Museum Kata Andrea Hirata, Tempat Nostalgia Laskar Pelangi!

Setelah Replika SD Muhammadiyah menjadi populer karena film Laskar Pelangi, sekarang giliran Museum Kata yang hits banget dikunjungi oleh wisatawan. Berbeda dengan Replika SD Muhammadiyah, Museum Kata ini khusus dibangun oleh pengarang cerita Laskar Pelangi Andrea Hirata sebagai ekspresi kecintaan dirinya terhadap Laskar Pelangi dan dunia sastra. Ada berbagai dekorasi dari film Laskar Pelangi, foto-foto sastrawan idola penulis, dan yang paling unik: warung kecil bernama Kupi Kuli yang khusus menjual kopi tradisional murah untuk wisatawan. Bikin penasaran kan? Yuk langsung simak ulasannya di bawah!

Ekspresi kecintaan terhadap sastra

Credits: sunburstadventure.com

Museum yang terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur ini memiliki bangunan yang sederhana. Dari luar, gedung ini terlihat cantik karena memiliki berbagai warna mencolok pada tembok depan. Dibangun tahun 2012, Andrea Hirata membangun museum ini sebagai pembuktian kepada masyarakat luas bahwa sastra berpengaruh besar di dalam kehidupan, terutama dalam kehidupannya sendiri.

Setiap ruang merepresentasikan satu karakter

museum kata
Credits: indonesiakaya.com

Museum Kata memiliki konsep unik yang didasarkan pada setiap elemen cerita Laskar Pelangi dan kehidupan sastra dari sang penulis buku. Saat masuk ke ruang pertama ke museum, kamu akan disapa dengan foto-foto sang penulis di dinding, dengan dekorasi berbagai kalimat sastra yang menyentuh. Salah satu kalimat yang paling menarik perhatian adalah “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”.

museum kata
Credits: travel.kompas.com

Masuk ke bagian dalam museum, kamu akan bertemu dengan satu ruangan penuh dengan adegan-adegan film Laskar Pelangi dan berbagai versi cover buku Laskar Pelangi di beberapa negara. Ruangan ini adalah penghubung ruangan-ruangan lain di museum. Nah, berbagai ruang lain ini diberi nama karakter-karakter unik dari cerita Laskar Pelangi: Ruang Lintang, Ruang Ikal, dan Ruang Mahar.

museum kata
Credits: surabaya.tribunnews.com

Ruangan pertama adalah Ruang Ikal. Sebagai karakter utama dari cerita Laskar Pelangi, Ikal adalah sosok yang pintar dan bersahabat baik dengan Lintang. Di ruangan ini kamu bisa melihat foto dari adegan perpisahan Ikal dan Lintang. Selain foto, ada juga beberapa dekorasi buatan Andrea Hirata seperti koran berita tentang Laskar Pelangi, pamflet universitas, hingga alat gambar yang diwarnai berbagai macam warna cat hingga tidak terlihat lagi bentuk aslinya.

museum kata
Credits: indonesiakaya.com

Berbeda dengan Ruang Ikal, ruangan Lintang banyak menampilkan foto-foto sang sahabat dengan sepeda kesayangannya. Di satu foto, terlihat Lintang mengendarai sepeda dengan Ikal dibonceng dibelakangnya. Ruangan tersebut juga semakin menarik dengan dekorasi lukisan abstrak di sekitar fotonya.

museum kata
Credits: indonesiakaya.com

Terakhir, Ruang Mahar. Di cerita Laskar Pelangi, Mahar adalah seorang anak nyentrik yang suka berbagai hal berbau seni. Di ruangan ini kamu bisa menemukan foto-foto dari idola Mahar, terutama seorang raja dangdut yang selalu ditiru, yaitu Rhoma Irama.

Bisa ngopi di Kupi Kuli

museum kata
Credits: indovoices.com

Setelah selesai menyusuri semua ruangan Laskar Pelangi, kamu bisa langsung bersantai di Ruang Dapur. Tersedia kopi tradisional Belitung di warung Kupi Kuli yang sederhana sambil menikmati gorengan renyah yang disediakan. Harga segelas kopi juga terjangkau; hanya Rp3000 sampai Rp4000 saja!

Buka setiap hari

Museum ini buka setiap hari dari pukul 09.30 sampai 05.00 sore. Selain Museum Kata, daerah Gantung juga punya berbagai destinasi asik lho! Kamu bisa mengunjungi Kampoeng Ahok, Klenteng Fuk Tet Che, dan Replika SD Muhammadiyah. Puas dengan daerah Gantung, kamu bisa langsung keliling Pulau Belitung ke destinasi-destinasi lainnya. Wah, liburanmu bakal seru banget ya!

Tunggu apa lagi? Yuk segera rencanakan liburanmu ke Belitung bersama Airy! Dengan Airy, kamu bisa mendapatkan kamar penginapan dan tiket pesawat dengan harga terbaik! Caranya mudah banget, tinggal download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store, lalu pesan tiket pesawat dan kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhanmu! Lalu jangan lupa follow follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, biar nggak ketinggalan informasi promo-promo menarik dan destinasi seru!

Untuk informasi lebih lengkap, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

2 Responses to “Museum Kata Andrea Hirata, Tempat Nostalgia Laskar Pelangi!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *