Museum MACAN Bakal Pamerin Karya Yayoi Kusama! Wajib Datang!

museum macan

Diremiskan November 2017, Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, atau biasa disebut Museum MACAN sudah merebut hati para penikmat seni di Indonesia. Walaupun berlokasi di Jakarta, namun Museum MACAN ini hampir selalu full-house dan selalu  menjadi sorotan di media sosial.

Setelah sukses mengadakan eksibisi perdana yang diberi tajuk Art Turns. World Turns, kali ini Museum MACAN akan mengangkat seniman kenamaan asal Jepang, Yayoi Kusama. Diberi judul Yayoi Kusama: Life is the Heart of A Rainbow, eksibisi kedua ini rencananya akan menampilkan 130 karya Yayoi Kusama dalam beragam bentuk, seperti patung, lukisan, hingga instalasi modern seperti video.

 

Apresiasi Terhadap Seniman Serba Bisa

museum macan
Credit: wmagazine.com

Yayoi Kusama lahir di Jepang, 22 Maret 1922. Sebelum menjadi ikon budaya pop seperti sekarang, Yayoi Kusama dikenal sebagai seniman Nihonga, karya seni kaligrafi tradisional Jepang. Yayoi Kusuma dikenal sebagai pendobrak batas-batas konservatif, terutama dalam bidang politik dan kesenian internasional.

museum macan
Credit: thespaces.com

Sepanjang masa aktifnya, Yayoi Kusama dikenal sebagai seniman yang fluid, alias tidak terkungkung dalam satu medium untuk menyalurkan ekspresi seninya. Karya-karyanya meliputi instalasi di bidang fashion, lukis, furnitur, instalasi, puisi, film, bahkan seni pertunjukan. Ia tidak percaya kepada batas dan pakem tertentu, serta senantiasa mencari tantangan baru sebagai sarana menyalurkan ekspresi.

 

Pagelaran Seni Polkadot

Yayoi Kusama dan Gigantic Pumpkin | Credit: helsinki-art.com

Yayoi Kusama memiliki ciri khas bulatan-bulatan warna-warni yang umum disebut polka dot. Seperti salah satu karyanya yang paling terkenal, kamu bisa menemukan instalasi yang berbentuk labu raksasa dengan polka dot hitam dan kuning, yang diberi nama Gigantic Pumpkin. Motif polka dot ini juga tampak di beberapa instalasi lainnya, seperti Dots Obsession, the Obliteration Room, sampai dengan Infinity Mirrored Room yang sudah pernah ditamplikan di Museum MACAN di eksibisi pertama.

museum macan
Salah satu instalasi Yayoi Kusama, ‘Eternal Soul’ | Credit: cnn.com

Motif polka dot ini bukan tanpa makna tertentu. Di satu suratnya kepada Presiden AS Richard Nixon untuk menentang Perang Vietnam, Yayoi Kusama pernah menjelaskan bahwa jiwa manusia seharusnya bisa seperti titik-titik pada motif polka dot, bersama-sama membangun sebuah keindahan, bukan kehancuran.

 

Mengunjungi Museum MACAN

museum macan
Credut: thenational.ea

Yayoi Kusama merupakan salah satu seniman paling berpengaruh di dunia seni, maka jangan kaget jika nanti pameran ini akan dipadati pengunjung. Apalagi kalau melihat di eksibisi pertama, antrian masuk ke Museum MACAN ini mengular dan kamu hanya diberi waktu beberapa detik saja untuk masuk ke dalam Infinity Mirrored Room. Makanya, kamu harus merencanakan kunjunganmu ke sini dengan baik.

museum macan
Antrian Museum MACAN di eksibisi perdana | Credit: hafifahbella.blogspot.com

Kamu dapat mengunjungi museum ini pada hari Selasa sampai Jumat pada pukul 10.00 sampai dengan 19.00 WIB. Perhatikan juga harga tiketnya: untuk masyarakat umum Rp100.000, pelajar dan manula Rp90.000 dan anak-anak harus membayar Rp80.000. Tidak hanya itu, Museum MACAN juga membuka program membership, mulai dari dari harga Rp300.000 per tahun untuk pelajar juga, lho!

Ingin referensi museum lain untuk liburan bersama keluarga? Baca: 6 Museum Terbaik di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi!

Liburan tidak melulu harus mencari pantai, maupun trekking ke gunung. Mengunjungi eksibisi seperti ini juga bisa jadi pilihan yang asyik. Jika kamu tinggal di luar kota dan penasaran dengan eksibisi Yayoi Kusama ini, kamu selalu bisa liburan ke Jakarta dengan Airy! Tiket pesawat paling murah dan kamar hotel paling nyaman bisa kamu dapatkan dengan mudah! Install Airy App sekarang juga dan rencanakan liburan hematmu sekarang! Cek juga airyrooms.com/promo atau ikuti Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms agar tidak ketinggalan promo-promo menarik setiap hari! Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Airy, Kapan Aja Bisa!

113 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *