Di Balik Hari Raya Waisak, Ada Wisata yang Memukau di Kaki Candi

Semua tahu, candi-candi yang ada di negeri Indonesia lebih banyak dikenal sebagai objek wisata yang tak pernah sepi akan pengunjung. Tapi tahukah kamu? Beberapa candi terkenal seperti Candi Borobudur, ataupun Candi Mendut juga “difungsikan” sebagai lokasi sakral umat Buddha pada saat hari raya Waisak. Selama beberapa hari, para umat Buddha di Indonesia kerap mengadakan sejumlah ibadah atau ritual keagamaan di kawasan Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Kegiatan ini rupanya juga menarik dari sisi pariwisata. Tidak seperti wisata religi pada umumnya, perayaan Waisak di Candi Borobudur dan Candi Mendut kerap ramai dikunjungi wisatawan baik lokal hingga asing. Apa yang menarik dari perayaan itu? Menurut penuturan banyak wisatawan yang pernah menyaksikan, “atraksi” proses ritual dan momen pelepasan lampion jadi agenda yang tak boleh dilewatkan.

Berpusat di Candi Borobudur

Borobudur jadi pusat kegiatan umat Buddha saat hari raya Waisak tiba | Photo: Flickr CC

Sebagai candi kuno yang dibangun ketika era kerajaan Buddha berkuasa di nusantara, Candi Borobudur memperoleh keistimewaan untuk menjadi pusat kegiatan perayaan spesial umat Buddha yang ada di Indonesia. Rangkaian demi rangkaian acara meramaikan perayaan Waisak yang telah diadakan beberapa hari sebelum jatuh tanggalnya. Kegiatan ini sedari awal diklaim oleh pihak PT Taman Wisata Candi (PT TWC) kerap mengundang perhatian turis-turis yang memang datang khusus untuk menyaksikan ritual yang mungkin belum pernah mereka saksikan sebelumnya, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia. Berbagai prosesi sebetulnya dilaksanakan di berbagai tempat.

Seperti misalnya pada tanggal 9 Mei 2017 kemarin, dilakukan penyakralan Api Alam dari Mrapen yang dilaksanakan di kompleks Candi Mendut. Baru pada esok harinya, ribuan biksu memulai prosesi yang disebut dengan ‘pindapata’, atau prosesi di mana ribuan biksu akan berjalan kaki menuju Candi Borobudur sambil memanjatkan doa. Di Candi Borobudur inilah, seluruh pusat dari rangkaian kegiatan Waisak dilaksanakan, sampai pada akhirnya di petang menjelang, prosesi pelepasan lampion jadi agenda pamungkas bagi banyak wisatawan yang hadir.

Prosesi pelepasan lampion

Ribuan lampion yang diterbangkan bersamaan menghiasi langit malam Borobudur | Photo: Hipwee

Ada yang berbeda di langit Borobudur pada malam hari saat Waisak. Ya, pendaran ribuan lampu lampion yang dilepaskan memang sontak mewarnai langit Borobudur yang mendadak terang gemintang. Bagi umat Buddha, proses pelepasan lampion memiliki makna yang penting, dan bagi wisatawan, momen ini juga jadi sama pentingnya untuk merasakan pengalaman saat itu. Prosesi pelepasan lampion ini sendiri bisa diikuti oleh siapa saja. Untuk wisatawan, saat momen ini bisa dimanfaatkan untuk sekedar menyaksikan, atau pun mengambil foto. Perlu kamu ketahui, jika berminat untuk berpartisipasi tersedia tiket masuk yang sudah berikut pembelian lampion seharga Rp 100.000.

Baca juga: Ini Dia 10 Tempat Wisata Kekinian di Jogja yang Wajib Dikunjungi!

Momen Waisak yang “mendadak” jadi objek wisata ini, mungkin bisa jadi alternatif wisata buat kamu yang ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda dari biasanya. Perayaan Waisak yang berpusat di Borobudur berlokasi di wilayah Sleman yang tak jauh dari pusat kota Jogja. Untuk akomodasi di wilayah Sleman, serahkan pada Airy Rooms, jaringan hotel dan guest house terbesar dan terpercaya di Indonesia. Berikut pilihan eksklusif untuk kamu.

Airy Sleman Ring Road Utara 186 Yogyakarta
Airy Kalasan Sleman Purwomartani Sambisari A3 Yogyakarta

Selain kamar-kamar Airy Rooms yang kami rekomendasikan di atas, kamu masih dapat menemukan banyak kamar Airy Rooms di lokasi-lokasi di seluruh Indonesia. Kamu kini bisa langsung pesan kamarnya secara cepat dan mudah melalui Airy App yang sudah tersedia untuk Android dan iOS. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Featured image: Pinapina | Flickr CC

2,215 total views, 6 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *