Serunya Berpetualang di Kampung Pelangi Penuh Warna di Semarang!

Di Indonesia tak banyak sebuah pemukiman, desa, kampung, atau lain sejenisnya dijadikan tempat tujuan wisata. Bila pun ada, desa-desa adat yang ada di Bali mungkin jadi salah satu yang cukup dikenal. Namun ternyata siapa sangka, kota Semarang belakangan ini ramai diperbincangkan karena ada satu kawasan yang dahulunya kumuh, kini menjelma menjadi sebuah kampung wisata. Namanya: Kampung Pelangi. Kawasan yang memang bisa dikatakan sebagai perkampungan ini memang nampak seperti pelangi dengan warna warni terang yang menghiasi seisi kampung. Sontak, tampilan kampung yang unik ini jadi bahan perbincangan banyak orang, bahkan hingga mancanegara. Kampung ini tentu jadi destinasi baru bagi kota Semarang, dan layak jadi daftar kunjungan kamu berikutnya. Seperti apa?

Awalnya Kampung Pelangi merupakan pemukiman padat penduduk yang kumuh | Photo: merahputih.com

Awalnya, Kampung Pelangi dikenal oleh warga lokal sebagai Kampung Wonosari. Kampung yang berada di tepi kali Semarang ini menjadi rumah bagi sekitar 300-an rumah tangga yang hidup di sini. Situasinya yang demikian, membuat kampung Wonosari terlihat kumuh dan tak tertata dengan rapih. Semuanya berantakan, banyak rerimbunan tanaman liar dan tembok-tembok rumah yang kusam dan tak sedap dipandang mata. Namun kondisi itu mendadak berubah, sejak diadakannya proyek peremajaan Pasar Bunga Kalisari yang berada di dalam kawasan yang sama. Bisa dibilang dari sini lah titik awal “lahirnya” Kampung Pelangi.

Proyek peremajaan Pasar Bunga jadi pencetus awal lahirnya Kampung Pelangi | Photo: akurat.co

Meski tak langsung jadi dalam waktu singkat, peremajaan Pasar Bunga Kalisari mendorong masyarakat setempat untuk turut mempercantik kampung tempat tinggalnya. Adalah seorang kepala sekolah negeri yang ada di kampung tersebut, mencetuskan ide untuk membuat kampung Wonosari diwarnai sedemikian rupa agar menarik perhatian banyak orang di luar kawasan perkampungan. Untunglah idenya itu didukung secara baik, dan hingga sekarang setidaknya tak kurang sekitar 232 rumah di Kampung Pelangi telah menjadi “kanvas” untuk menelurkan banyak karya seni visual yang justru memberikan nadi kehidupan ke seluruh kampung yang awalnya hanya dikenal sebagai perkampungan yang kumuh. Saat itu juga, kampung ini diberi nama Kampung Pelangi.

Setidaknya hingga kini terdapat lebih dari 200 rumah yang telah dicat warna warni bak pelangi | Photo: tribunnews.com

Sejak bertransformasi menjadi sebuah lokasi yang menarik, Kampung Pelangi seolah tampil bak kawasan wisata terbaru bagi kota Semarang. Awalnya, banyak wisatawan lokal yang mengaku sengaja mampir ke kampung ini untuk hanya sekedar berjalan-jalan santai, hingga berfoto ria. Berterimakasihlah kepada derasnya informasi mengenai kampung ini di media sosial, yang akhirnya Kampung Pelangi bisa dilirik oleh dunia, bahkan namanya sempat viral di media sosial dunia. Menjadi ramai dikunjungi banyak wisatawan malah tidak membuat warga setempat kewalahan. Yang ada, justru hal ini mampu meningkatkan perekonomian mereka dengan terbukanya peluang untuk berdagang yang ditujukan bagi wisatawan.

Banyak spot menarik yang jadi favorit muda-mudi berfoto ria | Photo: Medium

Lokasi Kampung Pelangi sendiri tak sulit untuk dicari. Letaknya yang berada di tengah kota Semarang tak begitu menyulitkan jika kamu tak familiar dengan kota tersebut. Meski demikian, Semarang belum menjadi kota yang mudah dijelajahi jika menggunakan transportasi umum, untuk itu untuk menuju Kampung Pelangi kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau pun layanan sewa kendaraan roda dua maupun roda empat.

Setibanya di sana, tentu jangan lupa siapkan perangkat pengambil gambarmu sebaik mungkin, entah itu kamera profesional maupun kamera ponsel, agar kamu bisa abadikan banyak momen dan spot menarik yang layak untuk jadi koleksi foto kamu. Jangan lupa juga untuk bisa setidaknya mendukung pula kegiatan bisnis warga lokal sana, agar geliat Kampung Pelangi terus terjaga dan tetap menjadi destinasi kebanggaan kota Semarang, dan juga Indonesia.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Semarang Ini Bakal Manjakan Lidah Anda

Tertarik untuk mengunjungi Kampung Pelangi yang ada di Semarang? Bila destinasi ini masuk sebagai daftar liburan kamu berikutnya, jangan lupa untuk pilih akomodasi terbaikmu selama di Semarang bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi hemat terbesar dan terpercaya di Indonesia. Simak referensi pilihan Airy Rooms di Semarang di bawah ini.

Airy Kota Lama Semarang Imam Bonjol 28
Airy Tegalsari Kawi Raya 49 Semarang

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Feature image credit to: livingnomads.com

2,638 total views, 7 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *