6 Museum Terbaik di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi!

Mengunjungi kota baru untuk berwisata memang sangat menyenangkan. Tidak hanya suasananya yang berbeda dari kota asal, Anda juga dapat belajar lebih banyak tentang budaya dan asal usul kota tujuan! Karena keragaman budaya dan sejarahnya, Indonesia memiliki berbagai museum terbaik yang dapat Anda kunjungi. Yuk, cari tahu museum apa saja yang masuk ke dalam daftar ini!

1. Ullen Sentalu

Yogyakarta terkenal dengan budaya keraton Jawa yang sangat kental dan Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang adat setiadat, sejarah serta budaya Kota Pelajar. Museum ini terletak di daerah pegunungan dengan hawa yang sejuk serta suasana khidmat untuk menampilkan keagungan dari museum tersebut. Koleksi yang ditampilkan termasuk lukisan dan foto tokoh Mataram Islam, kain batik Vorstenlanden, karya-karya sastra, arca kebudayaan Hindu-Buddha dan lainnya.

Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu ( Photo credit to piecesofmyjourney.wordpress.com )

2. Museum Batik Danar Hadi

Batik adalah warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia dan negara kita pun memiliki banyak sekali macam-macam batik yang patut dibanggakan. Untuk melihat salah satu koleksi batik terbesar, Anda dapat mengunjungi Museum Batik Danar Hadi yang terletak di kota Solo! Mereka memiliki lebih dari 10.000 batik, mulai dari yang mudah Anda temukan di pasaran sampai yang sangat langka dan bersejarah. Batik yang ditampilkan pun akan selalu dirotasi setiap 6 bulan untuk memperlihatkan seluruh koleksi.

Interior Museum Batik Danar Hadi
Interior Museum Batik Danar Hadi ( Photo credit to anihaqqi.wordpress.com )

3. Museum House of Sampoerna

Apabila Anda ingin mengunjungi museum saat berada di kota Surabaya, House of Sampoerna menjadi tempat yang harus didatangi! Anda akan dipandu untuk mempelajari sejarah rokok Sampoerna yang terkenal di seluruh Indonesia, beserta dengan sejarah kehidupan pendirinya, Liem Seeng Tee. Semua koleksinya memiliki nilai sejarah, nostalgia dan moral yang mendalam karena Anda akan melihat cerita bagaimana Liem Seeng Tee mulai bekerja keras dari usia belia sampai akhirnya sukses dengan produk rokok Sampoerna.

Interior House of Sampoerna
Interior House of Sampoerna ( Photo credit to surabayadaily.com )

4. Museum Puri Lukisan

Jauh dari hiruk pikuk daerah Kuta, Anda akan menemukan hamparan alam hijau asri di Ubud, Bali. Tidak hanya keindahan alamnya yang terkenal, daerah Ubud juga memiliki budaya kesenian yang ternama. Anda dapat menikmati dan melihat karya agung lukisan maupun pahatan patung dengan ciri khas pulau dewata yang kental. Museum Puri Lukisan juga disebut-sebut sebagai yang tertua di Bali dan memiliki koleksi tertua serta langka, seperti lukisan berumur 86 tahun!

Museum Puri Lukisan
Keasrian Museum Puri Lukisan ( Photo credit to fabulousubud.com )

5. Museum Konferensi Asia-Afrika

Konferensi Asia-Afrika digelar di Gedung Merdeka, Bandung pada tahun 1955 dan sekarang terbuka bagi umum sebagai museum. Di dalam museum Konferensi Asia-Afrika, Anda akan “dibawa kembali” ke masa lalu untuk melihat secara detil bagaimana dan mengapa KAA diadakan. Selain diorama yang memperlihatkan suasana konfrensi, Anda juga dapat menonton film dokumenter terkait bagaimana situasi sebelum KAA atau mengunjungi perpustakaan untuk mengulik lebih dalam melalui koleksi buku-buku sejarah.

Interior Museum Konferensi Asia-Afrika
Interior Museum Konferensi Asia-Afrika ( Photo credit to tempatwisatadibandung.info )

6. Museum Pasifika

Selain museum-museum seni yang terletak di daerah Ubud, Anda masih dapat menikmati mahakarya seni di Nusa Dua dengan mengunjungi museum Pasifika. Keunikan dari tempat ini terletak pada koleksinya karena mereka tidak hanya menampilkan hasil karya artis Indonesia, tetapi juga dari artis asal Belanda, Italia, Perancis, Indo Eropa dan Indo Cina! Walaupun masih terbilang baru, museum Pasifika menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pecinta seni.

Museum Pasifika
Museum Pasifika ( Photo credit to allartnews.com )

Baca juga: Yuk Jelajahi 9 Kebun Binatang di Indonesia Ini

Bagaimana? Kita bisa berwisata selagi belajar lebih banyak tentang kebudayaan dan kesenian kota tujuan, bukan? Setelah puas berkeliling, Anda memerlukan istirahat di akomodasi yang nyaman dan AiryRooms adalah pilihan yang tepat! Sebagai jaringan akomodasi budget terbesar di Indonesia, Anda dapat beristirahat di kamar budget berkualitas dengan harga yang terjangkau. Berikut kamar Airy yang kami rekomendasikan:

Airy Sawahan Kranggan Surabaya
Airy Sawahan Kranggan Surabaya
Airy Ubud Pengosekan Premasanti 7 Bali
Airy Ubud Pengosekan Premasanti 7 Bali

Untuk reservasi, booking kamar lebih cepat, lebih mudah dengan aplikasi Airy Rooms. Download aplikasinya sekarang juga Google Play Store. Tersedia pula pemesanan lewat situs www.airyrooms.com. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan konsumen Airy Rooms di nomor 0804 111 2479 (AIRY). Jangan lewatkan promo dan informasi ter-update Airy Rooms dengan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia.

Featured photo credit: danarif.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *