Ini Dia 5 Tempat Wisata Edukasi Untuk Mendalami Kebudayaan Kota Solo!

Kamu pastinya sudah mengetahui tentang betapa kayanya Indonesia akan suku dan budaya. Setiap daerah terdiri dari berbagai suku dengan budayanya masing-masing, yang tentunya, sangat menarik untuk dipelajari. Apabila kita ingin melihat dan belajar tentang budaya Jawa, pastinya banyak yang akan menunjuk kota Yogyakarta sebagai pusatnya. Tapi jangan salah! Kamu juga bisa mendalami sejarah Indonesia dan budaya Jawa dari kota Solo. Kampung halaman Presiden RI, Bapak Joko Widodo ini memiliki banyak tempat wisata yang seru dan juga edukatif loh. Tempat mana saja yang layak kamu kunjungi di liburan berikutnya? Yuk mari disimak satu per satu!

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Credit: msoindonesian1.blogspot.com

Ternyata bukan hanya kota Daerah Istimewa Yogyakarta saja yang memiliki keraton. Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta sebenarnya berasal dari satu kerajaan, yaitu kerajaan Mataram. Karena satu dan dua hal, mereka akhirnya dibagi menjadi dua. Kamu bisa mengunjungi Keraton Surakarta hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 pada hari biasa, dan Rp15.000 di hari libur. Di dalam Keraton, kamu bisa mengagumi suasana istana megah tersebut dan berbagai koleksi barang milik kesultanan Surakarta, seperti kereta kencana.

2. Taman Sriwedari

Credit: tripadvisor.com

Siapa bilang kamu tidak bisa belajar sambil santai? Kamu bisa melakukan keduanya di Taman Sriwedari. Pada zaman kesultanan, taman ini digunakan sebagai taman rekreasi sang Sultan beserta keluarganya. Sekarang, Taman Sriwedari menjadi sebuah ruang publik, di mana kamu bisa bersantai di bawah naungan pohon-pohon teduh. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendalami budaya Jawa dengan menyaksikan pertunjukan wayang orang di GWO (Gedung Wayang Orang), yang terletak di dalam kompleks taman.

3. Museum Purbakala Sangiran

Credit: travel.detik.com

Selain belajar dan mendalami budaya setempat saat berlibur, kamu bisa belajar tentang manusia purbakala yang bermukim di Jawa! Langsung saja kunjungi Museum Purbakala Sangiran dan kamu dapat melihat koleksi lengkap tentang manusia purba beserta fosil-fosil penunjang kehidupan mereka. Dengan tiket seharga Rp5.000, Museum Purbakala Sangiran memiliki banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati, seperti pameran, perpustakaan dan ruang audio visual, di mana kamu bisa menonton film tentang manusia purba di Jawa. Selain fosil manusia, kamu juga akan melihat peninggalan sisa binatang-binatang purba yang tidak kalah menarik!

4. Kampoeng Batik Kauman

Credit: pariwisatasolo.surakarta.go.id

Salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat digemari oleh warga lokal atau luar negeri adalah batik. Di kota Solo, kamu bisa belajar lebih dalam tentang batik beserta proses pembuatannya dengan mengunjungi Kampoeng Batik Kauman. Kampung ini dulunya adalah tempat tinggal para Abdi Dalem keraton dan seni membatik pun menjadi sebuah cara untuk melestarikan tradisi mereka. Kamu akan menemukan banyak toko-toko kecil sepanjang jalan yang bisa kamu singgahi untuk berbelanja batik berupa kain atau pun pakaian jadi. Selain belanja, kamu juga bisa melihat proses pembuatan secara langsung atau mencoba membuatnya sendiri, seru sekali bukan?

5. Museum Batik Danar Hadi

Credit: tripadvisor.com

Batik memang sangat melekat kepada kebudayaan Jawa dan dengan berkunjung ke kota Solo, kamu bisa belajar tentang batik dengan puas. Setelah berbelanja dan mendalami batik bernuansa keraton, kunjungilah Museum Batik Danar Hadi. Kamu bisa melihat berbagai koleksi batik dengan sentuhan negara-negara asing serta batik kuno yang langka. Selain kain batik, Museum Batik Danar Hadi juga memamerkan koleksi pakaian berbahan batik dengan gaya yang mengikuti perkembangan zaman. Untuk para pengunjung yang ingin belajar tentang proses membatik, ikuti saja workshop yang kerap diadakan oleh pihak museum.

Baca juga: Yuk Cobain Sehari Penuh Kulineran di Kota Solo!

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk pergi berlibur sambil belajar lebih banyak tentang budaya kota Solo? Sebelum pergi, pesan tiket pesawat dan juga kamar hotel nyaman di Airy! Dengan berbagai promo yang selalu ada setiap hari dan kenyamanan terjamin di setiap kamarnya, liburanmu pasti akan lebih mengesankan. Untuk memudahkan rencanamu, berikut adalah kamar Airy Solo yang kami rekomendasikan:

Airy Terminal Tirtonadi Ahmad Yani 280 Solo
Airy Ngarsopuro Gatot Subroto 89 Solo

Temukan tiket pesawat murah dan kamar nyaman sesuai dengan kebutuhan perjalananmu melalui website ataupun Airy App! Download langsung di App Store atau Play Store untuk pemesanan yang lebih cepat dan mudah. Info dan pemesanan kamar bisa dilakukan melalui www.airyrooms.com, jika ada kendala reservasi silakan menghubungi Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Featured Photo credit: sindonews.com

675 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *