7 Kuliner Khas Lombok Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Momen jalan-jalan tanpa berwisata kuliner terasa seperti sayur tanpa garam. Tentunya hal yang akan membuat kita mengingat suatu tempat selain dari keindahan alamnya adalah kuliner khas tempat tersebut. Salah satu destinasi favorit Indonesia yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Lombok. Pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya ini, ternyata menyimpan rahasia kuliner yang dapat membuat kamu tidak sabar untuk mencicipinya sekaligus ketagihan. Berikut adalah 7 kuliner khas Lombok yang harus kamu coba ketika sedang berlibur di Lombok, mari disimak satu per satu.

1. Ayam Taliwang

Photo courtesy of smugsmug.com

Sekilas dari penampilannya, Ayam Taliwang memang tidak berbeda dari penampilan ayam bakar pada umumnya. Namun bumbu rempah yang digunakan pada saat memasak membuat rasa ayam taliwang berbeda dari ayam biasa. Kuliner ini sangat cocok bagi kamu yang suka makanan berbumbu gurih dan pedas!

2. Plecing Kangkung

Photo courtesy of wartantb.com

Terbuat dari rebusan kangkung khas Lombok yang memiliki batang lebih besar dari kangkung lainnya, Plecing Kangkung makin lezat dengan sambal tomat yang terbuat dari racikan cabe rawit, garam, terasi dan tomat. Menu ini dapat kamu nikmati di hampir semua rumah makan di Lombok.

3. Sate Bulayak

Photo courtesy of bello.id

Sate berbahan dasar daging sapi ini disajikan dengan bulayak, lontong unik berukuran lebih kecil dan dibungkus dengan daun aren. Bumbu kacang yang digunakan pun berbeda karena kacang disangrai terlebih dahulu sebelum ditambahkan bumbu-bumbu khas, sehingga rasanya mirip seperti bumbu kari.

4. Poteng Jaje Tujak

Photo courtesy of ensiklopediaindonesia.com

Makanan yang biasa disajikan saat perayaan Hari Lebaran ini terdiri dari tape atau yang disebut oleh orang lokal sebagai poteng dan ketan tumbuk atau jaje tujak. Berbeda dengan masakan khas Lombok lainnya yang memiliki rasa pedas, menu satu ini lebih terasa manis dan juga asam dari tape yang digunakan.

5. Sate Tanjung

Photo courtesy of Twitter @kulinerlombok

Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging ayam, kambing atau sapi, sate ini terbuat dari bahan dasar ikan cakalang atau ikan langoan yang dibakar. Penyajian sate tanjung memiliki beberapa cara. Salah satu cara yang paling populer adalah ditambah dengan sambal kacang yang sudah disangrai atau disajikan bersama plecing kangkung. Membayangkannya saja sudah membuat kamu ngiler kan?

6. Beberuk Terong

Photo courtesy of blogspot.com

Beberuk terong dapat dikatakan sebagai lalapan khas Lombok. Terdiri dari irisan terong dan kacang panjang, yang kemudian disiram sambal tomat pedas. Kamu juga bisa menambah irisan bawang dan jeruk nipis sebagai penguat aroma serta rasanya. Biasanya, beberuk terong dijadikan teman santapan ayam taliwang.

7. Ares

Photo courtesy of asklombok.com

Pernahkah kamu terpikir bagaimana kalau pelepah pisang dijadikan sebagai bahan utama makanan? Cicipilah ares! Ares merupakan sayuran khas Lombok yang berbahan dasar pelepah pisang muda, diolah dengan santan sehingga menimbulkan rasa yang unik yaitu manis dan gurih.

Nah, itu dia daftar kuliner lezat untuk memanjakan lidah kamu selama liburan dan jalan-jalan di Lombok. Silahkan cicipi sesuai dengan selera rasa yang kamu suka. Jika kamu sedang mencari akomodasi yang aman dan nyaman di Lombok, pilihan yang paling tepat tentunya adalah Airy Rooms! Dengan jaminan kualitas dan kenyamanan terbaik, berbagai Airy Rooms di Lombok bisa kamu dapatkan mulai dari 175 ribuan per malam saja, loh! Berikut adalah beberapa kamar Airy Lombok yang kami rekomendasikan:

Airy Mataram Cakranegara Repatmaja 2 Lombok
Airy Mataram Cakranegara Maktal 3 Lombok

Sebagai jaringan akomodasi terbesar dan terpercaya, Airy Rooms telah hadir di 70 kota di Indonesia dengan ribuan kamar yang terjamin nyaman. Kamu dapat merasakan 7 jaminan kenyamanan di setiap kamarnya, seperti tempat tidur bersih dan nyaman, AC, shower air panas, TV layar datar, WIFI gratis, perlengkapan mandi dan air minum gratis.

Kamu dapat mencari dan menemukan Airy Rooms di seluruh Indonesia dan sesuai kebutuhan melalui website ataupun Airy App! Download langsung Airy App melalui iOS atau Android untuk pemesanan kamar yang lebih cepat dan mudah. Tersedia juga reservasi melalui website resmi www.airyrooms.com atau layanan Customer Care di nomor 0804-111-2479 (AIRY) dan WhatsApp di 0812-8070-0020. Untuk Info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyroomsid.

Featured photo courtesy of goodindonesianfood.com

721 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *