Airy Academy Goes to Bandung #BersamaAkomodasiLokal 31 Januari 2018

Airy mengadakan acara Airy Academy Goes to Bandung pada hari Rabu, 31 Januari 2018 dengan visi untuk mendukung perkembangan akomodasi lokal di Indonesia. Airy Academy merupakan bagian dari kampanye #BersamaAkomodasiLokal yang dilaksanakan oleh Airy sejak akhir tahun 2017 kemarin. Acara yang diselenggarakan di Hotel Lingga Bandung ini diadakan untuk membantu mitra hotel Airy mengembangkan potensi dan kinerja SDM (Sumber Daya Manusia) demi memberikan pelayanan terbaik. Personnel Housekeeping dan Front Office dari akomodasi mitra Airy mendapatkan wawasan serta pelatihan secara langsung dari fasilitator berpengalaman di dunia Hospitality.

Proses registrasi peserta Airy Academy di Hotel Lingga Bandung.

Pelatihan Airy Academy dibawakan oleh Training dan Development Manager Airy, Bapak Ero Winanda, bersama dengan Bapak Sony Boi Bangun sebagai Associate Cluster Manager Airy. Mereka telah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Hospitality dan memiliki banyak ilmu serta informasi yang dapat dibagikan kepada para peserta pelatihan. Selain itu, setiap fasilitator didampingi oleh co-fasilitator, Rashid Sugiri dan Apep Herdiana, yang juga sudah berpengalaman untuk membantu para peserta.

Setelah pembukaan singkat dari Country Manager Hotel Operations Airy, Bapak Ricky Zulfandi, pelatihan dimulai dengan materi pertama tentang bagaimana cara terbaik memanfaatkan kualitas layanan untuk memenangkan persaingan di era digital. Peserta dapat mengetahui bagaimana ekspektasi dan ulasan tamu dapat mempengaruhi keputusannya untuk menginap di suatu akomodasi. Selain itu, peserta juga dibekali wawasan tentang service excellence, cara terbaik menangani keluhan tamu dan cara berpenampilan yang baik serta rapi selama bekerja.

Bapak Ricky Zulfandi, Country Manager Hotel Operations Airy, memberikan kata sambutan.

Pengetahuan para peserta juga diuji melalui tes tertulis untuk mengukur seberapa jauh pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan. Setelah istirahat makan siang, peserta kembali mengikuti pelatihan dengan sesi praktik. Peserta Housekeeping dan Front Office mendapatkan pelatihan yang berbeda untuk mendapatkan informasi spesifik sesuai bidang pekerjaan mereka.

Untuk para peserta Front Office, peserta diharuskan untuk menghadapi berbagai kasus nyata mengenai bagaimana cara bersikap ketika menghadapi keluhan tamu. Peserta juga mendapatkan wawasan untuk menangani proses check-in dan check-out dengan benar.

Simulasi proses check-in dan check-out untuk melatih peserta Front Office.

Sementara itu, peserta Housekeeping dilatih untuk melakukan makeup room dan merapikan tempat tidur sesuai dengan standar Airy. Para peserta pun juga diberikan contoh studi kasus dalam simulasi proses membersihkan dan merapikan seluruh kamar. Setelah itu, fasilitator memberikan evaluasi apa saja yang peserta mungkin lewatkan selama proses simulasi. Peserta lain juga bisa memberikan pengalaman dan tips mereka sendiri.

Peserta pelatihan Housekeeping melakukan simulasi makeup room.

Pada sesi terakhir, Airy memberikan tiga penghargaan untuk peserta dengan antusiasme terbesar, nilai tes tertulis tertinggi dan kemampuan penyelesaian masalah terbaik saat praktik. Penghargaan diberikan kepada tiga peserta, yaitu Alam Anugrah Rudy dari Hotel Lingga sebagai Best Front Office, Ridwan dari Royal Hotel Bandung sebagai Best Housekeeping, dan Paskalis Alan Simboh dari Nice Guest House sebagai peserta dengan hasil test tertulis tertinggi.

Acara Airy Academy sukses mengundang antusiasme banyak peserta yang datang dan memberikan banyak pertanyaan kepada para fasilitator. Peserta pun saling berdiskusi satu sama lain dan memberikan komentar positif kepada Airy terkait pengalamannya selama mengikuti pelatihan ini.

Peserta dan panitia Airy Academy Goes to Bandung.

Airy dengan rangkaian kampanye #BersamaAkomodasiLokal akan terus hadir untuk membantu perkembangan potensi industri akomodasi lokal. Nantikan kehadiran Airy dan Airy Academy di Yogyakarta, Malang, Semarang, Surabaya dan kota-kota lainnya.

386 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *