Punya Jembatan Super Panjang, Ini Fakta-fakta Unik Surabaya!

Fakta unik SurabayaPernahkan kamu berkunjung atau sekedar melihat gambar Jembatan Suramadu? Selain bersinar dan makin mempesona di malam hari, jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini adalah jembatan yang pernah dinobatkan menjadi jembatan terpanjang se-Asia Tenggara! Bikin bangga, ya. Nah selain punya jembatan super panjang, Surabaya punya banyak fakta-fakta unik yang mungkin belum ketahui. Apa saja fakta unik Surabaya? Langsung saja simak ulasan di bawah ini. Baca sampai habis dan jangan lupa bagikan ke teman-temanmu, supaya kita sama-sama kaya informasi!

Nama Kota Surabaya berkali-kali mengalami perubahan penulisan

Fakta unik Surabaya
Credit: puteramentari.com

Menurut masyarakat Surabaya, nama ini berasal dari paduan kata Sura dan Baya yang memiliki arti berani menghadapi tantangan. Penulisan nama kota ini berubah seiring dengan zaman yang berubah. Mulai dari Curabhaya, Surabaia, Soerabaia, Soerabaja, dan akhirnya saat ini ditulis Surabaya.

Asal muasal patung hiu dan buaya yang menjadi ikon Surabaya

Fakta unik Surabaya
Credit: stkw-surabaya.ac.id

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, saat terjadi bencana alam meletusnya Gunung Kelud pada tahun 1334, muncul cerita mistis tentang pertarungan penguasa lautan melawan penguasa daratan, yaitu ikan hiu bernama Cura dan buaya bernama Bhaya. Untuk menghentikan pertarungan itu, digabunglah nama keduanya menjadi Surabaya dan digunakan untuk nama kota tersebut. Sekarang, patung ini masih jadi destinasi populer yang sering disinggahi para pengunjung.

Taman Bungkul di Surabaya pernah dinobatkan sebagai taman terbaik se-Asia

Fakta unik Surabaya
Credit: flickr.com/Hasan Muthohar

Pada tahun 2013 lalu, nama Indonesia diharumkan berkat Kota Surabaya. Berlokasi di daerah Wonokromo, kebersihan dan keindahannya membuat taman ini berhasil meraih penghargaan taman terbaik se-Asia yang dinobatkan oleh PBB. Wah, bangga banget, ya!

Salah satu jalan di Busan, Korea, diberi nama Jalan Surabaya!

Fakta unik Surabaya
Credit: superkidsindonesia.com

Surabaya dan Busan ternyata memiliki hubungan yang sangat baik. Sejak tahun 1994 silam, kedua kota ini menjalin kerjasama di berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, dan seni budaya. Perwakilan Surabaya dan Busan juga secara rutin saling mengunjungi, guna berbag ilmu dan pengetahuan. Sebagai penanda kerjasama ini, Busan menamai salah satu jalan utama di kota itu dengan nama Jalan Surabaya. Begitu juga dengan Surabaya yang meresmikan sebuah monumen Korea di Jalan dr. Soetomo dan menamai taman tersebut dengan nama Taman Surabaya. Semoga kerjasama antara kedua kota ini terus berlanjut, ya!

Battle of Surabaya, Film Animasi asal Indonesia yang mendapat penghargaan dari Amsterdam

Credit: superkidsindonesia.com
Credit: mldspot.com

Pada tahun 2015 lalu, Film Battle of Surabaya dirilis dan berhasil mencuri perhatian penonton Indonesia bahkan dunia. Film ini bercerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya pasca proklamasi dikumandangkan, dimana Belanda masih berusaha merebut Indonesia kembali. Selain jalan ceritanya yang menyentuh, tahun 2018 ini, film garapan Sutradara Aryanto Yuniawan ini berhasil meraih kemenangan di IFF Amsterdam. Hebat, ya!

Itulah tadi 5 fakta unik tentang Kota Surabaya. Selain terkenal dengan kebersihan dan kotanya yang teratur, ternyata kisah-kisah sejarah di kota ini sangat menarik dan bikin kita ini makin layak jadi tujuan liburanmu selanjutnya. Untuk merencanakan liburanmu, langsung saja download dan Install Airy App melalui Google Play Store dan App Store dan temukan tiket pesawat terbang dan kamar hotel sesuai budget kamu! Jangan lupa follow juga media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, supaya liburanmu makin hemat, karena ada banyak promo yang bisa kamu gunakan setiap hari.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *