estimasi Harga Rp300.000-Rp600.000 untuk dua orang
Nomor Telepon (0361) 771210

28. Makan Seafood di Saung Tradisional? Bale Udang Mang Engking Tempatnya

Bali juga punya restoran bernuansa tradisional yang memadukan kelezatan kuliner khas Tanah Parahyangan dan Pulau Dewata. Sembari menunggu hidangan disajikan, Anda dapat bersantai sambil memberi makan ikan yang hidup di danau. Oh iya, Bale Udang Mang Engking juga punya taman bermain, lo, untuk si kecil.

Soal hidangannya, Anda tidak perlu ragu akan cita rasanya. Hidangan ikan bakar, sate, dan aneka boga baharinya diracik dengan bumbu tradisional yang kaya akan rempah dan menggugah selera.

Bale Udang Mang Engking Keterangan
Lokasi – Jalan Nakula Nomor 88, Sunset Road, Kuta, Bali.

– Jalan Raya Goa Gajah, Ubud, Bali.

Jam Buka Setiap hari pukul 11:00-22:00 WITA
Hidangan Spesial Udang, bebek, nasi campur, sambal.
Estimasi Harga Rp300.000 untuk dua orang
Website http://www.baleudang.com
Nomor Telepon 0361 8947119

0361 8947120

29. Nasi Pedas Ibu Andika, Nasi Campur Paling Tersohor di Bali

Penggemar nasi campur Bali dan segala lauk-pauknya wajib datang ke warung Nasi Pedas Ibu Andika. Dilihat dari lauknya, tampaknya tidak ada yang istimewa dari tempat makan satu ini. Namun, yang bikin banyak orang ketagihan adalah sambalnya.

Sambal di warung Nasi Pedas Ibu Andika ini punya tingkat kepedasan yang luar biasa. Begitu sambalnya masuk ke dalam mulut, rasa pedas akan langsung menyebar ke lidah dan kerongkongan Anda. Jadi, bagi yang ingin makan makanan khas Indonesia yang super pedas dan nikmat, datang saja ke resto satu ini.

Warung Nasi Pedas Ibu Andika Keterangan
Lokasi Jalan Raya Tuban Nomor 120C, Tuban

Jalan Patih Jelantik, Kuta, Bali

Jam Buka Setiap hari 24 jam
Hidangan Spesial Sambal, ayam goreng, nasi campur
Estimasi Harga Rp120.000 untuk dua orang
Nomor Telepon 081558318187

30. Makan Sambil Menyaksikan Tari Tradisional di Laka-Leke Hideaway Restaurant

Laka Leke merupakan salah satu restoran di Bali yang terkenal dengan sajian crispy ducknya. Restoran yang “tersembunyi” ini menawarkan pengalaman bersantap di tengah alam yang dikelilingi persawahan, kolam ikan, dan taman bunga yang cantik.

Tak hanya menyajikan hidangan khas Bali, Laka Leke juga cukup dikenal berkat kuliner khas Thailandnya yang lezat. Untuk menemani santap para pengunjung, pihak pengelola restoran pun menggelar pertunjukkan tari tradisional seperti tari barong, tari kecak, dan tari jogeg anak-anak.

Laka Leke Hideaway Restauran Keterangan
Lokasi Jalan Nyuh Kuning, Ubud, Bali.
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-21:00 WITA
Hidangan Spesial Crispy duck, masi campur, seafood
Website http://www.lakaleke.com/
Nomor Telepon 0361 977565

31. Bersantap di Tengah Persawahan Ala Bebek Tepi Sawah

Bebek Tepi Sawah bisa dibilang sebagai salah satu restoran terbaik di Ubud. Di sini Anda dapat menikmati hidangan khas Indonesia ditemani nuansa hijaunya persawahan dan bangunan saung yang dihias bambu dan atap jerami. Resto satu ini juga cocok bagi pengunjung yang datang berombongan.

Datanglah pada malam hari untuk menikmati santap malam dengan nuansa alami yang syahdu. Nikmati aneka olahan bebek ditemani suara jangkrik, cahaya lilin, dan semilir angin lembut. Pihak restoran juga sering menggelar pertunjukkan tari tradisional pada malam hari untuk membuat suasana santap malam semakin menyenangkan.

Bebek Tepi Sawah Keterangan
Lokasi Jalan Raya Goa Gajah, Peliata, Ubud, Bali.
Jam Buka Setiap hari pukul 10:00-22:00
Hidangan Spesial Ayam betutu, crispy duck, gurame panggang.
Estimasi Harga Rp400.000 untuk dua orang
Website http://www.bebektepisawahrestaurant.com
Nomor Telepon 0361 975656

32. Nikmatnya Rempah Ayam Betutu Pak Man

Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man merupakan salah satu restoran legendaris di Bali. Berjarak sekitar 10 menit dari Bandara Ngurah Rai, resto satu ini cocok untuk disambangi Anda yang tengah kelaparan selepas mendarat dari pesawat.

Ayam Betutu Pak Man terkenal akan kelezatan bumbu rempah ayamnya yang berbeda dari sajian serupa di resto lain. Dengan kuah penuh rempah, ayam yang empuk, serta nasi putih hangat, lidah dan perut Anda dijamin akan terpuaskan.

Ayam Betutu Pak Man Keterangan
Lokasi Jalan Kubu Anyar Nomor 72X, Kuta, Kabupaten Badung.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-22:30
Hidangan Spesial Ayam betutu, sate lilit, lawar, garang asem
Nomor Telepon 0851-0063-3570

33. Bebek Bengil, Salah satu Restoran dengan Menu Crispy Duck Terlezat

Crispy duck merupakan salah satu hidangan unggulan Bali. Nah, salah satu restoran yang konon menyajikan crispy duck paling enak adalah Bebek Bengil. Menu bebek di sini tak hanya bebek kriuk, ada pula sate dan smoked duck.

Bebek Bengil selalu ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan cita rasa hidangan berbahan dasar bebek ini. Saking ramainya, pengunjung dianjurkan melakukan reservasi beberapa hari sebelum acara.

Bebek Bengil Keterangan
Lokasi Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud.

The Bay, Nusa Dua

Garuda Wisnu Kencana, Uluwatu.

Jam Buka Setiap hari pukul 10:00-22:00 WITA
Hidangan Unggulan Nasi campur bebek, grilled thai chicken wings, duck spring roll, cumi goreng bumbu Bali.
Estimasi Harga Rp400.000 untuk dua orang.
Website https://bebekbengil.co.id

34. Nuansa Makan Ala Pedesaan di Padi Restaurant

Padi Restaurant menawarkan pengalaman bersantap yang berbeda. Alih-alih dalam ruangan, pengunjung akan diajak bersantap di sebuah gazebo yang berada di tengah kolam teratai. Selain suasananya asri, hidangan yang ditawarkan pun dijamin mantap.

Padi Restaurant Ayana Resort and Spa menghadirkan aneka hidangan khas Bali, Indonesia, dan internasional. Di sini juga tersedia berbagai jenis kuliner vegetarian yang tetap menggugah selera.

Padi Restaurant Keterangan
Lokasi AYANA Resort and Spa, Jl. Karang Mas Sejahtera, Jimbaran, Bali 80364
Jam Buka Setiap hari pukul 06:30-11:00 dan 17:30-23:00 WITA
Hidangan Unggulan Bebek panggang, Thai Food, Asian food.
Estimasi Harga Rp700.000 untuk dua orang.
Nomor Telepon 0361 702222

35. Raja’s Balinese Restaurant: Fine Dining di Tempat Berdesain Arsitektur Kerajaan Bali

Raja’s Balinese Restaurant merupakan restoran tepi pantai peraih penghargaan yang berlokasi di Nusa Dua. Mengusung konsep arsitektur khas Kerajaan Bali, Raja’s menawarkan pengalaman bersantap yang eksklusif dan tak terlupakan.

Pengunjung dapat memilih tempat makan di luar maupun dalam ruangan. Agar suasana makan malam makin romantis, baiknya Anda pilih tempat makan outdoor yang menghadap langsung ke arah pantai.

Raja’s Balinese Restaurant Keterangan
Lokasi Nusa Dua Beach Hotel & Spa, BTDC Area, Nusa Dua, Bali
Jam Buka Setiap hari pukul 15:00-23:00 WITA
Hidangan Unggulan Balinese, Asian, Western.
Estimasi Harga Rp500.000 untuk dua orang
Nomor Telepon 0361 771210

36. Nyoman Cafe: Tempat yang Pas untuk Makan bersama Keluarga di Tepi Pantai

Bagi Anda yang menginginkan suasana makan yang kasual, Nyoman Cafe merupakan tempat yang tepat. Nyoman Cafe menghadirkan nuansa santap outdoor tepi pantai yang bakal mengakrabkan Anda dengan orang-orang tersayang.

Kafe yang berlokasi di tepi pantai Muaya Beach ini menghadirkan menu lokal seperti olahan boga bahari, nasi goreng, sate, dan aneka sup serta olahan sayur.

Nyoman Cafe Keterangan
Lokasi Pantai Muaya, Jl. Four Seasons Resort, Jimbaran, Bali
Jam Buka Setiap Hari pukul 11:00-23:00
Hidangan Unggulan Seafood, nasi campur, lawar.
Estimasi Harga Rp150.000 untuk dua orang

37. Sawah Terrace Restaurant: Restauran Bernuansa Elegan yang Punya Pemandangan Persawahan Super Cantik

Anda tentunya sudah tahu pemandangan terasering sawah Bali yang cantiknya luar biasa. Nah, Sawah Terrace punya pemandangan serupa untuk membuat santap Anda semakin menyenangkan.

Sawah Terrace tak hanya menghadirkan pemandangan sebagai daya tariknya. Sajian kulinernya pun dapat diadu dengan restoran mewah lainnya. Di sini Anda dapat menikmati hidangan khas Bali, Asia, dan internasional dengan cita rasa autentik.

Sawah Terrace Keterangan
Lokasi Mandapa Hotel, Jl. Kedewatan, Ubud, Bali
Jam Buka Setiap hari pukul 10:00-22:00
Hidangan Unggulan Balinese, Asian.
Estimasi Harga Rp350.000 untuk dua orang
Nomor Telepon 0361 4792777

Wisata Belanja

38. Pasar Sukawati, Pusatnya Kerajinan Tangan Khas Bali

Pasar Sukawati tampaknya menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur di Bali. Di sini Anda dapat menemukan aneka kerajinan tangan, kain tradisional, serta benda seni lainnya yang dapat dijadikan buah tangan.

Layaknya pasar tradisional pada umumnya, kemampuan tawar-menawar mutlak dibutuhkan untuk mendapatkan barang kesukaan dengan harga lebih murah. Agar lebih puas berbelanja, usahakan untuk datang ke Pasar Sukawati sejak pagi hari, ya.

Pasar Sukawati Keterangan
Lokasi Jalan Raya Sukawati, Kabupaten Gianyar.
Jam Buka – Art Market: 10:00-17:00 WITA

– Local Market: 08:00-15:00 WITA

39. Pasar Badung, Pasar Tradisional Terbesar di Kota Denpasar

Mau mendapatkan pengalaman berbelanja di pasar tradisional Bali yang sesungguhnya? Datang saja ke Pasar Badung. Pasar Badung tak hanya menjadi pusat perbelanjaan tradisional bagi warga sekitar. Tempat satu ini pun dapat dikunjungi oleh wisawatan yang ingin tahu lebih dekat kehidupan masyarakat Bali yang sesungguhnya. Di Pasar Badung Anda dapat membeli aneka camilan, sayur-mayur, suvenir, dan kain batik khas Bali yang cantik.

Pasar Badung Keterangan
Lokasi Jalan Sulawesi Nomor 1, Dauh Puri Kangin, Denpasar.
Jam Buka Setiap hari 24 jam.

40. Beachwalk, Pusat Belanja dan Hiburan Terbesar di Dekat Pantai Kuta

Beachwalk menghadirkan berbagai vendor restoran dan pertokoan bertaraf internasional. Karena letaknya yang tak jauh dari Pantai Kuta, Beachwalk sering ramai disambangi wisatawan yang ingin berbelanja dan menyaksikan aneka hiburan yang diselenggarakan.

Beachwalk mengadopsi seni arsitektur khas Bali di beberapa sudut bangunannya. Anda dapat menemukan bangunan beratap jerami, sawah buatan, hingga janur-janur yang biasa ditemukan di pura. Pokoknya, bisa dibilang Beachwalk merupakan pusat perbelanjaan yang punya atmosfer bak rumah sendiri.

Beachwalk Keterangan
Lokasi Jalan Pantai Kuta, Kabupaten Badung.
Jam Buka Setiap hari pukul 10:30-22:30 WITA.

41. Belanja dan Makan-makan Seru di Seminyak Square

Seminyak Square menawarkan alternatif hiburan di kawasan wisata Seminyak. Dengan puluhan outlet bermerek serta restoran yang menyajikan hidangan lezat, Seminyak Square dapat menjadi tempat berkumpul bersama teman setelah menjelajahi pantai-pantai indah di sekitarnya.

Seminyak Square memiliki nuansa dan konsep bangunan yang asri dengan ornamen yang mengadopsi rumah tradisional Bali. Anda dijamin akan merasa betah bersantai di sini bersama orang-orang terkasih.

Seminyak Square Keterangan
Lokasi Jalan Kayu Aya, Seminyak.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-23:00 WITA

42. Kuta Square, Pusatnya Outlet Fashion di Kawasan Kuta

Kuta Square merupakan kawasan khusus yang dihuni aneka outlet fashion lokal dan internasional. Beberapa outlet merek fashion ternama yang berdiri di sini di antaranya Gucci, Armani, Versace, dan Donna Karan New York.

Beberapa kafe dan restauran dengan nuansa casual dining pun dapat ditemukan dengan mudah di Kuta Square. Karenanya, jangan sampai lupa untuk mengunjungi kawasan belanja ini saat berada di Kuta.

Kuta Square Keterangan
Lokasi Jalan Bakung Sari, Kuta
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-22:00

Taman Rekreasi dan Hiburan Keluarga

43. Berfoto dengan Burung-burung Eksotis di Bali Bird Park

Bali Bird Park merupakan objek wisata edukatif yang wajib Anda kunjungi saat liburan bersama keluarga. Taman konservasi burung ini menghadirkan ratusan koleksi unggas dari Amerika Selatan, Afrika Selatan, Sumatera, Kalimantan, Papua, Jawa, dan tentunya Bali.

Corak burung-burung eksotis yang cerah ini tentu akan membuat anak-anak semain bersemangat dalam mempelajari seluk-beluk unggas dari berbagai belahan dunia. Selagi di sini, jangan lupa untuk abadikan momen kebersamaan keluarga dengan berpose bersama burung-burung eksotis di Bali Bird Park.

Bali Bird Park Keterangan
Lokasi Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Gianyar.
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-17:30 WITA.
Tiket Masuk Dewasa: Rp150.000

Anak-anak: Rp75.000

Website/Nomor Telepon http://www.balibirdpark.com

0361 299352

44. Melihat Kupu-kupu Bercorak Cantik di Bali Butterfly Park

Bali Butterfly Park merupakan taman konservasi kupu-kupu dan serangga yang berdiri di lahan seluas 3.000 meter persegi. Sesuai dengan namanya, di tempat ini Anda dan keluarga dapat menyaksikan keindahan ribuan spesies kupu-kupu yang memiliki corak dan warna yang akan membuat takjub.

Sebagai taman wisata konservasi, Bali Butterfly Park memiliki enam situs konservasi ex-situ yang dihuni spesies kupu-kupu langka.  Lokasinya yang dekat dengan kawasan pedesaan Tabanan membuat tempat wisata satu ini semakin asri dan nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga.

Bali Butterfly Park Keterangan
Lokasi Jalan Batukaru, Sandan Lebah, Wanasari, Tabanan.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-17:00 WITA
Harga Tiket Dewasa: Rp75.000

Anak-anak: Rp37:500

Nomor Telepon 0361 8940595

45. Belajar Sambil Bermain di Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali menyimpan aneka koleksi flora dan fauna dari Indonesia dan luar negeri. Di area seluas 50 hektare ini, Anda dapat mengajak keluarga mempelajari seluk-beluk flora di taman anggrek, rumah kaca kebun kaktus, taman begonia, taman mawar, atau bersantai di area hutan buatan dan danau.

Karena lahannya sangat luas, Anda dianjurkan untuk mengendarai mobil agar dapat berkeliling di area kebun raya lebih nyaman dan santai.

Kebun Raya Bali Keterangan
Lokasi Jalan Kebun Raya, Candikuning, Baturiti, Tabanan.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-18:00
Harga Tiket Wisatawan lokal: Rp9.000

Wisatawan asing: Rp17.000

Parkir kendaraan: Rp3.000-Rp11.000

Website http://www.kebunrayabali.com

46. Bertemu Aneka Satwa di Kebun Binatang Bali

Anda pun tak boleh melewatkan kunjungan ke kebun binatang saat berkunjung ke Bali. Kebun Binatang Bali memiliki 450 koleksi satwa dari Indonesia dan seluruh dunia.

Saat berkunjung ke kebun binatang, Anda akan merasakan atmosfer tropis yang begitu kental. Kebun binatang seluas 22 hektare ini bukan hanya rumah bagi ratusan satwa, tapi juga merupakan kawasan konservasi tanaman tropis yang sering digunakan sebagai alat upacara adat seperti bambu kuning, kelapa, salam, nagasari, lontar, dan masih banyak lagi.

Kebun Binatang Bali Keterangan
Lokasi Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar.
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-17:00.
Tiket Masuk Dewasa: Rp110.000

Anak-anak: Rp85.000

Website www.bali-zoo.com

47. Lebih Dekat dengan Gajah di Elephant Safari Park

Elephant Safari Park akan membuat liburan Anda sekeluarga di Bali semakin seru. Di sini Anda dapat mempelajari seluk-beluk gajah sekaligus berinteraksi langsung dengan satwa berbelalai panjang ini.

Tak hanya mengajak Anda berkenalan dengan gajah lebih dekat, Elephant Safari Park juga memiliki museum yang menyimpan ribuan fosil kerangka dan gading gajah dari seluruh dunia.

Elephant Safari Park Keterangan
Lokasi Jalan Elephant Park, Taro, Tegalalang.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-18:00
Tiket Masuk Rp100.000-Rp600.000

48. Berburu Foto di Taman Nasional Bali Barat

Di Taman nasional Bali Barat Anda akan dimanjakan dengan pesona rimbunnya pepohonan, air laut yang jernih, serta pegunungan yang hijau. Tempat ini juga merupakan kawasan konservasi spesies endemik burung jalak bali, lo.

Anda dapat merasakan nuansa ekosistem darat dan laut yang benar-benar dijaga kelestariannya. Ratusan jenis flora dan fauna pun tinggal di taman seluas 19 hektare ini.

Taman Nasional Bali Barat Keterangan
Lokasi Kabupaten Buleleng dan Jembrana, Bali.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:00-18:00 WITA.
Tiket Masuk Wisatawan lokal: Rp2.500

Wisatawan asing: Rp20.000

Nomor Telepon (0365) 61060

49. Bercengkerama dengan Kera di Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest dikenal sebagai pura Hindu serta area konservasi kera di Bali. Di sini Anda tak hanya dapat bercengkerama dengan kawanan kera, tapi juga dapat berjalan-jalan di sekitar hutan sekaligus mengunjungi pura suci umat Hindu Bali.

Pemandu wisata akan memberikan gambaran sejarah, geografis, serta keunikan yang dimiliki Ubud Monkey Forest. Anda dan keluarga dapat terhibur sekaligus memiliki pemahaman baru tentang sejarah dan budaya masyarakat Bali.

Ubud Monkey Forest       Keterangan
Lokasi Jalan Monkey Forest, Pedangtegal, Ubud.
Jam Buka Setiap hari pukul 08:30-18:00 WITA
Tiket Masuk Dewasa: Rp40.000

Anak-anak: Rp30.000

Website/Nomor Telepon http://www.monkeyforestubud.com/

0361 971 304

50. Basah-basahan di Waterbom Bali

Buat wisata Anda dan keluarga makin akrab dengan mengunjungi Waterbom Bali. Waterpark terbesar di Pulau Dewata ini punya wahana kolam renang dan permainan air yang pas untuk dewasa dan anak-anak.

Ada setidaknya 9 wahana permainan air di Waterbom Bali, yakni smash down, boogie ride, funtastic, pipeline, boomerang, super bowl, lazy river, race track, dan climax. Waterbom Bali memiliki nuansa tropis dan memenuhi standar kemanan serta ramah lingkungan. Jadi, jangan khawatir akan keselamatan buah hati Anda saat bermain di sini.

Waterbom Bali Keterangan
Lokasi Jalan Kartika Plaza, Tuban, Kuta Selatan.
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-18:00 WITA
Tiket Masuk Dewasa: Rp490.000

Anak-anak: Rp325.000

Website/Nomor Telepon www.waterbom-bali.com

0361 755676

51. Uji Keberanian di Bali Treetop Adventure

Pencinta kegiatan outbound wajib menjajal wahana di Bali Treetop Adventure. Ada beragam permainan menantang nyali yang dapat Anda pilih di sini. Menariknya, wahana permainan di sini tersedia dalam berbagai level kesulitan dan ketinggian medan outbound.

Anda pun tidak perlu khawatir akan keamanan perlengkapan outboundnya. Bali Treetop Adventure memiliki peralatan yang memiliki standar keamanan serta segala kegiatan petualangannya pun didampingi instruktur profesional.

Bali Treetop Adventure Keterangan
Lokasi Candikuning, Baturiti, Tabanan.
Jam Buka Setiap hari pukul 09:30-18:00
Tiket Masuk Dewasa: Rp325.000 (sebelum pukul 10:30), dan Rp365.000 (sesudah pukul 10:30)*

Anak-anak: Rp208.000 (sebelum pukul 10:30), dan Rp250.000 (sesudah pukul 10:30)*

*disarankan untuk booking terlebih dulu

Website/Nomor Telepon http://www.balitreetop.com

0361 9340009

52. Menilik Proses Pembuatan Cokelat di Big Tree Farms Bamboo Chocolate Factory

Produk olahan cokelat Big Tree Farms tampaknya sudah tersohor hingga luar negeri. Nah, Anda tentunya penasaran ingin tahu pabriknya serta proses pembuatan produknya bukan? Kalau begitu, Big Tree Farms Bamboo Chocolate Factory.

Bangunan pabrik cokelat ini memang seluruhnya terbuat dari bambu. Pengunjung pun dapat terjun langsung untuk belajar membuat cokelat. Selain memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak, tempat wisata ini juga bisa menjadi lokasi wisata alternatif yang berbeda dari yang lain.

Big Tree Farms Bamboo Chocolate Factory Keterangan
Lokasi Br. Piakan, Desa Sibangkaja

Kecamatan Abiansemal

Kabupaten Badung

Jam Buka Senin-Jumat pukul 09:00-12:00 dan 13:00-16:00
Tiket Masuk Rp40.000
Website bigtreefarms.com

53. Rasakan Asyiknya Berjalan di Bawah Laut di Bali Seawalker Tour

Pernah membayangkan bagaimana rasanya menjelajahi bawah laut dengan berjalan kaki? Sekarang Anda bisa mencobanya di Bali Seawalker. Seawalker ini dapat dicoba setiap orang, baik yang bisa berenang maupun tidak.

Nantinya, Anda akan dibekali perlengkapan berteknologi tinggi dan helmet transparan tanpa tabung udara. Jadi, kegiatan Anda di bawah laut dapat terasa ringan dan nyaman. Agar lebih aman, sebelum mulai menjelajah bawah laut, Anda akan dibekali pelatihan ringan dan instruksi dari para pemandu profesional.

Bali Seawalker Tour Keterangan
Lokasi Puri Santrian Resort and Spa, Sanur, Denpasar.
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-14:00
Tiket Masuk Rp550.000-Rp709.000
Website http://www.seawalker.co.id

54. Berpetualang Ala Bajak Laut di The Pirates Bay

Sesuai dengan namanya, The Pirates Bay mengusung konsep nautical dan bajak laut. Anda dapat menemukan replika kapal laut, serta rumah pohon unik yang juga merupakan sarana kegiatan outbound anak-anak. The Pirates Bay juga menawarkan kegiatan menarik selain outbound yang dapat diikuti anak-anak, yakni treasure hunt alias berburu harta karun.

Anak-anak akan didandani layaknya awak buah kapal dalam film-film bajak laut. Mereka akan diminta mengikuti instruksi untuk menemukan harta karun berupa cokelat, mainan, atau benda-benda menarik lainnya.

The Pirates Bay Keterangan
Lokasi The Bay Bali ITDC Area Lot C-0, Nusa Dua, Kuta Selatan, Bali
Jam Buka Setiap hari pukul 10:00-21:00
Tiket Masuk Rp50.000
Website http://www.thepiratesbaybali.com

55. Upside Down World Bali, Spot Foto Unik dan Berseni

Anda tentunya tidak asing dengan wahana 3D visual art, bukan? Di Bali ada satu tempat yang menghadirkan seni ilusi fotografi yang bernama Upside Down World Bali. Di sini Anda bisa mengajak buah hati untuk berfoto di ruang-ruang dengan tema tertentu yang diancang secara terbalik. Ada yang bertema horor, fantasi, bahkan rumah tradisional Bali. Jika ingin hasil fotonya lebih bagus, Anda dapat menggunakan jasa fotografer yang disediakan di Upside Down World Bali.

Upside Down World Bali Keterangan
Lokasi Jalan Bypass Ngurah Rai No. 726, Pemogan, Denpasar
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-21:00
Tiket Masuk Dewasa: Rp100.000

Anak-anak: Rp50.000

Nomor Telepon 0361 847 3053

56. Rasakan Serunya Pertunjukan Seni Kolosal Devdan Show

Devdan Show merupakan alternatif hiburan yang tak hanya menyenangkan, tapi juga edukatif sehingga layak dikunjungi saat liburan bersama anak-anak. Anda dapat menyaksikan pertunjukan seni kolosal yang memadukan unsur teater, tari, dan musik tradisional khas Nusantara dengan kisah yang menarik.

Devdan Show Keterangan
Lokasi Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Komplek ITDC Nusa Dua
Jam Buka Senin, Rabu, Jumat, Sabtu pukul 19:30 WITA.
Tiket Masuk Rp500.000 (B category)
Website/Nomor Telepon www.devdanshow.com

0361 770197

57. Lihat Pemandangan Alam di Atas Rumah Pohon Desa Batu Dawa Tulamben

Rumah pohon dapat menjadi tempat yang menarik sekaligus mampu mneyegarkan mata Anda. Di Desa Batu Dawa, Telamben ada rumah pohon unik dengan cabang yang mengelilingi rumah. Alhasil, rumah pohon tersebut jadi tampak seperti tumbuh dari tanah.

Untuk dapat sampai ke rumah pohon tersebut, Anda harus melintasi jembatan gantung yang tak kalah uniknya. Selain rumah pohon, di area ini juga terdapat sejumlah bangunan unik yang dapat dijadikan sebagai spot foto.

Rumah Pohon Tulamben Keterangan
Lokasi Tulamben, Kubu, Kabupaten Karangasem.
Jam Buka Setiap hari mulai pukul 08:00
Tiket Masuk Cukup membayar donasi.

58. Lihat Penyu Lebih Dekat di Pulau Penyu Tanjung Benoa

Ajak buah hati untuk mengenal penyu lebih dekat. Di Tanjung Benoa, Anda dan keluarga dapat melihat langsung puluhan penyu di tempat penangkarannya. Perjalanan menuju Tanjung Benoa bisa jadi merupakan salah satu bagian tak terlupakan. Anda akan menaiki perahu dengan bagian bawah berbentuk kaca sehingga dapat melihat terumbu karang dan biota laut yang hidup di bawahnya.

Pulau Penyu Keterangan
Lokasi Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung
Jam Buka Setiap hari pukul 09:00-17:00
Tiket Masuk Paket wisata Pulau Penyu (Rp350.000-Rp800.000)
Nomor Telepon (0361) 9009270

59. Belajar Lebih Dekat dengan Alam di The Green Village

The Green Village menghadirkan nuansa pedesaan khas Bali yang eksentrik dan menyatu dengan alam. Di sana Anda akan menemukan bangunan-bangunan yang terbuat dari bambu serta atap jerami. Di sekelilingnya hadir pepohonan rimbun, kolam ikan, serta sungai berarir jernih.

Di The Green School, salah satu wahana di tempat wisata ini, Anda akan diajak membuat peralatan bangunan dari bambu. Jika tertarik belajar bercocok tanam, coba saja datang ke wahana Pertanian Kul Kul.

The Green Village Keterangan
Lokasi Jalan Tanah Ayu, Sibang Gede, Abiansemal, Badung.
Jam Buka Morning Tour: 10:00

Afternoon Tour: 12:30

Tiket Masuk Dewasa: Rp378.000 (pagi), Rp455.000 (siang)

Anak-anak: Rp229.000 (pagi), dan Rp270.000 (siang)

Nomor Telepon 0811 392 2254

60. Keliling Pantai Naik Segway di Bali Green Connection

Rasakan sensai jalan-jalan di pantai yang berbeda dengan mengendarai Segway di Bali Green Connection. Buat yang baru pertama kali, jangan khawatir, Anda akan dibimbing oleh pemandunya langsung. Anda dapat berkeliling di tepi pantai, Sanur Boulevard, atau di sekitar kawasan pura sambil merasakan lembutnya semilir angin khas pantai.

Bali Green Connection Keterangan
Lokasi Jl. Danau Tamblingan No 121, Sanur, Bali (seberang Massimo Restaurant)
Harga Rp150.000 per jam
Nomor Telepon 0361-270 478, 0811 388 2660, 0811 388 2661

Tempat Wisata Populer Lainnya

61. Main Ayunan di Puncak Danau Buyan Wanagiri

Puncak Danau Buyan Wanagiri punya spot wisata yang Instagramable, lo. Anda akan dibuat terpesona oleh birunya air danau, rumah pohon, pepohonan rimbun, serta ayunan raksasa yang bakal bikin Anda serasa terbang melayang.

Kalau ingin yang lebih santai, coba naik ke atas gardu pandang untuk berfoto sekaligus menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Puncak Danau Buyan Wanagiri Keterangan
Lokasi Jalan Raya Wanagiri, Pancasari, Sukasada, Kabupaten Buleleng.
Tiket Masuk Rp10.000

 

62. Menyaksikan Gemuruh Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul wajib dikunjungi para pencinta alam. Sesuai namanya, air terjun ini merupakan kumpulan beberapa air terjun yang bermuara di satu tempat. Keindahan Air Terjun Sekumpul bahkan sudah terdengar hingga ke mancanegara. Karenanya tidak heran jika banyak turis asing yang juga penasaran ingin melihat keindahan Air Terjun Sekumpul.

Tersedia sebuah gazebo di atas bukit untuk pengunjung yang ingin melihat pemandangan air tejun yang dikelilingi pepohonan dari ketinggian.

Air Terjun Sekumpul Keterangan
Lokasi Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.
Tiket Masuk Rp5.000

63. Berkunjung ke Padang Bunga Marigold di Desa Temukus

Menyaksikan indahnya semburat jingga dari padang bunga marigold akan membuat Anda seakan berada di tempat lain. Ya, bunga marigold atau gemitir memang daya tarik utama yang dimiliki Desa Temukus.

Padang bunga yang letaknya tak jauh dari Pura Besakih ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada pagi dan sore hari. Usahakan untuk datang ke sini menjelang musim panen, yang biasanya dilakukan sebelum peringatan hari besar umat Hindu.

Padang Bunga Marigold Desa Temukus Keterangan
Lokasi Desa Temukus, Karangasem (sekitar 2 km dari Pura Besakih)
Tiket Masuk Hanya dikenakan donasi.

 

 

64. Morabito Art Cliff: Sensasi Bersantai Ala Resor di Santorini

Tak perlu jauh-jauh ke Santorini, Yunani, agar bisa menikmati sensasi berendam di jacuzzi dengan pemandangan laut lepas yang memukau. Resor Morabito Art Cliff punya daya tarik serupa yang dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama memandangi panorama laut sembari duduk santai di kursi malas atau berendam.

Karena nuansanya yang romantis dan eksentrik, tempat satu ini tampaknya cocok bagi pasangan yang tengah berbulan madu.

Morabito Art Cliff Keterangan
Lokasi Pantai Bingin, Pecatu.
Harga Mulai Rp6.560.000 per malam

65. Makan Sambil Berenang di Folk Pool & Gardens

Mau makan tapi malas menahan gerah? Coba saja makan sambil berenang ala Folk Pool & Gardens. Tempat satu ini memadukan konsep kuliner dan waterpark dalam satu tempat.

Di tepi kolam terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat bersantap. Kalau lelah berenag, boleh istirahat sebentar dengan bersandar di pinggir gazebo sambil menikmati segarnya minuman dingin.

Folk Pool & Gardens Keterangan
Lokasi Jalan Monkey Forest, Ubud.
Harga Tiket masuk: Rp50.000

Gazebo: Rp250.000

Makanan: mulai Rp50.000

Jam Buka Bistro: 08:00-21:00

Kolam renang: 10:00-22:00

 

 

66. Air Terjun Tukad Cepung, Pesona yang Tersembunyi di Balik Gua

Objek wisata satu ini tampaknya masih jarang dikunjungi wisatawan. Tidak heran jika banyak yang menamainya surga tersembunyi. Air Terjun Tukad Cepung berada di antara gua yang dikelilingi pepohonan.

Begitu sampai di sana, Anda akan merasakan atmosfer petualangan alam liar yang kental. Anda pun dapat berenang sampai puas sambil mendengar irama deburan air terjun yang menenangkan.

Air Terjun Tukad Cepung Keterangan
Lokasi Jalan Tembuku, Dusun Penida, Kelod, Bangli.
Jam Buka 08:00-17:00

67. Menyaksikan Panorama Magis Gunung Batur dari Desa Pinggan

Selagi di Bali, jangan lupa kunjungi Gunung Batur. Panorama Gunung Batur yang menyihir mata ini dapat disaksikan dari Desa Pinggan yang sama-sama berlokasi di Kecamatan Kintamani. Suasana sunyi menjelang fajar di area ini akan membuat Anda mampu menyelami keindahan Gunung Batur lebih dekat. Jangan lupa abadikan potret matahari terbit di sekitar Gunung Batur, ya.

Gunung Batur Keterangan
Lokasi Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli (sekitar 45 km dari Ubud).

68. Berendam di Air Terjun Peguyangan

Berbeda dari air terjun pada umumnya, Air Terjun Peguyangan bentuknya tidak lurus ke bawah melainkan bertingkat-tingkat sebelum akhirnya turun ke lautan. Tentunya, keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Namun, untuk dapat menuju tempat wisata ini, pengunjung harus menuruni 460 anak tangga curam dan sempit. Sesampainya di air terjun, barulah Anda dapat bersenang-senang sambil berendam di mata airnya yang menyegarkan.

Air Terjun Peguyangan Keterangan
Lokasi Nusa Penida, Batukandik, Kabupaten Klungkung.
Jam Buka 06:00-19:00

69. Menyatu dengan Alam di Secret Gardens of Sambangan

Datanglah ke Secret Gardens of Sambangan, Anda akan merasakan nuansa alam yang memukau dengan hamparan persawahan, pepohonan rindang, serta air terjun. Tak hanya satu, di sini ada tujuh air terjun yang semuanya masih terjaga keasriannya.

Area Secret Gardens of Sambangan ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai kegiatan outdoor seperti trekking. Meski medannya lumayan menantang, suasana sekitarnya yang asri buat perjalanan jadi tidak terasa melelahkan.

Secret Gardens of Sambangan Keterangan
Lokasi Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng.
Jam Buka 08:00-17:00

70. Menyaksikan Indahnya Sunset dari Gapura Candi Bentar Pura Lempuyang Luhur

Di Bali memang mudah menemukan spot sunset yang indah. Namun, Pura Lempuyang Luhur bisa jadi punya spot paling dramatis. Dari gerbang pura tersebut Anda dapat menyaksikan semburat jingga mentari yang tampak besar dan dramatis.

Belum lagi pemandangan Gunung Lempuyang dan gumpalan awan yang menutupi puncaknya, perpaduan keindahan alam tersebut mampu menciptakan potret yang mempesona.

Sebelumnya, Anda harus mendaki ratusan anak tangga yang memakan waktu sekitar 20 menit. Sesampainya di puncak, Anda dapat melihat cantiknya Pantai Amed, Gunung Agung, dan Kota Amlapura dari ketinggian.

Pura Lempuyang Luhur Keterangan
Lokasi Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem.

71. Bali Underwater Scooter, Sensasi Unik Menjelajahi Bawah Laut

Kalau tadi ada seawalker, sekarang saatnya mencoba underwater scooter. Sesuai dengan namanya, Anda akan diajak menjelajahi bawah laut menggunakan scooter. Tenang saja, Anda tidak harus mahir menyelam atau berenang, kok. Tinggal duduk dan belokkan scooter ke arah yang diinginkan.

Selain mendapatkan pengalaman yang unik, underwater scooter juga bisa bikin galeri Instagram Anda makin menarik.

Bali Underwater Scooter Keterangan
Lokasi Nusa Ceningan, Bali
Jam Operasional 08:00-19:00

72. Bakar Kalori di Bounce Bali Trampoline Center

Membakar kalori tidak hanya dapat dilakukan dengan lari-lari, lo. Loncat-loncat di trampolin selama 30 menit pun mampu membakar 200 kalori. Nah, saat liburan di Bali, cobalah untuk bermain di Bounce Bali Trampoline Center. Meski kebanyakan pengunjungnya anak-anak dan remaja, orang dewasa pun dapat ikut bermain sambil mencoba tantangan memasukkan bola ke dalam jaring.

Bounce Bali Trampoline Center Keterangan
Lokasi Jalan Pantai Berawa, Banjar Tegal Gundul Kuta Utara, Tibubeneng, Badung
Jam Operasional 09:00-22:00
Harga Rp125.000 untuk satu jam.

73. Belajar Membuat Perhiasan di House of Alaia

Sesekali, cobalah untuk liburan produktif. Salah satu caranya adalah dengan belajar membuat perhiasan sendiri di House of Alaia. Tak perlu khawatir jika masih awam, para perajin di sana akan mengajari Anda sampai perhiasannya jadi. Setelah jadi, Anda dapat menebusnya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih.

House of Alaia Keterangan
Lokasi Jl. Pantai Batu Bolong No. 27B, Canggu, Bali 80361 (House of Alaia Studio)
Jam Operasional Senin – Jumat 09.00 – 12.00 | 13.00 – 16.00 (tersedia waktu khusus sesuai permintaan)
Harga Mulai Rp200.000 atau $15

74. Arung Jeram Sungai Ayung

Rasakan keseruan menjelajah Sungai Ayung, yang merupakan sungai terpanjang di Bali. Ajak teman-teman dan keluarga untuk menguji nyali menaklukkan jeram yang ganas serta kelokan sungai yang mencekam. Meski masih pemula, Anda tak perlu takut sebab pemandu akan mendampingi untuk memastikan Anda dan kelompok dapat berarung jeram dengan aman.

Arung Jeram Sungai Ayung Keterangan
Lokasi Sungai Ayung, Ubud.
Harga Rp350.000 per orang

75. Pura Bawah Laut Pemuteran

Pura di Bali memang banyak, tapi hanya sedikit yang tahu ada sebuah pura di bawah laut. Pura Bawah Laut Pemuteran menyimpan pesona dan legenda magis. Anda akan menemukan bangunan pura kecil, alat-alat upacara, dan kumpulan biota laut yang membuatnya semakin menarik.

Pura Bawah Laut Pemuteran Keterangan
Lokasi Desa Pemuteran, Kecamatan Gerukgak, Buleleng.

76. Menaklukkan Rasa Takut di Desa Trunyan

Penggemar wisata mistis wajib mengunjungi Desa Trunyan. Konon, di desa ini terdapat pemakaman unik. Jenazah yang dikebumikan tidak dikubur atau dikremasi, melainkan diletakkan di permukaan tanah dengan ditutupi gundukan kayu-kayu. Banyak yang tertarik datang ke sini untuk sekadar melihat pemakaman atau merasakan atmosfer mistis yang terdapat di dalamnya.

Desa Trunyan Keterangan
Lokasi Jalan Trunyan, Kintamani, Bangli.

77. Berayun-ayun di Atas Lembah Zen Hideaway

Rasakan sensasi melayang di udara dengan menaiki ayunan di atas lembah Zen Hideaway. Ayunan raksasa di sini dibangun menggunakan kayu jati berusia 150 tahun. Dari atas ayunan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau ala pedesaan Ubud.

Zen Hideaway Keterangan
Lokasi Desa Bongkasa, Ubud.
Tiket Masuk Rp20.000-Rp30.000

78. Azul Beach Club

Azul Beach Club menyuguhkan suasana tropis yang menawan melalui bangunannnya yang terbuat dari bambu serta tiki bar yang menawarkan aneka cocktail khas Bali. Oh ya, di sini juga terdapat infinity pool dan whirlpool yang menghadap langsung ke halaman luar.

Azul Beach Club Keterangan
Lokasi Jl. Padma No. 2, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Harga Makanan Mulai Rp110.000
Jam Operasionanl 07:00-00:00 WITA

79. Nusa Lembongan

Nusa Lembongan punya segudang daya tarik yang menanti untuk dijelajahi. Di sana Anda dapat bersantai di pantainya yang cantik, menunggu matahari terbenam, atau mencoba meloncat dari atas batu karang yang dijamin bakal memacu adrenalin. Pokoknya, Nusa Lembongan merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan diri selama liburan.

Nusa Lembongan Keterangan
Lokasi Kepulauan Nusa, Bali

80. Bersantap Ditemani Zebra di Mara Safari Lodge

Mau pengalaman liburan di alam bebas yang tak terlupakan? Datang saja ke Mara Safari Lodge. Di sana Anda dapat berendam atau bersantap dengan pemandangan satwa seperti zebra yang berkeliaran di halaman.

Mara Safari Lodge Keterangan
Lokasi Jl. Bypass Prof. Ida Bagus Mantra KM 19.8, Gianyar
Nomor Telepon (0361) 751 300

Itulah 80 rekomendasi tempat wisata di Bali yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan untuk libur panjang nanti. Jangan lupa pilih penginapan yang berkualitas dan terjangkau agar liburan semakin nyaman.

Soal Hotel di Bali, Anda dapat memilih Airy sebagai akomodasi yang mampu menjamin kenyamanan pengunjung berkat jaminan fasilitasnya. Airy dilengkapi tempat tidur nyaman, penyejuk ruangan, perlengkapan mandi, shower air hangat, TV layar datar, air minum gratis, hingga WI-Fi. Tinggal pilih penginapan favorit Anda melalui website atau aplikasinya lalu lengkapi pembayaran. Anda sudah dapat check-in dan menikmati liburan Anda di Bali.

Yuk, ajak orang-orang terkasih untuk liburan ke Pulau dewata!

83 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *