Megah dan Keren! Ini dia 5 Patung Besar punya Indonesia!

patung besar Indonesia

Selain wisata alamnya yang beragam, Indonesia juga punya berbagai wisata unik yang hanya bisa kamu temukan di daerah tertentu. Salah satunya adalah monumen yang berbentuk patung raksasa megah! Mulai dari Garuda Wisnu Kencana di Bali sampai Patung Yesus di Toraja, patung-patung besar Indonesia ini pasti bisa bikin liburan awal tahun kamu lebih asik. Penasaran kan? Yuk lihat di mana aja lokasinya!

1. Jalesveva Jayamahe – Surabaya

patung besar indonesia
Credits: infoserbaserbi.com

Patung besar Indonesia yang diresmikan pada 5 desember 1996 ini melambangkan kejayaan TNI Angkatan Laut Indonesia. Terletak di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, monumen ini berdiri di atas bangunan museum yang menggambarkan sejarah perjuangan kelautan Republik Indonesia. Monumen dengan tinggi 30,6 meter ini selalu menjadi destinasi favorit pengunjung Surabaya saat masa liburan. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang kapal-kapal pelabuhan serta langit biru yang cerah. Seperti sedang foto di depan Patung Liberty, ya!

2. Kwan Sing Tee – Tuban

patung besar indonesia
Credits: tribunnews.com

Patung yang menjadi simbol keagamaan dari masyarakat Tionghoa ini ramai dibicarakan oleh masyarakat karena kontroversi izin yang muncul pada tahun 2017. Meskipun begitu, patung yang terletak di dalam kompleks klenteng Kwan Sing Bio tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin merasakan kebudayaan Tionghoa di Indonesia. Dengan tinggi 30 meter, patung ini juga masuk ke dalam rekor MURI sebagai patung terbesar se-Asia Tenggara pada tahun 2017!

3. Dewi Kwan Im – Pematang Siantar

patung besar indonesia
Credits: oknusantara.com

Diresmikan pada tahun 2005, patung ini berdiri megah di atas Vihara Avalokitesvara, Simalungun, Siantar Selatan. Dengan tinggi 22,8 meter, patung ini menjadi tempat peribadatan masyarakat Buddha sekaligus menjadi daya tarik wisatawan di daerah Pematang Siantar. Sempat dinobatkan menjadi patung tertinggi se-Asia Tenggara pada tahun 2008, patung Dewi Kwan Im kini menjadi destinasi favorit bagi pengunjung keagamaan maupun wisatawan umum.

4. Yesus Buntu Burake – Toraja

patung besar indonesia
Credits: backpackerjakarta.com

Punya keinginan untuk melihat patung Kristus Penebus di Rio De Janeiro, Brasil? Jangan khawatir, karena sekarang Indonesia juga punya Patung Yesus Buntu Burake yang gak kalah keren! Patung yang berdiri kokoh setinggi 40 meter yang selesai dibangun pada tahun 2015 ini mulai ramai dibicarakan karena keindahannya. Terletak di perbukitan, patung ini berdiri menghadap kota Makale. Dengan lantai kaca yang kekinian di sekitar patung, kamu bisa menikmati keindahan alam Tana Toraja sambil mengambil foto-foto keren buat kenangan. Asik banget ya!

5. Garuda Wisnu Kencana – Bali

patung besar Indonesia
Credits: ayodyaresortbali.com

Patung yang pengerjaannya paling ambisius sepanjang sejarah Indonesia ini akhirnya resmi dibuka untuk umum pada pertengahan 2018 lalu. Dinobatkan sebagai patung terbesar ketiga di dunia, Garuda Wisnu Kencana membutuhkan 28 tahun untuk bisa selesai dan resmi berdiri dengan tinggi 121 meter, mengalahkan patung Liberty di Amerika Serikat. Diambil dari filosofi Hindu, Dewa Wisnu yang menunggangi burung Garuda adalah simbol dari pencipta semesta dan dimanifestasikan sebagai semangat penyelamatan lingkungan dan dunia.

Wah, semuanya megah dan besar, pas banget dikunjungi untuk mengisi liburan awal tahun baru kamu! Kalau kamu masih penasaran sama wisata megah lainnya, Indonesia juga punya berbagai istana kerajaan yang bisa kamu kunjungi sebagai objek wisata. Menarik ya!

Supaya kamu bisa langsung berangkat liat berbagai patung besar Indonesia di atas, kamu bisa langsung beli tiket pesawat dan pesan kamar hotel di Airy. Caranya mudah kok! Tinggal download dan install aplikasi Airy dari Google Play Store dan App Store, lalu pesan tiket pesawat dan kamar hotel yang sesuai dengan kebutuhanmu! Lalu jangan lupa follow follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, biar nggak ketinggalan informasi promo-promo menarik dan destinasi seru!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header and featured image credit: backpackerjakarta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *