Ngaku suka seni? Ini Dia 4 Museum Seni di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!

Museum Seni

Banyak budaya Indonesia yang bisa kamu kunjungi dan nikmati. Salahnya satunya adalah menikmati karya seni dari seniman Indonesia! Buat kamu yang belum tahu, ternyata banyak lho museum-museum kece yang memamerkan karya seniman-seniman dari Indonesia!

Penasaran mau melihat langsung karya seni seniman Indonesia? Simak ulasan lengkap tentang museum seni indonesia di bawah ini!

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Seni
Credit: arumsilviani.com

Pernah dengar Laskar Pelangi karya Andrea Hirata? Beliau adalah sosok cerdas di balik novel terkenal Laskar Pelangi. Buat kamu penggemar Karya Andrea Hirata atau sastra, kamu wajib ke museum ini. Namanya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Museum seni ini adalah museum sastra pertama yang ada di Indonesia, lho! Di museum ini kamu bisa menemukan lebih dari 200 literatur dari berbagai genre seperti literatur musik, film, anak, seni, hingga literatur arsitektur. Ada juga ruang-ruang khusus, untuk belajar informasi tertentu! Misalnya, ruangan yang khusus membahas informasi mengenai geografi Belitung. Gak hanya itu, museum ini juga banyak spot-spot foto ngehits!

Alamat Museum Kata Andrea Hirata: Lenggang, Gantung, East Belitung Regency, Bangka Belitung Islands 33516

Museum Galeri Nasional Indonesia

Museum Seni
Credit: dianhendrianto.com

Kalau jalan-jalan ke Jakarta, jangan lupa mampir ke Museum Galeri Nasional Indonesia! Di museum seni Indonesia ini terdapat 2 ruang pameran utama, ada ruang pameran tetap dan ruang pameran temporer. Di ruang pameran tetap, kamu bisa menemukan berbagai karya lukisan dari seniman lokal dan internasional. Sementara di di ruang pameran temporer, kamu bisa menemukan pameran seni tematis yang diselenggarakan pada periode-periode tertentu. Mau menikmati dan mempelajari seni-seni karya seniman ternama dari Indonesia? Yuk, berkunjung ke museum ini!

Alamat Galeri Nasional Indonesia: Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Museum Ullen Sentalu Jogja

Museum Seni
Credit: njogja.co.id

Museum seni Indonesia yang satu ini, termasuk salah satu museum terbaik di Indonesia, lho! Namanya adalah museum Ullen Sentalu. Museum di Jogja ini suasananya asri dan hijau banget. Pokoknya bakalan bikin kamu betah keliling menikmati karya-karya yang dipamerkan. Kebanyakan koleksi di museum ini adalah karya-karya budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram. Banyak banget yang bisa kamu lihat, kalau kamu mampir ke museum ini! Ada ruang pameran lukisan-lukisan tokoh, ruang pamer batik, syair, gamelan dan masih banyak lagi!

Alamat Museum Ullen Sentalu Jogja: Jl. Kaliurang, Kaliurang Barat, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Museum Kesenian Agung Rai

Museum Seni
Credit: baliweightloss.com

Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi kalau kamu liburan ke Bali! Salah satunya adalah Museum Kesenian Agung Rai atau ARMA! Di museum seni Indonesia ini, kamu bisa menemukan berbagai macam koleksi lukisan dari pelukis-pelukis ternama dari dalam negeri maupun mancanegara. Gak hanya untuk memamerkan karya lukisan saja, museum ini sering memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati pameran permanen dan temporer karya berbagai seniman, mengadakan pertunjukan teater, tarian, musik, dan kelas melukis. Di museum ini juga ada toko buku, perpustakaan dan bengkel budaya. Bahkan ada program pelatihan dan seminar mengenai seni di museum ini. Jadi kalau kamu suka seni dan mau belajar seni, tempat ini wajib untuk kamu kunjungi!

Alamat Museum Kesenian Agung Rai:  Jl. Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Itu dia museum seni Indonesia yang wajib kamu kunjungi! Penasaran? Yuk, buruan kunjungi tempat-tempat keren ini! Booking kamar dan tiket pesawat kamu melalui Airy App, biar lebih praktis! Tinggal Download melalui Google Play Store atau App Store aja, kok! Jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms biar gak ketinggalan informasi promonya!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Header & Feature Image Credit:  Twitter Galeri Nasional ID

2 Responses to “Ngaku suka seni? Ini Dia 4 Museum Seni di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *