28 Tahun Sudah, Patung Garuda Wisnu Kencana Bali Akhirnya Tegak Berdiri

Garuda Wisnu KencanaSetelah 28 tahun berlalu, salah satu ikon di Bali ini akhirnya selesai dengan hasil yang sangat mengesankan. Patung raksasa yang diberi nama Garuda Wisnu Kencana atau GWK ini akhirnya selesai setelah berkali-kali mengalami kendala pembangunan. Di balik panjangnya proses penyelesaiannya, patung GWK memiliki pesona yang sangat memukau! Bagaimana tampilan kemegahannya? Baca selengkapnya di sini, yuk!

1. Proses pembangunannya memakan waktu hingga 28 tahun. Ada apa?

Ide pembuatan patung ini pertama kali muncul pada tahun 1989 oleh seorang seniman asal Bali, bernama I Nyoman Nuarta. Awalnya, I Nyoman Nuarta diminta Alm. Joop Ave, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi untuk membuat patung yang akan dipasang di Bandara Ngurah Rai.

Pada tahun 1993, Presiden Soeharto memberikan izin untuk memulai pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana. Peletakan batu pertama dilakukan di kawasan taman kebudayaan di Bukit Ungasan Jimbaran Bali.

Lalu karena krisis moneter yang melanda pada tahun 1998, dengan terpaksa akhirnya mega proyek Patung GWK ini dihentikan.

Garuda Wisnu Kencana
Credit: elle.co.id

Dua tahun berlalu, akhirnya I Nyoman Nuarta menjual 82 persen aset GWK kepada PT. Alam Sutera Reality Tbk dengan harapan perusahaan tersebut sanggup melanjutkan mega proyek ini.

Garuda Wisnu Kencana
Credit: thejakartapost.com

Tahun 2018, akhirnya Patung Garuda Wisnu Kencana telah selesai dikerjakan. Peresmian dilakukan pada tanggal 4 Agustus 2018, sekaligus menyambut HUT RI yang ke-73 tahun. Sekarang, destinasi wisata ini sudah bisa kamu nikmati saat berkunjung ke pulau dewata!

2. Menghabiskan dana sekitar Rp450 miliar

Garuda Wisnu Kencana
Credit: Breakingnews.co.id

Setelah dipercaya untuk mengakuisisi proyek pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana, PT. Alam Sutera Reality Tbk menganggarkan dana sebesar Rp450 miliar. Rp300 miliar untuk pembuatan patung dan Rp150 miliar untuk merapikan infrastruktur yang ada di sekitar patung. Angka yang cukup fantastis bukan?

3. Sangat memukau! Tingginya mencapai 121 meter

Patung GWK yang berada di Jalan Raya Uluwatu – Ungasan ini memiliki tinggi sekitar 121 meter. Menurut Nyoman, selain berukuran gigantis, patung GWK ini tetap mengutamakan nilai estetika. Dia berharap, siluet patung GWK akan tetap terlihat megah dan memukau walau dari kejauhan.

Garuda Wisnu Kencana
Credit: Instagram.com/triawanmunaf

Selain itu, bersama dengan para ahli, Nyoman juga memikirkan cara agar kawasan ini bisa menjadi objek wisata yang aman dan tahan terhadap angin kencang dan petir. Jadi kalau jalan-jalan ke sini, kamu tak perlu meragukan kekokohan patung ini.

4. Menjadi patung tertinggi nomor 3 di dunia

Garuda Wisnu Kencana
Credit: malangtoday.net

Bangga! Ternyata Patung GWK menempati peringkat sebagai patung tertinggi ke-3 di dunia setelah Spring Temple Buddha di Henan, China (153 meter) dan Laykyun Sekkya Buddha di Monywa, Myanmar (129.9 meter). Patung yang berdiri megah di Bali ini mengalahkan Patung Ushiku Daibutsu (120 meter), Liberty (93 meter), The Motherland Calls (85 meter), dan Christ the Redeemer (39.6 meter). Kamu juga patut berbangga, ya!

5. Pemasangan mahkota Patung Garuda Wisnu Kencana diwarnai dengan upacara khusus

Garuda Wisnu Kencana
Credit: YouTube

Sebagai rasa syukur atas pembuatan patung yang hampir selesai, pihak pengelola mengadakan Upacara Ngrastiti dan Pecaruan. Upacara yang dipimpin oleh 4 pedanda (pendeta umat Hindu) ini dilaksanakan sekaligus untuk memohon agar penyelesaian patung bisa berjalan dengan lancar.

Garuda Wisnu Kencana
Credit: baliekbis.com

Ada yang bisa menebak berat dari mahkota patung GWK ini? Beratnya mencapai 3.5 ton, lho! Mahkota yang terbuat dari tembaga berlapis emas ini diangkat dan dipasang menggunakan crane.

Pemasangan mahkota patung GWK dilaksanakan dengan meriah dan dihadiri oleh ratusan penduduk pada Mei 2018 lalu. Seluruh masyarakat sangat antusias menyambut patung ini. Kamu juga jangan mau kalah, ya! Kalau ada kesempatan, jangan sungkan datang ke sini!

Lokasi: Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361

Nah, itulah tadi 5 fakta tentang kemegahan Patung Garuda Wisnu Kencana. Pokoknya, pas liburan ke Bali, kamu gak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke sini. Untuk merencanakan liburanmu, langsung download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, yuk! Ada banyak promo yang sedang berlangsung. Dapatkan promonya di media sosial sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header & Feature Image Credit: Instagram.com/ellchintya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *