5 Destinasi Ekowisata Paling Spektakuler di Indonesia

ekowisata indonesia

Apa kegiatan yang biasa kamu lakukan saat berlibur? Wisata kuliner? Mengunjungi museum? Berburu coffee shop unik? Bermain air di pantai? Memang kegiatan-kegiatan menyenangkan tersebut umum dilakukan saat berlibur biasa. Tapi sesekali kamu bisa menjajal untuk melakukan liburan ekowisata. Istilah ekowisata berarti melakukan kegiatan wisata yang mengutamakan aspek alam, pemberdayaan ekonomi sosial budaya masyarakat setempat, dan pendidikan. Terdengar ribet? Padahal ekowisata ini sangat menyenangkan lho! Cocok buat kamu yang bosan dengan liburan yang itu-itu saja. Tidak percaya? Nih 5 Destinasi Ekowisata Paling Spektakuler di Indonesia.

1. Tangkahan Eco Tourism, Sumatera Utara

Credit: audleytravel.com

Apabila kamu sedang mengunjungi Medan, boleh pula mengunjungi Binjai untuk mengunjungi Tangkahan Eco Tourism. Di sini kamu bisa langsung berkenalan dengan gajah yang hidup di alam bebas, termasuk jungle trekking bersama gajah dan memandikan gajah! Seru kan? Selain itu, kamu juga bisa melakukan waterfall camping, river tubing, dan sebagainya.

ekowisata indonesia
Credit: parah1ta.jalanjalanyuk.com

Yang bikin merinding adalah kisah di balik pembangunan Tangkahan ini. Masyarakat sekitar Tangkahan adalah para penebang hutan liar yang mau diedukasi sehingga mau mencari pemasukan yang lebih sustainable dibanding melakukan penebangan liar yang merusak lingkungan. Keren banget!

2. Desa Wisata Tembi, Daerah Istimewa Yogyakarta

ekowisata indonesia
Credit: visitingjogja.com

Ekowisata tidak melulu tentang alam. Kalau kamu ingin merasakan pengalaman liburan yang unik di Yogyakarta, kamu wajib datang ke Desa Wisata Tembi. Di sini kamu bisa belajar membatik, melukis, membuat tembikar, sampai membuat tempe kedelai. Selain belajar membuat kerajinan khas Yogyakarta, kamu juga bisa merasakan kehidupan pedesaan dengan tinggal di homestay yang ada di Desa Tembi, bertani, memancing, dan sebagainya. Pasti liburan kamu jadi semakin berkesan.

3. Kawah Ijen, Jawa Timur

ekowisata indonesia
Credit: National Geographic

Keajaiban Kawah Ijen sudah banyak jadi perbincangan para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Banyak fenomena alam langka yang bisa kamu nikmati di ekowisata gunung yang satu ini. Salah satunya Danau Kawah Ijen yang dapat berubah warna tergantung sinar matahari yang masuk ke dalam danau. Selain itu, yang paling dicari adalah blue flame yang hanya bisa dinikmati dini hari sampai sekitar pukul 05.00 pagi. Fenomena alam akibat tingginya kandungan sulfur pada tanah ini hanya bisa dinikmati di dua tempat di dunia, Islandia dan Kawah Ijen ini. Jadi tidak heran apabila banyak wisatawan yang rela jauh-jauh ke Banyuwangi dan melakukan trekking selama 2 jam untuk menikmati pemandangan langka ini.

4. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

ekowisata indonesia
Credit: rappler.com

Yang menjadi kebanggaan Indonesia salah satunya adalah keberadaan kadal purba, Komodo. Digadang sebagai satu-satunya spesies dengan relasi langsung kepada dinosaurus dan didokumentasikan telah hidup sejak 30 juta tahun yang lalu, maka tidak heran bahwa Pulau Komodo menjadi wakil Indonesia sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Taman Nasional Komodo sendiri terdiri dari 3 pulau, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Selain untuk melindungi habitat kadal raksasa ini, Taman Nasional Komodo difungsikan untuk melindungi kelestarian ekosistem flora, fauna, dan biota laut yang ada di sekitar ketiga pulau tersebut.

5. Pulau Rubiah, Aceh

ekowisata indonesia
Credit: steemit.com

Pernahkan terlintas di pikiran kamu, bagaimana indahnya ekosistem di Kilometer Nol Indonesia? Daripada penasaran, cobalah ke sisi utara Banda Aceh untuk menjelajah seputar Pulau Weh. Pulau Rubiah sendiri adalah sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di teluk Pulau Weh. Kalau melihat Pulau Rubiah tidak berpenghuni, maka bisa dibayangkan betapa “perawan”-nya obyek ekowisata di Pulau Rubiah.

ekowisata indonesia
Credit: wikipedia.org

Penduduk lokal Pulau Weh biasanya menawarkan persewaan snorkeling untuk kamu supaya bisa berenang bersama ribuan ikan yang hidup di sekitar Pulau Rubiah. Terdapat setidaknya 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh pemerintah di sana. Jika tidak ingin snorkeling, kamu tetap bisa menikmati keindahan ekosistem bawah laut Pulau Rubiah karena air laut di sana masih sangat jernih dan kamu bisa melihat ke bawah laut sampai dengan kedalaman 15 meter.

Daftar di atas hanya menunjukkan 5 dari ratusan keindahan alam dan budaya negara kita. Masih banyak keajaiban-keajaiban lain yang bisa kamu temukan! Jadi, jangan ragu untuk berwisata keliling Indonesia. Apalagi sekarang ada Airy! Hanya dengan Airy, kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk tiket pesawat dan kamar hotel yang paling murah untuk liburan hemat kamu! Sudah tidak zaman biaya jadi alasan kamu tidak bepergian. Langsung download Airy App melalui Google Play Store dan App Store atau cek langsung ke www.airyrooms.com untuk mulai merencanakan perjalanan kamu! Ikuti juga media sosial Airy di Facebook, Twitter dan Instagram @airyindonesia atau Official LINE Account @airyrooms untuk mendapatkan kode promo yang bisa kamu manfaatkan supaya perjalananmu makin murah! Informasi lebih lanjut, hubungi Customer Care 24/7 di 0804 111 2479.

Feature image credit: amusingplanet.com
Header image credit: discoveryourindonesia.com

427 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *