Bikin Pangling! Ternyata Begini Kondisi 4 Kota di Indonesia Pada Masa Lalu

Indonesia dulu dan sekarangHidup di era serba modern; apalagi kamu yang tinggal di kota besar, gedung puluhan hingga belasan lantai adalah pemandangan yang kamu saksikan sehari-hari. Motor dan mobil keren keluaran tahun 2000-an hingga pesawat terbang yang berlalu-lalang di udara, bukanlah pemandangan unik.

Pernah membayangkan bagaimana Indonesia berpuluh-puluh tahun yang lalu? Jangankan gedung tinggi, mobil saja merupakan benda asing yang kalau lewat bisa bikin heboh satu kampung! Daripada hanya membayangkan, yuk lihat potret jadoel Indonesia dulu dan sekarang berikut ini!

Ini Pesona Bandung di masa lalu

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: disparbud.jabarprov.go.id

Gedung tua yang ada di tengah-tengah Kota Bandung ini pernah jadi saksi bisu lahirnya sejarah di Indonesia. Pada tahun 1955, Gedung Merdeka digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika. Selain itu, gedung bergaya Romawi hasil karya arsitek Van Gallen Last dan C.P. Wolff Schoemaker juga dulu digunakan sebagai kantor Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) pada tahun 1960-1965.

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: dolandolen.com

Hingga saat ini, Gedung Merdeka masih berdiri tegak di Jalan Asia Afrika, Bandung. Masih menjadi salah satu destinasi wisata populer, saat ini gedung beralih fungsi dan nama menjadi Museum Asia Afrika. Kalau berkunjung ke sini, kamu akan menemukan berbagai benda bersejarah sebagai pengingat saat konferensi Asia Afrika dulu. Meski sudah berusia hampir seabad gedung ini tetap kokoh dan terjaga, ya!

Wajah Jakarta tempo dulu

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: Twitter.com/potretlawas

Coba tebak ini di mana! Ini adalah Jalan Thamrin antara tahun 1960 hingga awal 1970-an. Jalanan di Jakarta kala itu masih lenggang. Meski kendaraan sudah banyak yang berlalu-lalang, jumlahnya masih jauh lebih sedikit dibanding sekarang. Bagaimana dengan gedung-gedung pencakar langitnya? Belum terlihat! Apa mungkin sedang dibangun?

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: Medcom.id

Kalau sekarang, di Kota Jakarta ini, ke mana pun mata memandang kamu akan menyaksikan gedung-gedung tinggi dan gemerlapan lampu dari gedung maupun kendaraan di malam hari.

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: Twitter.com/potretlawas

Nah, ternyata tahun 1960-an, gedung-gedung tinggi di Jakarta sudah mulai di bangun. Kerangka gedung di sisi foto ini adalah Wisma Nusantara di Jalan M.H Thamrin. Saking masih sedikitnya gedung tinggi di masa itu, dari bundaran HI kamu bisa melihat Monas yang berdiri dengan kokoh di Jakarta Pusat.

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: Pinterest.com/Sandra Dom

50 tahun sudah berlalu, sekarang kamu bisa melihat Wisma Nusantara dan gedung-gedung tinggi lainnya berdiri berdiri tegak di ibu kota. Sama-sama indah dan memukau, kamu lebih suka yang mana? Jakarta tempo dulu atau Jakarta masa kini?

Surabaya dulu dan sekarang

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: Twitter.com/potretlawas

Foto Kantor Pos Besar Surabaya ini diambil sekitar tahun 1935; sepuluh tahun sebelum Indonesia merdeka. Di depannya sedang terparkir bus angkutan umum yang mampu mengangkut 29 orang. Kira-kira orang tua kamu pernah menaiki bus seperti ini tidak, ya?

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: kekunaan.blogspot.com

Berlokasi di Jalan Kebon Rojo No.10, Kota Surabaya, hingga saat ini kantor pos ini masih beroperasi dengan baik. Selain berfungsi sebagai tempat mengirim surat atau paket, sesuai dengan surat keputusan wali kota Surabaya, gedung ini telah ditetapkan menjadi salah satu bangunan cagar budaya (BCB) dan keberadaannya dilindungi oleh undang-undang. Semoga gedung ini tetap bertahan sebagai warisan untuk generasi kita kelak!

Ternyata ini potret Kota Medan dulu kala

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: Twitter.com/potretlawas

Tanpa lampu lalu lintas, petugas tampak sedang mengatur kendaraan di simpang kantor dagang F. Kehding pada tahun 1920-an yang lalu. Terletak di tengah-tengah, arah depan bundaran ini adalah Cremerweg (saat ini Jalan Balaikota), sebelah kirinya Hutten Bachstraat (saat ini Jalan. Ahmad Yani VII), sisi kanan Nienhuys Weg (Saat ini jalan Pulau Pinang), dan arah belakang adalah Kesawan.  

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: Armansyahputra.com

Dimiliki oleh seorang pengusaha asal London, gedung ini diberi nama London Sumatera atau sering disebut Gedung Lonsum. Yang bikin unik, gedung ini adalah bangunan pertama yang memiliki fasilitas lift di Kota Medan. Indonesia dulu dan sekarang memang keren!

Indonesia dulu dan sekarang
Credit: medan.panduanwisata.id

Hingga tahun 2018 ini, Gedung Lonsum masih awet tanpa perubahan arsitektur yang signifikan dan sampai sekarang masih digunakan sebagai gedung perkantoran. Jadi, tidak sembarang orang boleh memasukinya. Tapi kamu masih tetap boleh berkunjung ke sini, kok. Kamu bisa berfoto di depan gedung sambil mengeksplor bangunan-bangunan tua yang lainnya di sekitar kawasan ini.

Setelah melihat potret Indonesia dulu dan sekarang, apa yang ada di pikiran kamu? Ternyata Indonesia berkembang pesat dalam 73 tahun ini, ya! Untuk langsung melihat kemegahan kota-kota di tanah air ini, kamu bisa kunjungi satu per satu. Masalah biaya tak perlu khawatir. Kan ada Airy!

Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, lalu pesan tiket pesawat dan Airy Rooms untuk liburan kamu! Supaya lebih hemat, kamu bisa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Kamu akan mendapat info promo setiap hari!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *