Menikmati Kesenian Tari Kecak Bali di Pulau Dewata

Pulau Bali tidak hanya memiliki pantai dan tempat wisata yang indah namun juga seni budaya yang menarik untuk ditonton, salah satunya adalah Tari Kecak. Tarian ini sangat populer bagi turis-turis yang berkunjung ke Bali, bagi turis mancanegara tari kecak juga dikenal dengan sebutan Monkey Dance karena suara penari kecak yang dianggap mirip dengan suara monyet. Istilah nama kecak sendiri kabarnya berasal dari suara tarian ini sendiri, yaitu kecak, cak, cak, cak, cak. Suara tersebut memang terdengar aneh namun unik, harmonisasi irama bunyi ini diucapkan oleh para penarinya sepanjang pertunjukan tari kecak, diselingi ucapan dengan aksen tertentu sehingga menimbulkan suasana magis yang misterius. Tarian kecak juga tidak diiringi bunyi alat musik, irama musik hanya berasal dari kincringan yang berbunyi dari kaki para penarik kecak. Sungguh unik sekali bukan?

Selain terkenal dengan sebutan Monkey Dance, tari kecak sering disebut juga sebagai tari “Cak” atau tari api. Tarian ini adalah tari pertunjukan massal dan bisa dikategorikan sebagai sendratari yaitu seni drama dan tari karena seluruh tarian menampilkan seni peran dari “Lakon Pewayangan” Rama Sinta, tarian ini juga tidak secara khusus digunakan dalam ritual agama Hindu untuk fungsi pemujaan dan upacara lainnya. Dari segi cerita pementasan, tari Kecak tidak hanya berpatokan pada satu bagian dari Ramayana tapi juga bagian-bagian cerita lain dari Ramayana. Ciri khas tari kecak adalah harmonisasi suara dan gerak yang ditampikan puluhan penari dan semuanya itu dilakukan tanpa komando dari orang tertentu. Bisa dibayangkan sulitnya mengharmonisasikan suara dan gerak sekian puluh orang yang harus bekerjasama membuat rangkaian tari bernuansa magis ini.

Tari kecak didukung oleh beberapa faktor yang sangat penting, dalam Tari Kecak musik dihasilkan dari perpaduan suara anggota penari yang berjumlah sekitar 50-70 orang, semuanya akan membuat musik secara akapela dan ada beberapa orang yang akan ditunjuk untuk mengatur jalannya harmonisasi di antara mereka. Ada yang bertugas menciptakan nada awal, pengatur tekanan nada, penembang solo dan dalang yang mengantarkan alur cerita. Penari dalam tari kecak tidak memiliki gerakan pakem sehingga gerak tubuh penari jadi lebih santai karena yang diutamakan adalah jalan cerita dan perpaduan suara. Saat ini pertunjukan tari kecak dapat kamu temukan dengan mudah di berbagai daerah di Bali, pertunjukan tari kecak yang paling terkenal dan diminati oleh para wisatawan saat ini terdapat di Pura Uluwatu, Bali.

Baca juga: 4 Restoran Romantis di Bali untuk Bulan Valentine

Pura yang terletak di ujung selatan Bali ini memiliki atraksi wisata khusus yang dikembangkan untuk melengkapi keberadaan tempat tujuan wisata Pura Uluwatu. Pura ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dengan menggunakan setting panggung terbuka dan pemandangan alam di sekitar tebing Pura Uluwatu. Di sini para wisatawan akan disuguhi oleh pertunjukan seni tari Bali yang memukau ditambah lagi panorama indah saat sunset yang bisa sekaligus dinikmati sambil menonton Tari Kecak Uluwatu. Pastikan menonton tari kecak ada di dalam agendamu saat berkunjung ke bali ya! Selamat menikmati Tari Kecak!

Bagi kamu yang sedang rencana berlibur ke Bali dan mencari akomodasi yang nyaman dan murah. Airy Rooms adalah pilihan yang paling tepat. Semua kamar menyediakan kasur berkualitas, AC, TV Flat-screen dan unlimited Wi-Fi. Sekarang ini kami sudah hadir di 6 lokasi di Bali: AIRY KUTA NGURAH RAI, AIRY TUBAN DEWI SARTIKA, AIRY TUBAN KUBU ANYAR, AIRY TUBAN PURI GERENCENG, AIRY LEGIAN KELOD 1,  AIRY DENPASAR BARAT KEPUH SEGINA 8. Kamarnya nyaman, fasilitas lengkap, harganya pun terjangkau.

Airy Legian Kelod 1
Airy Legian Kelod 1
Airy Tuban Kubu Anyar
Airy Tuban Kubu Anyar

AiryRooms sudah bekerjasama dengan hotel-hotel budget terpilih di kota Jakarta, Tangerang, Bandung, Bogor, Surabaya, Solo, Jogja, Bali dan akan segera hadir di kota lainnya. Airy Rooms memastikan kenyamanan menginapmu dengan menyediakan linen dan kasur yang berkualitas, kamar ber-AC, kamar mandi yang bersih, flat-screen TV, sarapan setiap hari dan unlimited Wi-Fi. Segera booking kamar Airy Rooms melalui telepon di 021-2977 5816 atau Whatsapp kami langsung di 0812 8070 0020. Cek juga ketersediaan kamarnya di airyrooms.com

Untuk info dan promo terbaru mengenai Airy Rooms, silahkan follow akun sosial media kami di Facebook, Twitter dan Instagram @airyroomsid

Featured Image source: Shutterstock.com

681 total views, 4 views today

One Response to “Menikmati Kesenian Tari Kecak Bali di Pulau Dewata”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *