Nostalgia! Ini dia 5 Toko Piringan Hitam di Jakarta yang Asik Kamu Kunjungi!

piringan hitam di jakarta

Kapan terakhir kali kamu mendengar lagu dari piringan hitam? Muncul sejak tahun 1950an, piringan hitam atau biasa disebut vinyl yang sudah lama tidak populer kembali marak digandrungi beberapa tahun belakangan ini oleh orang muda maupun tua. Beberapa toko yang sudah lama berdiri dan yang baru bermunculan di seluruh seluk –  beluk kota Jakarta pun kembali dikenal oleh banyak orang. Mari kita simak yuk, 5 toko piringan hitam di Jakarta paling keren dan lengkap!

1. Lian Records

piringan hitam di Jakarta
credits: vinyloftheday.com

Mulai beroperasi pada awal tahun 1970an, Lian Records adalah salah satu toko piringan hitam tertua di Jakarta. Saking terkenalnya, pada tahun 2013 salah satu anggota band rock Islandia Sigur Rós mampir ke toko dan berfoto dengan Lian Nasution, pemilik sekaligus kolektor musik di toko tersebut. Di tahun 2015, toko ini juga pernah masuk ke dalam daftar 10 Best Shopping Destination for Travelers dari CNN, setara dengan posisi toko piringan hitam kelas dunia seperti Dusty Groove di Chicago dan Other Music di New York.

Terletak di salah satu sudut Jl. Surabaya di Menteng, Jakarta Pusat, Lian Records menjual koleksi piringan hitam langka yang harganya meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir. Rilisan lagu “Indonesia Raya” yang pertama ataupun lagu “Begadang” yang dirilis pertama tahun 1970 dari Rhoma Irama dapat kamu dengarkan di sini.

2. Paper Pot Records

piringan hitam di Jakarta
credits: Arga Narada

Toko piringan hitam di Jakarta yang masih tergolong baru ini terletak di dalam Blok M Plaza lantai 4, Bulungan, Jakarta Selatan. Menggunakan strategi cheapo box dimana puluhan rak berisi piringan hitam bekas dijual satuan hanya seharga 75rb, Paper Pot Records bisa menjadi pilihan kamu yang penasaran sama piringan hitam dan ingin membeli piringan hitam pertama untuk dikoleksi.

Selain ratusan piringan hitam murah, Paper Pot juga menjual beberapa piringan hitam yang tergolong langka dengan harga yang cukup miring untuk genre hip hop, rock, dan jazz.

3. La La Records

piringan hitam di Jakarta
credits: instagram.com/analog.gue

Terletak di Jl. Kemang Raya 8B, La La Records hadir sebagai salah satu toko piringan hitam dengan desain interior dan nuansa yang cocok digunakan anak muda sebagai tempat nongkrong di Jakarta Selatan. La La Records menjual puluhan piringan hitam dari musisi alternatif dan rock modern yang dikenal banyak anak muda. Gak jarang, kamu bisa menemukan piringan hitam Tame Impala, Daft Punk, bahkan sampai Taylor Swift sekalipun.

Berada di satu gedung dengan Kinosaurus, Ruang Seduh, Labrana, dan Aksara Bookstore, La La Records bisa menjadi destinasi mencari piringan hitam di Jakarta sembari nongkrong bersama teman – teman kamu!

4. Ragtime Records

piringan hitam di Jakarta
credits: instagram.com/erikgintings

Apabila kamu tipe orang yang menyukai genre blues, jazz, dan R&B jadul dengan suara khas penyanyi kulit hitam, Ragtime Records yang terletak di Pasar Santa Modern Market, Blok AKS Nomor 99 Lantai Dasar, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menjadi salah satu destinasi terbaik kamu untuk memburu piringan hitam baru dan bekas yang langka.

Di sini, kamu akan banyak menemui rilisan dari Miles Davis, Louis Armstrong, Ella FItzgerald, sampai BB King yang masih bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal. Ragtime sangat cocok untuk dikunjungi bersama orang tua kamu, supaya bisa bernostalgia mendengarkan lagu lama bersama-sama!

5. Laidback Blues

piringan hitam di jakarta
credits: destination.co.id

Dibangun oleh Samson yang juga memiliki nama di dunia disk jockey, Laidback Blues yang berlokasi di Pasar Santa Modern Market adalah salah satu toko piringan hitam pertama yang dibangun pada saat Pasar Santa pertama kali berubah menjadi pasar modern. Mengimpor sebagian besar piringan hitam dari Jepang, toko ini menjual berbagai piringan hitam dari berbagai genre musik yang sulit ditemukan di tempat lain, seperti album klasik Nat King Cole, The Smiths, dan beberapa album dari grup musik Indonesia tahun 1960an.

Nah, itu tadi 5 toko piringan hitam di Jakarta yang paling keren dan lengkap! Sekarang kamu bisa menjelajahi Jakarta dan bernostalgia bersama teman dan keluarga sambil mendengarkan lagu jadul favoritmu.

Nah, sambil keliling Jakarta, kamu juga bisa cek 6 kedai kopi yang lagi hits di Jakarta. Penikmat kopi pasti suka deh!

Meskipun temapt – tempat asik di Jakarta itu tersebar di berbagai sudut kota, jangan khawatir kalau kamu berpergian sampai malam karena ada Airy yang bisa menyediakan hotel terbaik dan terjangkau di berbagai sudut kota Jakarta! Caranya mudah, kamu bisa download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Pesan tiket pesawat atau kamar hotel jadi makin gampang! Apalagi kalau kamu follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, biaya yang kamu keluarkan makin irit, karena Airy punya berbagai promo untuk kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header and feature image credits: credits: mldspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *