Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Liburan

Liburan yang menyenangkan memang butuh persiapan yang matang. Selain persiapan jasmani, rohani, dan barang bawaan pendukung, ada satu hal lagi yang mestinya tak boleh kamu lewatkan, yakni persiapan untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong saat kamu tinggal berlibur. Boleh jadi ini hal yang seharusnya tidak kamu pandang sepele. Rumah kosong yang ditinggal sang pemilik, kerap jadi incaran para maling yang sudah pasti bakal merugikan kamu. Agar tak terjadi, berikut ini ada beberapa tips yang bermanfaat untuk kamu perihal kiat-kiat apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengamankan rumah saat ditinggal berlibur. Langsung simak yuk.

1. Kunci dan tutup rapat seluruh akses masuk

Pastikan seluruh akses masuk rumah terkunci rapat dan aman | Photo: Pexels

Akses masuk tentu tak hanya pintu atau pagar saja. Jendela maupun ventilasi dengan bukaan yang lebar bisa jadi akses masuk yang cukup rawan. Seluruh pintu dan pagar dapat kamu kunci menggunakan kunci gembok tambahan yang mumpuni. Untuk jendela atau pun ventilasi, kamu bisa mengamankannya dengan menambah kunci tipe slot yang banyak dipakai untuk mengunci jendela. Beberapa perangkat pengaman lain seperti alarm juga bisa dimanfaatkan untuk hal ini.

2. Gunakan lampu otomatis

Nyala lampu saat siang hari cenderung jadi cara mudah mengidentifikasi rumah yang kosong | Photo: vintagelawas.com

Salah satu standar keamanan di lingkungan rumah yang ditinggal penghuninya yakni rumah tak dibiarkan dalam keadaan gelap. Tetapi rumah yang kosong dapat teridentifikasi dengan mudah jika pada siang hari lampu-lampu di rumah tetap menyala. Lalu bagaimana menyiasatinya? Untunglah saat ini sudah ada beberapa perangkat berupa lampu otomatis yang dapat menyala saat malam hari, dan lampu akan otomatis mati saat pagi hari. Pemanfaatan perangkat semacam ini bisa dikatakan cukup penting mengingat rumah kosong sangat rawan disatroni oleh maling.

3. Simpan barang berharga di tempat yang aman

Kotak penyimpanan khusus biasanya dilengkapi dengan kunci pengaman tambahan | Photo: TripAdvisor

Setelah sisi luar rumah dinilai telah aman, bukan berarti sisi dalam rumah dibiarkan begitu saja. Terutama barang-barang berharga seperti perhiasan, kunci, uang tunai, surat-surat penting dan sebagainya lebih baik disimpan di satu tempat yang aman dari marabahaya. Perangkat seperti safe deposit box yang dilengkapi kunci pengaman tambahan mungkin bisa jadi referensi perangkat terbaik untuk mengatasi persoalan ini.

4. Beri tahu tetangga atau pihak keamanan sekitar

Dengan memberitahu tetangga dekat dan pihak keamanan sekitar akan meningkatkan awareness jika rumah kamu ditinggal pergi dalam keadaaan kosong | Photo: Pixabay

Jika segala persiapan keamanan di atas tadi sudah dilakukan dengan baik, jangan lupa untuk beri tahu tetangga sekitar atau pihak keamanan setempat jika rumahmu ditinggal pergi dalam keadaan kosong. Hal ini tentu dapat meningkatkan awareness dari tetangga atau pihak keamanan sekitar yang justru bakal membuat rumahmu semakin aman. Dengan begini liburan kamu bersama keluarga semakin nyaman dan aman.

5. Bijak dalam bersosial media

Bijak dalam menggunakan sosial media saat liburan bisa membantu mengamankan rumah kamu | Photo: Pexels

Setelah berangkat berlibur, penggunaan sosial media yang sesumbar bisa jadi membahayakan rumah yang kamu tinggal pergi. Biar bagaimana pun sosial media telah menjadi ruang publik, untuk itu tentu kamu tak ingin bukan rumah kamu yang kosong dapat diketahui oleh seantero dunia maya hanya karena kamu sesumbar dalam bersosial media. Perhatikan kepada siapa kamu membagikan informasi, Jangan sampai menginformasikan soal rumah yang kosong apalagi hingga detail lokasi di sosial media. Jika ada orang yang berniat jahat, rumahmu malah bisa jadi target pencurian.

Demikian tips aman tinggalkan rumah saat liburan yang bisa kamu ikuti sebelum berangkat plesiran. Kamu punya tips lain yang bermanfaat? Beri komentarmu di kolom bawah ini ya. Jangan lewatkan pula, tips liburan hemat bersama Airy Rooms dengan promo HEPI (Hemat Pasti di Bulan Agustus) untuk nikmati DISKON langsung Rp 100.000 di Airy Rooms seluruh Indonesia. Cek promonya di sini, atau akses www.airyrooms.com/promo untuk info selengkapnya.

Airy Rooms, Tidur Nyaman Harga Aman!

862 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *