7 Spot Rafting Terbaik di Indonesia untuk Liburan Super Seru!

Liburan sambil memacu adrenalin memang bisa jadi keseruan tersendiri. Selain keseruan menikmati alam dari ketinggian dengan paralayang, aktivitas memacu adrenalin lainnya yang bisa dilakukan selagi liburan adalah rafting (arung jeram). Rafting sejatinya merupakan salah satu aktivitas yang mengajak kamu untuk mengarungi aliran sungai yang deras dengan perahu karet. Meski terdengar menyeramkan, kamu tak perlu khawatir sebab selain dilengkapi ragam perlengkapan safety, rafting biasanya juga dipandu oleh instruktur ahli yang akan menemani kamu sepanjang “perjalanan”. Aktivitas ini sangat cocok untuk grup liburan kamu entah itu bersama keluarga atau pun kelompok teman-teman kamu. Serunya lagi, di Indonesia ternyata banyak menyimpan spot rafting yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Penasaran ada di mana saja? Berikut ini ada 7 (tujuh) lokasi rafting terbaik yang ada di Indonesia. Let’s go!

1. Sungai Citarik – Sukabumi, Jawa Barat

Photo: indooutbound.com

Bagi pemula, Sungai Citarik yang ada di kota Sukabumi bisa jadi lokasi yang pas untuk liburan seru kamu bersama keluarga atau pun kerabat. aliran sungai Citarik yang terbentang sepanjang 5 – 17 kilometer ini dipandang sangat pas untuk pemula rafting.

2. Green Canyon – Ciamis, Jawa Barat

Photo: greencanyon-bodyrafting.com

Selain menawarkan keindahan alam, Green Canyon yang berada di kawasan Ciamis Jawa Barat juga dikenal sebagai lokasi rafting yang bakal menantang keberanian kamu mengarungi aliran sungai yang deras. Rafting di sini juga sedikit berbeda dengan lainnya. Jika biasanya menggunakan perahu karet, di sini kamu hanya dibekali oleh sebuah ban saja. Tapi tak perlu khawatir, aliran di Green Canyon tidak sederas lokasi rafting lainnya lho. Di tempat ini aliran sungai cenderung lebih tenang.

3. Sungai Palayangan – Bandung, Jawa Barat

Photo: elhaqiadventure.com

Liburan ke Bandung tentu tak harus selalu menikmati wisata kotanya saja, melainkan kamu juga bisa seseruan dengan bermain rafting yang ada di sungai Palayangan. Tempat ini bisa dikatakan memliki aliran sungai yang cenderung menengah alias tak begitu deras namun cukup menantang adrenalin. Cocok juga untuk disambangi bagi pemula. Selesai bermain arung jeram, di kawasan ini juga terdapat lokasi outbound, dan juga kebun stroberi.

4. Sungai Progo – Jogjakarta

Photo: progorafting.com

Jogja memang kaya akan wisata alam. Hal itu bisa dibuktikan lagi lewat adanya Sungai Progo yang diklaim menjadi salah satu spot rafting terbaik di Indonesia. Sungai ini dibagi menjadi 2 lokasi, Progo atas dan Progo bawah. Progo atas merupakan lokasi jeram yang terbilang aman untuk pemula. Sedangkan Progo bawah tingkat jeramnya cukup deras, yang artinya sangat cocok bagi mereka yang sudah berpengalaman. Jika musim hujan, arus jeramnya semakin menantang untuk ditaklukkan. Berani mencobanya?

5. Sungai Sa’dan – Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Photo: indonesia-tourism.com

Wisata di Tana Toraja ternyata tak hanya menawarkan wisata budayanya saja, melainkan ada juga wisata penuh sensasi adrenalin di Sungai Sa’dan yang diklaim punya arus yang menantang untuk aktivitas rafting. Meski demikian, sungai ini memiliki arus yang sangat deras. Disarankan bagi pemula untuk didampingi oleh orang yang jauh lebih profesional untuk mengarungi sungai Sa’dan ini.

6. Sungai Pekalen – Probolinggo, Jawa Timur

Photo: songrafting.wordpress.com

Rute arung jeram di sungai Pekalen ini juga memiliki beberapa area yang terpisah, yaitu area pekalen atas, tengah, dan bawah. Masing-masing area tersebut memiliki tingkat yang berbeda-beda. Semakin tinggi area, maka semakin menantang pula aliran sungai yang ada. Oh ya, sungai Pekalen juga memiliki area favorit yang biasa disebut oleh wisatawan yakni “Funtastic Jumping”. Di area ini, kalau kamu berani, pengunjung bisa melompat dari atas tebing yang tingginya sekitar 5 meter. Seru!

7. Sungai Serayu – Banjarnegara, Jawa Tengah

Photo: jateng.tribunnews.com

Kota Banjarnegara memang masih jarang terdengar di kancah pariwisata, namun kalau soal dunia arung jeram, Banjarnegara punya sungai Serayu yang patut dibanggakan. Aliran sungai yang deras dan menantang di tempat ini kerap jadi favorit para pehobi rafting, sehingga tak salah sungai Serayu masuk sebagai salah satu spot rafting terbaik di Indonesia. Selepas bermain, kamu juga bisa menikmati outbound yang berada di lokasi yang tak jauh dari sungai.

Baca juga: Terapung di Pantai Tureloto, “Laut Mati”nya Indonesia

Bagaimana tertarik untuk jadikan liburan kamu selanjutnya semakin menantang adrenalin? Langsung saja meluncur ke-7 lokasi di atas tadi, dan jangan lupa sempurnakan liburan kamu dengan memilih akomodasi terbaik bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi hemat terbesar dan terpercaya di Indonesia. Beberapa lokasi Airy Rooms di bawah ini bisa kamu pesan sekarang juga sebelum berangkat rafting.

Airy Sukajadi Eyckman 19 Bandung
Airy Tugu Yogyakarta Sangaji 68

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY).

Feature image: Pixabay

1,160 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *