Panduan Lengkap Weekend Seru di Pulau Belitung

Saat jenuh dari rutinitas melanda, maka weekend getaway bisa jadi satu-satunya cara untuk segarkan diri kembali. Meski agak terdengar sedikit “gila”, menghabiskan waktu akhir pekan di Pulau Belitung semestinya cukup untuk me-refresh diri menghadapi rutinitas di hari kerja. Agar tak salah langkah, setidaknya kamu harus secara lengkap menikmati Pulau Belitung dari berbagai sisi. Seperti halnya panduan di bawah ini yang bisa kamu jadikan referensi untuk menghasikan momen akhir pekan di sana. Yuk dicek.

Bagaimana cara menuju Pulau Belitung dan kapan waktu terbaik untuk mengunjunginya?

Bandara HAS Hanandjoeddin yang ada di kota Tanjung Pandan | Photo: Tribunnews

Jika kamu berangkat dari Jakarta atau kota lainnya di pulau Jawa, moda transportasi yang paling praktis tentu menggunakan pesawat terbang. Dengan jarak tempuh yang hanya memakan waktu sekitar 1 jam (jika dari Jakarta), frekuensi penerbangan langsung menuju Tanjung Pandan (Belitung) cukup banyak tersedia. Coba cek online travel agent favoritmu untuk informasi lebih lanjut. Oh ya patut kamu ketahui pula, waktu berkunjung terbaik ke Belitung diklaim pada saat rentang bulan April – Oktober, di mana rentang bulan ini merupakan musim kemarau dengan matahari yang cerah sepanjang hari. Jika bisa, hindari mengunjungi Belitung saat antara bulan November – Maret yang cenderung sering hujan. Kenapa demikian? Karena sebagian besar atraksi wisata yang seru di Belitung berada di luar ruangan alias outdoor.

Transportasi apa yang tersedia di sana?

Moda taksi masih jadi satu-satunya transportasi umum di sana
| Photo: radarbangka.co.id

Sejauh ini, Belitung belum menawarkan ragam moda transportasi lokal yang mumpuni. Paling praktis yang dapat kamu gunakan adalah Taksi yang bisa dijumpai di bandara atau pun hotel. Jika ingin sedikit berhemat, kamu bisa manfaatkan layanan sewa kendaraan baik roda maupun roda empat yang jauh lebih ekonomis dan fleksibel.

Ke mana tujuan wisatanya?

Di Pulau Leebong kamu bakal langsung disuguhkan hamparan samudera nan biru | Photo: belitungarchipelago.com

Bicara soal destinasi wisata, Belitung adalah jagonya. Lanskap alam yang beragam membuat liburan di Belitung dijamin akan dimanjakan dengan keindahan alam yang mempesona. Sebut saja nama-nama seperti Pulau Lengkuas atau pun Pulau Leebong yang diklaim punya pesona alam setara dengan Maladewa. Jika di Pulau Lengkuas ada bangunan mercusuar yang ikonik untuk berfoto ria, di Pulau Leebong hamparan pasir putih dan air laut yang jernih bakal langsung menyapa kamu. Jangan lewatkan keseruan bermain water sport di sini.

Pemandangan di Danau Kaolin serasa seperti tak di planet bumi | Photo: indonesia.tripcanvas.co (Poinovela)

Selepas menikmati suasana pantai, jika masih ada satu hari tersisa, kamu bisa coba kunjungi Danau Kaolin yang punya lanskap memukau. Danau Kaolin adalah sebuah lokasi di mana dahulu merupakan tempat bekas aktivitas pertambangan kaolin. Alhasil di sini terdapat danau raksasa yang airnya berwarna biru terang, dengan tebing-tebing batu yang berwarna putih terang. Fenomena alam unik sangat menarik untuk dikunjungi, di mana kamu bisa melihat keindahan warna air dan dinding tebing yang kontras.

Di Gunung Kubing ada infinity pool alami yang terbuat dari cekungan batu | Photo: indonesia.tripcanvas.co (aramadhants)

Selain Danau Kaolin, opsi destinasi lain di Belitung yang sedikit lebih “sejuk” ketimbang pantai ada di kawasan Gunung Kubing. Di sini kamu bakal disuguhkan dengan pemandangan air sejuk dan jernih yang mengalir di antara bebatuan, dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana tambah semakin adem. Selain itu, di tempat ini juga ada “infinity pool” alami yang terbuat dari cekungan batu yang berlubang dan berada persis di pinggir bukit.

Saatnya isi perut

Sahang Beachfront Café & Resto menawarkan suasana kuliner di tepi pantai | Photo: tropicalife.net

Selain keindahan alam, Belitung juga kaya akan pilihan kuliner menarik, pun juga dengan lokasi-lokasi kulinernya yang juga tak kalah seru. Untuk kamu yang ingin menikmati kuliner di tepi pantai, kamu bisa coba kunjungi Sahang Beachfront Café & Resto yang berada di dalam kawasan Arumdalu Resort. Sesuai lokasinya, restoran ini menyajikan menu andalan berupa seafood dan ragam makanan lainnya. Atau, bagi kamu yang menggemari masakan khas nusantara, kamu bisa mencobanya di Kampong Dedaun yang selain menawarkan masakan tradisional, suasana di restoran ini sangat asyik dan santai. Setelah puas bersantap ria, jangan lupa segarkan kembali dengan menikmati kopi nikmat yang ada di kedai Warung Kupi Kuli, dengan sajian berupa racikan kopi tradisional yang pas untuk menemani liburan kamu di Belitung.

Baca juga: Keindahan 7 Pantai di Kepulauan Bangka-Belitung!

Pilihan akomodasi terbaik di Belitung dengan Airy Rooms

Setelah puas menikmati wisata alam, berikut dengan santap kuliner yang lezat, sempurnakan lagi pengalaman liburan kamu di Belitung dengan menginap di Airy Rooms, jaringan akomodasi budget terbesar dan terpercaya di Indonesia. Di Belitung, Airy Rooms tersebar di berbagai tempat strategis seperti pilihan kamar di bawah ini.

Airy Tanjung Pandan Sudirman 16 Belitung
Airy Tanjung Pandan Depati Rahat 21 Belitung

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY) dan WhatsApp di 0812-8070-0020.

Feature image – “Pulau Lengkuas”: piknikdong.com

286 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *