Belum Pernah ke Bromo? 6 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui!

Gunung Bromo

Siapa yang belum pernah dengar tentang Bromo? Gunung yang ada di provinsi Jawa Timur ini mendadak populer kembali sejak dijadikan lokasi shooting untuk Film Pasir Berbisik, yang dibintangi aktris cantik Dian Sastro pada tahun 2001.  

Film yang menampilkan potret keindahan Bromo ini berhasil mencuri perhatian penontonnya, hingga jatuh hati pada gunung setinggi 2.329 Mdpl ini. Dari pada penasaran, yuk simak kerennya Gunung Bromo di sini!

1. Gunung suci yang terhampar di kawasan Tengger

Gunung Bromo
Credit: id.wikipedia.org

Gunung Bromo yang berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, terhampar dengan gunung-gunung populer lainnya seperti: Gunung Semeru, Gunung Batok, hingga Gunung Linggo. Gunung Bromo disebut sebagai gunung suci dikarenakan umat Hindu menghormati dan sering mengadakan ritual keagamaan di gunung ini.

2. Sunset terindah meneduhkan hati

Gunung Bromo
Credit: bromojavatravel.com

Dimana lagi kamu bisa menghabiskan waktu sambil menyaksikan matahari tenggelam? Ketika tiba di puncak Bromo pada sore hari, kamu akan dihadiahi semburat cahaya merah di langit keemasan. Sungguh pemandangan yang sangat memukau!

3. Pasir Berbisik bagai di Gurun Sahara

Gunung Bromo
Credit: youtube.com

Untuk tiba di Pasir Berbisik ini, kamu bisa menyewa mobil Jeep seharga Rp500.000–Rp700.000, lengkap dengan pengemudinya. Kalau ingin berkendara dengan kendaraan yang lebih nyentrik, ada kuda yang siap disewa seharga Rp20.000–Rp100.000, tergantung rute yang kamu inginkan.

Gunung Bromo
Credit: hiveminer.com

Diserap dari judul film, para wisatawan kerap menyebut area ini sebagai Pasir Berbisik. Lautan pasir yang terhampar luas membuatnya menjadi spot favorit para wisatawan. Tidak perlu jauh-jauh ke Benua Afrika, di Pasir Berbisik ini kamu bisa merasakan sensasi bermain pasir layaknya di Gurun Sahara!

4. Saksikan kearifan lokal masyarakat setempat melalui Upacara Kasada

Gunung Bromo
Credit: eksotikabromo.co.id

Selain alamnya yang sangat indah, masyarakat Bromo terkenal menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat mereka. Mereka mengadakan Upacara Kasada, yaitu serangkaian ceremonial untuk memberikan persembahan kepada Tuhan.

Gunung Bromo
Credit: YouTube

Upacara ini sangat unik. Mereka menyiapkan berbagai hasil bumi seperti: sayuran, buah-buahan, serta ternak, lalu dilempar ke dalam mulut kawah Gunung Bromo. Kalau ingin menyaksikan upacara ini, kamu bisa berkunjung ke Bromo pada tanggal 14–16 bulan Kasada, atau saat bulan purnama tampak di langit. Beberapa tahun terakhir ini upacara jatuh pada bulan Juni–Juli.

5. Akses mudah menuju Bromo

Gunung Bromo
Credit: thejakartapost.com

Yang tak kalah menarik dari tempat wisata ini adalah, aksesnya mudah! Kamu bisa mengakses Gunung Bromo dari 4 lokasi, yaitu: Desa Wonokitri di Pasuruan, Desa Burno di Lumajang, Desa Cemoro Lawang di Probolinggo, atau bisa juga dari Desa Ngadas Tumpang di malang. Paket komplit! Kekayaan alam yang ditawarkan sangat mempesona, akses ke sini pun sangat mudah. Tidak ada alasan untuk melewatkan keindahan Gunung Bromo ini, kan?

Sesudah mengintip kemegahan Gunung Bromo, kamu sudah siap untuk packing? Yuk, langsung berangkat liburan! Download dan Install Airy App dari Google Play Store atau App Store. Jangan lupa juga follow akun social media Airy di Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, supaya liburanmu ke Bromo jadi lebih irit!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *