Ini Dia Tips Nikmati Akhir Pekan Seru di Karimunjawa!

Berlokasi di utara laut Jawa, kepulauan Karimunjawa menyimpan kecantikan tiada tara yang tentu layak untuk dijadikan lokasi berlibur, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Keindahan pantainya yang eksotis tentu tak perlu dipertanyakan, bahkan kecantikan surga bawah lautnya bisa disamakan dengan Bunaken. Sebagai kepulauan Karimunjawa sangat layak untuk kamu jadikan destinasi liburan kamu selanjutnya, meski demikian setidaknya ada beberapa tips yang bermanfaat bagi kamu untuk dapat menikmati akhir pekan yang seru di Karimunjawa. Seperti apa? Langsung saja disimak di bawah ini!

1. Pilih transportasi yang tepat menuju Karimunjawa

Kapal cepat semacam ini bisa kamu manfaatkan untuk menuju ke Karimunjawa | Photo: ranselkarimunjawa.co.id

Rute terbaik dan yang paling umum untuk menuju Karimunjawa ialah dari kota Semarang. Dari sini, kamu bisa memilih dua moda transportasi yakni dari air dan udara. Untuk jalur air, kamu bisa menyeberang dari pelabuhan Tanjung Mas untuk menaiki moda kapal cepat yang beroperasi setiap hari asalkan cuaca sedang mendukung. Untuk jalur udara, penerbangan perintis khusus ke kepulauan Karimunjawa disediakan oleh beberapa operator yang mungkin bisa kamu tinjau terlebih dahulu informasinya.

2. Bawa perlengkapan untuk segala aktivitas di sana

Siapkan perlengkapan liburan ke Karimunjawa sebaik mungkin agar tetap nyaman | Photo: lovebanget.com

Setibanya di Karimunjawa rasanya sayang jika melewatkan segala aktivitas luar ruangan di sana. Di sini kamu bisa melakukan banyak aktivitas mulai dari diving, snorkeling, hingga camping di pinggir pantai. Tapi perlu kamu ketahui, untuk menunjang aktivitas itu kamu juga perlu membawa perlengkapan yang tepat guna. Misalnya seperti setelan pakaian yang disesuaikan oleh suasana pantai, perlengkapan permainan air, dan sebagainya. Untuk aktivitas seperti snorkeling maupun diving, kamu bisa menyewanya di sana, jadi tak perlu repot-repot membawanya dari rumah. Jangan lupa siapkan gadget andalan beserta aksesoris pendukungnya untuk dapat mengabadikan momen liburan seru di sana.

3. Siapkan uang tunai

Siasati ketidaktersediaan mesin ATM di sana dengan membawa uang cash secukupnya | Photo: mediawarta.com

Sebagai kepulauan yang tak dihuni oleh banyak orang, Karimunjawa hanya memiliki satu buah mesin ATM untuk seantero pulau. Tentu ini akan sangat merepotkan bagi kamu yang tak membawa uang tunai dengan cukup. Untuk itu, pastikan sebelum berangkat menuju Karimunjawa kamu sudah berbekal uang tunai yang cukup hingga jadwal pulang.

4. Atur jadwal berangkat dan pulang sebaik mungkin

Dengan mengatur jadwal pulang dan berangkat akan menjamin liburan kamu tetap nyaman | Photo: Pixabay

Cuaca perairan terkadang tak menentu. Agar jadwal liburan kamu tak menganggu aktivitas rutin, kamu dapat siapkan waktu kosong satu hari dari jadwal setelah kepulangan. Karena terkadang saat cuaca buruk, mau tak mau kamu harus menunda perjalanan karena tak ada kapal yang berlayar.

Baca juga: Tips Menikmati Liburan Sambil Tantang Adrenalin Dengan Paralayang!

Itu dia beberapa tips yang pastinya bermanfaat untuk kamu sebelum berakhir pekan seru di Karimunjawa. Jika kamu memiliki tips lain, silakan langsung share di bawah ini ya. Inspirasi liburan akhir pekan seru lainnya juga bisa kamu temui di Semarang, dengan pilih akomodasi terbaik bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Airy Semarang Barat Amarta Raya
Airy Tegalsari Kawi Raya 49 Semarang

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Feature image – “Karimunjawa”: whynottravelnow.com

1,132 total views, 5 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *