5 Tips Untuk Hasilkan Foto Liburan yang “Instagramable”

Saat ini, memamerkan foto saat liburan di sosial media semacam Instagram boleh jadi dianggap jadi salah satu hal yang patut dilakukan banyak travelers di seluruh dunia. Tak terkecuali bagi kamu bukan? Hobi melancong di ke berbagai destinasi rasanya seperti kurang lengkap jika pengalaman indah kamu saat liburan tak disebarluaskan di jagat Instagram. Tak pelak, beberapa destinasi pun melabeli diri sebagai lokasi yang “Instagramable“. Memang betul, pilihan destinasi bisa menentukan foto kamu layak di-share di Instagram atau tidak, namun untuk menghasilkan sebuah foto liburan yang juga “Instagramable” tetap membutuhkan beberapa kaidah dan cara tersendiri, seperti halnya 5 (tips) di bawah ini yang mungkin dapat membantu kamu untuk menghasilkan foto terbaik yang mengabadikan momen liburan terbaik kamu.

1. Fokus pada komposisi foto

Komposisi foto yang kaya akan memaksimalkan daya tarik sebuah foto liburan kamu | Photo: makeusof.com

Mengambil foto tentu merupakan perkara mudah, namun menghasilkan foto yang kaya akan komposisi bukan perkara simpel. Komposisi dalam sebuah foto merupakan susunan gambar yang ada di dalam satu jepretan foto. Kamu tentu perlu memahami komposisi untuk mendapatkan foto yang sempurna. Cara mudahnya adalah, tempatkan subjek utama foto atau point of interest (POI) dalam posisi yang sedemikian rupa hingga menghasilkan gambaran subjek utama tadi seperti dikelilingi oleh objek lainnya. Untuk menghasilkan foto dengan komposisi yang pas, kamu bisa meluruskan foto, karena dapat membantu perubahan komposisi dan memperkuat hasilnya.

2. Cari sudut pandang yang berbeda terhadap suatu objek

Sudut pandang yang tak biasa juga bisa memperkaya visual foto agar makin Instagramable | Photo: Pixabay

Saat traveling, tentu akan ada banyak sekali objek menarik yang akan kamu lihat. Namun, untuk menghasilkan sebuah foto yang outstanding, sudut pandang yang terlihat “tidak umum” bisa jadi menghasilkan sebuah seni visual yang luar biasa. Cobalah mengambil foto dari beberapa sudut agar terlihat berbeda. Cari dan pilih sudut pandang yang menurut kamu berbeda dari biasanya. Seperti misalnya, objek foto Candi Borobudur tak mesti harus selalu diambil dari sisi depan, kamu bisa coba naik ke atasnya dan mengambil sudut pandang persis dari sisi candi.

3. Say no to ‘Selfie’

Gaya foto selfie adalah masa lalu, lini masa Instagram akan lebih tertarik dengan self-portrait dari diri kamu sendiri atau orang lain | Photo: Pexels

Kebanyakan orang suka mengambil foto dirinya sendiri atau lebih dikenal dengan istilah selfie. Gaya foto seperti itu untuk sekarang sudah tak menarik seperti dahulu. Untuk menghasilkan foto yang Instagramable, cobalah mengambil teknik foto self-portrait dengan sudut yang menarik. Misalnya dengan foto dengan latar belakang yang unik dan menjadikan diri sendiri seakan berada di dalam lingkungan objek tersebut. Untuk teknik foto seperti ini yang paling umum digunakan adalah mengambil foto dengan tripod, dan set waktu untuk pengambilan foto secara otomatis.

4. Beri rekayasa efek secukupnya

Rekayasa warna dan efek yang terlihat natural akan membuat foto lebih sedap dipandang mata | Photo: Pexels

Tak ada salahnya sebelum kita upload foto ke Instagram, foto diedit terlebih dahulu agar terlihat lebih menarik. Meski demikian, pemakaian tools untuk merekayasa sebuah gambar jangan sampai berlebihan. Pastikan direkayasa se-natural mungkin agar menghasilkan foto yang terlihat asli dan tidak mengada-ngada. Jika kamu bukan merupakan foto editor profesional, kamu bisa manfaatkan banyak aplikasi foto editor yang bisa digunakan di ponsel pintar kamu.

5. Spontanitas

Spontan dalam mengambil gambar juga bisa jadikan karya foto kamu semakin Instagramable | Photo: Pexels

Sebuah foto yang terencana memang memungkinkan kamu untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Namun jangan salah, spontanitas dalam berfoto ria juga kerap menghasilkan visual yang memukau. Kamu pasti setuju kalau momen berharga biasanya tak akan terulang hingga dua kali. Nah agar tak kelewatan momen semacam ini, kamu harus melatih diri untuk membiasakan mengambil gambar secara spontanitas, namun tetap berkelas.

Baca juga: 5 Kafe di Bandung Ini Punya Suasana yang ‘Instagramable’

Itulah tadi, sedikit tips yang mungkin bermanfaat bagi kamu untuk menghasilkan foto yang Instagramable sebagai koleksi momen liburan kamu. Untuk inspirasi liburan yang cerdas dan hemat, pilih akomodasinya bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi hemat terbesar dan terpercaya di Indonesia. Sebagai jaringan akomodasi terbaik, Airy Rooms menghadirkan ragam promo yang dapat kamu pilih untuk kenyamanan menginap nyaman sekaligus hemat di lebih dari 70 destinasi di Indonesia. Cek promo Airy Rooms sekarang juga di sini, dan jangan lupa download aplikasi resmi Airy Rooms untuk Android dan iOS untuk kenyamanan booking kamar secara instan di mana saja dan kapan saja. Airy Rooms, Tidur Nyaman Harga Aman!

Feature image – “Instagram”: Pexels

602 total views, 6 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *