8 Jenis Sate Khas Indonesia yang Menggoyang Lidah

Sejak lama, panganan khas Indonesia yang satu ini dikenal sebagai kuliner khas yang siapa pun wajib mencobanya. Namanya apalagi kalau bukan Sate. Kuliner yang satu ini bisa dibilang jadi identitas wisata kuliner nusantara, hingga wisatawan asing pun memandang panganan ini wajib disantap saat mengunjungi Indonesia. Namun sebenarnya tahukah kamu kalau panganan sate ini ternyata punya banyak jenisnya di Indonesia? Apa saja ya? Mari kita simak lebih lanjut.

1. Sate Khas Madura

Photo: beritainfo.web.id

Bisa dibilang, Sate Khas Madura jadi sate yang paling populer di Indonesia. Sate dengan bahan dasar daging ayam atau kambing ini cukup mudah ditemui di manapun. Sate Khas Madura berciri dari bumbu kacang dan kecap yang dituang di atas daging yang telah dibakar. Sate ini umumnya sering disantap bersama nasi putih, lontong, atau ketupat. Selain itu sering ditambahkan dengan acar mentimun, wortel, bawang merah dan cabai rawit. Mantap!

2. Sate Padang

Photo: qraved.com

Apa pun kuliner yang berasal dari Padang, kemungkinan akan jadi favorit di sini. Begitu pula dengan Sate Padang, sajian sate yang satu ini begitu populer di antara pecinta kuliner. Sate Padang umumnya terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu, lalu dipanggang. Ciri utamanya adalah Sate Padang dilumuri oleh saus berwarna oranye kental yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan kaldu daging dan, kunyit, bumbu kari, dan sebagainya. Sate ini juga biasa dimakan dengan ketupat dan keripik singkong balado pedas.

3. Sate Ayam Taichan

Photo: agrowindo.com

Sate yang satu ini memang sedang hits, terlebih di kota besar seperti Jakarta, Sate Taichan ada di mana-mana bak jamur di musim hujan. Sate Taichan sendiri merupakan sate putih, di mana daging yang dibakar sama sekali bersih dari bumbu atau saus kecap. Hanya ditaburi garam dan merica untuk perasa. Sate Taichan biasa disajikan dengan sambal yang super pedas, dan didampingi oleh sepiring nasi putih.

4. Sate Maranggi

Photo: purwakartakab.go.id

Untuk kamu yang punya rencana liburan ke daerah Bandung, Cianjur dan sekitar, pasti kamu bakal menemukan sate yang satu ini dengan mudah. Pasalnya, Sate Maranggi adalah sate khas sunda yang bisa kamu temukan pada daerah-daerah sekitar tersebut. Terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing. Bumbu sate ini dibuat dari bumbu khusus, yaitu pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Alhasil sate ini punya aroma wangi yang bakal langsung menggugah selera.

5. Sate Lilit

Photo: resephariini.com

Kalau sate yang satu ini ini merupakan kuliner favorit di pulau Dewata, Bali. Rasanya enak, lezat dengan tampilan yang cukup unik. Sate Lilit terbuat dari daging cincang, yang bisa diambil dari daging sapi, ayam, ikan, babi, hingga kura-kura! Hal yang juga membuatnya berbeda,Sate Lilit juga dicampur dengan kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Kemudian dibungkus melilit dengan tusukan bambu pipih, batang tebu, atau batang serai, lalu dipanggang di atas bara arang. Rasanya berbeda dari satai daging biasa, namun tetap lezat.

6. Sate Kerang

Photo: tokomesin.com

Sate tentu tak cuma dari daging ayam atau pun sapi, tapi di beberapa daerah sate juga bisa dari panganan seafood. Adalah Sate Kerang yang juga kerap diminati pecinta kuliner Indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat, Sate Kerang juga dipandang mengandung gizi yang tinggi. Sehingga tak heran Sate Kerang banyak diminati.

7. Sate Buntel

Photo: makanajib.com

Ini merupakan sate khas dari Solo, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari cincangan daging sapi atau kambing dengna bagian-bagian tertentu seperti perut atau iga. Daging kemudian dibungkus dengan lemak dan dililit ke tusukan bambu. Sate ini ukurannya cukup besar, dan sekilas mirip dengan kuliner kebab dari timur tengah. Setelah selesai dipanggang, sate ini kemudian dipisahkan dari tusuknya, diiris-iris, lalu disajikan bersama kecap manis dan merica.

8. Sate Kalong

Photo: iyaa.com

Jangan takut dulu dengan namanya. Meski berlabel “kalong”, bukan berarti sate ini berbahan dasar daging kelelawar. Sate Kalong adalah sate khas dari Cirebon yang biasanya berbahan dasar daging kerbau. Kurang lebih jika kamu menyantapnya rasa daging kerbau sedikit mirip dengan daging sapi, hanya saja teksturnya yang lebih tebal membuat daging kerbau sedikit lebih alot.

Baca juga: 7 Kuliner Khas Lombok Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Nah bagaimana kini kamu sudah tahu bukan jenis-jenis sate apa saja sih yang ada di Indonesia. Ingin segera berburu sate sebagai wisata kulineran kamu selanjutnya? Jangan lewatkan pula ke manapun liburan kamu, selalu pilih Airy Rooms sebagai jaringan akomodasi hemat terbaik dengan harga terjangkau. Nikmati akomodasi yang lebih murah dengan promo HEPI diskon langsung Rp 100.000 untuk semua Airy Rooms di Indonesia. Cek promonya di halaman ini atau kunjungi www.airyrooms.com/promo untuk penawaran menarik lainnya.

Airy Rooms, Tidur Nyaman Harga Aman!

Feature image – “Satay”: fifthfloorcooking.wordpress.com

387 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *