3 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Jadwal Pesawat Mengalami Delay

Meski teknologi penerbangan komersil kian canggih, tak tertutup kemungkinan lho gangguan seperti delay (keterlambatan) tak dapat terjadi. Setidaknya, kamu yang membaca tulisan ini pasti pernah sesekali mengalami delay penerbangan yang durasinya beragam, dari mulai yang hanya beberapa menit, bahkan hingga berjam-jam lamanya. Jika sudah begini, alhasil delay penerbangan jadi kendala yang tak disukai oleh semua orang. Jika kamu terjebak dalam kondisi ini, maka harus ada siasatnya untuk menjaga mood perjalanan. Berikut ini ada 3 (tiga) hal sederhana yang sepertinya harus kamu lakukan jika jadwal penerbanganmu mengalami keterlambatan. Langsung dicek yuk.

1. Mintalah kompensasi ke maskapai terkait

Kompensasi jadi aturan wajib bagi maskapai jika jadwal penerbangan mengalami delay | Photo: 12fly.com

Tahukah kamu? Jika jadwal penerbangan mesti tertunda akibat berbagai hal misal kesalahan teknis, atau gangguan cuaca, sebagai penumpang kamu tentu memiliki hak terkait kompensasi atau ganti rugi yang dapat diminta ke pihak maskapai. Tak perlu khawatir, sebab hal ini telah dilindungi oleh undang-undang atau peraturan yang diterbitkan oleh pemerintah. Kompensasi yang bisa kamu terima antara lain seperti misalnya; voucher makan, hingga pengembalian uang (refund). Pastikan hal ini kamu lakukan terlebih dahulu jika kamu mengalami delay yang cukup panjang. Karena biar bagaimana pun, kompensasi merupakan bentuk ganti rugi yang kamu peroleh.

2. Cari penginapan di sekitar bandara jika delay mencapai lebih dari setengah hari

Penginapan seperti Airy Bandara Soekarno-Hatta Suryadarma Tangerang ini bahkan menyediakan free airport transfer untuk kenyamanan kamu menghadapi delay yang cukup panjang | Photo: Dok. Airy

Tak jarang delay bisa memakan waktu yang cukup panjang, bahkan bisa mencapai lebih dari setengah hari! Jika kamu mengalami hal tersebut, satu-satunya cara terbaik untuk mengatasinya adalah mencari penginapan di sekitar bandara. Di beberapa daerah yang memiliki bandar udara besar umumnya banyak terdapat akomodasi yang berada tak jauh di sekitarnya. Seperti misalnya Airy Bandara Soekarno-Hatta Suryadarma Tangerang yang letaknya tak begitu jauh dari bandara utama kota Jakarta tersebut.

Baca juga: Cegah Ketinggalan Pesawat Dengan Ikuti Tips Ini

3. Sibukkan dengan hiburanmu sendiri

Habiskan waktu dengan hiburan yang bisa kamu ciptakan sendiri | Photo: shutterstock

Jika waktu delay masih dapat ditoleransi, mau tak mau kamu tentu harus stay di areal bandara untuk menanti waktu take-off. Terkadang terlalu lama di bandara akan memunculkan rasa bosan. Untuk menanganinya, tentu kamu dapat menyibukkan diri dengan hiburan yang dapat kamu ciptakan sendiri. Misalnya saja kamu dapat mendengarkan musik dari gadget, baca buku, atau habiskan waktu dengan nonton film dari gadget kamu.

Itulah tadi tiga hal yang bisa kamu lakukan saat pesawatmu terlambat take-off. Delay saat di bandara memang tak pasti, namun untuk harga tiket pesawat murah nan ekonomis, pasti ada di Airy App! Kini liburan impian kamu akan semakin hemat dengan layanan pemesanan tiket pesawat untuk rute domestik di Airy App. Perbarui Airy App kamu sekarang juga, atau download sekarang untuk Android dan iOS. Ingin tiket pesawat yang lebih murah lagi? Cari tahu promo yang sedang berlangsung di halaman ini. Happy holiday!

157 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *