Ternyata, Ini Fakta Tentang Jam Gadang. Unik Banget!

Siapa yang masih ingat pelajaran sekolah tentang huruf dan angka Romawi? Biasanya pelajaran ini didapatkan saat masih berada di bangku Sekolah Dasar. Nah yang masih ingat, coba perhatikan semua angka pada Jam Gadang di bawah ini. Apakah kamu melihat hal yang unik di sana?

Jam Gadang

Masih belum menemukannya? Coba cek gambar jam yang lebih jelas dan besar!

Jam Gadang

Sudah ketemu? Benar! Di antara 12 angka yang ditulis dalam bahasa Romawi, angka 4 ditulis berbeda. Kalau biasanya penulisannya adalah “IV”, di jam gadang malah ditulis IIII. Kok bisa? Unik banget, ya! Ternyata, ada beberapa pendapat di balik fakta unik Jam Gadang ini!

Jam Gadang
Kumeokmemehdipacok.blogspot.com

Jam ini dibangun pada tahun 1926 saat masa penjajahan Belanda. Dilansir dari minangtourism.com, ada yang mengatakan,  angka 4 pada jam ini sengaja ditulis “IIII”, karena angka 4 bahasa romawi, yaitu “IV” menyerupai bentuk huruf “I” dan “V”, singkatan dari I Victory, yang kalau diterjemahkan langsung ke bahasa Indonesia berarti “Saya Menang”. Supaya tidak dijadikan simbol kemenangan, akhirnya dipilihlah bentuk 4 garis ini.

Jam Gadang
Credit: longlaw.blogspot.com

Ada juga yang berpendapat, saat proses pembuatan Jam Gadang ini, ada 4 orang tukang bangunan yang meninggal saat bekerja. Jadi untuk mengenang para tukang, akhirnya angka 4 ditulis dengan empat garis lurus yang berderet, melambangkan para tukang yang gugur saat pembangunan Jam Gadang ini.

Jam Gadang
Credit: pixabay.com

Pendapat lain yang gak kalah unik adalah, pemilihan bentuk “IIII” supaya mempermudah para pandai besi untuk memahat angkanya. Selain pembuatannya lebih murah, prosesnya juga lebih mudah karena mereka hanya perlu membentuk empat garis lurus. Wah, unik banget!

Dari beberapa pendapat di atas, menurutmu mana alasan paling masuk akal? Yang manapun alasannya, yang terpenting adalah Jam Gadang punya bentuk dan cerita yang menarik, bikin para wisatawan senang mengunjunginya. Saat liburan ke Bukittinggi nanti, jangan lupa mampir ke sini dan lihat sendiri keunikannya! Untuk liburanmu, ayo rencanakan bersama Airy. Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Ada banyak pilihan kamar dan rute penerbangan yang sesuai dengan kota asal dan tujuanmu. Mau liburanmu lebih irit? Jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada banyak promo yang sedang berlangsung!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

One Response to “Ternyata, Ini Fakta Tentang Jam Gadang. Unik Banget!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *