Terapung di Pantai Tureloto, “Laut Mati”nya Indonesia

Sebagian besar orang mungkin mengetahui, fenomena “laut mati” yang terkenal terdapat di kawasan antara negara Yordania, Palestina, dan Israel. Fenomena di mana kandungan garam yang begitu tinggi, hingga menyebabkan siapa pun yang berenang di permukaannya tak akan bisa tenggelam ke dalamnya alias terapung. Namun siapa sangka, fenomena laut yang langka ini juga bisa ditemui di Indonesia, atau tepatnya ada di wilayah kepulauan Nias, Sumatera Utara. Adalah Pantai Tureloto yang tak hanya menampilkan keindahan semata, namun juga menyimpan fenomena laut mati yang tentu sangat menarik untuk kamu kunjungi di liburan mendatang.

Eksotik berkat bencana tsunami

Hamparan batu karang yang muncul setelah tsunami | Photo: gosumatra.com

Awalnya, Pantai Tureloto dipandang sebagai pantai yang “biasa-biasa saja” oleh warga setempat. CIri khas bibir pantai yang monoton kala itu tidak dipandang sebagai objek wisata yang mampu menjual. Tatkala pada tahun 2005 silam, gempa bumi besar yang mengakibatkan bencana tsunami di Samudera Hindia yang melanda hingga kawasan kepulauan Nias, sontak mengubah wajah pantai ini. Menurut warga sekitar, Pantai Tureloto yang menghadap langsung ke Samudera Hindia memiliki kesatuan gugusan karang yang cukup luas. Ketika tsunami terjadi, gugusan tersebut pecah dan tersebar menjadi batuan karang yang terdapat di berbagai titik pantai, hingga akhirnya tercipta ke-eksotisan visual tersendiri yang ada di sini. Berkat ini pula, ombak-ombak besar menggulung yang biasa jadi ciri khas Samudera Hindia tak sampai di bibir Pantai Tureloto ini, alhasil permukaan laut yang tenang dan memanjakan tersaji di sini.

Snorkling di Pantai Tureloto jadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan | Photo: otonomi.co.id

Gugusan karang yang eksotis ini juga diketahui menyimpan sekian biota laut nan indah yang siap jadi teman snorkling Anda. Snorkling memang jadi aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan di sini, selain berenang, atau pun berkeliling pulau menggunakan sampan bermotor yang dapat disewa, jadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan di pantai yang terletak di kabupaten Nias Utara ini.

Fenomena laut mati satu-satunya di Indonesia

Terlihat wisatawan menikmati Pantai Tureloto dengan pemandangan yang indah | Photo: gosumatra.com

Selain pemandangan yang apik, dan perairan laut yang tenang, pantai Tureloto juga jadi satu-satunya spot fenomena laut mati yang ada di Indonesia. Di sini, wisatawan bisa dengan leluasa berenang hingga menjauhi bibir pantai tanpa perlu bantuan pelampung, dikarenakan fenomena laut mati ini memungkinkan Anda untuk terapung tanpa khawatir akan tenggelam. Bisa dikatakan berenang di Pantai Tureloto jauh lebih indah ketimbang laut mati yang ada di Timur Tengah sana. Mengapa? Seperti yang sudah diceritakan di awal, Pantai Tureloto kaya akan biota kehidupan laut yang menghiasi di dalamnya, sehingga Anda bakal merasakan pengalaman mengapung di atas laut, sambil ditemani ikan dan terumbu karang yang cantik. Berbeda dengan laut mati yang di dalamnya sama sekali tak ada kehidupan.

Akses menuju Pantai Tureloto yang mudah, dan fasilitas yang cukup lengkap

Pemandangan Tureloto dari atas. Pantai ini berjarak kurang lebih 80km dari pusat kota Gunung Sitoli | Photo: ksmtour.com

Perlu Anda ketahui, pantai ini berada di Kepulauan Nias, atau tepatnya di desa Balefadorotuho, kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Untuk mencapainya, kamu bisa mencoba rute dari Bandara Binaka Nias atau dari Kota Gunung Sitoli dengan transportasi darat yang memakan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sayangnya, belum ada transportasi umum menuju daerah ini. Tapi tenang saja, di kota Gunung Sitoli terdapat penyewaan mobil dengan tarif 200 – 300 ribu rupiah per hari.

Baca juga: Keindahan 7 Pantai di Kepulauan Bangka-Belitung!

Untuk masuk ke kawasan Pantai Turuleto tidak dipungut biaya sama sekali, hanya saja untuk menggunakan fasilitas toilet umum, pengunjung dikenakan biaya kebersihan yang sangat murah. Selain itu, fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap menemani aktivitas kamu di sana seharian. Fasilitas seperti tempat makan yang menjajakan makanan berjenis seafood juga mudah ditemui di sini. Sehingga kamu bisa menikmati Pantai Tureloto dengan lebih nyaman dan nikmat.

Di pantai ini banyak terdapat kedai yang menjajakan kuliner seafood | Photo: kompas.com

Buat kamu yang menggemari keindahan laut, Pantai Tureloto tentu wajib masuk ke dalam daftar liburan kamu berikutnya! Sembari itu, berwisata di kawasan Sumatera Utara lebih lengkap dengan pilihan akomodasi terbaik bersama Airy Rooms, jaringan akomodasi budget terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kamu bisa temukan kamar-kamar menarik Airy Rooms seperti di kota Medan di bawah ini.

Airy Medan Sunggal Setiabudi 159
Airy Medan Petisah Waringin

Selain kamar-kamar di atas, kamu masih dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung untuk iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com, atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY) dan WhatsApp di 0812-8070-0020.

Feature image credit to: hipwee.com

1,057 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *