Megahnya Candi Gedong Songo, Pesona Tersembunyi di Alam Semarang

gedong songo

Candi Gedong Songo merupakan komplek candi Hindu yang ada di Indonesia. Terletak di Semarang, Jawa Tengah, Candi Gedong Songo terdiri dari beberapa bangunan candi yang tersebar di antara hamparan pemandangan alam yang memukau, lengkap dengan pemandian air panas yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan para pengunjung.

Secara harfiah, nama Gedong Songo diambil dari bahasa Jawa, “gedong” yang berarti bangunan dan “songo” yang berarti angka sembilan. Artinya, Candi Gedong Songo merupakan sebuah komplek candi dengan sembilan bangunan. Sayangnya, beberapa bangunan tersebut sudah hancur dan hanya menyisakan lima candi saja. Kendati demikian, pesona Candi Gedong Songo dan alam sekitarnya masih sangat menarik untuk dikunjungi. Yuk, intip dulu bersama Airy!

Paduan Manis Wisata Budaya, Alam dan Digital

gedong songo
Credit: travel.grivy.com

Kalau kamu ingin merasakan liburan yang lengkap dalam satu destinasi, maka pergilah ke Candi Gedong Songo. Kondisi geografis di kawasan wisata ini cenderung menanjak dengan kondisi cuaca dingin, karena terletak di lereng Gunung Ungaran. Makanya, jangan sampai jaket kamu ketinggalan saat mengunjungi daerah ini, ya!

gedong songo
Credit: traveltodayindonesia.com

Warisan Wangsa Syailendra ini sekarang terdiri dari 5 spot candi setinggi 4-5 meter. Candi Gedong I dan Candi Gedong II terpisah cukup jauh, sekitar 200-300 meter dengan trek menanjak. Walaupun terdengar melelahkan, pengalaman ini bakal terbayar dengan indahnya alam sekitar. Mulai dari Candi Gedong II, sudah mulai tercium bau belerang karena memang terdapat pemandian air panas di tengah-tengah situs Candi Gedong Songo ini.

Lepas dari Candi Gedong III, kamu bisa memilih untuk beristirahat sejenak di pemandian air panas alami. Karena kandungan mineral dan belerangnya, air panas di sini dapat membantu menyembuhkan para pengunjung yang memiliki penyakit kulit.

Apabila tidak ingin kelelahan menjajaki seluruh tempat, kamu dapat mengambil beberapa paket wisata menggunakan kuda yang sudah disediakan oleh pengelola di pintu masuk Candi Gedong Songo. Harga paketnya bervariasi, mulai Rp25.000 sampai dengan Rp90.000 tergantung dengan spot yang ingin kamu kunjungi.

gedong songo
Credit: nusantaratv.com

Tak hanya pemandangannya yang memukau dan arsitektur candi saja yang bisa membuat kamu berdecak kagum. Sekarang, kamu juga bisa berfoto-foto mengabadikan momenmu di komplek candi ini dengan spot Instagramable baru. Terletak tak jauh sebelum Candi Gedong I, kamu bisa menemukan spot-spot foto yang kini tengah nge-hits di Instagram. Seru banget, kan?

gedong songo
Credit: travelingyuk.com
gedong songo
Credit: explorewisata.com

Menuju Candi Gedong Songo

Untuk menuju ke Candi Gedong Songo, kamu bisa menempuh 3 alternatif. Melalui Semarang, dengan jarak tempuh sekitar 1.5 – 2 jam tergantung kondisi lalu lintas. Kamu juga bisa mencoba menempuh rute dari Solo yang akan memakan waktu sekitar 3 jam. Apabila kamu sedang berada di Yogyakarta, kamu juga bisa berkunjung ke destinasi ini. Hanya saja, mungkin kamu butuh effort lebih karena rute Yogyakarta – Candi Gedong Songo lebih padat daripada dari Semarang ataupun Solo.

Yang jelas, mau di mana pun base camp kamu, selalu ada kenyamanan kamar Airy yang siap menjaga istirahatmu. Dengan Jaminan Kenyamanan Airy, tak perlu lagi khawatir dengan budget travel-mu. Apalagi kalau booking tiket pesawatnya juga di Airy. Semakin hemat dan banyak promo! Ayo, install Airy App GRATIS melalui Google Play Store dan App Store sekarang juga! Untuk lihat promonya, cek www.airyrooms.com/promo dan ikuti media sosial Airy di Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

63 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *