Yuk Cobain Berwisata ke 5 Destinasi Digital Ini!

destinasi digital

Destinasi digital? Apa itu? Pasti itu yang ada di pikiran kamu saat membaca judul artikel ini. Istilah “destinasi digital” merupakan salah satu tujuan wisata yang diresmikan oleh Kementrian Pariwisata pada Rakornas Pariwisata I 2018 yang diadakan pada bulan Maret kemarin. Total, ada 7 tempat yang diresmikan sebagai Destinasi Digital yang dipercaya akan memperkuat sektor pariwisata di Indonesia.

Sebenarnya kita tidak terlalu asing dengan istilah ini. Bahkan, mungkin kita sudah pernah berkunjung ataupun berwisata digital tanpa sadar. Jadi, definisi resmi Destinasi Digital adalah tempat wisata yang dikreasikan oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPi) setempat dan generasi millenial sehingga menjadi tempat wisata kuliner dengan spot foto yang cantik untuk di-upload di media sosial oleh para pengunjung. Wow! Ini nih baru namanya kekinian!

Nah, total ada 7 spot Destinasi Digital di Indonesia: Pasar Tahura (Lampung), Pasar Kaki Langit (Yogyakarta), Pasar Karetan Kendal (Semarang), Pasar Siti Nurbaya (Padang), Pasar Baba Boen Tjit (Palembang), Pasar Pancingan (Lombok), dan Pasar Mangrove (Batam). Yuk, kita intip satu per satu!

 

1. Pasar Tahura, Lampung

destinasi digital
Credit: rilstory.com

Pasar Tahura ini terletak di Desa Hurun, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Nama Tahura sendiri merupakan singkatan dari Taman Hutan Rakyat, jadi bisa dibayangkan betapa asrinya alam di sini.

destinasi digital
Credit: kelilinglampung.net

Kerimbunan pepohonan di Tahura dipadu dengan lezatnya kuliner nusantara dan hiasan-hiasan kekinian pasti bikin kamu betah untuk berlama-lama di sini. Yang lebih menarik lagi, semua hiasan di Pasar Tahura ini ramah lingkungan! Jadi, selain berwisata, kamu juga bisa sedikit belajar tentang kelestarian alam. Seru, ya?

 

2. Pasar Kaki Langit, Yogyakarta

destinasi digital
Credit: gudeg.net

Pecinta kuliner yang sedang berlibur ke Yogyakarta, wajib main ke Pasar Kaki Langit ini. Berlokasi di daerah Mangunan, destinasi digital satu ini punya segudang kuliner ‘ndeso’ yang bisa kamu nikmati. Uniknya, kamu harus menggunakan mata uang khusus berbentuk kepingan kayu. Gemas banget!

destinasi digital
Credit: brilio.net

Selain wisata kuliner, kamu juga bisa berfoto-foto santai di sekitar Pasar Kaki Langit, seperti Hutan Bengkung, Sendang Mangunan, dan sebagainya. Ada juga workshop kesenian untuk anak-anak. Wah, bisa jadi liburan yang sangat bermanfaat!

 

3. Pasar Karetan Kendal, Semarang

destinasi digital
Credit: nyipenengah.com

Sesuai dengan namanya, Pasar Karetan Kendal ini berdiri di pinggir hutan karet milik PT PTPN. Senada dengan destinasi digital lainnya, Pasar Karetan Kendal ini juga merupakan gudangnya kuliner khas Semarang yang dibeli dengan mata uang khusus yang ditukarkan di tempat. Lucunya, untuk ke lokasi Pasar Karetan, kamu harus naik odong-odong dari parkiran karena jarak dari parkiran ke pasar lumayan jauh, sekitar 800 meter.

destinasi digital
Credit: asn.id

Jika kamu merencanakan untuk mengunjungi Pasar Karetan Kendal, maka berangkatlah pagi-pagi! Saking ramainya tempat ini, kuliner di pasar sering habis sebelum menjelang siang.

 

4. Pasar Pancingan, Bilebante

destinasi digital
Credit: imronfhatoni.com

Liburan ke Nusa Tenggara Barat tidak melulu harus ketemu pantai dan laut saja, lho! Jika kamu ingin merasakan suasana liburan yang berbeda dari biasanya, coba kunjungi Pasar Pancingan yang berada di Desa Bilebante, Lombok Barat ini. Ada family playground yang cocok untuk dinikmati jika kamu bepergian bersama anak kecil, rumah pohon yang dipasang di ketinggial 6 meter untuk obyek selfie sekaligus sebagai anjungan pandang, dan juga pusat kuliner khas Nusa Tenggara Barat yang pasti sayang banget untuk dilewatkan. Yuk, cobain ke sini!

 

5. Pasar Baba Boentjit, Palembang

destinasi digital
Credit: AsSajidin.com

Jika destinasi digital yang lain mengunggulkan konservasi alam, Pasar Baba Boentjit di Palembang menonjolkan aspek historisnya. Berlokasi di Rumah Oeng Boen Tjit, Lorong Saudagar Yucing, tempat ini sudah berusia 300 tahun, lho! Uniknya lagi, pasar ini memiliki spot-spot Instagrammable dengan ornamen oriental yang pasti bikin Instagram-mu semakin berwarna.

 

Jadi, apa kamu penasaran dengan spot-spot destinasi digital di atas? Selain kelima pasar tersebut, ada juga beberapa destinasi lain yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Pasar Siti Nurbaya (Padang), Pasar Mangrove (Batam), dan yang paling baru, Pasar Lambung (Aceh). Masing-masing destinasi punya keunikan sendiri-sendiri, tentunya.

Kapan lagi bisa seru-seruan liburan sambil ikut memajukan program pariwisata Indonesia? Biar lebih afdal, nginapnya juga di akomodasi lokal dengan booking di Airy! Ada 10.000 kamar nyaman yang tersebuar di 83 kota di Indonesia, Airy selalu siap jadi tempat istirahatmu di mana pun kamu berada. Install langsung Airy App melalui Google Play Store atau App Store dan cek ketersediaan kamarnya. Biar lebih hemat, gunakan kode voucher yang bisa kamu cari melalui Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Informasi lebih lanjut, hubungi Customer Care 24/7 di 0804 111 2479 atau klik www.airyrooms.com.

Airy, Kapan Aja Bisa Ikut Majukan Pariwisata Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *